12 Cara Mengatasi Sulit Konsentrasi Saat Bekerja dan Belajar

Seorang Pria Sedang Bekerja
Photo credit: istockphoto.com|BartekSzewczyk

Konsentrasi yang baik sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu saat bekerja, saat sedang mengendarai kendaraan di jalan raya dll. Jadi konsentrasi yang baik adalah hal sangat penting.

Sekalipun bukan termasuk gangguan medis yang serius, dampak susah konsentrasi menyebabkan seseorang kesulitan dalam mengingat sesuatu, mudah lupa, ceroboh, tidak berenergi, salah ambil keputusan dan tidak mampu mengerjakan sesuatu yang rumit.

Cara Mengatasi Sulit Konsentrasi


1. Cari Pemicunya

Biasanya kurang tidur di malam hari menyebabkan banyak orang sulit konsentrasi, tapi ada banyak penyebab lainnya yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk fokus atau konsentrasi, dimana sekalipun tidur cukup tidaklah menjamin bisa berkonsentrasi secara maksimal.

Tugas yang Anda rasa membosankan di kantor bisa menjadikan pikiran jenuh, yang nantinya berdampak pada konsentrasi.

Saat jenuh dan bosan cobalah untuk sementara waktu melakukan aktivitas lain, misalnya berjalan-jalan sejenak beberapa menit, minum air putih, membuat minuman (teh, kopi, cokelat hangat) atau aktivitas sejenak lainnya. Setelah rasa jenuh mereda, konsentrasi dan semangat Anda akan kembali lagi.

2. Hindari Multitasking

Buanglah sebisa mungkin kebiasaan suka melakukan beberapa aktivitas sekaligus dalam satu waktu. Multitasking berisiko memecah konsentrasi, apalagi multitasking biasanya menyebabkan Anda merasa terburu-buru dan panik, karena memang sulit merasa tenang saat melakukan banyak aktivitas dalam satu waktu.

Sering merasa panik, terburu-buru dan tidak tenang nantinya akan berdampak buruk pada kemampuan konsentrasi. Berbagai dampak buruk multitasking:
  • Bisa menyebabkan beban mental yang terlalu berat.
  • Menurunkan daya ingat. Sebuah riset menyebutkan bahwa multitasking menimbulkan efek yang memperlemah otak dalam menampung informasi, termasuk memperlemah kemampuan mengingat.
  • Memicu gangguan konsentrasi. Mereka yang multitasking nantinya rentan memiliki masalah berupa gangguan atensi dan konsentrasi, dimana menjadi kesulitan untuk bisa berkonsentrasi pada satu hal.
  • Pelaku multitasking biasanya mengalami masalah untuk fokus dan konsentrasi karena tak terbiasa memusatkan perhatian untuk sebuah hal.
  • Rentan Stres. Riset menunjukan mereka yang sering multitasking rentan untuk mengalami detak jantung lebih cepat dan gampang stres. Jika terus-menerus dilakukan dan frekuensinya sering, pelaku multitasking berisiko terkena depresi dan gangguan kecemasan.

3. Tidur Malam Berkualitas

Cara meningkatkan konsentrasi saat bekerja yaitu dapatkan tidur malam berkualitas. Kualitas tidur malam sangat mempengaruhi kondisi pikiran dan kemampuan konsentrasi.

Agar tidur malam berkualitas maka hindari tidur larut malam, Anda perlu mendapatkan tidur malam selama 6-8 jam, selain itu tidurlah dalam keadaan gelap.

Ingat, tubuh manusia didesain untuk tidur ketika gelap sehingga hormon melatonin bisa dilepaskan dengan lebih baik. Hormon melatonin berperan dalam mengendalikan pola tidur dan akan meningkat saat malam hari.

Adapun keberadaan cahaya yang terang di kamar tidur nantinya menghambat produksi zat melatonin di dalam tubuh. Paparan cahaya membuat otak lebih sulit untuk masuk ke fase tidur yang lebih dalam menyebabkan kualitas tidur yang rendah, selain itu tidur pun kurang nyenyak.

Beberapa manfaat tidur dalam keadaan gelap yaitu mencegah depresi, memberikan perasaan nyaman dan rileks, memperkuat konsentrasi, menurunkan tingkat insomnia, hingga mencegah tekanan darah tinggi.


4. Stop Pikirkan Banyak Hal

Cara mengatasi sulit konsentrasi yaitu hindari memikirkan banyak hal. Anda harus berusaha untuk menghindari overthinking. Sering memikirkan terlalu banyak hal akan berdampak buruk pada konsentrasi Anda.

Buang kebiasaan overthinking karena memperburuk konsentrasi hingga kesehatan mental Anda, pokoknya hindari memikirkan hal-hal yang tidak perlu.

Anda akan kesulitan untuk konsentrasi menyelesaikan pekerjaan jika masih punya kebiasaan ini, berpikir terlalu keras juga akan membuat Anda cepat lelah.

5. Makanan Sehat

Makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi Anda, jadi biasakan untuk mengkonsumsi makanan sehat. Jalani pola makan sehat, berikut beberapa tipsnya:
  • Perbanyak makan sayur dan buah.
  • Batasi konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng minyak.
  • Hindari mengkonsumsi junk food, daging olahan (seperti hot dog, sosis), makanan cepat saji dan semacamnya.
  • Batasi konsumsi makanan ringan, gorengan yang dijual di pinggir jalan (seperti bakwan, bala-bala, oncom dll), camilan kemasan dan semacamnya.
  • Utamakan minum air putih untuk mengatasi rasa haus.
  • Kurangi konsumsi minuman bersoda, teh, kopi dan minuman berwarna secara umum. 
  • Pastikan Anda rutin sarapan tepat waktu di pagi hari.
  • Jangan makan berlebihan, misalnya makan dua kali lipat porsi dari biasanya. Makan terlalu banyak membuat tubuh terasa berat, malas dan konsentrasi pun menurun.
  • Jangan melakukan diet ketat, kondisi lapar membuat sulit konsentrasi.

6. Hindari Ketergantungan pada Gadget

Gadget memang bisa memudahkan aktivitas sehari-hari, tapi penggunaan gadget yang tidak bijak bisa menimbulkan masalah serius. Jangan sampai Anda berlebihan dan ketergantungan terhadap gadget.

Sedikit-sedikit membuka gadget dapat menyebabkan gangguan konsentrasi, perasaan Anda yang sangat bergantung dan selalu ingin membuka gadget membuat Anda sulit fokus dan konsentrasi, kalau begini pekerjaan menjadi terhambat.

Gadget menjadi pengalih konsentrasi yang sangat berbahaya, sehingga kurangi sebisa mungkin penggunaan gadget dan berusaha untuk tidak memegangnya. Anda harus membiasakan diri fokus pada satu tugas dan jauhi gadget.


7. Manajemen Emosi

Manajemen emosi Anda dengan baik, usahakan diri Anda selalu dalam keadaan tenang dan rileks. Hal itu karena kondisi banyak pikiran, gelisah, stres dan depresi menyebabkan konsentrasi menjadi drop.

8. Hindari Begadang

Hindari begadang dan jangan sampai Anda kurang tidur. Tidur larut malam dapat membahayakan otak Anda dan menurunkan konsentrasi.

9. Jangan Sampai Terlalu Lelah

Saat Anda mulai merasa lelah maka perlu segera beristirahat sejenak. Hanya dengan istirahat 10 menit sudah ampuh untuk menghilangkan rasa lelah dan mengusir rasa bosan sehingga konsentrasi kembali meningkat.

10. Olahraga

Usahakan semangat berolahraga (rutin) sehingga tubuh sehat, fit dan stamina kuat. Hal ini membuat konsentrasi lebih baik.

Kurang olahraga menjadi penyebab tidak fokus dalam bekerja, penelitian menunjukan bahwa rutinitas olahraga dapat menjaga fokus, konsentrasi dan meningkatkan kemampuan belajar. Berolahraga juga bisa memperbaiki kualitas tidur.

11. Hindari Target Muluk-Muluk

Jangan tetapkan target yang terlalu tinggi, tetapkan target yang realistis di kehidupan Anda. Gangguan konsentrasi dapat terjadi akibat target muluk-muluk yang Anda buat, yang membuat Anda stres karena beban yang terlalu berat.

Agar Anda dapat berkonsentrasi dengan baik, minimalkan berbagai distraksi (gangguan) di dalam hidup Anda.

12. Tips Lainnya
  • Cobalah melakukan peregangan di sela-sela jam kerja (sekalipun hanya 2 menit) untuk membantu Anda lebih rileks, kalau bisa jalan santai sebentar di luar untuk menghirup udara segar.
  • Jika Anda memiliki beberapa tugas, maka pilih lebih dahulu untuk mengerjakan tugas yang paling Anda sukai.
  • Jauhkan diri Anda dari tayangan-tayangan yang membangkitkan syahwat. Kebiasaan menonton film porno bisa menyebabkan gangguan konsentrasi dan membuat Anda kesulitan berpikir jernih.
  • Buat to-do list berupa daftar tugas dalam periode tertentu (bisa itu harian/mingguan/bulanan). Membuat daftar tugas bisa membantu Anda lebih fokus dan konsentrasi pada hal-hal penting. Daftar tugas bisa ditulis di kertas atau di ponsel.
  • Cobalah mengabaikan email, pesan dan notifikasi tak penting dari smartphone atau laptop Anda.
  • Pastikan Anda meluangan waktu cukup untuk melakukan kegiatan yang membuat perasaan jadi bahagia, bisa itu hobi atau lainnya.
  • Anda bisa bermain latihan otak tapi jangan berlebihan, seperti mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, catur, menulis dan semacamnya. Ini akan membuat otak aktif.
  • Kalau bisa luangkan waktu untuk menikmati alam karena bermanfaat untuk kesehatan mental, disamping juga Anda akan menghirup udara segar.




Baca Juga:

No comments: