10 Manfaat Belajar Sejarah Bagi Generasi Muda, Bangsa & Kehidupan Sehari-Hari

Banyak orang yang kurang peduli untuk belajar sejarah padahal manfaatnya sangat besar. Manusia harus belajar dari peristiwa sejarah supaya kesalahan yang pernah terjadi di masa lampau tidak terulang lagi.

Sejarah dapat dijadikan pelajaran untuk memacu kita melakukan hal lebih baik, dimana berbagai kejadian di masa lalu merupakan informasi yang sangat berharga, ada banyak faedah yang bisa diambil.

Jendral Soedirman
Jendral Soedirman

Manfaat Belajar Sejarah


1. Agar Jangan Sampai Kesalahan Terulang Kembali

Fungsi belajar sejarah yang sangat besar yaitu agar jangan sampai kesalahan yang dilakukan orang-orang di masa lalu terulang kembali. Minim pengetahuan sejarah akan membuat kita bakal mengulang-ulangi kesalahan orang-orang di zaman dahulu.

Bagi Anda yang tahu mengerikannya perang dunia kedua, perang dunia ke-2 menyebabkan kehancuran total dan penderitaan tak berujung, maka sangat aneh jika ada orang di zaman sekarang yang begitu antusias dengan adanya perang.

Hal itu biasanya karena dia malas belajar sejarah sehingga tidak memahami tentang betapa mengerikannya perang dunia kedua.


2. Mengasah Berpikir Kritis

Banyak yang merasa bosan belajar sejarah, padahal belajar sejarah tidak hanya mengenai tanggal dan tempat, melainkan pada sejarah terdapat pelajaran yang bisa diambil.

Manfaat belajar sejarah dapat mengasah berpikir kriris, dimana dalam belajar sejarah biasanya Anda akan dihadapkan untuk mencoba melihat beberapa sudut pandang. Anda akan didorong untuk mempelajari banyak referensi dan mencoba menelitinya. Ini akan mengasah kemampuan berpikir kritis.

3. Menjadikan Lebih Cerdas dalam Berbuat

Kegunaan belajar sejarah dapat membuat Anda lebih cerdas dalam berbuat dan mengambil keputusan. Dari belajar sejarah akan menjadikan Anda lebih cermat sebelum bertindak, dimana seolah-olah pikiran menjadi lebih tajam dalam memahami sebab-akibat dari tindakan yang dilakukan.

Kemungkinan hal itu karena belajar sejarah membuat Anda berwawasan luas dan memahami berbagai kekeliruan manusia di masa-masa silam, serta memahami apa saja resep kesuksesan orang-orang di masa silam.

4. Sebagai Sumber Inspirasi

Manfaat mempelajari ilmu sejarah yaitu dapat dijadikan inspirasi untuk orang-orang setelahnya. Dengan memahami peristiwa yang pernah terjadi sebelumnya, manfaatkan itu sebagai inspirasi agar bisa lebih baik lagi, serta agar dapat menghargai kehidupan.

Dalam perjalanan sejarah tercatat banyak ide, gagasan dan pemikiran yang hebat. Itu semua adalah sumber inspirasi bagi orang-orang di zaman sekarang untuk kemudian semakin dikembangkan.

Banyak hal-hal hebat yang dilakukan orang-orang di masa silam. Sejarah dapat menjadi inspirasi yang membuat orang-orang setelahnya bersemangat untuk melakukan hal-hal hebat.

Adapun suatu masyarakat yang mengabaikan dan tidak peduli pada sejarah, itu artinya seperti sebuah bangsa yang sedang lupa ingatan, dimana para penduduknya seperti orang amnesia yang tidak tau caranya membangun negeri dan kehidupan bermasyarakat.

Dari sejarah terdapat banyak petunjuk tentang apa yang harus dilakukan atau tindakan apa yang tepat untuk diambil. Pengetahuan sejarah dapat dikatakan suatu pengalaman berharga bagi yang mempelajarinya, dan juga sebagai inspirasi untuk melakukan hal-hal hebat seperti yang pernah terjadi di masa lalu.

Khususnya bagi para pejabat negara seharusnya memiliki wawasan sejarah yang luas sehingga dapat mengambil keputusan tepat dan matang dalam hal kebijakan ekonomi, politik, kultur, sosial dan lainnya.


5. Memperkuat Moral

Manfaat mempelajari sejarah akan membuat Anda memahami berbagai bentuk kehidupan masyarakat di berbagai tempat, dari waktu ke waktu. Termasuk memahami cara masyarakat jaman dahulu menjalankan moral kehidupan.

Belajar sejarah membuat Anda akan lebih memahami berbagai bentuk karakter manusia dan kehidupan sosialnya. Oleh karena itu mempelajari sejarah bukan hanya tentang waktu dan tempat, di dalamnya ada banyak pelajaran yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan yang lebih baik.

6. Membentuk Generasi yang Teredukasi

Manfaat mempelajari ilmu sejarah untuk membangun generasi yang teredukasi. Oleh karena itu sebuah kebijakan yang sangat bagus dari pemerintah untuk meningkatkan porsi pelajaran sejarah (agar mencukupi) di sekolah-sekolah, disamping juga memperbaiki metode pembelajaran materi sejarah.

Seharusnya anak-anak muda didorong untuk belajar sejarah sehingga memahami berbagai kejadian penting di masa lalu, menghargai usaha yang dilakukan orang-orang di masa lalu, sehingga memunculkan semangat untuk berkontribusi di masyarakat atau bangsa.

Dengan kata lain, anak-anak dan remaja yang sejak dini mendapatkan asupan pelajaran sejarah yang baik, nantinya akan tumbuh menjadi warga negara yang baik dan peduli.

7. Bagian Penting dalam Peradaban Umat Manusia

Manfaat mempelajari sejarah karena itu adalah bagian penting dalam peradaban umat manusia, yang terus berjalan dari masa lalu, masa sekarang hingga masa depan.

Ilmu sejarah sangat dibutuhkan agar orang-orang bisa memahami kejadian besar apa saja yang pernah terjadi di masa silam. Lalu yang tidak kalah penting adalah mengambil pelajaran darinya agar bisa diterapkan untuk masa sekarang.

Pengetahuan sejarah membuat Anda bisa memahami dunia secara lebih baik dengan berbagai aspeknya. Mulai dari aspek politik, sosial, sistem negara, teknologi, ekonomi, kultur dan lainnya.

Mempelajari sejarah akan meningkatkan pemahaman terhadap dunia yang penuh dengan kerumitan, ilmu sejarah juga diperlukan dalam upaya menyusun strategi yang lebih baik (untuk kehidupan di masa depan).


8. Sumber Teladan

Kegunaan belajar sejarah membuat Anda mendapatkan sosok keteladanan. Saat mendalami sejarah, Anda akan menemukan berbagai figur yang luar biasa, dari situ Anda akan mendapatkan banyak sosok panutan yang hebat untuk dijadikan teladan, inspirasi dan motivasi diri sendiri di kehidupan sehari-hari.

9. Panduan dalam Membangun Bangsa

Pelajaran sejarah bukan cuma mengenai tanggal, tapi di dalam sejarah tekandung berbagai pahit-manis perjalanan umat manusia, yang hal tersebut harus diambil faedahnya dalam upaya membangun bangsa yang besar.

Wawasan sejarah dapat menjadi energi bagi para pemuda-pemudi untuk semakin bersemangat dalam membangun negeri.

Disinilah pentingnya tujuan mempelajari sejarah indonesia dan manfaat sejarah dalam kehidupan sehari-hari. Memahami sejarah berdiri tegaknya negara Indonesia akan membuat masyarakat menjadi bersatu.

Dimana manfaat mempelajari ilmu sejarah menjadikan masyarakat teredukasi, paham bahwa berdirinya negara Indonesia penuh dengan perjuangan dan merupakan nikmat yang sangat besar.

Seharusnya masyarakat secara merata mendapatkan edukasi tentang sejarah, dimana pengetahuan sejarah memberikan pengaruh sangat besar terhadap pembentukan karakter dan jati diri bangsa.

10. Membuat Pikiran Lebih Tajam

Manfaat belajar sejarah dapat membuat pikiran lebih tajam dan cerdas. Saat mendalami sejarah dan kejadiannya, Anda akan dilatih untuk berpikir menyeluruh dengan berbagai sudut pandang.

Menyimpulkan sebuah kejadian sejarah bukanlah hal yang sederhana, melainkan butuh kepekaan analisa yang mendalam, misalnya memahami keterkaitan antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya dll.

Belajar sejarah juga mengasah keterampilan, seperti menjadikan Anda terbiasa meneliti, berpikir kritis, lebih cermat, tekun, mampu lebih baik dalam menilai validitas data dan informasi, dll. Berbagai keterampilan yang terus diasah tersebut nantinya sangat membantu dalam dunia pekerjaan.

Metode Pembelajaran Sejarah yang Menarik


Sejarah merupakan asupan yang sangat penting untuk diberikan pada generasi muda, jangan sampai pembelajaran sejarah dibawa secara membosankan.

Fokus belajar sejarah sebenarnya bukan mengenai menghafal tanggal, melainkan membuat para siswa mengambil banyak faedah dari peristiwa sejarah. Kalau guru mengajar hanya fokus di tanggal, maka dipastikan para siswa akan mengantuk karena bosan.

Para murid biasanya antusias dan senang mendengarkan cerita, maka hendaknya guru mengajarkan sejarah dengan suasana seperti sedang bercerita. Selain pakai bahasa yang ringan dan mudah dimengerti saat mengajarkan sejarah.

Mengajar sejarah jangan terlalu fokus pada tanggal, tapi seharusnya lebih fokus untuk mengambil faedah-faedah dari kejadian di masa silam sehingga akan lebih bermanfaat dan bermakna untuk para murid.

Buatlah murid lebih aktif, misalnya dengan sering-sering meminta murid untuk mengeluarkan kesan dan pendapatnya tentang suatu tokoh besar di masa lalu. Jangan sampai metode pelajaran sejarah hanya satu arah saja. Selain itu, sesekali bisa juga mengadakan nonton film bersama yang berisi sejarah.




Baca Juga: