Beragam Manfaat Menulis Buku Harian untuk Kesehatan Mental

Dengan menulis, seseorang bisa mencurahkan isi hatinya, termasuk segala keluh kesah yang dirasakan. Tidak semua orang dapat menceritakan perasaannya kepada orang lain, apalagi jika tidak memiliki teman yang bisa dipercaya sebagai tempat curhat. Salah dalam memilih teman untuk curhat, bisa-bisa segala rahasia pribadi Anda akan disebar ke publik olehnya.

Disamping itu memendam perasaan sangatlah tidak baik, tentu akan sangat tersiksa rasanya dan perasaan menjadi semakin terbebani. Sehingga disinilah peran penting buku harian sebagai ‘teman’ yang tidak akan pernah berkhianat. Menulis buku harian dapat bermanfaat untuk kesehatan mental (psikis), dimana kesehatan mental yang baik akan berdampak positif terhadap kesehatan fisik.

Menulis
Photo credit: shutterstock.com|Sarah Trummer

Curahkan segala hal yang Anda rasakan di dalam buku harian, misalnya juga menulis tentang rutinitas sehari-hari, rencana di masa mendatang, harapan dan cita-cita, tentang perasaan yang telah lama dipendam, dan hal-hal lainnya. Saat menulis di buku harian, Anda bisa menulis dengan kalimat ekspresif yaitu tulisan yang berkaitan dengan pikiran dan perasaan dari pengalaman hidup, cara penulisan ini sangat bebas, serta tidak perlu kaku terlalu memperhatikan tata bahasa, ejaan dll.

Menulis buku harian dapat mengurangi rasa stres dan cemas yang melanda, cobalah mencurahkan segala kegelisahan Anda di buku harian sehingga menjadikan jiwa dan pikiran lebih rileks, serta menghilangkan hal-hal yang mengganjal di hati. Menuangkan perasaan ke dalam buku harian dapat memperbaiki kesehatan mental, sehingga disarankan bagi Anda yang memiliki beberapa msalah seperti depresi, bipolar, skizofrenia, gangguan kecemasan dan semacamnya untuk memiliki kegiatan rutin menulis buku harian.


Menulis buku harian juga dapat membantu tidur lebih nyenyak, dimana meluapkan perasaan di buku harian dapat meredakan rasa gelisah dan memunculkan perasaan tenang sebelum tidur. Ketenangan jiwa sangatlah penting agar seseorang bisa tidur dengan nyenyak. Ada banyak hal yang bisa dituliskan di buku harian, salah satunya cobalah menuliskan tentang apa yang Anda syukuri dalam hidup, atau hal-hal positif lainnya. Menuliskan dan mengingat hal-hal positif membuat perasaan menjadi lebih damai dan rileks.

Dengan menulis buku harian Anda bisa mengenal diri sendiri dengan lebih baik, mengetahui hal-hal yang disukai, angan-angan, cita-cita yang ingin dicapai, hingga mengetahui hal-hal yang seharusnya patut disyukuri. Dimana saat menulis diary akan membuat Anda sering merenung, dan menjadikan Anda lebih mengenal kepribadian diri sendiri.

Hidup manusia tidak lepas dari masalah dan ujian, setiap orang yang menjalani kehidupan di atas muka bumi akan sering menghadapi sesuatu yang tidak mengenakan. Aktivitas menulis di buku harian dapat meringankan perasaan berat yang dihadapi. Ketika pikiran sedang kusut, cobalah menuangkan  perasaan di buku harian, menulis dapat membantu melepaskan emosi yang terbelenggu.

Anda juga boleh menuliskan pengalaman buruk di masa lalu jika hal itu dapat membuat perasaan lebih plong. Hanya saja dalam menuliskan pengalaman buruk yang telah lalu, jangan sampai hal itu kembali membuka luka lama dan menimbulkan perasaan trauma.

Menulis diary dapat membantu Anda mengontrol emosi dengan lebih baik. Saat menulis buku harian, emosi, perasaan dan pemikiran bisa tercurahkan lewat goresan-goresan di lembaran buku harian.

Selain itu rutinitas menulis diary dapat membuat hidup jadi lebih teratur. Selain sebagai tempat curhat, buku harian juga bisa berisi tulisan-tulisan tentang kehidupan sehari-hari, resolusi apa yang ingin dicapai bulan ini atau tahun ini, dll. Menulis tentang kehidupan sehari-hari di diary perlu dilakukan, misalnya Anda suka sekali membeli barang-barang sehingga sering kehabisan uang sebelum tanggal gajian, menuliskan hal ini membuat Anda akan merenungkan bahwa selama ini sering menghabiskan uang untuk barang-barang yang tidak esensial (kurang berguna). Tulislah di diary tentang pengalaman atau kehidupan sehari-hari Anda, ini cukup membantu untuk membuat hidup yang lebih baik dan teratur.


Menulis diary dapat menjadi self-healing (penyembuhan diri). Kegelisahan, kegundahan dan rasa sakit yang Anda alami selama ini tanpa ada seorang pun yang dapat memahaminya, bahkan orang terdekat sekalipun, maka Anda dapat mencurahkan segalanya dengan bebas dan leluasa di buku harian. Menulis diary menjadi cara ampuh untuk meringankan beban dan masalah kehidupan. Para ahli menjelaskan bahwa stress menyebabkan hambatan emosional, dan menulis buku harian menjadi cara menerjemahkan pengalaman dan membebaskan diri dari beban atau suasana hati buruk yang dialami.

Selain itu penelitian menunjukan terjadi peningkatan fungsi kekebalan tubuh saat seseorang menulis, dimana ilmuwan menjelaskan bahwa menulis dapat menjadi penyembuh diri yang sangat baik secara emosional, fisik dan psikologis. Pelepasan emosi dari menulis buku harian bisa menurunkan perasaan stres, cemas dan membantu tidur yang lebih nyenyak.

Menulis diary dapat meningkatkan kecerdasan IQ dan EQ. Ilmuwan menjelaskan bahwa menulis sebagai bagian dari pembelajaran bahasa yang memiliki korelasi positif dengan kecerdasan, menulis buku harian merupakan eksplorasi bahasa, yang akan memicu Anda untuk mencari kosakata baru dan rangkaian kalimat yang ditulis secara alami di diary.

Rutinitas menulis diary juga dapat meningkatkan perhatian, fokus atau konsentrasi, hingga meningkatkan kecerdasan emosional. Dengan terbiasa menulis buku harian akan meningkatkan kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi diri dan orang lain, terbiasa untuk merenungkan kehidupan sehingga lebih mampu untuk memahami diri sendiri dan orang lain. Hal ini nantinya membuat kecerdasan emosional semakin terasah.

Manfaat lainnya dari rutinitas menulis buku harian:
  1. Membuat disiplin. Biasanya orang yang suka menulis diary, bakal punya waktu khusus untuk melakukannya, misalnya pada jam 8 malam. Hal ini tanpa disadari membuat dirinya terlatih untuk mengatur waktu dan disiplin.
  2. Meningkatkan keterampilan komunikasi. Menulis diary membuat seseorang terbiasa menyusun kata-kata menjadi kalimat, efek positifnya akan sangat terasa saat berkomunikasi. Orang-orang yang terbiasa menulis buku harian biasanya kaya akan kosa kata dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  3. Menulis buku harian dapat membangkitkan kreativitas. Menulis diary membuat Anda bebas memunculkan pikiran, ide atau gagasan apapun yang dituangkan dalam lembaran kertas.
  4. Menulis buku harian dapat memberikan pengalaman positif, membuat percaya diri dan menjadikan suasana hati lebih baik.

Sangat bagus jika Anda memiliki rutinitas menulis buku harian, tapi jangan kaku menentukan jadwal menulis diary, buatlah sefleksibel mungkin tapi tetap rutin.




Tulisan Terkait: