14 Aktivitas Membahagiakan di Rumah Saat Hujan

Suara rintik-rintik hujan, tercium aroma bau tanah dan udara yang terasa sejuk, membuat banyak orang tenggelem di dalam lamunan.

Hujan turun membuat orang-orang tidak bisa keluar rumah. Ada yang berencana pergi ke mall atau taman tapi dibatalkan karena hujan deras.

Hujan Deras
Hujan Deras | Photo credit: Istockphoto.com-Mac99

Turunnya hujan seringkali direspon banyak orang dengan mulut cemberut karena menganggap hujan sebagai penghalang untuk beraktivitas, padahal ada banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan saat hujan.

Nah, ceriakan hati dengan beberapa aktivitas di rumah saat hujan turun seperti:

1. Minum Minuman Hangat

Saat hujan tentunya kondisi udara menjadi dingin, ini merupakan momen yang paling tepat untuk meminum minuman hangat. Anda bisa minum teh hangat, kopi, minuman jahe atau minuman lainnya yang membuat perut terasa hangat.

Jika hujan pada sore hari disarankan untuk minum teh hangat, ini menjadi momen menyenangkan dan rileks untuk menikmati sore hari Anda.

2. Baca buku

Membaca buku adalah aktivitas penting yang harus dilakukan secara RUTIN.  Ambil buku dan berkonsentrasilah untuk melahap ilmu dari buku tersebut. Ini sangat bagus dan cocok dilakukan untuk mengisi waktu luang kala musim hujan.

Pastikan kondisi sekeliling rapi, rapikan barang-barang yang berserakan di ruangan, sehingga membaca bisa lebih nyaman dan berkonsentrasi.

Pokoknya buat kondisi senyaman mungkin sehingga Anda bisa merasakan nikmatnya membaca buku saat hujan turun. Apalagi suasana sejuknya membuat Anda mendapatkan mood baik untuk membaca buku.

Membaca Buku Kala Hujan
Membaca Buku Kala Hujan | Photo credit: -

Disarankan membaca buku di dekat jendela dengan ditemani segelas cokelat panas, teh hangat atau minuman lainnya yang Anda sukai.

"Tetesan hujan dan gemericik air yang membasahi jendela dan jalanan di luar rumah seakan memberikan ketenangan, kenyaman dan rasa syahdu saat membaca buku."

3. Beres-Beres Rumah

Jika Anda berencana keluar rumah tapi tidak jadi karena hujan deras, berarti Anda ada waktu luang. Gunakan waktu luang tersebut untuk merapikan rumah, apalagi selama ini Anda tidak sempat untuk menyapu dan mengepel rumah.

Nah gunakan momen ini untuk beres-beres rumah. Anda juga perlu merapihkan barang-barang yang berantakan di dalam rumah, bersihkan debu-debu yang menempel di kaca jendela dan tempat lainnya.

Bersihkan sudut-sudut rumah agar membasmi sarang nyamuk. Hal lain yang bisa dilakukan yaitu mengubah atau membuat dekorasi ruangan. Rumah yang bersih dan rapi tentu membuat Anda nyaman dan good mood.

4. Makan Mie Instan

Saat cuaca panas paling enak minum es, dan saat cuaca dingin paling enak makan yang hangat-hangat, mie instan pilihan yang paling masuk akal. Saat hujan, tidak semua makanan hangat bisa memberikan sensasi nikmat seperti mie instan.

Mie instan rebus sangat mudah dibuat dan harganya murah. Tambahkan telur dan sayuran secukupnya untuk meningkatkan nutrisi.

Mie Rebus
Mie Rebus | Photo credit: Adobe.com/By Maxim Khytra

Jika tidak doyan mie rebus maka bisa memilih mie goreng. Entah itu memilih mie rebus atau mie goreng, intinya konsumsi selagi hangat.

Anda akan menikmati perpaduan dinginnya hujan dan hangatnya kuah mie rebus. Makan mie instan saat hujan merupakan momen yang patut disyukuri. Bubuhkan sedikit bawang goreng agar lebih nikmat dan gurih.

Alasan mengapa makan mie instan sangat cocok saat hujan turun:
  1. Mudah dan cepat dibuat.
  2. Kenikmatan sensasi hangat saat menyantap mi instan, Anda benar-benar merasa rileks saat menyeruput kuahnya.
  3. Juga kombinasi bumbu pada mi instan dan rasa gurihnya (bawang goreng) menimbulkan sensasi tertentu.
  4. Mie instan memberikan rasa kenyang, cuaca dingin membuat perut lapar.

Nggak kebayang kalau mie instan tidak ada di dunia ini. Berat sekali rasanya jika saat hujan deras dan sedang malas-malasan di rumah, tapi gak ada semangkuk mie instan rebus yang menghangatkan.

Mie instan juga sering menjadi penyelamat dari serangan lapar di tengah malam, khususnya lagi bagi pada anak kost, persediaan mie instan menjadi penyelamat.

5. Momen Bersantai dan Istirahat

Sekalipun Anda seorang pekerja keras yang super disiplin, Anda tetap perlu bersantai untuk membuat rileks pikiran yang sumpek karena pekerjaan. Bekerja keras terus-terusan dalam waktu lama bisa memicu stres dan depresi.

Saat hujan turun menjadi momen yang sangat bagus untuk bersantai agar energi kembali pulih dan pikiran menjadi fresh. Apalagi suasana sejuk saat hujan menggoda sekali untuk merebahkan tubuh di atas kasur, pakai selimut jika udara terasa sangat dingin.

Gunakan momen ini untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Rintik-rintik hujan membuat istirahat Anda menjadi lebih nikmat dan nyaman.

6. Nonton Film

Disarankan menonton bersama keluarga sehingga lebih seru dan menyenangkan, selain itu meningkatkan kedekatan antar anggota keluarga. Sediakan juga camilan dan minuman sebelum menonton.

Cuaca yang dingin saat hujan membuat orang-orang cenderung malas bergerak, sehingga menonton acara favorit bisa menjadi pilihan bagus. Khususnya bari orang-orang bertipe introvert, nonton film saat hujan turun membuat suasana semakin nyaman.

7. Merenung

Banyak orang teringat kenangan saat hujan turun. Suara rintik-rintik hujan dapat merilekskan pikiran yang menjadi momen bagus untuk merenung. Renungkan perjalanan hidup yang telah dilalui.

Merenung disini maksudnya bukan untuk galau, tapi untuk mengambil pengalaman dan pelajaran dari kejadian di masa lalu.

Selain itu banyak juga orang yang melamun saat hujan karena memang suasananya yang mendukung (syahdu). Tujuan lain dari merenung ataupun melamun untuk mengkondisikan jiwa dalam ‘mode’ rileks.

Bisa juga melamun saat hujan sambil menikmati bau khas hujan, bisa juga ngelamun mikirin masa depan atau tugas kuliah sambil menatap hujan, dijamin nikmat. Tapi jangan melamun memikirkan yang tidak-tidak (baca:jorok).

Kalau bisa duduknya di dekat jendela atau pintu, sehingga bisa melihat sambil mendengarkan rintik-rintik hujan. Melihat tanah atau jalanan yang terbasahi oleh hujan membuat suasana hati menjadi lega.

8. Berkumpul Bersama Keluarga

Ini sangat ditekankan untuk dilakukan. Berkumpul bersama keluarga di kala hujan memunculkan suasana kehangatan tersendiri, jadi jangan sibuk dengan gadget masing-masing.

Mengobrol atau menonton film bersama bisa menjadi pilihan. Aktivitas ini juga meningkatkan keharmonisan anggota keluarga.

Berkumpul bersama keluarga juga dapat meredakan stress karena pekerjaan dan rutinitas sehari-hari, bercengkrama bersama orang yang dikasihi dapat memperbaiki (mood) suasana hati, serta menjadi obat mujarab bagi Anda yang sedang merasa tidak tenang, resah dan tidak percaya diri karena dukungan dari keluarga memunculkan energi dan semangat.

9. Menulis

Menulis saat hujan turun memberikan suasana tersendiri, tetesan hujan dan udara yang sejuk membuat Anda nyaman saat menulis, inspirasi pun mungkin banyak bermunculan.

Paling enak menulis puisi saat hari hujan, atau bisa juga menulis hal-hal lainnya sesuai dengan hobi atau preferensi Anda.

Menulis
Photo credit: Adobe.com/by chinnarach

Kalau doyan kopi, pastikan juga menyediakan kopi sebelum menulis. Kombinasi suasana hujan dan kehangatan segelas kopi meningkatkan adrenalin seorang penulis. Banyak penulis menganggap segelas kopi sebagai teman sejatinya guna memunculkan segudang karya dan inspirasi di pikiran, serta agar terus berstamina untuk menyelesaikan karyanya.

Bahkan banyak yang mengatakan suasana hujan dan kopi sebagai inspirasi terpenting seorang penulis guna memunculkan karya besar.

“Perkara hujan entah mengapa mengarahkan pikiran banyak orang pada hal-hal yang dikenang. Tetesan-tetesan hujan seakan alarm yang menghidupkan alam bawah sadar untuk mempersilahkan kita melamun.

Tetesan hujan yang syahdu seakan membawa seseorang terhanyut dalam suasana, lalu munculah ribuan terjemahan tentang makna hujan di benak orang-orang yang terbawa syahdunya tetesan hujan.


Marilah kita tunggu kedatangan hujan di kala senja ditemani secangkir kopi”

10. Ciptakan Suasana Tertentu yang Membuat Nyaman

Intinya ciptakan suasana yang kondusif, yaitu kondisikan rumah atau kamar Anda menjadi senyaman mungkin saat ditemani suara hujan dan udara sejuk. Gunakan momen ini untuk terapi diri, khususnya untuk melepaskan jiwa dari rasa stres.

Buatlah suasana yang nyaman dan kondusif, misalnya dengan meredupkan lampu, menyemprotkan aromaterapi, dll.

11. Aktivitas Fisik

Olahraga atau aktivitas fisik hendaknya dilakukan rutin, setidaknya 20 menit per hari. Apalagi jika tubuh terasa kedinginan saat hujan, aktivitas fisik bisa menghangatkan tubuh.

Walaupun sedang musim hujan, bukan berarti Anda menghentikan aktivitas fisik. Olahraga juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus atau bakteri penyebab penyakit di musim hujan.

Olahraga saat hujan bukanlah sebuah masalah. Pada studi yang dipubliksikan di International Journal of Sports Medicine menemukan bahwa orang-orang yang berolahraga saat cuaca dingin (hujan) bahkan bisa melakukan gerakan yang lebih intens.

Itu artinya setidaknya olahraga saat cuaca dingin tidak menimbulkan rasa sakit di tubuh -jadi jangan khawatir-, hanya saja jumlah lemak yang terbakar lebih sedikit. Peneliti menjelaskan tidak ada kerugian nyata dari melakukan olahraga saat cuaca dingin.

Aktivitas fisik yang bisa dilakukan di dalam rumah seperti skipping atau lompat tali, push up, sit up, naik-turun tangga, lari di tempat, dll.

Lari di tempat bisa dilakukan di rumah, jika Anda punya treadmill maka alat itu bisa menjadi pilihan. Selain berolahraga, jaga pola makan yang sehat, jangan malas konsumsi buah dan sayuran. Konsumsi makanan sehat sangat penting untuk meningkatan imun tubuh melawan penyakit di musin hujan.

12. Bermain

Bermain disini maksudnya bukan bermain video game di gadget atau console, lebih diutamakan untuk bermain hal-hal yang sederhana.

Jika ada anak kecil di rumah, ajak dia bermain bayangan tangan (misalnya), matikan lampu sehingga lebih gelap, gunakan senter atau lampu tidur yang cahayanya diarahkan ke dinding, ajak dia membuat bayangan dengan tangan, ini seru lho.

13. Melihat-lihat Foto Masa Lalu

Suara rintik-rintik dan cuaca sejuk menjadi momen yang pas untuk mengingat kenangan dan melihat-lihat foto di masa lalu. Turunnya hujan bisa menyebabkan perubahan mood, perasaan tertentu (semisal rasa syahdu) muncul di kala mendung atau hujan turun.

Penelitian menyebutkan bahwa tubuh (khususnya mata) memperoleh lebih sedikit cahaya saat mendung sehingga merangsang otak untuk memproduksi hormon melatonin, hormon inilah yang membuat orang mudah mengantuk dan melamun.

Hujan membuat tubuh cenderung menggigil kedinginan, untuk mencari kehangatan banyak orang yang melakukannya dengan memandang foto orang-orang tercinta, khususnya foto lawas.

14. Lainnya

Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan di rumah saat hujan, makan camilan ataupun ngopi bisa menjadi pilihan, aroma dan rasa kopi yang dinikmati saat dinginnya hujan merupakan kombinasi sempurna untuk menciptakan energi positif dalam mood Anda.

Jika Anda tidak doyan kopi maka bisa memilih yang lain seperti teh hangat atau susu, juga minuman cokelat hangat bisa menjadi pilihan yang bagus.

Bisa juga cuaca dingin saat hujan membuat Anda lapar, sangat cocok untuk makan-makanan hangat berkuah seperti bakso, soto, sop ayam, bubur ayam, seblak dll. Bisa juga konsumsi makanan hangat yang kering seperti gorengan.

Menelepon orang tua juga bisa dikakukan, sekedar untuk menanyakan kabar misalnya, apalagi jika Anda sudah lama tidak pulang kampung menemui orangtua. Bercerita dan bercanda tawa-lah bersama orangtua di telepon yang tentu sangat merindukan Anda.

Jika ada anak kecil di rumah, ajak dia bermain hulahop dan lompat tali. Si Kecil akan terlihat menggemaskan saat bermain hulahop, apalagi saat dia harus menggoyangkan seluruh badannya akan terlihat sangat lucu. Bermain hulahop selain menyenangkan juga bermanfaat untuk melatih koordinasi tubuh, begitu juga dengan manfaat lompat tali.

Manfaatkan momen ini untuk bersama di kecil sehingga hubungan semakin erat, bacakan cerita pada si kecil, suasana mendung membuat cerita lebih berkesan.

Berkumpul bersama menciptakan kenyamanan dan kebahagiaan. Kebersamaan orang-orang yang dicintai adalah momen yang wajib disyukuri.


Tulisan Terkait: