12 Cara Menabung Uang Jajan Sekolah dengan Cepat

Harusnya masing-masing orang membiasakan diri untuk menabung, bahkan dibiasakan sejak dini. Jika mendapatkan uang jajan yang lumayan maka cobalah untuk menyimpan sebagiannya.

Terbiasa menabung dapat meningkatkan kemampuan manajemen (mengatur) keuangan. Apalagi di zaman modern ini, kemampuan mengatur keuangan sangat penting. Manajemen keuangan yang buruk bisa menyebabkan seseorang jatuh miskin.

Cara Menabung Uang Jajan


1. Berusaha Rutin

Walaupun tidak banyak uang jajan yang mampu ditabung, tapi jika dilakukan rutin nantinya akan lumayan juga hasilnya. Anda akan kaget dengan banyaknya jumlah uang yang berhasil dikumpulkan, yang penting lakukan menabung setiap hari (sekalipun jumlahnya tidak besar).

Cara menabung uang jajan dengan cepat yaitu rutin. Rutin menjadi syarat utama agar berhasil dalam menabung, jadi usahakan untuk bisa setiap hari menabung. Manfaatnya tidak hanya membuat uang terkumpul, tapi juga secara otomatis meningkatkan kemampuan mengatur keuangan.

Catatan Penting: Kemampuan mengelola keuangan adalah sesuatu yang harus dikuasai di masa kini, jadi latihlah diri rutin menabung, kalau bisa setiap hari sekalipun tidak banyak.


2. Memahami Antara Kebutuhan dan Keinginan

Cara menabung uang jajan sekolah agar bisa rutin dan benar-benar terkumpul, yaitu bedakan antara kebutuhan atau keinginan. Mulailah dari sekarang untuk belajar membedakan antara keduanya.

Tentunya kebutuhan harus lebih diutamakan dari sekedar keinginan. Cara membedakan antara keduanya. Kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi, karena jika tidak dipenuhi dampaknya fatal.

Contoh kebutuhan yaitu hal-hal mendasar seperti makanan, minuman, kesehatan, tempat tinggal, pakaian dan semacamnya.

Adapun keinginan adalah sesuatu yang jika tidak dipenuhi dampaknya tidak fatal. Anda bisa mengabaikan keinginan dan akan tetap baik-baik saja.

Dengan begitu, ciri-ciri keinginan itu tidak mengikat dan tidak bersifat urgent, sehingga Anda tidak memiliki kewajiban untuk memenuhinya.

Contoh keinginan yaitu smartphone terbaru dengan spek tinggi, pakaian dengan desain nge-trend dan mewah, voucher game, tiket film dan semacamnya.

Hanya saja yang disayangkan, justru banyak orang yang lebih memprioritaskan keinginan, apalagi keinginannya yaitu untuk membeli barang-barang yang mewah. Kalau begini, bagaimana bisa sukses menabung?

Anda harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, yaitu cermati seberapa darurat barang tersebut untuk dimiliki, jika sangat darurat berarti itu adalah kebutuhan. Jadi cobalah pikir-pikir sebelum membeli barang, Anda membeli karena memang butuh atau karena sekedar suka tampilannya.

Yang lebih aneh lagi membeli barang hanya karena ada tulisan diskon, padahal tidak diperlukan sama sekali.

Sudah mulai paham kan perbedaan kebutuhan dan keinginan? Intinya berusaha menahan pengeluaran dari hal-hal konsumtif yang tidak perlu.

Ingat: Selalu mengabulkan keinginan tidak akan ada habisnya, yang hal ini akan membuat dompet jebol. Jadi boro-boro bisa menabung, yang ada justru selalu kekurangan uang.


3. Segera Menyisihkan Uang Jajan

Cara sukses menabung uang jajan sekolah yaitu cobalah segera menyisihkan sebagiannya terlebih dahulu. Masing-masing pelajar ada yang mendapatkan uang jalan secara harian, mingguan dan bulanan.

Sebelum menggunakan uang jajan tersebut, pisahkan terlebih dahulu sekitar 20% yang diniatkan untuk ditabung. Dengan melakukan metode ini, akan sangat membantu untuk bisa rutin menabung.

Selalu ingat untuk memegang prinsip yang kuat, yaitu uang yang sudah disisihkan (diniatkan untuk ditabung) tidak boleh disentuh.

4. Batasi Acara Kumpul-Kumpul yang Tidak Penting

Yang namanya acara kumpul-kumpul, biasanya bakal mengeluarkan duit yang tidak sedikit, bahkan cenderung menghambur-hamburkan uang. Cara menabung uang jajan agar sukses yaitu jangan terlalu sering mengadakan acara ngumpul.

Boleh-boleh saja main dan bersenang-senang dengan teman-teman, hanya saja batasi kebiasaan ngumpul karena kemungkinan besar bikin kantong jebol.

5. Jangan Pandang Sebelah Mata Duit Receh

Memanfaatkan uang receh juga bisa menjadi cara sukses menabung uang jajan, tapi sayangnya banyak orang yang memandang sebelah mata nominal uang Rp.500, Rp.1000 maupun Rp.2000. 

Padahal jika dalam jangka panjang uang dengan nominal tersebut dikumpulkan, hasilnya bakal lumayan. Sekaligus hal ini juga membantu agar tabungan terkumpul dengan cepat dan banyak.

Oleh karena itu, saat memperoleh uang sisa dengan nominal kecil maka simpanlah, jangan disia-siakan. Siapkan sebuah wadah atau celengan untuk menaruh uang dengan nominal kecil, biasakan terus hal ini dan nantinya Anda akan terkaget-kaget melihat hasilnya.

6. Anggap Menabung Itu Sebuah Kewajiban

Cobalah mengubah pola pikir, sebagaimana bernafas adalah sebuah kewajiban, maka pandanglah kegiatan menabung setiap hari sebagai sebuah kewajiban juga.

Dengan begitu agar bisa menabung secara rutin, jangan memandang kegiatan menabung sebagai sebuah beban, melainkan pandanglah kegiatan menabung sebagai sebuah proses yang menyenangkan.

Dengan kata lain, menabung menjadi sesuatu hal yang dinikmati, bukan sesuatu yang berat di hati. Tanamkan pemikiran: “Menabung adalah bagian dari hidupku, aku akan menabung setiap hari walau dengan nominal kecil.“

Jadi, berusaha menabung setiap hari, entah itu uang yang ditangan ada banyak maupun sedikit.


7. Buat Strategi Penghematan

Cara menabung uang jajan sekolah dengan cepat yaitu buat strategi penghematan. Misalnya, sesekali cobalah menyiapkan bekal dari rumah, sehingga tidak perlu keluar uang saat jam makan siang.

Apalagi jika jajanan di kantin sekolah harganya mahal-mahal maka sangat disarankan membawa makanan dari rumah. Gunakan berbagai trik atau strategi untuk meminimalisir pengeluaran, sehingga semakin banyak sisa uang jajan yang bisa ditabung.

8. Cari Teman yang Jago Berhemat

Terkadang kita membutuhkan sosok insipirasi agar menjadi semangat menabung. Cara sukses menabung uang jajan sekolah yaitu carilah teman (setidaknya 1 orang) yang jago berhemat. Teman tersebut menjadi inspirasi bagi Anda agar tidak hidup boros.

9. Selalu Pikir Masak-Masak Sebelum Membeli

Biasakan untuk berpikir sejenak sebelum membeli suatu barang, renungkan tentang seberapa penting barang tersebut, jangan sampai menyesal karena telah menghambur-hamburkan uang. Hal seperti ini harus dilakukan, apalagi jika uang jajan tidak banyak. 

10. Selalu Fokus ke Tujuan

Agar rutin menabung maka Anda perlu semangat, yaitu dengan fokus pada tujuan menabung. Coba pikir apa tujuan Anda menabung? Dengan memiliki tujuan nantinya berguna untuk membuat Anda selalu semangat menabung.

Misalnya Anda menabung karena ingin membeli laptop idaman atau untuk mempersiapkan dana pendidikan karena ingin masuk ke universitas top. Dengan memiliki tujuan, ini akan menambah motivasi untuk menabung.

11. Manfaatkan Potongan Harga

Jika ingin membeli suatu barang, cobalah mencari apakah ada promo atau diskonnya. Kalau bisa tahan keinginan membeli barang tersebut sementara waktu, tunggu momen hingga muncul diskonnya.

Cobalah mencari strategi dalam membeli barang, dengan mendapatkan potongan harga maka uang yang bisa ditabung semakin banyak. Tapi selalu pertimbangkan dalam membeli barang, apakah itu kebutuhan atau sekedar keinginan?

12. Stop Boros karena Voucher Game

Banyak pelajar yang kecanduan game hingga membeli voucher game, hentikan hal ini. Anda akan gagal menabung jika masih suka membeli voucher game.

Sebaiknya mainkan game untuk hiburan dan bersenang-senang saja. Jangan terlalu serius main game apalagi sampai mengeluarkan banyak uang untuk itu.




Baca Juga: