15 Kegiatan di Rumah Saat Hujan yang Membahagiakan

Suara rintik-rintik hujan, udara yang terasa sejuk membuat banyak orang tenggelam di dalam lamunan. Hujan turun membuat orang-orang tidak bisa keluar rumah.

Kegiatan yang tidak dapat dilakukan saat cuaca hujan seperti menjemur pakaian, menerbangkan layang-layang, berkunjung ke taman, joging di luar dll. Selain itu ada yang berencana pergi ke mall tapi dibatalkan karena derasnya hujan.

Turunnya hujan seringkali direspon banyak orang dengan 'mulut cemberut' karena menganggap hujan sebagai penghalang aktivitas. Padahal, ada banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan saat cuaca hujan.

Kegiatan di Rumah Saat Hujan
Hujan Deras | Photo credit: Istockphoto.com-Mac99

Kegiatan di Rumah Saat Hujan


1. Minum Minuman Hangat

Kegiatan saat cuaca hujan yaitu minum minuman hangat. Saat hujan tentunya kondisi udara menjadi amat dingin, ini merupakan momen yang paling tepat untuk menikmati minuman hangat.

Anda bisa minum teh hangat, kopi, minuman jahe atau minuman lainnya yang membuat perut terasa hangat.

Jika hujan pada sore hari disarankan untuk minum teh hangat, ini menjadi momen menyenangkan dan rileks untuk menikmati sore hari Anda.


2. Baca Buku

Kegiatan di rumah saat hujan yaitu baca buku. Membaca buku adalah aktivitas penting yang harus dilakukan secara RUTIN.

Ambil buku dan berkonsentrasi-lah untuk melahap ilmu dari buku tersebut. Ini sangat bagus dan cocok dilakukan untuk mengisi waktu luang kala musim hujan.

Pastikan kondisi sekeliling rapi, rapikan barang-barang yang berserakan di ruangan, sehingga membaca bisa lebih nyaman dan berkonsentrasi.

Pokoknya buat kondisi senyaman mungkin sehingga Anda bisa merasakan nikmatnya membaca buku saat hujan turun. Apalagi suasana sejuknya membuat Anda mendapatkan mood baik untuk membaca buku.

Membaca Buku Kala Hujan
Membaca Buku Kala Hujan | Photo credit: -

Disarankan membaca buku di dekat jendela dengan ditemani segelas cokelat panas, teh hangat atau minuman lainnya yang Anda sukai.

"Tetesan hujan dan gemericik air yang membasahi jendela dan jalanan di luar rumah seakan memberikan ketenangan, kenyamanan dan rasa syahdu saat membaca buku."

3. Beres-Beres Rumah

Jika Anda berencana keluar rumah tapi tidak jadi karena hujan deras, berarti Anda ada waktu luang. Gunakan waktu luang tersebut untuk merapihkan rumah, apalagi selama ini Anda tidak sempat untuk menyapu dan mengepel rumah.

Gunakan momen ini untuk beres-beres rumah, rapihkan barang-barang yang berantakan di rumah, bersihkan debu-debu yang menempel di kaca jendela dan tempat lainnya.

Bersihkan sudut-sudut rumah agar membasmi sarang nyamuk. Hal lain yang bisa dilakukan yaitu mengubah atau membuat dekorasi ruangan. Rumah yang bersih dan rapi tentu membuat Anda nyaman dan jadi good mood.

4. Makan Mie Instan

Kegiatan yang dilakukan saat cuaca hujan yaitu makan mie rebus hangat. Kalau saat cuaca panas paling enak minum es, adapun saat cuaca dingin momen paling bagus untuk mengkonsumsi makanan ataupun minuman hangat.

Mie instan pilihan yang sangat masuk akal karena makanan yang mudah dibuat saat hujan yaitu mie rebus. Apalagi saat hujan, makan mie rebus akan memberikan kenikmatan yang tiada tara.

Mie instan rebus sangat mudah dibuat dan harganya murah. Tambahkan telur dan sayuran secukupnya untuk meningkatkan nutrisi.

Mie Rebus
Mie Rebus | Photo credit: Adobe.com/By Maxim Khytra

Jika tidak doyan mie rebus maka bisa memilih mie goreng. Entah itu memilih mie rebus atau mie goreng, intinya konsumsi selagi hangat.

Anda akan menikmati perpaduan dinginnya hujan dan hangatnya kuah mie rebus. Makan mie instan saat hujan merupakan momen yang patut disyukuri. Bubuhkan sedikit bawang goreng agar lebih nikmat dan gurih.

Mie instan sangat cocok saat kondisi dingin, proses penyajiannya simple dan sebentar. Anda benar-benar merasa rileks saat menyeruput kuahnya.

Nggak kebayang kalau mie instan tidak ada di dunia ini. Berat sekali rasanya jika saat hujan deras dan sedang malas-malasan di rumah, tapi gak ada semangkuk mie instan rebus yang menghangatkan.


5. Momen Bersantai dan Istirahat

Sekalipun Anda seorang pekerja keras yang super disiplin, Anda tetap perlu bersantai untuk membuat rileks pikiran yang sumpek karena pekerjaan. Bekerja keras terus-terusan dalam waktu lama bisa memicu stres dan depresi.

Saat hujan turun menjadi momen yang sangat bagus untuk bersantai agar energi kembali pulih dan pikiran menjadi fresh. Apalagi suasana sejuk saat hujan menggoda sekali untuk merebahkan tubuh di atas kasur, pakai selimut jika udara terasa sangat dingin.

Gunakan momen ini untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Rintik-rintik hujan membuat istirahat Anda menjadi lebih nikmat dan nyaman.

6. Nonton Film

Kegiatan manusia saat cuaca hujan yaitu nonton film. Disarankan menonton bersama keluarga sehingga lebih seru dan menyenangkan, selain itu meningkatkan kedekatan antar anggota keluarga. Sediakan juga camilan dan minuman sebelum menonton.

Cuaca yang dingin saat hujan membuat orang-orang cenderung malas bergerak, sehingga menonton acara favorit bisa menjadi pilihan bagus. Nonton film saat hujan turun membuat suasana semakin nyaman.

7. Merenung

Banyak orang teringat kenangan saat hujan turun. Suara rintik-rintik hujan dapat merilekskan pikiran yang menjadi momen bagus untuk merenung. Renungkan perjalanan hidup yang telah dilalui.

Merenung disini maksudnya bukan untuk galau, tapi untuk mengambil pengalaman dan pelajaran dari kejadian di masa lalu.

Selain itu banyak juga orang yang melamun saat hujan karena memang suasananya yang mendukung (syahdu). Tujuan lain dari merenung ataupun melamun untuk mengkondisikan jiwa dalam ‘mode’ rileks.

Bisa juga melamun saat hujan sambil menikmati bau khas hujan, bisa juga ngelamun mikirin masa depan atau tugas kuliah sambil menatap hujan, dijamin nikmat. Tapi jangan melamun memikirkan yang tidak-tidak (baca:jorok).

Kalau bisa duduknya di dekat jendela atau pintu, sehingga bisa melihat sambil mendengarkan rintik-rintik hujan. Melihat tanah atau jalanan yang terbasahi oleh hujan membuat suasana hati menjadi lega.

8. Berkumpul Bersama Keluarga

Kegiatan di rumah saat hujan yaitu manfaatkan momen syahdu ini untuk berkumpul bersama orang-orang di rumah. Ini sangat ditekankan untuk dilakukan.

Berkumpul bersama keluarga di kala hujan memunculkan suasana kehangatan tersendiri, jadi jangan sibuk dengan gadget masing-masing.

Mengobrol atau menonton film bersama bisa menjadi pilihan. Aktivitas ini juga meningkatkan keharmonisan anggota keluarga.

Berkumpul bersama keluarga juga dapat meredakan stress karena pekerjaan dan rutinitas. Bercengkrama bersama orang yang dikasihi dapat memperbaiki (mood) suasana hati, serta menjadi obat mujarab bagi Anda yang sedang merasa tidak tenang, resah dan tidak percaya diri karena dukungan dari keluarga memunculkan energi dan semangat.


9. Menulis

Kegiatan saat cuaca hujan yang disarankan yaitu menulis. Menulis saat hujan turun memberikan suasana tersendiri, tetesan hujan dan udara yang sejuk membuat Anda nyaman saat menulis, inspirasi pun mungkin banyak bermunculan.

Paling enak menulis puisi saat hari hujan, atau bisa juga menulis hal-hal lainnya sesuai dengan hobi atau preferensi Anda.

Menulis
Photo credit: Adobe.com/by chinnarach

Kalau doyan kopi, pastikan juga menyediakan kopi sebelum menulis. Kombinasi suasana hujan dan kehangatan segelas kopi meningkatkan adrenalin seorang penulis.

Banyak penulis menganggap segelas kopi sebagai teman sejatinya guna memunculkan segudang karya dan inspirasi di pikiran, serta agar terus berstamina untuk menyelesaikan karyanya.

Bahkan banyak yang mengatakan suasana hujan dan kopi sebagai inspirasi terpenting seorang penulis guna memunculkan karya besar.

Tetesan hujan yang syahdu seakan membawa seseorang terhanyut dalam suasana, lalu munculah ribuan terjemahan tentang makna hujan di benak orang-orang yang terbawa syahdunya tetesan hujan.

Marilah kita tunggu kedatangan hujan di kala senja ditemani secangkir kopi”

10. Ciptakan Suasana Tertentu yang Membuat Nyaman

Intinya ciptakan suasana yang kondusif, yaitu kondisikan rumah atau kamar Anda menjadi senyaman mungkin saat ditemani suara hujan dan udara sejuk. Gunakan momen ini untuk terapi diri, khususnya untuk melepaskan jiwa dari rasa stres.

Buatlah suasana yang nyaman dan kondusif, misalnya dengan meredupkan lampu, menyemprotkan aromaterapi, dll.

11. Olahraga

Olahraga hendaknya rutin, setidaknya 20 menit per hari. Apalagi jika tubuh terasa kedinginan saat hujan, aktivitas fisik bisa menghangatkan tubuh.

Walaupun sedang musim hujan, bukan berarti Anda menghentikan aktivitas fisik. Dengan semangat berolahraga juga dapat memperkuat imun yang menangkal serangan penyakit di musim penghujan.

Olahraga saat hujan bukanlah sebuah masalah. Selain berolahraga, jaga pola makan yang sehat, jangan malas konsumsi buah dan sayuran. Konsumsi makanan sehat sangat penting untuk meningkatan imun tubuh melawan penyakit di musin hujan.

12. Bermain

Bermain disini maksudnya bukan bermain video game di gadget atau console, lebih diutamakan untuk bermain hal-hal yang sederhana.

Jika ada anak kecil di rumah, ajak dia bermain bayangan tangan (misalnya), matikan lampu sehingga lebih gelap, gunakan senter atau lampu tidur yang cahayanya diarahkan ke dinding, ajak dia membuat bayangan dengan tangan, ini seru lho.


13. Melihat-lihat Foto Masa Lalu

Suara rintik-rintik dan cuaca sejuk menjadi momen yang pas untuk mengingat kenangan dan melihat-lihat foto di masa lalu. Turunnya hujan bisa menyebabkan perubahan mood, perasaan tertentu (semisal rasa syahdu) muncul di kala mendung atau hujan turun.

Penelitian menyebutkan bahwa tubuh (khususnya mata) memperoleh lebih sedikit cahaya saat mendung sehingga merangsang otak untuk memproduksi hormon melatonin, hormon inilah yang membuat orang mudah mengantuk dan melamun.

Hujan membuat tubuh cenderung menggigil kedinginan, untuk mencari kehangatan banyak orang yang melakukannya dengan memandang foto orang-orang tercinta, khususnya foto lawas.

14. Bikin Kerajinan Tangan

Membikin kerajinan tangan membutuhkan fokus dan ketenangan. Nah, suasana hujan sebenarnya membantu Anda untuk bisa lebih fokus dan tenang.

Suasana hujan menjadi momen yang bagus untuk menghasilkan karya kerajinan tangan, ini akan menjadi kegiatan yang mengasyikan. Sekarang ini, di internet sudah banyak bertebaran tutorial membuat kerajinan tangan.

15. Lainnya

Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan di rumah saat hujan, makan camilan ataupun ngopi bisa menjadi pilihan, aroma dan rasa kopi yang dinikmati saat dinginnya hujan merupakan kombinasi sempurna untuk menciptakan energi positif dalam mood Anda.

Jika Anda tidak doyan kopi maka bisa memilih yang lain seperti teh hangat atau susu, juga minuman cokelat hangat bisa menjadi pilihan yang bagus.

Menelepon orang tua juga bisa dikakukan, sekedar untuk menanyakan kabar misalnya, apalagi jika Anda sudah lama tidak pulang kampung menemui orangtua. Bercerita dan bercanda tawa-lah bersama orangtua di telepon yang tentu sangat merindukan Anda.

Jika ada anak kecil di rumah, ajak dia bermain hulahop dan lompat tali. Si Kecil akan terlihat menggemaskan saat bermain hulahop, apalagi saat dia harus menggoyangkan seluruh badannya akan terlihat sangat lucu.

Bermain hulahop selain menyenangkan juga bermanfaat untuk melatih koordinasi tubuh, begitu juga dengan manfaat lompat tali.

Manfaatkan momen ini untuk bersama di kecil sehingga hubungan semakin erat, bacakan cerita pada si kecil, suasana mendung membuat cerita lebih berkesan.

Berkumpul bersama menciptakan kenyamanan dan kebahagiaan. Kebersamaan orang-orang yang dicintai adalah momen yang wajib disyukuri.

Makanan Hangat Saat Hujan

  1. Mie Rebus.
  2. Mie Gomak.
  3. Bakso.
  4. Soto.
  5. Sop Ayam.
  6. Sop Kambing.
  7. Sop Buntut.
  8. Seblak.
  9. Jagung Bakar.
  10. Pisang Goreng.
  11. Gorengan.

Minuman Setelah Turun Hujan

  1. Teh Hangat.
  2. Teh Hijau.
  3. Kopi.
  4. Wedang Jahe
  5. Bajigur
  6. Minuman Cokelat Hangat.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hujan Petir

Sebagai informasi penting, beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat hujan deras ataupun petir:
  1. Berada di dekat jendela. Hal itu karena jika ada angin kencang bisa menyebabkan benda keras tertentu menghantam kaca jendela.
  2. Menyentuh beton. Hal itu karena biasanya di dalam beton terdapat kabel besi.
  3. Kontak dengan air. Hal itu karena air bisa menghantarkan listrik dari petir. Jadi usahakan tidak mandi saat hujan disertai petir.
  4. Berdiri di dekat pohon. Hal itu karena benda-benda tinggi bakal menjadi incaran petir.
  5. Berdiri di tempat terbuka, misalnya sawah dan lapangan golf yang sangat luas. Petir akan mengincar penghantar yang tinggi, maka orang yang berdiri di tempat seperti sawah dan lapangan bakal menjadi incaran utama petir.
  6. Menggunakan smartphone sambil mengecasnya. Hal itu karena jika petir menyambar jaringan listrik, akan mengakibatkan lonjakan daya listrik yang sampai ke smartphone Anda, dampaknya bisa membuat Anda tersetrum dan bisa sampai menyebabkan smartphone meledak.
  7. Berenang. Hal itu karena apabila petir menyambar air, arus listriknya bakal menjalar ke segala arah permukaan air.




Baca Juga: