18 Cara Mengenali Diri Sendiri untuk Memaksimalkan Potensi

Mungkin Anda merasa tidak puas dengan pekerjaan dan keseharian selama ini, merasa tidak bahagia, ataupun hati terasa kosong. Jika benar, itu berarti Anda perlu mengenal diri sendiri dengan lebih baik.

Survey menunjukan bahwa 80% orang belum bisa memahami dengan baik diri mereka sendiri. Padahal mengenali diri sendiri merupakan hal yang sangat penting, agar hidup terarah dan berjalan dengan baik.

Cara Mengenali Diri Sendiri
Photo credit: Istockphoto.com|PeopleImages

Sebelum bisa memahami orang lain, maka perlu mengetahui seluk-beluk tentang diri sendiri. Bahkan, seorang bijak mengatakan bahwa memahami diri sendiri bisa menjadi lebih sulit daripada memahami karakter orang lain.

Cara Mengenali Diri Sendiri Lebih Dalam


1. Cobalah Intropeksi Diri

Sebagian orang suka sekali menyalahkan dan menjelek-jelekan orang lain, tapi malas atau tidak mau untuk melakukan intropeksi diri. Menolak intropeksi diri adalah penyakit yang menimpa banyak orang.

Padahal intropeksi diri berguna untuk membantu seseorang menjadi pribadi yang lebih baik lagi, orang-orang yang hebat dan berkualitas adalah orang-orang yang sering mengintropeksi diri.

Intropeksi diri merupakan cara mengenali diri sendiri lebih dalam, dengannya Anda menjadi berkesempatan untuk memperbaiki diri.

Adapun orang yang tidak mau intropeksi diri maka tidak akan punya kesempatan untuk memperbaiki diri. Sehingga, bagaimana mungkin seseorang bisa memperbaiki diri dan menjadi orang hebat, jika dia saja tidak menyadari kekurangan-nya yang sangat banyak.

Sering-seringlah intropeksi diri setiap hari, sehingga Anda bisa memahami diri sendiri dengan lebih baik. Setiap orang itu unik, sehingga terimalah setiap hal dalam diri Anda. Ini juga membantu Anda untuk mencari solusi dalam hidup.


2. Tingkatkan Kesadaran Diri dan Fokus

Pertama-tama kendalikan diri dengan lebih baik, juga usahakan kurangi melakukan multitasking. Multitasking yaitu melakukan banyak kegiatan dalam satu waktu.

Multitasking akan memberikan efek buruk, yaitu berdampak buruk pada struktur otak, membuat Anda sulit fokus, gampang panikan, sering tergesa-gesa, hingga menurunkan kesehatan psikis.

Anda perlu mencermati dengan seksama setiap cara berpikir, perasaan, dan tindakan Anda. Menyadari ketiga hal tersebut merupakan cara mengetahui karakter diri sendiri. Selain itu, ketiga hal tersebut sangat memengaruhi keseharian dan jalan kehidupan Anda.

Dalam sehari, sediakan minimal 15 menit (jika Anda sangat sibuk) buat menenangkan pikiran dalam kondisi duduk dan rileks. Kalau bisa, sediakan waktu lebih dari 15 menit untuk merileks-kan pikiran.

3. Tanya Pandangan Orang Lain

Terkadang kita tidak menyadari sesuatu yang ada dalam diri kita kecuali jika menanyakannya pada pihak lain, seperti kekurangan dan kelebihan ataupun hal lainnya.

Oleh karena itu, cara mengenali diri sendiri dengan lebih dalam yaitu meminta pendapat orang lain. Anda membutuhkan sudut pandang orang lain, sehingga diharapkan diperoleh informasi penting tentang diri Anda yang sebelumnya tidak disadari.

Anda dapat mencari sudut pandang orang lain mengenai diri Anda, dari sana nantinya akan memperjelas segala hal dalam diri Anda. Terkadang orang lain mengetahui hal tentang diri Anda, tapi Anda tidak menyadarinya.

Hanya saja meminta sudut pandang pihak lain, jangan dari sembarang orang, Anda harus selektif mencari orang yang bisa dimintai pendapatnya tentang diri Anda, seperti orang tersebut dapat dipercaya, punya pengalaman hidup yang bagus, tampak cerdas dan bijak, dll.

Biasanya orang yang dimintai pendapatnya adalah orang dekat. Anda harus berusaha untuk siap menerima masukan, selalu ingat bahwa ini untuk kebaikan diri Anda juga, maka jangan jadi orang yang baperan (gampang tersinggung).

Anda tidak usah cemas, karena Anda tidak wajib menelan mentah-mentah pendapat pihak lain tentang diri Anda. Tentunya itu disesuaikan dengan keadaan diri Anda.


4. Terbuka pada Diri Sendiri

Cara mengetahui kepribadian diri sendiri yaitu Anda perlu jujur pada diri sendiri, jujur pada diri sendiri menjadi KUNCI UTAMA. Selain itu, Anda perlu menerima diri apa adanya atau menerima keadaan Anda saat ini. Tidak ada gunanya lari dari KENYATAAN.

Tidak usah menolak apa yang ada di pikiran Anda, mengenai diri Anda sendiri. Yang seharusnya Anda lakukan adalah jujur tentang apa yang Anda inginkan dan rasakan, sehingga nantinya Anda akan mulai secara mendalam mengenali diri sendiri.

Dengan kata lain Anda harus mendengarkan suara hati, karena isi hati selalu jujur dan tidak pernah berbohong. Isi hati akan menggambarkan tentang diri Anda sendiri. (baca: manfaat sifat jujur)

Anda juga bisa mencoba berbicara dan mengeluarkan isi hati saat di depan cermin. Ini hal yang disarankan untuk dilakukan secara teratur, misalnya sekali dalam seminggu.

5. Miliki Buku Harian

Disarankan agar Anda mempunyai buku harian, di dalam diary biasanya kita akan menulis tentang kejadian dan pengalaman hidup sehari-hari. Ternyata kebisaan ini membantu Anda untuk lebih memahami dan mengetahui diri sendiri dengan lebih baik lagi.

Beli-lah sebuah buku dengan tampilan unik atau menarik untuk digunakan sebagai diary. Anda bisa menuliskan apa saja di dalamnya, keluarkan semua unek-unek dalam hati di buku harian, bisa juga menuliskan kejadian dan pengalaman tertentu, menuliskan hal-hal untuk disyukuri, dll.

6. Pikirkan Apa yang Disukai dan yang Tidak

Coba pikirkan apa saja hal-hal yang disukai dan yang tidak disukai selama ini, ini akan membantu Anda untuk lebih memahami diri Anda sendiri. Untuk mempermudah dan agar tidak lupa, tuliskan poin-poinnya di selembar kertas, ini juga membantu Anda merenungi tiap-tiap poin.

7. Miliki Tujuan Hidup

Cara mengenali diri sendiri yaitu miliki tujuan hidup. Anda perlu terbuka pada diri sendiri untuk membuat tujuan hidup, jangan sampai Anda tidak memiliki tujuan untuk dicapai karena akan membuat hidup jadi tak bermakna.

Anda harus memiliki target atau tujuan dalam hidup, sehingga membuat hidup Anda menjadi jelas, terarah dan membantu Anda untuk memiliki prinsip dalam hidup. Orang yang hidup tapi tidak memiliki target atau tujuan, sama saja seperti zombie.

Dimana orang seperti itu bakal sering luntang-lantung, tidak tahu apa yang harus dilakukan, hingga akhirnya menjadi depresi sendiri.


8. Tidak Perlu Memaksakan Diri Harus Seperti Orang Lain

Setiap orang itu unik, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Cara mengetahui kepribadian diri sendiri yaitu jangan memaksakan diri menjadi orang lain, jadilah diri sendiri sehingga Anda dapat lebih mengenal diri Anda sendiri.

Mengambil inspirasi dari orang lain tentunya boleh, yang tidak boleh adalah memaksakan diri jadi orang lain sehingga membuat Anda lupa dengan identitas diri sendiri. Kehilangan identitas diri bisa menyebabkan Anda kehilangan arah dalam hidup.

9. Merenungkan Hal Paling Berkesan

Cobalah menyediakan waktu untuk mengingat-ingat kembali hal yang paling berkesan di perjalanan kehidupan Anda selama ini.

Sekaligus bernostalgia, mengingat kejadian-kejadian berkesan di hati juga membantu Anda untuk 'memperoleh' diri Anda kembali. Dengannya, mudah-mudahan Anda mendapatkan petunjuk mengenai jati diri, tujuan hidup, dan apa yang hati Anda inginkan selama ini.

10. Hilangkan Sifat KEPO

Hal yang harus dihindari adalah sifat KEPO, karena membuat Anda terlalu larut untuk mendalami dan mencari tahu perihal orang lain, termasuk sibuk menilai orang bahkan mengurusi dan membicarakan hal-hal tidak penting dari orang lain. Akibatnya membuat Anda lupa dengan diri sendiri.

11. Tulis Apa yang Menjadi Kekurangan dan Kelebihan Anda

Cara mengenali diri sendiri lebih dalam yaitu mencari tahu apa kekurangan dan kelebihan Anda. Masing-masing orang itu unik, dimana setiap individu pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri, cobalah menyediakan waktu kosong dan usahakan kondisi tenang, lalu renungkan kelebihan-kelebihan atau apa saja yang menjadi kekuatan Anda. Untuk mempermudah dan agar tidak lupa, catatlah.

Lalu renungkan juga apa saja kekurangan pada diri Anda, pikirkan dan tulis. Mengetahui segala kelebihan dan kekurangan diri sendiri dengan rinci, akan sangat membantu untuk memahami seperti apa diri Anda.

Dengan mengetahui kelebihan diri sendiri, membuat Anda sadar untuk segera mengoptimalkan kelebihan yang dipunyai. Jangan sampai Anda terlambat mengembangkan potensi yang dipunyai.

Manfaat lainnya mengetahui kelebihan diri sendiri yaitu membangkitkan rasa percaya diri, sehingga Anda tidak minder di masyarakat atau saat bertemu orang-orang.

Jangan sampai Anda merasa minder pada kelebihan orang lain, ini berbahaya karena membuat mental Anda jatuh dan menghambat perkembangan Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengasah bakat atau kelebihan dengan segera.

Mengetahui kekurangan diri sendiri tidak kalah pentingnya, menjadikan Anda sadar untuk segera memperbaiki diri atau menambal kekurangan yang ada.


12. Berusaha untuk Mencintai Diri Sendiri

Anda baru bisa mengenali diri sendiri jika Anda telah benar-benar mencintai diri sendiri, maka dari itu berusahalah untuk hal ini. Kembangkan kualitas diri, sehingga Anda akan mencintai diri Anda sendiri.

Misalnya, optimalkan kelebihan yang dimiliki dan perbaiki kekurangan diri, sehingga menjadikan Anda sebagai individu yang berkualitas dan berkelas, ini menjadikan Anda mencintai diri sendiri, lalu Anda pun terdorong untuk mengenali diri sendiri secara lebih mendalam.

13. Cobalah Belajar Keterampilan atau Bidang Baru

Jika Anda sedang merasa kehilangan arah, cobalah untuk mempelajari keterampilan atau bidang baru. Mungkin saja itu cocok dengan Anda, sehingga membantu Anda mengenali diri sendiri dengan lebih mendalam.

Kita tidak tahu pasti bakat atau potensi yang terpendam di dalam jiwa, sehingga cobalah untuk menjadi aktif, cermati segala bidang yang mungkin cocok dengan Anda. Ada rasa kepuasan tersendiri saat berhasil menguasai suatu keterampilan atau bidang tertentu.

Dengan berhasil menguasai suatu keterampilan atau bidang tertentu, ini sangat membantu Anda untuk menetapkan arah kehidupan, dan membuat Anda bisa memahami diri sendiri dengan lebih baik.

14. Pahami Kondisi Psikologi Anda

Cara mengenali diri sendiri lebih dalam yaitu Anda harus mengamati keadaan psikologi Anda. Cermati apa saja yang menjadikan Anda merasa bahagia, marah, tersinggung, kecewa, khawatir, sedih dll.

Memahami kondisi psikologi diri sendiri sangat penting, supaya Anda bisa menempatkan diri dan bertindak dengan lebih tepat. Hal ini sangat membantu Anda agar bisa sukses di dunia pekerjaan dan kehidupan sosial.


15. Pahami Jam Biologis Anda

Masing-masing orang mempunyai jam biologis berbeda-beda. Jadi amati kapan momen terbaik untuk bekerja dan beraktivitas secara optimal. Amati kapan kondisi tubuh terbaik, kapan waktu terbaik untuk bisa berpikir jernih, dll.

Ada orang yang bisa berkonsentrasi secara optimal dan nyaman di pagi hari, tapi ada juga yang lebih optimal di sore hari ataupun malam hari. Cermati jam biologis Anda dengan baik, sehingga membantu Anda lebih paham diri sendiri dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki.

16. Bercermin dari Orang Lain

Misalnya saat berinteraksi dengan orang lain, biasanya Anda akan menemukan hal-hal yang kurang sreg darinya. Jika mengamati seseorang maka mudah untuk melihat kekurangan-nya, tapi ini bukan berarti Anda jadi hobi mencari kekurangan orang lain.

Justru saat melihat kekurangan orang lain, seharusnya Anda bercermin. Misalnya, Anda melihat seseorang yang suka ghibah (ngomongin kejelekan orang lain), sebelum Anda 'sibuk' untuk membenci orang tersebut, cobalah merenungkan apakah Anda memiliki sifat atau kebiasaan seperti itu juga?

17. Pahami Kekuatan Anda

Cara mengenali diri sendiri yaitu Anda harus memahami tingkat kekuatan yang dimiliki. Kekuatan tidak hanya mengenai tenaga yang besar maupun stamina yang kuat.

Kekuatan juga termasuk seberapa hebat Anda mengatur emosi, tingkat percaya diri, apa saja keterampilan yang dikuasai, bagaimana penampilan Anda, tingkat konsentrasi Anda, level skill bersosial Anda, dan lainnya.

Pahami baik-baik kekuatan Anda sendiri, karena informasi ini sangat beharga dalam menentukan langkah-langkah di kehidupan.

18. Gunakan Layanan Tes Kepribadian

Zaman yang semakin canggih menjadikan kita dimanjakan dengan berbagai fasilitas, apalagi perkembangan internet sangatlah pesat. Anda bisa melakukan tes kepribadian dengan sangat mudah.

Manfaat layanan tes kepribadian dapat membantu Anda mengenali diri sendiri dengan lebih dalam. Sekarang telah terdapat segudang layanan tes kepribadian yang bisa Anda gunakan secara gratis. 

Biasanya Anda akan diberikan sekitar 30-40 pertanyaaan sederhana, jawablah dengan jujur dan apa adanya.

Selesai menjalani tes akan terlihat hasilnya serta penjelasannya secara panjang lebar, Anda akan mendapatkan banyak sekali informasi beharga mengenai diri Anda, yang selama ini tidak disadari.




Baca Juga:

No comments: