12 Cara Mengatasi Mood Swing (Penyebab dan Gejalanya)

Pria Mood Swing
Photo credit: istockphoto.com|PeopleImages

Sebenarnya sesuatu yang masih wajar apabila mood naik-turun di dalam keseharian, semua orang mengalaminya. Cuma yang menjadi masalah tatkala suasana hati terlalu sering berubah dalam waktu berdekatan, bahkan terjadinya secara tiba-tiba dan tanpa sebab yang gamblang.

Suasana hati memang pastinya bisa berubah, tapi wajarnya hanya sesekali saja kasusnya, itupun biasanya karena adanya faktor pemicu. Misalnya saat Anda berdebat dan berkonflik dengan seseorang maka suasana hati jadi kacau, kondisi seperti ini sebenarnya lumlah dan masih tergolong normal, dimana bakal pulih dengan sendirinya.

Mood swing adalah kondisi suasana hati yang gampang berubah secara tak wajar, sehingga dampaknya rentan mengganggu rutinitas. Bahkan ini bisa menjadi sangat buruk dan begitu aneh, seperti misalnya seseorang mendadak murung padahal sebelumnya tampak gembira beberapa saat yang lalu.

Cara Mengatasi Mood Swing


1. Pola Makan

Mulailah membiasakan pola makan sehat, sangat penting memperhatikan pola makan sehari-hari. Dimana, kurangnya mengambil nutrisi wajib (termasuk melakukan program diet berlebihan) justru bakal memicu gangguan suasana hati.

Lebih parah lagi jika lebih mengutamakan konsumsi asupan tak sehat, ini akan memicu masalah kolesterol, gula darah dan ketidakseimbangan nutrisi. Konsumsi junk food (dan semacamnya) diketahui nantinya bisa memperburuk mood yang sedang kacau.

Sehingga guna meredakan mood swing, maka sangat ditekankan agar mengutamakan konsumsi asupan sehat dan memiliki nilai gizi, selain itu biasakan untuk lebih mengutamakan minum air putih dibandingkan minuman kemasan dan bersoda. 

Anda hendaknya care terhadap segala yang ingin dikonsumsi, berikut kiat menjalani pola makan sehat:
  • Selalu libatkan buah dan sayuran dalam menu makanan.
  • Rutin sarapan di pagi hari.
  • Hindari junk food, makanan cepat saji dan semacamnya.
  • Hindari gorengan, bakwan, bala-bala, oncom dan semacamnya yang biasanya dijual di pinggir jalan.
  • Minimalisir menyantap makanan yang pengolahannya digoreng dengan minyak.
  • Minimalisir produk dengan bahan pengawet, ini sering didapati pada makanan kemasan, kalengan dll.
  • Hindari makanan ringan (ciki) karena rendah gizi dan tidak sehat.
  • Utamakan air putih.


2. Olahraga

Cara mengatasi mood rusak dan tak stabil yaitu Anda perlu menerapkan aktivitas berolahraga dengan rutin. Penting untuk menumbuhkan motivasi berolahraga, ini tidak hanya bermanfaat secara fisik, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Berolahraga dapat meredakan gangguan mood swing yang sering dialami.

Cobalah untuk mulai berolahraga, tidak perlu muluk-muluk seperti pergi ke gym dan semacamnya, sebab intinya adalah rutin melakukannya.

Lakukan olahraga apapun, yang penting menggerakan tubuh. Beberapa contohnya yakni berlari santai, bersepeda atau bahkan jalan santai sekalipun. Ini nantinya bermanfaat guna memperbaiki suasana hati.

3. Miliki Hobi

Cara mengatasi mood swing yaitu cobalah untuk memiliki hobi. Dengan melakukan hobi membuat kehidupan Anda lebih aktif dan tak monoton, alhasil waktu berjalan tidak terasa karena memiliki kegiatan yang bernilai.

Melakukan hobi dapat mengalihkan Anda dari pikiran-pikiran dan perasaan buruk karena Anda fokus mengerjakan sesuatu yang bikin gembira, sehingga membuat mood naik dan pikiran cenderung segar, bahkan mendorong Anda untuk menjalani kehidupan dengan motivasi tinggi, 

Menjalani hobi dapat menambah rasa semangat dalam diri Anda, juga melatih kreatif. Selain itu juga bisa menambah teman, penelitian menunjukan diantara kunci kebahagiaan yakni punya kehidupan sosial yang baik.

Mengerjakan hobi memungkinkan bertemu orang-orang baru yang sepemikiran atau punya ketertarikan serupa, yang nantinya menjadi jaringan sosial baru Anda. Hobi juga menjadi tempat berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Punya hobi akan menumbuhkan rasa percaya diri, memunculkan semangat dan memperkuat karakter diri karena Anda tahu minat dan bakat dalam diri, tinggal mengolah dan mengembangkan-nya.

4. Tidur Malam

Cara mengatasi mood berantakan yaitu pastikan Anda tidur malam yang cukup. Kurang tidur dipastikan akan menyebabkan seseorang sulit berpikir jernih, gampang emosi dan mood kacau. Dengan begitu sangat disarankan agar tidur malam yang cukup dan tepat waktu, sehingga hindari kebiasaan begadang.

Juga sangat ditekankan agar tidur dalam kondisi gelap gulita, ini sangatlah bagus karena membuat tidur jadi berkualitas dan Anda pun bisa tidur nyenyak, lalu bangun di pagi hari dalam keadaan fresh dan mood positif.


5. Sinar Matahari

Cara mengatasi perubahan emosi yang begitu tidak stabil yaitu usahakan tubuh memperoleh sinar matahari. Tubuh sangat membutuhkan sinar matahari, Anda perlu keluar rumah di pagi atau siang hari untuk mendapatkan sinar matahari.

Penelitian menemukan bahwa mereka yang jarang memperoleh sinar matahari memiliki serotonin yang terlalu rendah, itu merupakan hormon yang bertanggung jawab dalam menjaga kestabilan suasana hati.

Hal yang umum terjadi di negara 4 musim yaitu banyak orang yang mengalami Affective disorder, itu merupakan kondisi depresi dan menurunnya suasana hati yang diakibatkan oleh cuaca yang sangat dingin, khususnya di masa-masa salju turun.

6. Batasi Smartphone

Usahakan agar mengurangi bermain smartphone. Sebuah riset terbaru dari perusahaan Deloitte mengungkap bahwa penggunaan smartphone secara berlebihan ternyata dapat memicu resiko mood swing.

Selain berdampak pada mood yang tidak stabil, terlalu sering menggunakan smartphone juga dapat mengurangi produktivitas dan menurunkan daya ingat.

Peneliti mengatakan ada banyak alasan orang-orang membuka smartphone, termasuk bakal sering multitasking. Contohnya: buka email atau medsos, sembari streaming video ataupun audio. Hal semacam itu terus dilakukan berulang-ulang.

Sering multitasking menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol dan adrenalin yang ternyata bisa memicu stres dan mood swing. 

Peneliti menjelaskan agar jangan sampai mengalami ketergantungan pada smartphone, hindari mengecek smartphone tiap waktu. Kurangi memegang smartphone, niscaya suasana hati akan lebih baik dan membuat hidup Anda lebih ringan.

Sudah banyak penelitian mengungkapkan penggunaan smartphone secara berlebihan menyebabkan depresi dan rasa kesepian.

7. Terapi Diri

Cari cara untuk menterapi diri sendiri, misalnya saat suasana hati terasa buruk, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam sehingga membantu Anda untuk lebih tenang dan rileks. Demikian seterusnya, cari cara yang cocok dan efektif untuk Anda.

8. Curhat

Bila ada yang mengganjal di hati cobalah untuk bercerita atau curhat ke orang kepercayaan Anda, jangan memendam masalah dan perasaan karena berdampak buruk pada kesehatan mental Anda, saat Anda dalam kondisi sulit maka butuh dukungan dari orang-orang dekat.


9. Hidup Teratur

Usahakan untuk memiliki jadwal keseharian yang teratur, terutama jadwal makan dan tidur. Dengan jadwal kegiatan yang baik diharapkan dapat menjaga suasana hati tetap stabil.

10. Menangis

Saat Anda merasakan suasana hati begitu kacau, tidak mengapa Anda menangis. Tidak ada salahnya dengan menangis, setiap orang dari kaum wanita maupun kaum pria punya ‘hak’ untuk menangis.

Menangis telah terbukti membuat seseorang merasa lebih baik. Hanya saja jangan menangis di depan umum, menangislah di tempat yang tertutup.

11. Biasakan Persiapan Matang

Lakukan persiapan yang baik terhadap segala sesuatu. Misalnya Anda masuk kantor jam 8 pagi, maka pastikan Anda sudah bangun 2 jam sebelumnya (dalam keadaan badan fit dan segar), sehingga Anda bisa lebih tenang dalam mempersiapkan segala keperluan pekerjaan.

Jangan sampai berangkat ke kantor dengan terburu-buru, berangkat kerja dengan tenang dan rileks akan membantu menciptakan mood positif di sepanjang hari.

12. Tips Lainnya
  • Cobalah untuk berpikir positif, buang perasaan iri hati ataupun benci pada orang lain, sehingga menjaga suasana hati tetap baik.
  • Kurangi menonton berita politik, kriminal dan semacamnya karena berisiko tinggi 'menghancurkan' suasana hati.
  • Hindari kebiasaan suka berdebat dengan orang lain, baik itu secara langsung atau di dunia maya.
  • Cobalah liburan ke pantai atau tempat wisata yang memiliki udara segar, sehingga membuat jiwa lebih bersemangat, fresh dan suasana hati kembali baik.
  • Ketika merasa suasana hati mulai berubah, luangkan waktu sejenak untuk berhenti dari pekerjaan yang bikin penat. Istirahat sejenak untuk mendapatkan manfaat tidur siang selama 30 menit.
  • Pusatkan pikiran pada kondisi saat ini, seperti suara napas Anda atau perasaan angin di kulit Anda. Dengan memusatkan pikiran pada panca indera akan mengalihkan Anda dari pikiran dan perasaan negatif.




Baca Juga:

No comments: