Bagaimana Cara Menilai Kepribadian Pria dan Sifat Aslinya?


Jadilah wanita yang cerdas, jangan memandang seorang pria hanya sekilas dari luarnya saja, ini penting agar Anda nantinya tidak menyesal. Saat pria jatuh cinta, biasanya kepribadiannya sulit dikenali, hal itu karena pria akan berbuat baik semaksimal mungkin disebabkan rasa cinta yang membara di dalam jiwanya.

Seorang pria yang sedang dimabuk cinta akan berusaha mendapatkan hati si Wanita, sehingga akan tampil dengan sesempurna mungkin, pada kondisi seperti ini sulit untuk mencaritahu sifat asli seorang pria sehingga hindari terburu-buru mengambil keputusan menikahinya.

Seorang Lelaki
Photo credit: stock.adobe.com|Africa Studio

Cobalah caritahu tentang dirinya, walaupun tidak bisa diketahui 100% tapi jika Anda sungguh-sungguh memperhatikan nantinya bisa tahu cukup banyak tentang dia.

Ada beberapa pertanyaan penting tentang dia seperti: Apakah dia suka bangun pagi? Apakah dia penyabar? Apakah dia tidak bisa lepas dari HP? Apakah dia gegabah? Apakah dia rajin atau suka bermalas-malasan? Pertimbangkan apakah Anda bisa menerima sifat-sifatnya.

Anda juga bisa melakukan trik cerdik, misalnya saat dia sering pamit pergi main dengan si A, maka pada suatu hari cobalah minta ikut menemaninya secara mendadak. Lihatlah bagaimana responnya, perhatikan sikapnya, apakah dia gusar atau respon lainnya, jika ia menolak tanyakan mengapa, dari situ Anda bisa mulai sedikit tahu tentang kepribadiannya. Tentunya trik ini hanya dilakukan sesekali saja.

Perhatikan bentuk pertemanan si Pria. Cek teman-temannya untuk mencari sifat aslinya, pria yang masih memiliki teman yang sama sejak ia masih kecil cenderung menghargai kesetiaan dan lebih dapat dipercaya, hanya saja kemungkinan dia termasuk orang yang kurang mampu beradaptasi dengan perubahan. Adapun pria yang memiliki banyak teman baik di kampus atau tempat kerja, maka dia termasuk orang yang mudah beradaptasi dan punya kepribadian supel. 

Perhatikan apakah si pria menyukai permainan olahraga dan punya tim favorit. Misalnya pria yang suka menonton pertandingan sepak bola biasanya suka berkompetisi, mereka suka berkumpul untuk menonton pertandingan, jadi bersiaplah untuk dicueki olehnya selama pertandingan berlangsung.

Adapun pria yang menyukai olahraga solo seperti berlari, bersepeda dan semacamnya, biasanya merupakan tipe independen yang suka menghabiskan waktu sendiri. Adapun jika seorang pria tidak menyukai olahraga, biasanya dia merupakan tipe orang yang berpikiran bebas dan sensitif.

Coba tanya kepadanya “Seperti apa sih mantan kamu?”. Jika si pria mengatakan keburukan-keburukan dari mantannya, ketahuilah bahwa dia belum dewasa dalam menjalani hubungan. Pria dewasa bukanlah orang yang mudah membuka aib orang lain.

Coba tanya kepadanya “Apa hewan favoritmu?”. Pria yang memiliki hewan peliharaan (misalnya kucing) menunjukkan bahwa dia kemungkinan seorang penyayang. Bertanya hal ini juga untuk membantu menemukan kesamaan, dimana jika dia tidak menyukai hewan peliharaan maka hal ini bisa menyulitkan Anda untuk memiliki hewan peliharaan.

Perhatikan si pria saat berjabat tangan. Seorang pria yang punya kebiasaan menjabat tangan dengan erat, itu kemungkinan menandakan ia seorang dengan kepribadian yang percaya diri dan bersemangat. Adapun jika kebiasannya menjabat tangan terlalu pelan dan cenderung lesu, itu bisa menandakan bahwa ia orang yang pasif.

Perhatikan kukunya. Pria dengan kuku yang terlihat bersih menandakan orang yang cukup peduli terhadap kesehatan dan kerapihan, adaun pria yang kukunya terlihat kotor menandakan ia orang yang kurang rapi dan cenderung kurang peduli terhadap pola hidup sehat.

Coba tanyakan kepadanya “Keterampilan apa saja yang kamu kuasai?”. Pertanyaan ini untuk mengetahui seperti apa minat dan ambisinya. Seorang pria yang menguasai keterampilan tertentu (seperti memperbaiki mesin kendaraan, merenovasi rumah, menulis novel dll) merupakan orang yang lebih memiliki gairah hidup, ketimbang orang-orang yang tak berminat pada keterampilan apapun. 

Coba kurangi komunikasi beberapa waktu dengan si pria, tanpa komunikasi adalah satu cara mengenali seorang pria. Ada pria yang menganggap situasi ini sebagai sebuah keberkahan karena selama ini lelah berinteraksi dengan Anda, ada pria yang kelimpungan karena situasi ini, ada pria yang memanfaatkan situasi ini untuk bekerja lebih giat hingga lembur, atau berbagai respon lainnya. Pertimbangkan sikap yang mana yang pas buat Anda.

Coba tanyakan kepadanya “Bagaimana hubunganmu dengan keluarga?”. Selidiki bagaimana kondisi hubungan dia dan keluarganya, ini menjadi cara ampuh untuk mengetahui kepribadian asli seorang pria. Jika seorang pria memperlakukan ibunya dengan baik, maka ini menandakan ia orang yang paham tentang pentingnya menghormati seorang wanita.

Perhatikan tekstur kulit tangannya. Jika tekstur kulit tangannya lembut, ia kemungkinan memiliki sifat yang penyayang dan rasa empati yang tinggi. Adapun jika teksturnya kasar, kemungkinan ia punya sifat emosional tapi kelebihannya mungkin ia seorang yang pekerja keras. Hanya saja hal ini tidak selalu.

Perhatikan Kebiasaannya. Anda perlu memperhatikan kebiasaan-kebiasaan pria untuk mengetahui kepribadiannya, misalnya: Pria perokok biasanya orang yang mudah khawatir, sehingga memilih pelarian yang tidak sehat. Pria yang suka minum-minuman keras biasanya menyimpan rasa tidak aman yang coba untuk dilupakan.

Pria yang suka berjudi merupakan tipe orang yang suka mengambil risiko dan selalu ingin menang. Dalam kehidupan sehari-hari hal ini akan terbawa, dimana sifatnya yang ingin selalu menang dan sulit untuk mengerti orang lain. Selain itu sifat suka mengambil resikonya juga akan terbawa di kehidupan sehari-hari yang bisa membawa kepada kehancuran jika dilakukan tanpa perhitungan matang.

Perhatikan sikapnya saat marah. Amati perilakunya saat ia marah, apakah ia mampu mengontrol amarahnya dengan menyendiri dan tidak melakukan sesuatu yang membahayakan, berarti ia sudah memiliki kedewasaan yang baik. Tapi jika ia terlihat emosional dengan kemarahan yang meluap-luap, bahkan melempar barang-barang di sekitarnya, berarti si pria masih memiliki sifat kekanak-kanakan.

Cari tahu apa yang dilakukannya saat waktu senggang. Apakah ia menghabiskannya untuk melakukan sesuatu yang positif, atau hanya menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu yang sia-sia atau remeh.

Perhatikan teman-teman dekatnya. Anda mungkin berpikir bahwa dia tampaknya tidak sama dengan teman-temannya, tapi harus selalu diingat bahwa teman pergaulan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kepribadian seseorang. Jika dia memiliki teman-teman dengan kepribadian buruk dan toksik, cepat atau lambat akan menular juga akhirnya.

Perhatikan cara dia memperlakukan hewan. Apa dia bersikap baik dengan hewan? Bagaimana cara ia memperlakukan hewan di jalanan? Jika ia dapat bersikap lembut terhadap hewan, maka ia lebih dapat lagi bersikap lembut terhadap manusia dan juga punya sikap menghargai terhadap sesama.

Beberapa sifat dasar pria yang perlu diketahui:
  1. Seringnya wanita yang minta dipahami oleh pasangannya, padahal pria juga butuh dimengerti. Seorang pria juga bisa emosional.
  2. Walaupun pria biasanya terlihat tangguh tapi juga bisa merasakan kesedihan. Seorang pria bisa sangat emosional saat dihadapkan pada kejadian yang mematahkan hati dan semangatnya. Oleh karena itu para wanita harus tahu, seorang pria sangat bahagia saat diberikan support.
  3. Jika seorang pria berkata ingin waktu sendiri, biasanya ia memang benar-benar sedang ingin sendiri dan bisa menjadi sangat marah jika diganggu, sehingga pahami sifatnya ini.
  4. Pria sebenarnya mendengarkan walaupun Anda menduga ia tidak melakukannya. Umumnya pria terlihat cuek dan malas merespon, tapi sebenarnya kupingnya sangat peka untuk mendengarkan. 
  5. Pria biasanya lebih lama dalam berpikir dan mempertimbangkan sebelum mengatakan sesuatu, hal ini berbanding tebalik dengan wanita.
  6. Umumnya pria tidak paham dan tidak suka dengan kode-kode, mereka lebih memahami sesuatu bila dikomunikasikan secara langsung, jelas dan tegas. Pria kurang suka model komunikasi seperti sindir-menyindir dan semacamnya. Sehingga seorang wanita perlu mengatakan dengan jelas dan tegas tentang apa yang diinginkan saat berbicara dengan pria. 




Tulisan Terkait: