26 Manfaat Tradisi Makan Bersama Keluarga

Di zaman modern saat ini yang semuanya serba canggih, terdapat fenomena yang sangat disayangkan yaitu semakin langkanya budaya berkumpul dan makan bersama keluarga. Terkikisnya budaya berharga ini karena setiap anggota keluarga sibuk dengan urusan masing-masing, padahal para ahli menjelaskan makan bersama memiliki segudang manfaat untuk kesehatan fisik dan mental semua anggota keluarga. 

Teknologi yang maju menyebabkan semua orang terlalu sibuk, walau begitu usahakan acara makan bersama tetap terlaksana. Makan malam bersama menawarkan kenyamanan untuk setiap anggota keluarga, bahkan kebiasaan ini mampu membantu setiap anggota keluarga untuk tetap bisa berpikir positif, serta lebih kuat ketika melewati masa-masa sulit. Tak dilakukan setiap malam tidak masalah, yang penting usahakan setidaknya sekali dalam seminggu terdapat acara makan bersama keluarga.

Makan Bersama Keluarga
Makan Bersama Keluarga. Photo credit: istockphoto.com|monkeybusinessimages

Berikut manfaat rutinitas makan bersama keluarga:

1. Rutinitas makan bersama membuat setiap anggota keluarga dapat menikmati kebersamaan satu sama lain dalam suasana santai. Saat makan bersama ciptakan suasana yang hangat dan santai, serta hindari ucapan-ucapan atau membahas hal-hal yang dapat merusak kehangatan suasana.

2. Dapat menjadi sarana untuk meningkatkan komunikasi dan kedekatan batin antar anggota keluarga.


3. Menjadi kesempatan untuk menyebarkan nilai-nilai keluarga. Anak-anak belajar dari orangtuanya tentang nilai-nilai apa yang penting bagi keluarga. 

4. Membangun Rasa Persatuan di Keluarga. Jika orang-orang di dalam keluarga semakin sering bersama, maka hati mereka akan semakin bersatu.

5. Obrolan yang terjadi saat di meja makan, membuat orang-orang di dalam keluarga akan berlatih untuk mengembangkan sikap kesabaran dan rasa hormat dalam berkomunikasi. 

6. Mencegah Obesitas. Makan sendiri membuat Anda akan lebih rentan untuk makan berlebihan, adapun dengan makan bersama biasanya akan cenderung makan sesuai porsi (tidak berlebihan). Selain itu keluarga akan mengingatkan Anda saat makan berlebihan, ini penting agar terhindar dari obesitas.

7. Makan bersama keluarga akan membuat Anda lebih terbiasa dengan makan-makanan sehat, dan memperbaiki kualitas pola makan.

8. Makan bersama keluarga membantu Anda untuk lebih terhindar dari junk jood, fast food, soft drink dan semacamnya.

9. Jenis makanan akan ditentukan saat makan bersama keluarga. Hal ini menjauhkan dari kebiasaan jajan di luar dan konsumsi makanan kurang sehat.

10. Rutinitas makan bersama keluarga dapat meningkatkan kreativitas sajian masakan, Ibu akan terpacu untuk mencari resep-resep baru guna menyajikan hidangkan istimewa untuk keluarga.


11. Obrolan selama makan menjadi kesempatan untuk menjalin ikatan dan terhubung satu sama lain. Serta memungkinkan orangtua dan anak-anak untuk mendiskusikan topik-topik yang menyenangkan dan saling belajar. 

12. Makan bersama memungkinkan orangtua untuk bisa lebih menyadari dan memantau suasana hati anak, perilaku, kecenderungan dan aktivitasnya.

13. Saat makan bersama, menjadi kesempatan bagus bagi orangtua untuk memberikan masukan ataupun solusi dari masalah yang sedang dihadapi anak. Orangtua juga bisa membicarakan dengan anak tentang aktivitasnya saat di luar rumah. 

14. Makan bersama menjadi kesempatan untuk mengajarkan anak-anak sopan santun di meja makan. Jika anak tumbuh tanpa tata krama di meja makan, itu bisa menciptakan banyak masalah bagi anak di masa mendatang. 

15. Anak bakal sering berlatih untuk menjadi pendengar yang baik dan sabar menunggu saat orang lain sedang berbicara, sehingga kegiatan makan bersama membantu anak untuk mengembangkan keterampilan sosialnya.

16. Kegiatan makan bersama dapat meningkatkan prestasi belajar di sekolah. Penelitian menunjukan bahwa para remaja yang makan bersama keluarga setidaknya lima kali dalam seminggu, secara umum mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah dibandingkan para remaja yang tidak memiliki kegiatan makan bersama keluarga.

17. Psikolog anak menjelaskan bahwa anak-anak yang makan bersama dengan keluarganya memiliki sikap yang lebih positif tentang masa depan mereka. 


18. Acara makan bersama berdampak positif pada penguasaan bahasa dan perkembangan literasi anak-anak. Anak menjadi lebih sering mengobrol, mendengar, mempelajari kata-kata, memahami bahasa dan berlatih membangun percakapan.

19. Makan bersama keluarga dikaitkan dengan meningkatnya kesejahteraan anak, penurunan risiko penggunaan narkoba atau kenakalan remaja, peningkatan kesejahteraan pribadi dan sosial, hingga prestasi akademis yang lebih baik. 

20. Makan bersama keluarga telah terbukti memberikan asupan nutrisi yang lebih baik kepada anak-anak, yang sangat penting untuk proses tumbuh-kembang mereka yang optimal.

21. Anak merasa aman dan mendapatkan dukungan. Selain itu anak merasa apabila ke depannya mengalami suatu masalah atau rintangan dalam hidup, akan mencoba berdiskusi dengan keluarganya. Kegiatan makan bersama dapat membangun rasa saling percaya antara anggota keluarga.

22. Orangtua dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan teladan pola makan sehat kepada anak. 

23. Beberapa penelitian munjukkan bahwa makan malam keluarga secara teratur terkait dengan peningkatan konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan asupan makanan sehat lainnya. Selain itu, juga dikaitkan dengan konsumsi yang lebih sedikit dari makanan kurang sehat, makanan yang digoreng dan berlemak.

24. Penelitian menunjukkan bahwa rutunitas makan bersama keluarga dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas pada anak-anak dan remaja.

25. Para ahli menjelaskan bahwa kegiatan rutin makan malam keluarga dapat mengurangi tingkat penyalahgunaan zat (narkoba) di kalangan orang dewasa dan anak-anak dalam keluarga. 

26. Anak yang sering duduk makan bersama keluarga memiliki kecenderungan lebih ulet, tahan banting, serta sopan santun yang lebih baik saat berbicara kepada orang yang lebih tua.




Tulisan Terkait: