Penelitian: Rajin Olahraga Membuat Anak Lebih Pintar


Orang tua tentunya ingin sekali memiliki anak yang pintar dan berprestasi. Untuk menggapainya perlu usaha dan kerja keras.

Ilmuwan menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara rutin berolahraga dengan peningkatan kecerdasan otak.

Anak
Photo credit: Shutterstock.com / By Monkey Business Images

Olahraga adalah hal yang sangat penting, baik itu dari anak-anak sampai orang dewasa. Setiap orang hendaknya meluangkan waktu untuk berolahraga.

Bahkan di sekolah, olahraga merupakan salah satu mata pelajaran yang diwajibkan untuk para murid.

Anak-anak sedari kecil harus dibiasakan melakukan aktivitas fisik. Olahraga selain menyehatkan tubuh, juga memacu kecerdasan.

Para ilmuwan di Michigan State Universiy’s Institute menjelaskan bahwa umumnya anak-anak yang rutin berolahraga memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak pernah atau jarang berolahraga.

Disebutkan bahwa olahraga akan melatih anak lebih fokus/berkonsentrasi dan juga membuat anak lebih mampu untuk mengatur waktunya sendiri.

Hal itu nantinya berdampak positif pada kegiatan belajarnya di sekolah, dimana anak dapat berkonsentrasi dengan baik dan mampu mengatur waktunya.

Berolahraga juga membuat stamina anak lebih kuat, sehingga anak dapat menyelesaikan kegiatan hariannya dengan baik, walau kegiatannya padat sekalipun.

Penelitian oleh Profesor Art Kramer beserta timnya dari Universitas Illinois, Amerika Serikat, menemukan bahwa anak-anak yang rutin berolahraga mempunyai kemampuan ingatan yang lebih baik.

Peneliti juga menyebutkan bahwa anak-anak yang suka berolahraga umumnya memiliki otak berukuran lebih besar sekitar 12% dibandingkan anak-anak yang malas olahraga.

Aktivitas olahraga membuat aliran darah meningkat dan sangat lancar di dalam tubuh, hal ini nantinya akan mengoptimalkan fungsi otak dan sistem saraf.

Semakin lancar aliran darah di dalam tubuh, maka semakin optimal pasokan energi dan oksigen di dalam tubuh (termasuk bagian otak) yang akhirnya meningkatkan kinerja otak.

Hal ini kemudian membuat kemampuan berpikir anak menjadi lebih baik, anak dapat berpikir lebih jernih, dan semangat belajar anak juga meningkat.

Selain itu, aktivitas olahraga akan melatih kemampuan kognitif, konsentrasi, kemampuan mengambil keputusan dan memecahkan masalah.

Penutup

Selain memaksimalkan kegiatan akademisnya, orang tua juga perlu memotivasi anak berolahraga secara rutin, sehingga anak bisa berprestasi secara optimal di sekolahnya.

Sejumlah penelitian telah menemukan keterkaitan antara kebugaran/olahraga dan prestasi akademik anak di sekolah.

Manfaat olahraga juga untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga anak tidak mudah jatuh sakit dan selalu fit.

Beberapa bentuk aktivitas fisik/olahraga yaitu jalan kaki, jogging, lari cepat, futsal, basket, berenang, football, skipping, dan banyak lainnya.

loading...

Tulisan Terkait: