15 Kegiatan Seru dan Membahagiakan di Rumah

Banyak orang yang merasa tidak betah di rumah karena tidak punya ide ingin melakukan apa. Kalau tidak ada kegiatan memang bosan rasanya, oleh karena itu milikilah kegiatan untuk mengusir rasa bosan sekaligus memanfaatkan waktu.

Usahakan kegiatan yang dilakukan memberikan efek positif, entah itu kegiatan yang membuat seru maupun kegiatan yang menjadikan hati bahagia. Langsung saja berikut ini kegiatan yang bisa Anda lakukan di rumah:


1. Masak Menu Baru

Zaman sekarang sangatlah memudahkan, Anda bisa menemukan di internet ribuan resep makanan atau minuman disertai langkah-langkah membuatnya. Jika Anda suka memasak carilah menu-menu menarik yang ada banyak di internet (seperti di Blog, Youtube, Facebook, Aplikasi).

Resep Mie Pangsit
Resep Mie Pangsit resepkoki.id

Keberadaan teknologi internet benar-benar patut disyukuri jika digunakan dengan benar. Cari menunya dan mulailah memasak. Memasak itu kegiatan yang seru dan menyenangkan, selain itu banyak manfaat dari kegiatan memasak. Bahkan kegiatan memasak bermanfaat untuk kesehatan mental, berikut penjelasannya:

  1. Setelah memasak Anda akan melihat secara langsung hasil nyata atas usaha yang telah dilakukan. Para ahli menjelaskan bahwa kegiatan memasak dapat dijadikan terapi untuk meredakan depresi dengan cara meningkatkan perilaku yang berorientasi pada tujuan.
  2. Terapis menjelaskan bahwa seseorang akan merasa bahagia setelah melihat hasil masakannya.
  3. Memasak bisa menjadi tempat untuk mengekspresikan perasaan dan memacu kreativitas. Kegiatan memasak bisa memicu pikiran untuk lebih kreatif dan memunculkan ide-ide di kepala.
  4. Hasil penelitian menemukan bahwa kegiatan memasak dapat meningkatkan kualitas hidup, mengembangkan kemampuan sosial dan rasa percaya diri.
  5. Beberapa tahun terakhir klinik kesehatan mental di Amerika Serikat menjadikan kegiatan memasak sebagai terapi untuk mengatasi masalah mental. Bahkan terapi ini telah terbukti efektif dalam meredakan depresi, gangguan mood dan membantu pengobatan skizofrenia.


Sebelum mulai memasak, baca dahulu isi resep dan langkah-langkahnya dari awal sampai akhir. Dengan persiapan yang baik akan memudahkan kegiatan memasak. Pastikan juga Anda telah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Perlu diketahui, mencicipi makanan biasa dilakukan saat proses memasak, ini untuk memastikan rasanya sesuai dengan keinginan Anda.

Satu hal lagi, penggunaan pisau tumpul bisa berbahaya karena beresiko tergelincir saat memotong. Jika pisau sudah tumpul jangan digunakan, beli pisau yang baru agar proses memasak berjalan aman.

2. Berkebun

Anda bisa berkebun di halaman rumah dengan menanam bunga-bunga, tanaman hias, tanaman buah dan sayuran. Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas, banyak opsi yang bisa ditanam. Berkebun menjadi pilihan yang bagus untuk mengisi waktu luang, Anda bisa menanam dan memelihara beraneka tanaman yang disukai, baik itu tanaman bunga, sayuran hingga buah.

Sekarang ini orang yang tinggal di kota atau perumahan yang minim lahan (tanah) kosong, banyak yang berkebun dengan gaya urban farming, yaitu cara menanam dengan menggunakan pot bunga, metode hidroponik maupun sekedar memanfaatkan botol plastik bekas.

Kebun
Photo credit: phillyfamily.com

Kegiatan berkebun membuat tubuh Anda mendapatkan sinar matahari, dalam setiap hari tubuh membutuhkan paparan sinar matahari beberapa saat. Paparan sinar matahari bermanfaat untuk memicu tubuh memproduksi vitamin D. Fungsi vitamin D berperan dalam proses pembentukan sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh guna memperkuat tulang.

Kegiatan berkebun juga mengusir rasa jenuh dan stres, apalagi Anda akan melihat pemandangan yang asri dan menyejukkan hati. Selain itu menyiram tanaman dan tanah memunculkan perasaan bahagia. Saat berkebun juga membuat fisik bergerak aktif, Anda mungkin akan memindahkan pot dan kegiatan lainnya yang membuat tubuh berkeringat.

Selain itu, dengan berkebun berarti Anda telah membantu meningkatkan kadar oksigen di lingkungan, yang ini sangat penting untuk pelestarian bumi. Setelah selesai berkebun hendaknya segera mandi dan berganti pakaian.

Berikut beberapa tips berkebun:

1. Perhatikan area yang memperoleh sinar matahari, paparan sinar matahari yang mencukupi sangat penting dalam proses pertumbuhan tanaman. Cari tempat yang mendapatkan sinar matahari paling baik. 

2. Pastikan untuk memilih area yang memiliki cahaya matahari cukup, tumbuhan rata-rata membutuhkan paparan sinar matahari sekitar enam jam per hari.

3. Cahaya matahari yang paling baik untuk tumbuhan adalah saat pagi hari, jadi usahakan untuk mendapatkan sinar matahari pagi.

4. Jika memungkinkan manfaatkan rooftop (bagian atas rumah) untuk berkebun, sehingga tanaman mendapatkan cahaya matahari secara maksimal.

5. Atau jika halaman rumah Anda terdapat lahan, tanam diluar dekat pagar sehingga tanaman mendapatkan cahaya matahari secara maksimal.

6. Pilih tanaman yang disukai, baik itu pohon buah, tanaman sayur maupun bunga. Isi lahan tanam dengan tanaman yang bervariasi. Tanam juga cabai, bayam dan tomat karena itu dikonsumsi setiap hari.

7. Perhatikan estetika (keindahan), karena berkebun di rumah bukan berarti rumah jadi tampak berantakan.

8. Mengenai faktor estetika, selain memilih tumbuhan sayur dan buah (untuk keperluan konsumsi), juga sediakan space untuk tanaman bunga yang akan memanjakan mata.

9. Media tanam perlu dipikirkan juga, yang paling umum adalah tanah, ada juga tanaman yang bisa tumbuh di air (hidroponik). Usahakan untuk menggunakan tanah yang bernutrisi tinggi (gembur) sehingga tanaman tumbuh sangat baik.

10. Tanaman membutuhkan tanah bernutrisi tinggi, pastikan menggunakan tambahan kompos yang banyak dijual, atau dengan membuatnya sendiri dari sisa-sisa organik dapur.

11. Pastikan sumber air tersedia, menyiram tanaman harus dilakukan secara rutin, khususnya pada musim kemarau.

12. Usahakan menanam dengan beberapa varian tanaman, sehingga tidak hanya menanam satu jenis tanaman. 

13. Untuk jenis tanaman sayuran, Anda bisa menanam selada, bawang, daun bawang dan seledri. Karena jenis sayuran tersebut biasa dibutuhkan sehari-hari.

14. Dalam berkebun perlu kesabaran dalam merawat tanaman serta mempelajari sifat dari masing-masing tanaman, karakteristik tanah dan faktor penting lainnya, disinilah seninya berkebun.


Kegiatan berkebun akan membuat rumah tampak lebih hijau, membuat udara di lingkungan rumah jadi sejuk, dan kegiatan ini sangat bagus sebagai cara mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi.

3. Menonton Acara Favorit

Ini bisa berupa menonton acara TV, film-film yang Anda sukai ataupun mengakses konten video Youtube. Menonton acara favorit ini, kalau bisa juga yang berfaedah, sehingga menjadi kegiatan yang bagus untuk dilakukan secara rutin saat ada waktu luang.

Sekarang mungkin chanel TV sudah mulai ditinggalkan dan orang-orang beralih ke video youtube. Di youtube sebenarnya ada banyak konten edukasi, ilmu dan hal-hal yang berfaedah, utamakan untuk menonton video-video seperti itu di youtube.

Karena jika sekedar menonton video lucu-lucuan, prank gak jelas maupun goyang tiktok, maka banyak waktu terbuang sia-sia. Ada banyak video di youtube, jangan sampai menonton video yang tidak berguna.

Jika Anda ingin menonton film, disarankan menonton film yang memiliki makna sosial. Buatlah nuansa seru saat menonton (seperti saat di bioskop), siapkan camilan favorit sebelum memulai, bisa juga menyediakan minuman seperti kopi atau lainnya sesuai kesukaan Anda, letakan di posisi aman.

Rapihkan ruangan untuk menonton sehingga membuat nyaman, lalu menonton dalam posisi duduk. Kalau bisa lakukan bersama keluarga sehingga terasa lebih seru dan menyenangkan.

4. Olahraga

Saat di rumah, orang cenderung malas menggerakan tubuh, padahal tubuh perlu digerakan secara rutin. Walaupun di rumah, Anda tetap perlu latihan fisik atau olahraga, tubuh tetap harus selalu bugar. 

Berada dalam situasi yang mengharuskan di dalam rumah terus, maka hal terpenting yang harus dilakukan yaitu menjaga kesehatan dengan cara terus bergerak. Lakukan bentuk latihan atau olahraga yang bervariasi sehingga menghindari kebosanan. Lamanya waktu berolahraga minimal 2-3 jam per minggu. 

Anda mungkin sudah melakukan olahraga lari, lompat tali, senam dan kardio, tapi jangan lupa untuk latihan penguatan otot. Pedoman olahraga nasional Australia menyarankan untuk latihan otot setidaknya dua hari per minggu, ini bertujuan untuk mempertahankan kekuatan tubuh.

Oleh karena itu, selain Anda olahraga lari dan kardio secara umum, siapkan juga porsi latihan angkat beban untuk menguatkan otot. Untuk berolahraga tidak perlu membeli alat-alat mahal, yang penting Anda punya komitmen untuk berolaraga secara rutin.

5. Membaca Al-Qur’an dan Dzikir

Ini kegiatan yang paling bermanfaat, tapi sayang paling banyak disepelekan orang-orang. Dua kegiatan tersebut memberikan kebahagiaan dan keberkahan yang besar di dunia dan akherat.

Dalam buku berjudul “Dzikir Pagi dan Petang” karya Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas, menyebutkan banyak manfaat berdzikir yaitu:

  1. Mendatangkan keridhoan Allah.
  2. Mengusir syaiton, menunudukannya dan mengenyahkannya.
  3. Menghilangkan kesedihan hati.
  4. Mendatangkan kegembiraan dan ketentraman dalam jiwa.
  5. Menguatkan jasmani (fisik) dan rohani.
  6. Melapangkan rezeki.
  7. Menimbulkan rasa percaya diri dan menunjukan kharisma.
  8. Menumbuhkan rasa cinta kepada Allah.
  9. Mendekatkan diri kepada Allah.
  10. Membuhkan ketundukan berupa kepasrahan diri kepada Allah dan niat kembali kepadanya.
  11. Menghidupkan hati.
  12. Menghilangkan kerisauan dalam hubungan antara dirinya dengan Allah.
  13. Turunnya ketenangan dan datangnya rahmat. Bahkan ditegaskan bahwasanya para malaikat mengelilingi orang-orang yang berdzikir.
  14. Menyikingkirkan segala ketakutan di dalam hari sehingga menghadirkan perasaan aman.
  15. Dzikir membangunkan hati dari tidur panjangnya, dan menjaga hati dari kelalaian.
  16. Dzikir merupakan penyembuh dan obat penyakit hati.
  17. Sesungguhnya di dalam hati ada kekerasan yang tidak bisa dicairkan kecuali dengan berdzikir kepada Allah.
  18. Berdzikir kepada Allah dapat memudahkan kesulitan dan meringankan beban yang berat.
  19. Dzikir kepada Allah memberikan kekuatan bagi pelakunya hingga mampu menyelesaikan suatu pekerjaan berat tanda disangka-sangkanya.
  20. Memunculkan perasaan bersyukur.
  21. Dan manfaat lainnya.


Jika manfaat dzikir demikian banyaknya, maka gunakan detik-detik waktu hidup Anda untuk berdzikir. Ucapkan kalimat toyyibah seperti:

  1. Subhanallah (maha suci Allah).
  2. Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).
  3. Laa ilaaha illallah (Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah).
  4. Allahu Akbar (Allah masa besar).
  5. Lahaula wala quwwata illa billah (tidak ada daya dan upaya kecuali dari Allah).
  6. Astagfirullah (aku memohon ampunan kepada Allah).
  7. Hasbunallah wani’mal wakil (Cukuplah Allah sebagai pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami).


6. Menonton Kajian Islam

Dalam beribadah tentunya dengan berdasarkan petunjuk dari Nabi Muhammad shallahu alaihi wa sallam, tidak boleh kita membuat bentuk ibadah sendiri tanpa ada dasar yang jelas dalam Islam. Oleh karena itu kita harus menuntut Ilmu agar bisa mengetahui cara beribadah dan beragama dengan benar. 

Dalam menjalankan agama Islam, yang dijadikan pedoman dan panutan adalah Rasulullah. Di Indonesia, Alhamdulillah sudah banyak ahli ilmu yang selesai menuntut ilmu di makkah, madinah dan universitas Islam terkemuka lainnya, mereka mengedukasi masyarakat Indonesia untuk bisa beragama dengan benar.

Diantara ahli ilmu tersebut yaitu Ustadz Syafiq Riza Basalamah, Ustadz Armen Halim Naro, Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri, Ustadz Khalid Basalamah, Ustadz Ahmad Zainuddin, Ustadz Firanda Andrija, Ustadz Muhammad Arifin Badri, Ustadz Maududi Abdullah dll.

Anda bisa mencarinya di Youtube, ada banyak kajian dengan berbagai tema seperti kisah kehidupan orang-orang sholeh, fikih ibadah, keluarga, fikih jual beli, ilmu hadist, sejarah, kajian kitab para ulama, dll.

Salah satu kajian dari Ustadz Khalid Basalamah berjudul “Kisah Sahabat Nabi Ke-1: Menggapai Derajat Siddiq Bersama Abu Bakar Assiddiq” di bawah ini.


Menonton kajian menjadi aktivitas wajib untuk orang Islam agar mengetahui keindahan ajaran Islam dan agar hidup menjadi bahagia di dunia dan akhirat.

7. Dekorasi Kamar dan Membersihkan Ruangan

Ini jika Anda sudah merasa jenuh dengan suasana kamar yang itu-itu aja. Gunakan waktu luang di rumah dengan melakukan dekorasi, membersihkan dan merapihkan ruangan. Sebagai saran, keluarkan benda-benda yang tidak diperlukan dari dalam ruangan sehingga membuat ruangan terasa lega dan minimalis, ini membuat perasaan lebih lega dan pikiran lebih jernih.

Pastikan juga membersihkan ruangan sehingga sudut-sudut ruangan selalu bersih dan nyaman. Bersihkan ruangan secara rutin karena debu atau kotoran menjadi sarang bagi nyamuk dan sebagai sumber penyakit.

8. Ikut Belajar/Kursus Online

Manfaatkan waktu untuk menambah skill. Di zaman teknologi seperti ini banyak orang yang mengikuti kursus online dengan berbagai jenis keahlian, hadirnya kelas online sangat memudahkan untuk mempelajari sesuatu yang baru. Dengan menambah skill berguna untuk menunjang karier di masa mendatang.

Materi kursus online telah dipersiapkan di platform online sehingga Anda bisa mengaksesnya secara langsung tanpa perlu pergi keluar rumah. Ada banyak skill yang bisa Anda pelajari, dengan meningkatnya skill akan mempermudah untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus.

Kursus online diikuti banyak orang dengan berbagai latar belakangnya masing-masing. Anda bisa dengan mudah terhubung dengan mereka, sehingga memperluas networking Anda. Networking adalah sesuatu yang penting di dunia kerja.

Hal bagus dari kursus online adalah Anda bisa mempelajari skill atau keterampilan apapun yang disukai. Beberapa tempat penyedia kursus online yaitu Udemy, Skill Academy, Udacity dan beberapa lainnya. Anda tidak memiliki batasan apapun untuk menambah skill baru.

Selain itu rata-rata biaya kursus online lumayan murah, apalagi untuk proses belajarnya tidak membuat Anda keluar dari rumah, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan juga menghemat waktu.

Hanya saja Anda harus mempersiapkan koneksi internet yang stabil dengan kuota yang memadai, streaming video akan menghabiskan banyak kuota internet.

Kegiatan Lain yang Bisa Anda Lakukan di Rumah:

9. Bermain Google Earth/Map. Jalan-jalan virtual dengan menggunakan layanan gratis Google Earth ternyata seru juga, Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai tempat dan jalan-jalan di dunia ini.

10. Virtual Travelling. Dikarenakan kondisi yang mengharuskan tempat-tempat wisata dan museum tutup, Anda bisa melakukan virtual travelling. Banyak pengelola museum dalam negeri maupun luar negeri yang membuka akses kunjungan secara virtual sehingga bisa dijelajahi melalui gadget atau laptop. Seperti Louvre Museum Paris, Guggenheim Museum New York, Museum Nasional Indonesia, Galeri Nasional dan banyak lainnya yang bisa Anda cari di mesin pencari Google.

11. Membaca Buku. Ini bisa menjadi cara pengusir rasa bosan yang berfaedah, jika ingin Indonesia menjadi negara maju maka tingkatkan literasi Anda, biasakan hari-hari untuk membaca buku untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

12. Menikmati Waktu Bersama Keluarga. Jika semua anggota keluarga sedang berada di rumah, manfaatkan momen “emas” seperti ini untuk berkumpul dan mengobrol sesama anggota keluarga, bisa juga mengadakan permainan seru ataupun bercerita.

13. Menghubungi Relasi Maupun Keluarga Jauh. Bisa juga saat memiliki waktu luang di rumah, gunakan untuk menyambung silaturahmi dengan keluarga jauh melalui video call, bertanya tentang kondisi mereka dan hal-hal lainnya.

14. Beristirahat. Ini dilakukan jika kondisi fisik dan jiwa kelelahan, agar kesehatan tetap terjaga dan pikiran menjadi fresh. Jika dilakukan saat siang hari (tidur siang) hanya memakan waktu 30-60 menit, setelah itu tubuh dan jiwa Anda akan kembali fresh. Saat waktu beristirahat jauhkan seluruh gadget dari diri Anda.

15. Menjalani Hobi yang Disukai. Optimalkan waktu luang Anda dengan cara menjalani hobi, manfaatkan waktu yang ada untuk mengasah dan mengembangkan hobi Anda. Saat menjalani hobi biasanya waktu terasa cepat, Anda juga menjadi lebih aktif dan lebih sehat (secara fisik maupun psikis.


Tulisan Terkait: