8 Cara Agar Olahraga Membakar Banyak Kalori

Ilustrasi Olahraga
Photo credit: Shutterstock.com / By Stefanovic Mina

Olahraga berguna untuk membuat tubuh tetap bugar dan memungkinkan turunkan berat badan berlebih. Saat olahraga, terjadi pembakaran kalori secara optimal. Supaya sukses dalam program diet perlu berolahraga secara intens.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui supaya dapat membakar kalori secara maksimal di dalam tubuh.

Cara Agar Olahraga Membakar Banyak Kalori


1. Hindari Makan Sampai Kekenyangan

Jangan salah sangka, makan hingga kenyang boleh-boleh saja, yang tidak boleh adalah makan hingga kenyang berlebihan (kekenyangan).

Hati-hati terhadap porsi makan yang terlalu besar. Makan terlalu kenyang membuat Anda malas bergerak dan tidak bersemangat, selain juga berdampak buruk pada kesehatan.

Untuk mencegah kekenyangan, terapkan pola makan dengan sedikit porsi tapi frekuensinya ditingkatkan.

Misalnya Anda makan 3 kali per hari, maka mulai sekarang Anda makan 4-5 kali per hari tapi porsinya lebih kecil.

Berikut dampak buruk sering kekenyangan:
  • Menggagalkan program diet.
  • Menimbulkan rasa malas.
  • Penurunan kemampuan berpikir, menalar dan daya ingat.
  • Penurunan rasa percaya diri.
  • Resiko depresi dan kecemasan.
  • Resiko penyakit berbahaya seperti hipertensi, stroke, kolesterol tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.


2. Disiplin

Olahraga adalah bagian dari hidup, khususnya kepada mereka yang sedang berjuang memperoleh bentuk tubuh yang ideal.

Usahakan konsisten atau rutin dalam berolahraga, tak mengapa olahraga cuma dilakukan 15-20 menit tapi harus dilakukan secara berkesinambungan (minimalnya 5 kali per minggu).

Itu lebih baik daripada olahraga dengan durasi lama (misalnya 1 jam) tapi hanya sekali seminggu.

Lakukan variasi olahraga, sehingga membuat olahraga terasa menyenangkan dan tidak membosankan. Variasi olahraga juga diperlukan agar semua bagian tubuh mendapatkan latihan.

Olahraga tidak perlu memaksakan diri menuju tempat gym, yang penting mengetahui tentang jenis olahraga yang dibutuhkan, olahraga juga harus dalam keadaan senang.

Olahraga jogging membakar sekitar 800 kalori per 60 menit. Apabila Anda telah menjadikannya rutinitas, maka akan mudah untuk bisa konsisten jogging hampir setiap hari.

Berenang membakar sekitar 600 kalori. Lompat tali membakar juga membakar banyak kalori, serta melatih koordinasi mata, tangan dan kaki.

Adapun berlari membakar sekitar 1300 kalori per 60 menit. Tatkala berlari (apalagi sprint) kalori bakal terbakar dalam jumlah besar.

Anda bisa melakukan sprint (dengan interval sesuai kemampuan) dan lari sedang. Jika Anda berlari sedang, jaga kecepatan di atas 13 km/jam.

Hal lainnya yang penting diketahui dalam olahraga yaitu pemulihan dan istirahat. Jangan sampai Anda berolahraga secara berlebihan, berolahraga lah sesuai kemampuan.

3. Olahraga Efektif

Agar sukses untuk membentuk tubuh jadi lebih baik (terutama bagi yang sedang dalam masa diet) maka carilah olahraga yang bekerja secara efektif membakar kalori.

Jenis olahraga yang paling banyak membakar kalori:
  1. Berlari. Berlari sudah jelas bakal secara efektif membakar banyak kalori. Anda dapat berlari di luar sembari menghirup udara luar, tapi bisa juga di ruangan dengan memanfaatkan alat seperti treadmill.
  2. Sprint. Dibandingkan berlari normal, sprint membakar berkali-kali lipat kalori lebih banyak. Sprint memang sangat melelahkan dan mungkin memiliki risiko cedera, tapi harus diakui bahwa melakukan sprint bakal sangat banyak membakar kalori. Sprint dapat dikatakan sebagai olahraga pembakar kalori terbaik. Sprint bisa menjadi pilihan jika Anda hanya punya sedikit waktu berolahraga, beberapa menit melakukan sprint sudah menghasilkan manfaat super. Hanya saja pastikan melakukan pemanasan sebelum melakukan sprint untuk mencegah terjadinya cedera.
  3. High-knee Running. Ini termasuk latihan yang melelahkan, yang dapat melatih tubuh bagian bawah. Cara mengerjakannya yakni dengan lari di tempat, sembari angkat lutut secara tinggi dan gerakan lengan ke atas dan bawah.
  4. Lompat Tali. Lompat tali tidak membutuhkan banyak tempat, jenis olahraga juga cukup melelahkan dan lumayan membakar banyak kalori. Selain menyehatkan jantung, lompat tali bakal memperkuat tubuh bagian bawah (terutama kaki).
  5. Jumping Jack. Jumping jack juga olahraga yang melelahkan dan membakar banyak kalori, disamping juga termasuk olahraga kardio yang menyehatkan jantung. Olahraga ini tidak memakan banyak tempat, cara melakukannya yakni mula-mula berdiri sembari taruh tangan di samping, lalu melompat dengan membuka kaki selebar bahu sembari mengangkat tangan ke atas. Lakukan berkali-kali sesuai kemampuan.
  6. Berenang. Tatkala berenang Anda bakal melawan gravitasi, ini benar-benar melatih tubuh sebab bikin Anda harus berusaha keras. Selain menyenangkan, berenang juga ternyata membakar banyak kalori, setengah jam berenang mampu membakar hingga 300 kalori. Berenang juga bermanfaat untuk memperkuat otot, menyehatkan jantung dan paru-paru, melancarkan sirkulasi darah, menimbulkan perasaan rileks, serta meningkatkan kesehatan mental.
  7. Bersepeda. Ini jenis olahraga yang menyenangkan sekaligus membakar banyak kalori. Bahkan bersepeda dengan kecepatan tinggi mampu membakar 500 kalori dalam setengah jam. Adapun jika kecepatan sedang membakar 300 kalori per setengah jam, dan bersepeda santai membakar jumlah kalori di bawah itu.
  8. Angkat Beban. Ini termasuk olahraga yang berat dan benar-benar bikin otor bekerja sangat keras. Olahraga angkat beban akan memperkuat otot secara efektif sekaligus membakar banyak kalori.

4. Bergerak Adalah Bagian Hidup

Dengan lebih banyak bergerak maka pembakaran kalori dalam tubuh lebih maksimal. Buang jauh-jauh sifat malas bergerak. Sering mager (malas bergerak) menjadi penyebab terbesar seseorang mengalami obesitas (kegemukan).

Jika ingin kalori dalam tubuh dibakar dengan cepat, maka pastikan Anda menjadi orang yang suka bergerak.

Beberapa tips agar Anda lebih sering bergerak:
  • Saat di kantor, lebih baik gunakan tangga daripada lift.
  • Di sela-sela waktu, Anda bisa mengayunkan kaki, ataupun berdiri melakukan gerakan-gerakan sederhana.
  • Termasuk jika Anda sedang tidak ada kerjaan, Anda bisa mondar-mandir atau melakukan peregangan daripada hanya sekedar duduk diam.
  • Saat di rumah, sesekali bisa membuat teh/kopi sendiri, jangan menyuruh istri terus.
  • Hal-hal lainnya yang intinya membuat Anda sering bergerak.

Ingat, Saat bergerak maka sedikit-banyak bakal terjadi pembakaran kalori, jadi jangan merasa setiap gerakan yang Anda lakukan sia-sia.


5. Latihan Beban

Jika memungkinkan, latihan angkat beban bisa dikerjakan, manfaatnya akan meningkatkan metabolisme dan tentunya membakar kalori.

Jumlah kalori yang dibakar juga signifikan. Latihan beban bakal melatih sistem jaringan otot, selain itu proses pembakaran kalori tetap berlangsung walaupun dalam kondisi istirahat setelah latihan.

6. Hindari Stres

Sebuah penelitian oleh ilmuwan dari University of California, San Francisco, menemukan bahwa sering stres berkaitan dengan peningkatan timbunan lemak di perut.

Saat kondisi stres, hormon kortisol merangsang nafsu makan yang tak terkendali (berlebihan) serta memperlambat metabolisme tubuh. Hal-hal inilah yang memicu penumpukan lemak di tubuh.

Supaya sukses dalam upaya diet, hindari pikiran yang terlalu berat karena memicu stres.

7. Utamakan Air Putih

Minum air putih yang cukup, termasuk utamakan memilih air putih dibandingkan minuman bersoda (dan semacamnya). Ini sangat penting agar proses pembakaran kalori berjalan optimal, agar terhindar dari dehidrasi, dan juga mencegah Anda dari makan berlebihan.

8. Tips Lainnya
  • Hindari alkohol. Konsumsi alkohol akan menekan sistem saraf pusat tubuh yang pada akhirnya memperlambat metabolisme tubuh.
  • Tidur yang cukup. Penelitian menunujukan bahwa tidur hanya empat jam sehari menyebabkan gangguan proses pengolahan karbohidrat dalam tubuh.
  • Minum segelas air dengan sepotong lemon di pagi hari membantu untuk membakar kalori tubuh, manfaat lainnya yaitu sebagai pembersih dalam tubuh (detoks) yang sangat baik.




Baca Juga: