Biasakan Anak Melakukan Tugas Rumah Tangga, Ini Manfaatnya


Memberikan tugas pekerjaan rumah kepada anak adalah hal yang baik. Tugas yang diberikan tentunya disesuaikan dengan usia anak.

Bahkan anak dua tahun pun sebenarnya sudah bisa mulai dilatih untuk melakukan tugas ringan seperti mengambil mainan di lantai.

Anak Mencuci Piring
Anak Mencuci Piring | Photo credit: Istockphoto.com

Sebagian anak menolak dan marah-marah karena diberikan tugas rumah, itu akibat dari kecil tidak dibiasakan untuk melakukan tugas rumah.

Pembiasaan dari kecil bertujuan agar anak tidak manja berlebihan seperti itu.

Jika anak sudah terbiasa untuk melakukan tugas-tugas di rumah, anak akan melakukannya dengan senang hati.

Beres-beres rumah sebenarnya kegiatan yang menyenangkan, hanya saja ini tidak bisa dirasakan oleh anak yang dari kecil terlalu dimanja.

Hasil penelitian menemukan bahwa anak-anak yang terbiasa melakukan tugas rumah tangga umumnya tumbuh menjadi orang dewasa yang lebih sukses.

Beberapa tugas yang bisa diembankan pada anak yaitu merapikan tempat tidur, menyapu, mencuci piring, mengepel, membuang sampah, dll.

Biasakan ini dari kecil, Anak nantinya memiliki kesadaran bahwa dirinya harus melakukan beberapa tugas rumah tangga sebagai bagian dari kehidupannya.

Penelitian juga menemukan bahwa anak-anak yang dari kecil terbiasa mengerjakan tugas rumah tangga nantinya punya etos kerja lebih tinggi, bisa menjadi karyawan yang lebih baik, lebih mampu dalam bekerja sama dan berkolaborasi dengan rekan kerja, serta lebih mampu dalam berempati.

Ada banyak manfaat jika anak dari kecil dibiasakan untuk melakukan tugas rumah tangga.

Dengan begitu, sebaliknya juga, terdapat dampak buruk jika anak dari kecil dibiarkan malas dan tidak diberikan tugas rumah. Ini bisa menjadi ‘malapetaka’ untuk keluarga.

Anak-anak yang tidak dilatih untuk melakukan tugas rumah tangga cenderung menjadi seorang pemalas.

Jika anak tidak pernah diajarkan tanggung jawab, ini sangat berbahaya untuk masa depannya.

Manfaat lainnya anak terbiasa melakukan tugas rumah tangga:
  • Anak punya rasa tanggung jawab.
  • Meningkatkan rasa kepercayaan diri anak.
  • Melatih kedisiplinan dan kemandirian anak.
  • Mengajarkan anak untuk bisa mengatur waktu.
  • Anak diajarkan tentang pentingnya saling membantu.

Ajaklah anak dengan cara yang benar untuk melakukan tugas rumah. Biasanya anak akan sangat senang mengerjakan tugas-tugas di rumah, tinggal orangtuanya sendiri bagaimana cara mengajaknya.

Berikan penghargaan (seperti pujian, dll) setelah anak selesai mengerjakan tugasnya, ini membuat anak merasa dihargai keberadaan dan kemampuannya, sehingga hubungan orangtua dan anak pun menjadi lebih harmonis.

loading...

Tulisan Terkait: