12 Cara Menghilangkan Bad Mood (Mood Booster Terbaik)

Namanya dalam kehidupan, kita tidak bisa terlepas dari perasaan buruk. Tapi itu jangan dibiarkan, kita tetap perlu untuk mengatasi perasaan buruk yang muncul.

Masalah bad mood jangan dipandang sebelah mata, sebab bisa merusak kehidupan atau aktivitas sehari-hari. Lebih parah lagi apabila bad mood sering muncul.

Cara Menghilangkan Bad Mood
Ilustrasi Bad Mood. Photo credit: crello.com|RostyslavOleksin

Penyebab bad mood yaitu kejenuhan rutinitas, mengalami masalah sosial, tugas menumpuk, beban pekerjaan dll. Bad mood yang terlalu sering bisa memicu masalah kesehatan mental serius.

Cara Menghilangkan Bad Mood


1. Hindari Begadang

Cara mood booster yaitu tidur malam yang cukup, serta dalam keadaan gelap gulita. Orang-orang yang sering begadang maupun tidur larut malam, sangat rentan untuk mengalami suasana hati buruk di sepanjang hari.

Hal itu karena tidur malam akan mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran, sehingga saat di pagi hari kondisi fit 100% dan pikiran benar-benar fresh.

Sangat disarankan untuk tidur dalam keadaan gelap, sehingga matikan lampu saat tidur malam. Tubuh bakal memproduksi hormon melatonin saat tidur di kondisi gelap.

Itu merupakan hormon yang keberadaannya sangat penting. Adapun tidur dengan lampu hidup, hormon melatonin tidak akan diproduksi dalam tubuh.

Manfaat tidur dalam keadaan gelap yang memproduksi hormon melatonin berlimpah, yaitu:
  1. Membuat tidur lebih nyenyak.
  2. Otak mendapatkan istirahat yang optimal (karena tidak terganggu oleh cahaya).
  3. Pikiran benar-benar rileks saat tidur dalam kondisi gelap. Sehingga saat pagi hari jiwa benar-benar fresh dan suasana hati positif.
  4. Proses regenerasi sel-sel tubuh saat tidur berjalan optimal.
  5. Meningkatkan kesehatan kulit berkat optimalnya proses regenerasi sel-sel tubuh.
  6. Meningkatkan kesehatan mata berkat tidur dalam kondisi gelap.
  7. Memperkuat sistem imun sehingga tidak mudah jatuh sakit.
  8. Mendapatkan tidur berkualitas, seperti yang disarankan para ahli kesehatan.

Orang-orang yang tidur dalam keadaan gelap akan lebih gampang untuk memiliki suasana hati positif, serta resiko stres dan depresi yang lebih rendah.


2. Aktivitas Fisik

Cara mengatasi bad mood yaitu coba gerakan tubuh Anda. Tubuh harus digerakan secara cukup setiap harinya, sehingga aktivitas fisik merupakan hal yang penting diperhatikan.

Kurang bergerak menyebabkan Anda mudah terkena bad mood. Aktivitas ringan seperti berjalan dapat meningkatkan suasana hati.

Cobalah untuk punya waktu berolahraga walaupun Anda sibuk, setidaknya selama 15 menit karena manfaatnya akan terasa pada suasana hati Anda.

Olahraga membuat tubuh menghasilkan hormon endorfin yang bermanfaat untuk memunculkan perasaan bahagia dan membuat suasana hati lebih baik.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup lakukan yang sederhana saja seperti jalan cepat, jogging, bersepeda dll. Yang penting mengeluarkan keringat.

3. Ekspresikan Perasaan

Cara menghilangkan bad mood yaitu ekspresikan perasaan. Seringkali seseorang mengabaikan keberadaan hatinya, padahal perasaan itu harus diluapkan dengan cara yang positif.

Perasaan yang disalurkan membuat hati menjadi lega. Adapun sering memendam perasaan bisa memicu suasana hari yang buruk.

Ekspresikan perasaan Anda, misalnya saat Anda merasakan perjuangan hidup ini terasa berat, maka tidak mengapa menangis. Menangis adalah HAK wanita maupun pria.

Anda juga bisa melukis, menulis diary, membuat bait-bait syair dan lainnya untuk meluapkan perasaan. Pokoknya perasaan jangan dipendam.

Jika Anda memiliki sahabat yang bisa dipercaya dan bijak, cobalah untuk curhat kepadanya, ini membuat perasaan lega.

4. Konsumsi Makanan

Cara mengembalikan mood diri sendiri yaitu dengan makan. Jika memang suasana hati terasa sangat buruk, jangan ragu untuk makan.

Tidak usah khawatir dengan berat badan atau Anda sedang diet, karena memperbaiki kesehatan mental jauh lebih penting.

Konsumsi makanan biasanya efektif memperbaiki mood secara instan. Disarankan untuk konsumsi asupan sehat, termasuk buah dan sayuran.


5. Berdamai dengan Keadaan

Cobalah berdamai dengan keadaan. Terlalu sering menyalahkan keadaan akan berdampak buruk pada suasana hati.

Tidak ada untungnya jika Anda terus-terusan marah pada kondisi saat ini. Lebih baik terima keadaan saat ini, buatlah dada Anda lapang. Akui kondisi Anda apa adanya.

6. Rasakan Aromaterapi

Cara mood booster yaitu rasakan aromaterapi. Pilih aromaterapi yang paling cocok dengan Anda, aromanya akan membuat perasaan menjadi bahagia, pikiran menjadi tenang dan jiwa menjadi rileks.

Dengan begitu, saat suasana hati sedang jelek, cobalah untuk mencium aromaterapi. Anda akan merasakan manfaatnya secara cepat.

7. Melihat Video Kucing

Cara naikin mood yaitu cobalah untuk melihat video-video kucing yang imut. Biasanya melihat anak kucing yang kecil dan imut membuat suasana hati menjadi lebih baik.

8. Wisata Alam

Cara mengatasi mood jelek yaitu dengan melihat tempat hijau atau alam. Pemandangan indah dan udara yang terasa segar sangat dibutuhkan untuk memperbaiki suasana hati.

Oleh karena itu, jika Anda ingin liburan maka utamakan untuk memilih tempat yang hijau dan menyejukan. Banyak riset menunjukan bahwa wisata alam berdampak baik untuk kesehatan mental.


9. Tidur Siang

Cara mengembalikan mood yaitu tidur siang. Ini jika suasana hati yang buruk melanda Anda di siang hari. Tidur siang ternyata sangat efektif untuk meningkatkan suasana hati, serta membuat pikiran jernih dan tubuh berenergi kembali.

Banyak perusahaan di Jepang yang menerapkan aturan karyawan wajib tidur siang selama 20-30 menit, karena manfaatnya dapat meningkatkan performa kerja.

Anda disarankan tidur siang selama 30 menit, tapi jangan berlebihan. Tidur siang lebih dari 60 menit justru akan berdampak buruk.

10. Jauhi Orang Toxic

Tindakan dan ucapan orang-orang yang toxic ternyata berefek buruk pada suasana hati. Anda perlu berhati-hati, jaga jarak dari orang-orang yang toxic, baik itu di dunia nyata maupun dunia maya.

Selain itu jangan suka berdebat, apalagi berdebat tentang politik, ini bikin suasana hati menjadi hancur. Hindari berdebat karena buang waktu dan buang energi.

11. Melihat Video Bayi Menggemaskan

Cara mood booster yaitu dengan melihat video-video bayi lucu dan imut. Bayi itu makhluk yang polos dan tidak memiliki dosa.

Di internet banyak video-video bayi yang sangat menggemaskan, cobalah tonton saat Anda sedang bad mood, dijamin Anda bakal merasa bahagia setelah melihat tingkah laku bayi yang menggemaskan

12. Hindari Asupan Tidak Sehat

Es krim, minuman bersoda, pop ice dll memang sangat lezat, tapi terlalu sering mengonsumsi-nya berdampak buruk pada suasana hati.

Jadi batasi minuman-minuman semacam ini, dan utamakan minum air putih. Selain itu hindari makanan yang tidak sehat seperti junk food, makanan instan, gorengan dll.




Baca Juga: