10 Manfaat Menulis Diary Secara Rutin untuk Kesehatan Mental

Menulis
Photo credit: shutterstock.com|Sarah Trummer

Dengan menulis, seseorang dapat mengekspresikan isi hatinya, termasuk mengeluarkan ganjalan di hati dan berbagai hal yang dirasakan.

Sebagian orang begitu kesulitan (atau enggak bisa) untuk mengekspresikan dan menjelaskan isi hatinya ke orang lain, apalagi jika tidak memiliki teman yang bisa dipercaya sebagai tempat curhat.

Manfaat Menulis Diary


1. Rahasia Aman

Manfaat buku harian yaitu dengannya Anda bisa curhat secara aman. Salah dalam memilih teman untuk curhat, bisa-bisa segala rahasia pribadi Anda akan disebar ke publik olehnya. Disamping itu memendam perasaan sangatlah tidak baik, tentu bakal tersiksa rasanya serta jiwa semakin terbebani.

Sehingga, disinilah peran penting buku harian selaku ‘teman’ yang gak bakal sekalipun berkhianat. Aktivitas menulis diary disebutkan berefek positif pada suasana hati dan kesehatan psikis. Dimana ini nantinya juga berdampak positif terhadap kesehatan fisik.

Curahkan segala sesuatu yang ada di hati. Selain itu bisa juga menulis mengenai aktivitas harian, rencana di masa mendatang, impian di kehidupan, unek-unek, keluhan, ganjalan di hati, dll.

Saat menulis diary lakukan secara ekspresif, isinya mengenai pandangan, emosi yang terpendam maupun tentang perjalanan kehidupan. Bentuk kalimat buat sesuka hati (jangan kaku) serta tidak perlu terlalu memperhatikan EYD, bahasa baku, SPOK, gramatika dll.

2. Perbaiki Suasana Hati

Manfaat menulis diary yaitu bisa mengurangi perasaan bad mood yang melanda, Anda bisa sepuasnya menumpahkan isi hati, keresahan, kekhawatiran, perasaan galau dll. Sehingga memunculkan perasaan puas dan lega, serta menghilangkan beban di hati.

Mengekspresikan isi hati ke buku harian bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan mental, sehingga disarankan untuk mereka dengan beberapa masalah seperti bad mood, sering merasa cemas dan semacamnya supaya memiliki kegiatan menulis diary.


3. Tidur Lebih Nyaman

Menulis diary bisa membantu kelancaran tidur malam, serta menjadi lebih lelap dan nyaman saat mulai tidur. Dimana meluapkan isi hati sampai puas bisa meredakan kegalauan dan memunculkan perasaan tenang sebelum tidur.

Ketenangan jiwa sangatlah dibutuhkan supaya bisa tidur dengan nyenyak. Ada banyak hal yang dapat dituliskan, salah satunya menuliskan mengenai sesuatu untuk Anda syukuri di perjalanan kehidupan.

Mampu bersyukur adalah sebuah anugerah dan keuntungan bagi Anda, orang yang susah bersyukur biasanya sering merasa sempit dadanya.

4. Identifikasi Diri

Manfaat buku harian yaitu dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi diri. Sering-sering menulis diary menjadikan seseorang dapat mengidentifikasi dan memahami dirinya sendiri secara akurat.

Misalnya memahami apa yang dibutuhkan jiwa Anda, apa yang disukai dan terluput selama ini dari Anda, harapan di kehidupan, merenungkan tujuan hidup dll.

Hal-hal seperti itu bakal sering direnungkan oleh mereka yang terbiasa menulis buku harian. Aktivitas ini bikin Anda sering merenung, dan menjadikan Anda mengetahui kepribadian diri secara mendalam.

Setiap manusia yang menjalani kehidupan di atas muka bumi akan sering menghadapi sesuatu yang tidak mengenakan. Aktivitas menulis di buku harian dapat meringankan perasaan berat yang dihadapi.

Ketika pikiran sedang kusut, cobalah menuangkan  perasaan di buku harian, menulis dapat membantu melepaskan emosi yang terbelenggu.

Anda juga boleh menuliskan pengalaman buruk di masa lalu jika hal itu dapat membuat perasaan lebih plong. Hanya saja dalam menuliskan pengalaman buruk yang telah lalu, jangan sampai hal itu kembali membuka luka lama dan menimbulkan perasaan trauma.

Menulis buku harian bisa membantu Anda untuk memiliki emosi yang stabil. Dimana saat melakukan aktivitas ini, isi hati dan pemikiran dapat Anda ekspresikan melalui coretan-coretan di lembaran diary.



5. Hidup Lebih Rapi

Manfaat menulis diary yaitu bisa membuat hidup lebih rapi. Rutinitas ini bisa membuat ritme keseharian lebih sistematis, dengan kata lain yakni dapat membantu Anda dalam upaya memiliki kehidupan sehari-hari yang lebih rapi dan terorganisasi.

Selain sebagai tempat curhat, diary dapat berisi coretan-coretan mengenai perjalanan kehidupan, aktivitas harian, rencana masa depan, tujuan yang mau dicapai bulan ini atau tahun ini, dan banyak hal lainnya.

Menulis mengenai kehidupan sehari-hari di diary perlu dilakukan, ada banyak manfaatnya. Salah satunya, misalnya Anda suka sekali membeli barang-barang sehingga sering kehabisan uang sebelum tanggal gajian.

Menuliskan hal ini membuat Anda akan merenungkan bahwa selama ini sering menghabiskan uang untuk barang-barang yang tidak esensial (kurang berguna).

Tulislah di diary tentang pengalaman atau kehidupan sehari-hari Anda, ini cukup membantu untuk membuat hidup yang lebih baik dan teratur.

6. Self Healing

Manfaat menulis buku harian bisa menjadi cara penyembuhan luka batin yang efektif, dimana luka batin dapat mengganggu kondisi emosi jiwa.

Keresahan, kegalauan dan luka di hati yang Anda rasakan di kehidupan tapi enggak seorang pun bisa memahaminya, bahkan orang terdekat sekalipun, maka Anda bisa mencurahkan segalanya secara leluasa di buku harian.

Ini layaknya sebagai cara ampuh buat meringankan beban kehidupan. Para ahli menjelaskan bahwa beban berat di hati dan pikiran menyebabkan seseorang rentan mengalami masalah kesehatan mental.

Maka menulis diary sebagai metode untuk ekspresikan diri, pengalaman dan membebaskan diri dari beban (dan suasana hati buruk) yang dialami.

Selain itu penelitian menunjukan adanya efek positif menulis diary terhadap daya tahan tubuh, dimana ilmuwan menjelaskan aktivitas 'corat-coret' diary merupakan terapi self healing yang ampuh, yang sangat berdampak positif pada kesehatan mental maupun fisik.

Meluapkan dan mengekspresikan perasaan melalui aktivitas menulis dapat menurunkan stres, meredakan kegelisahan dan membantu memunculkan perasaan nyaman saat tidur sehingga Anda memperoleh tidur yang berkualitas dan terlelap.


7. Meningkatkan Kecerdasan IQ dan EQ

Manfaat menulis diary yaitu bisa mengasah kecerdasan. Ilmuwan menjelaskan aktivitas menulis diary punya keterkaitan dengan peningkatan level intelektual.

Aktivitas ini dapat mengembangkan skill berbahasa, dimana memicu seseorang supaya memperdalam atau memperbanyak kosa kata dan menciptakan rangkaian kalimat yang ditulis secara alami. Rutinitas menulis diary dapat mempertajam fokus, perhatian dan konsentrasi.

Selain itu, juga menjadikan Anda lebih mampu dalam mengenali perasaan diri sendiri, serta menjadikan Anda terbiasa untuk merenungkan kehidupan sehingga lebih mampu dalam mengenali dan memaklumi kondisi orang lain.

Dengan kata lain, rutinitas menulis diary nantinya bakal mengasah dan meningkatkan EQ.

8. Melatih Disiplin

Umumnya mereka yang terbiasa menulis buku harian, bakal memiliki atau menyediakan space waktu buat melakukannya. Contoh: pada jam 8 malam. Hal ini tanpa disadari bikin dirinya terlatih dalam mengatur waktu dan disiplin.

9. Mengasah Skill Berkomunikasi

Menulis diary nantinya bikin Anda sering mengatur dan mengolah variasi kata, efek positifnya bakal terasa saat berkomunikasi. Mereka yang aktif dengan diary-nya umumnya kaya akan kosa kata, serta memiliki kemampuan komunikasi mumpuni.

10. Merangsang Jiwa yang Kreatif

Menulis diary membuat seseorang dapat secara leluasa mengeluarkan isi pikiran, ide dan hal apapun yang dituangkan di lembaran kertas. Menulis diary bisa memberikan pengalaman positif, membuat percaya diri, menjadikan jiwa tentram dan mood positif.
Penutup: Sangat bagus jika Anda punya rutinitas menulis buku harian, tapi jangan kaku menentukan jadwal-nya, buatlah fleksibel (yakni di jam berapa saja) tapi tetap rutin.




Baca Juga:

No comments: