15 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Rumah

Banyak orang yang merasa tidak betah di rumah karena tidak punya ide ingin melakukan apa. Kalau tidak ada kegiatan memang bosan rasanya. Oleh karena itu milikilah kegiatan untuk mengusir rasa bosan sekaligus memanfaatkan waktu.

Usahakan kegiatan yang dilakukan memberikan efek positif, entah itu kegiatan yang membuat seru maupun kegiatan yang menjadikan hati bahagia.

Kegiatan Seru dan Membahagiakan di Rumah


1. Masak Menu Baru

Zaman sekarang sangatlah memudahkan, Anda bisa menemukan di internet ribuan resep makanan atau minuman disertai langkah-langkah membuatnya. Jika Anda suka memasak carilah menu-menu menarik yang ada banyak di internet (seperti di Blog, Youtube, Facebook, Aplikasi).

Resep Mie Pangsit
Resep Mie Pangsit resepkoki.id

Keberadaan internet benar-benar patut disyukuri. Cari menunya dan mulailah memasak. Memasak itu kegiatan yang seru dan menyenangkan, selain itu banyak manfaat dari aktivitas masak-masak.

Bahkan kegiatan memasak bermanfaat untuk kesehatan mental, berikut penjelasannya:

  1. Setelah memasak Anda akan melihat secara langsung hasil nyata atas usaha yang telah dilakukan. Para ahli menjelaskan bahwa aktivitas memasak dapat dijadikan terapi buat meredakan depresi, melalui mekanisme berupa mengarahkan tindakan, hati dan pikiran untuk berfokus ke tujuan.
  2. Timbul perasaan gembira setelah melihat hasil masakan.
  3. Memasak bisa menjadi tempat untuk mengekspresikan perasaan dan memacu kreativitas. Kegiatan memasak bisa memicu pikiran untuk lebih kreatif dan memunculkan ide-ide di kepala.
  4. Hasil penelitian menemukan bahwa kegiatan memasak dapat meningkatkan kualitas hidup, mengembangkan kemampuan sosial dan rasa percaya diri.
  5. Beberapa tahun terakhir psikiater di USA menerapkan aktivitas masak-masak guna pemulihan (buat mengatasi problem psikis). Bahkan metode ini telah terbukti efektif dalam meredakan depresi dan gangguan suasana hati.


Sebelum mulai memasak, baca dahulu isi resep dan langkah-langkahnya dari awal sampai akhir. Dengan persiapan yang baik akan memudahkan kegiatan. Pastikan juga menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Penting: Penggunaan pisau tumpul bisa berbahaya karena beresiko tergelincir saat memotong. Jika pisau sudah tumpul jangan digunakan, beli pisau yang baru agar proses memasak berjalan aman.


2. Berkebun

Contoh kegiatan di rumah yaitu berkebun di halaman rumah dengan menanam bunga-bunga, tanaman hias, buah dan sayuran. Jika Anda memiliki lahan cukup luas, berlimpah opsi yang dapat ditanam. 

Berkebun menjadi pilihan yang bagus buat mengisi waktu luang, yakni menanam dan memelihara beraneka tumbuhan favorit. Seperti buah-buahan yang nantinya bisa dikonsumsi, hingga bunga mawar dan semacamnya.

Sekarang ini orang yang tinggal di kota atau perumahan yang minim lahan (tanah) kosong, banyak yang berkebun dengan gaya urban farming, memakai pot bunga, gaya hidroponik, maupun sekedar memanfaatkan botol plastik bekas.

Kebun
Photo credit: phillyfamily.com

Kegiatan berkebun membuat tubuh mendapatkan sinar matahari, dalam setiap hari tubuh membutuhkan paparan sinar matahari beberapa saat. Paparan sinar matahari bermanfaat untuk memicu tubuh memproduksi vitamin D.

Fungsi vitamin D berperan dalam proses pembentukan sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh guna memperkuat tulang.

Kegiatan berkebun juga mengusir rasa jenuh dan stres, apalagi Anda akan melihat pemandangan yang asri. Selain itu menyiram tanaman dan tanah memunculkan perasaan bahagia.

Saat berkebun juga membuat fisik bergerak aktif, Anda mungkin akan memindahkan pot dan kegiatan lainnya yang membuat tubuh berkeringat.

Selain itu, dengan berkebun berarti Anda telah membantu meningkatkan kadar oksigen di lingkungan, yang ini sangat penting untuk pelestarian bumi. Setelah selesai berkebun hendaknya segera mandi dan berganti pakaian.

Berikut beberapa tips berkebun:

1. Paparan sinar matahari sangat penting dalam proses pertumbuhan tanaman. Cari tempat terdapat sinar. 

2. Pastikan memilih wilayah yang mendapat sinar, tumbuhan umumnya harus terkena paparan sinar 6-7 jam setiap harinya.

3. Paparan cahaya mentari terbaik untuk tumbuhan adalah saat pagi. Usahakan agar memperoleh paparan matahari pagi.

4. Apabila memungkinkan manfaatkan rooftop buat menanam, sehingga tumbuhan memperoleh paparan matahari secara maksimal.

5. Pilih favorit Anda, baik itu pohon buah, tanaman sayur maupun bunga. Isi lahan tanam secara bervariasi. Tanam juga cabai, bayam dan tomat karena itu dikonsumsi setiap hari.

6. Perhatikan estetika (keindahan), karena berkebun di rumah bukan berarti rumah jadi tampak berantakan.

7. Mengenai faktor estetika, selain memilih tumbuhan sayur dan buah (buat keperluan konsumsi), juga sediakan space buat tanaman bunga yang bakal memanjakan mata.

8. Usahakan untuk menggunakan tanah bernutrisi tinggi (gembur) sehingga akan diperoleh hasil maksimal. Untuk membantu, pastikan menggunakan tambahan kompos yang banyak dijual.

9. Pastikan sumber air tersedia, menyiram tanaman harus dilakukan secara rutin, khususnya pada musim kemarau.

10. Usahakan menanam dengan beberapa varian tanaman.

11. Untuk tanaman sayuran, Anda bisa memilih bayam, tomat, bawang, daun bawang, seledri dll. Karena jenis sayuran tersebut biasa dibutuhkan sehari-hari.

Dalam berkebun perlu kesabaran dalam merawat tanaman serta mempelajari sifat dari masing-masing tanaman, karakteristik tanah dan faktor penting lainnya, disinilah seninya berkebun.

Kegiatan berkebun akan membuat rumah tampak lebih hijau, membuat udara di lingkungan rumah jadi sejuk, dan kegiatan ini sangat bagus sebagai cara mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi.


3. Menonton Acara Favorit

Kegiatan di rumah yaitu menonton acara TV, film-film yang disukai ataupun mengakses konten video Youtube. Menonton acara favorit ini, kalau bisa juga yang berfaedah, sehingga menjadi kegiatan yang bagus untuk dilakukan secara rutin di waktu luang.

Sekarang mungkin TV sudah mulai ditinggalkan dan orang-orang beralih ke video youtube. Di youtube sebenarnya ada banyak konten edukasi, ilmu dan hal-hal yang berfaedah, utamakan untuk menonton video-video seperti itu.

Karena jika sekedar menonton video lucu-lucuan, prank gak jelas maupun goyang tiktok, maka banyak waktu terbuang sia-sia. Ada banyak video di internet, jangan sampai menonton video yang tidak berguna.

Jika Anda ingin menonton film, disarankan menonton film yang memiliki makna sosial. Buatlah nuansa seru saat menonton (seperti saat di bioskop), siapkan camilan favorit sebelum memulai, bisa juga menyediakan minuman seperti kopi atau lainnya sesuai kesukaan Anda, letakan di posisi aman.

Rapihkan ruangan untuk menonton sehingga membuat nyaman, lalu menonton dalam posisi duduk. Kalau bisa lakukan bersama keluarga sehingga terasa lebih seru dan menyenangkan.

4. Olahraga

Saat di rumah, orang cenderung malas menggerakan tubuh, padahal tubuh perlu digerakan secara rutin. Walaupun di rumah, Anda tetap perlu latihan fisik. Lakukan bentuk latihan yang bervariasi sehingga menghindari kebosanan.

Lamanya waktu berolahraga minimal total 2-3 jam per minggu. Berolahraga seperti berlari, lompat tali, senam dan kardio dll.


5. Baca Al-Qur’an dan Dzikir

Kegiatan yang bisa dilakukan di rumah yaitu ibadah. Ini kegiatan paling bermanfaat, tapi sayang paling banyak disepelekan orang-orang. Dua kegiatan tersebut memberikan kebahagiaan dan keberkahan yang besar di dunia dan akherat.

Manfaat berdzikir yaitu:

  1. Mengusir syaiton.
  2. Membuat hati terasa damai.
  3. Memberikan energi untuk jasmani (fisik) dan rohani.
  4. Wajah menjadi cerah bahagia dan rasa percaya diri.
  5. Membuat hati terarah kepada Allah.
  6. Hati menjadi hidup.
  7. Munculnya perasaan aman, serta hilangnya perasaan cemas dan gundah.
  8. Melindungi hati dari kelalaian.
  9. Menghilangkan penyakit hati.
  10. Mencairkan hati yang keras.
  11. Membuat jiwa bisa bersyukur sehingga terasa bahagia.
  12. Dan manfaat lainnya.


Jika manfaat dzikir demikian banyaknya, maka gunakan detik-detik waktu hidup Anda untuk berdzikir. Ucapkan kalimat toyyibah seperti:

  1. Subhanallah (maha suci Allah).
  2. Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).
  3. Laa ilaaha illallah (Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah).
  4. Allahu Akbar (Allah masa besar).
  5. Lahaula wala quwwata illa billah (tidak ada daya dan upaya kecuali dari Allah).
  6. Astagfirullah (aku memohon ampunan kepada Allah).
  7. Hasbunallah wani’mal wakil (Cukuplah Allah sebagai pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami).

6. Menonton Kajian Islam

Dalam beribadah tentunya dengan berdasarkan petunjuk dari Nabi Muhammad, tidak boleh membuat bentuk ibadah sendiri tanpa ada dasar yang jelas dari Islam. Oleh karena itu kita harus menuntut Ilmu agar bisa mengetahui cara beribadah dan beragama dengan benar. 

Dalam menjalankan agama Islam, yang dijadikan pedoman dan panutan adalah Rasulullah. Di Indonesia, Alhamdulillah sudah banyak ahli ilmu yang selesai menuntut ilmu di makkah, madinah dan universitas Islam terkemuka lainnya, mereka mengedukasi masyarakat Indonesia untuk bisa beragama dengan benar.

Diantara ahli ilmu tersebut yaitu Ustadz Syafiq Riza Basalamah, Ustadz Armen Halim Naro, Ustadz Khalid Basalamah, Ustadz Firanda Andrija dan banyak lainnya.

Anda bisa mencarinya di Youtube, ada banyak kajian dengan berbagai tema seperti kisah kehidupan orang-orang sholeh, fikih ibadah, keluarga, ilmu hadist, sejarah, kajian khusus membahas kitab para ulama dll.

Ini salah satu kajian dari Ustadz Khalid Basalamah yang isinya tentang mengambil pelajaran dari kehidupan sahabat Nabi, di bawah ini.


Menonton kajian menjadi aktivitas wajib untuk orang Islam agar mengetahui keindahan ajaran Islam dan agar hidup menjadi bahagia di dunia dan akhirat.


7. Dekorasi Kamar

Kegiatan yang dilakukan di rumah yaitu dekorasi kamar dan membersihkan ruangan. Jika sudah merasa jenuh dengan suasana kamar, gunakan waktu luang dengan melakukan dekorasi ruangan.

Sebagai saran, keluarkan benda-benda yang tidak diperlukan dari dalam ruangan, ini membuat perasaan lebih lega dan pikiran lebih jernih. Pastikan juga membersihkan ruangan sehingga sudut-sudut ruangan bersih. Bersihkan secara rutin karena debu menjadi sarang bagi nyamuk dan sumber penyakit.

8. Ikut Kursus Online

Manfaatkan waktu buat memperbanyak skill. Di zaman teknologi seperti ini, banyak orang memanfaatkan waktunya untuk eksplorasi edukasi online yang terdiri dari bermacam jenis keahlian. 

Keberadaan layanan edukasi secara daring, sangat menolong banyak orang supaya dapat menguasai suatu keterampilan dengan mudah dan praktis.

Ada segudang skill yang dapat Anda coba kuasai, dengan meningkatnya skill akan mempermudah buat memperoleh karier yang bagus.

Mereka yang mendaftar kursus online terdiri dari bermacam latar belakang. Jika sudah bergabung, maka Anda dapat akses untuk terhubung pada mereka, sehingga memperluas networking Anda. Networking adalah sesuatu yang amat vital di kehidupan.

Hal bagus yakni Anda bisa memilih untuk mendalami keahlian manapun secara bebas. Beberapa tempat layanan kursus online yaitu Udemy, Skill Academy, Udacity dan beberapa lainnya.

Selain itu harga kursus online lumayan terjangkau, apalagi proses belajarnya tidak membuat Anda keluar dari rumah. Sehingga enggak keluar uang bensin dan enggak buang waktu di jalan.


9. Bermain Google Map

Anda bisa melakukan random kegiatan saat cuaca hujan seperti bermain Google Map, dimana jalan-jalan virtual memakai layanan gratis Google Map/Earth ternyata seru juga. Menjadikan penggunanya secara instan dan cepat dapat mengakses berbagai tempat dan jalan-jalan di dunia ini.

10. Virtual Travelling

Dikarenakan kondisi yang mengharuskan tempat-tempat wisata dan museum tutup, Anda bisa melakukan virtual travelling.

Banyak pengelola museum dalam negeri maupun luar negeri yang membuka akses kunjungan secara virtual sehingga bisa dijelajahi melalui gadget atau laptop. Seperti Museum Nasional Indonesia, Galeri Nasional dan banyak lainnya yang bisa dicari di mesin pencari Google.

11. Membaca Buku

Ini bisa menjadi cara pengusir rasa bosan yang berfaedah, jika ingin Indonesia menjadi negara maju maka tingkatkan literasi Anda. Biasakan hari-hari untuk membaca buku untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

12. Menikmati Waktu Bersama Keluarga

Jika semua anggota keluarga sedang berada di rumah, manfaatkan momen “emas” seperti ini untuk berkumpul dan mengobrol sesama anggota keluarga, bisa juga mengadakan permainan seru ataupun bercerita.

13. Telepon Keluarga dan Teman

Bisa juga saat memiliki waktu luang di rumah, gunakan untuk menyambung silaturahmi dengan keluarga jauh melalui video call, bertanya tentang kondisi mereka dan hal-hal lainnya.

14. Beristirahat

Ini dilakukan jika kondisi fisik dan jiwa kelelahan, agar kesehatan tetap terjaga dan pikiran menjadi fresh. Jika dilakukan saat siang hari (untuk memperoleh manfaat tidur siang) hanya memakan waktu 30-60 menit, setelah itu tubuh dan jiwa kembali fresh. Saat waktu beristirahat jauhkan gadget.

15. Menjalankan Hobi

Optimalkan waktu luang Anda dengan cara menjalani hobi yang disukai, manfaatkan waktu yang ada untuk mengasah dan mengembangkan hobi Anda.

Saat menjalani hobi biasanya waktu terasa cepat. Anda juga menjadi lebih aktif, dan lebih sehat secara fisik maupun psikis.




Baca Juga:

No comments: