12 Cara Agar Anak Doyan Makan

Orangtua tentu ingin anaknya makan dengan lahap, sehingga merasa khawatir ketika anak tampak tidak nafsu makan.

Jika anak tidak nafsu makan, hal ini diketahui dari anak yang terlihat tidak bersemangat untuk anak, tidak menghabiskan makanan, dan makannya lama. Jika sudah begini, orangtua pun bakal kebingungan menghadapinya.

Cara Agar Anak Doyan Makan


1. Buat Makanan dengan Tampilan Indah

Ini bisanya menjadi tugas Bunda untuk berinovasi. Bunda perlu berusaha mencari tau agar makanan tampak indah dan memukau di mata anak. Jika anak menyukai sebuah tampilan makanan, maka anak akan cenderung makan lahap.

Tapi jika anak mendapati kesan negatif pada tampilan makanan, biasanya setelah itu bakal banyak drama antara orangtua dan anak.

Oleh karena itu, Bunda harus pintar-pintar mengatur penampilan makanan sehingga tampak positif di mata anak.

Biasanya dengan cara membuat potongan-potongan tertentu dengan tampilan warna cerah yang beraneka ragam. Cobalah melakukan berbagai eksperimen.

2. Porsi kecil

Cara mengatasi anak tidak mau makan yaitu dengan membuat porsi kecil. Terkadang anak merasa down, tertekan atau hilang semangat saat disajikan makanan dengan porsi besar. 

Kemungkinan anak membayangkan bahwa menghabiskan makanan dengan porsi besar adalah hal yang melelahkan. Oleh karena itu untuk mengatasinya, berikan anak sajian dengan porsi kecil.

Sehingga hal yang dikhawatirkan sajian porsi besar menjadikan anak malas makan, itu tidak terjadi. Diharapkan dengan pemberian porsi yang lebih kecil menjadikan anak semangat untuk makan.

Mungkin orangtua bertanya-tanya, bagaimana mungkin kebutuhan anak terpenuhi dengan porsi kecil? Untuk menyiasatinya, orangtua bisa meningkatkan frekuensi makan anak.

3. Aktivitas Fisik

Cara agar anak doyan makan yaitu jadikan anak merasa lelah, rasa lelah bakal membuat anak merasa lapar sehingga membantunya untuk makan dengan lahap.

Jangan sampai seharian anak hanya main smartphone saja, dorong anak untuk melakukan aktivitas fisik. Selain itu, jika anak aktif untuk menggerakan tubuhnya maka sangat berguna untuk proses tumbuh-kembangnya yang optimal.

4. Ciptakan Suasana yang Positif

Cara agar mau makan yaitu buatlah suasana yang positif menjelang waktu makan. Hindari memarahi anak menjelang waktu makannya, karena dijamin anak bakal langsung kehilangan selera makan dan bakal keras kepala menolak makan.

Oleh karena itu, pastikan anak memiliki suasana hati yang positif menjelang waktu makannya. Sehingga meminimalisir adanya drama saat waktu makan.

5. Jangan Sampai Anak Kembung

Cara agar anak doyan makan yaitu hindari anak minum terlalu banyak menjelang waktu makannya. Kalau anak sudah kembung, sudah pasti jadi tidak nafsu makan. Rasa kembung menyebabkan selera makan turun drastis.

6. Ajak Anak dalam Proses Penyajian

Agar anak bisa bersemangat untuk makan, perbolehkan anak untuk ikut serta dalam proses penyiapan makanan. 

Seperti mengikutkan anak ke pasar untuk belanja bahan makanan, dan memanggil anak untuk ikut serta proses memasak. Anak bakal bangga pada dirinya sendiri karena punya peran dalam penyajian makanan, dan akan makan dengan lahap.

Biasanya anak punya rasa penasaran dan ingin ikut campur urusan orangtuanya. Usahakan perbolehkan anak dan jangan suka melarangnya. 

7. Perhatikan Aroma Makanan

Aroma makanan yang cocok (disukai) anak bakal memunculkan nafsu makannya. Biasanya anak makan dengan lahap jika makanan yang dikonsumsinya memiliki aroma yang disukai.

Bunda perlu pintar-pintar mencari tahu aroma makanan yang disukai anak, misalnya bumbu harum tertentu, atau mungkin anak menyukai bawang goreng. Bunda perlu cari tahu.

Sebaliknya juga, aroma yang dirasa anak tidak sedap bakal menyebabkan anak menolak makan. Misalnya sebagian anak tidak menyukai bau tajam yang berasal dari ikan.

Apalagi jika ikan diolah dengan cara dikukus, masih terasa tajam baunya. Lebih baik ikan diolah dengan cara digoreng. Demikian seterusnya, Bunda perlu mencari tahu aroma makanan seperti apa yang disukai anak sehingga membuat anak nafsu makan.

8. Alat Makan dengan Tampilan Cerah

Cara agar anak mau makan yaitu gunakan alat makan dengan tampilan cerah. Tampilan yang menarik dan cerah bisa membuat suasana hati anak jadi positif, sehingga dapat menjadi cara agar hati anak terbuka untuk makan.

Misalnya, tampilan piring yang berwarna-warni cerah, diharapkan ini dapat membantu supaya anak bersemangat untuk makan. Beberapa warna cerah seperti oren, hijau, kuning dll. Juga disarankan beli piring dan sendok dengan bentuk unik.

9. Minimalisir Distraksi Saat Waktu Makan

Usahakan untuk menepikan segala gangguan menjelang waktu makan anak. Jika arah pikiran anak sudah kemana-mana, misalnya anak terlalu sibuk main gadget, biasanya dia bakal menolak (bahkan marah) kalau disuruh makan.

Jadi usahakan untuk menepikan gadget menjelang waktu makan anak. Bilang ke anak bahwa dia bisa main game jika sudah menyelesaikan makannya.

10. Biasakan Mengadakan Makan Bersama di Meja

Cara agar anak doyan makan yaitu adakan rutinitas makan bersama keluarga di meja makan. Dengan membiasakan makan bersama di meja, anak akan melihat orang-orang makan dengan lahap.

Sifat dasar anak yaitu mencontoh apa yang dilakukan orang lain. Anak akan mencontoh segala hal yang dilihat dan didengarnya. Selain itu buatlah suasana makan yang menyenangkan, apresiasi anak saat dia mampu menyelesaikan makannya dengan baik.

11. Potongan Kecil

Terkadang potongan makanan yang terlalu besar menjadi penyebab anak tidak mood untuk makan. Maka cobalah untuk membuat potongan makanan dengan ukuran lebih kecil.

Potongan makanan yang lebih kecil membantu anak untuk lebih mudah makan, dan mencegah anak terselak makanan.

12. Berikan Iming-Iming

Ini menjadi cara terakhir atau darurat. Sesekali orangtua boleh menawarkan hadiah, tawarkan anak hadiah yang disukainya jika dia mau makan.

Ini memang menjadi cara yang paling mudah dan efektif mengatasi anak tidak mau makan. Tapi cara ini hanya sesekali saja dilakukan dan jangan terlalu sering.

Cari Tahu Penyebab Anak Tidak Mau Makan


Seringkali anak menolak makan karena sedang kurang sehat. Kalau kondisinya begini, orangtua jangan sampai memaksa anak makan karena bakal membuat anak trauma.

Hal yang wajar kondisi sakit membuat anak kehilangan nafsu makan. Cara mengatasi anak tidak mau makan saat sakit yaitu berikan menu spesial atau makanan yang paling disukainya (favoritnya). 

Saat anak sedang demam, berikan makanan hangat seperti sup dll. Manfaatnya akan memunculkan efek menenangkan pada badan anak, dan meredakan gejala demam (termasuk flu dll).

Beberapa makanan dan minuman hangat tertentu pun dipercaya mampu meredakan gejala pilek dan flu, seperti sakit tenggorokan, kelelahan, dan hidung tersumbat.

Pastikan anak minum air putih yang cukup, sehingga membuatnya lebih bergairah. Jika anak tidak mampu mengonsumsi makanan berat, berikan anak camilan sehat.

Jika anak tidak mau makan karena sariawan, cara mengatasinya yaitu pilihkan anak makanan lunak agar gampang menelannya. Misalnya yogurt yang lumayan mengenyangkan.

Dapat juga menumbuk dan mengaluskan makanan sehingga jadi lebih gampang untuk dikunyah. Atau juga bisa mengukus makanan sampak menjadi empuk.

Hindari memberikan makanan dengan tekstur keras dan rasa pedas. Jika anak ingin minum, berikan sedotan.

Cara mengatasi anak tidak mau makan saat sakit yaitu jangan memberikan porsi besar karena anak bakal menyerah duluan dan langsung bad mood melihatnya. Seharusnya berikan anak porsi kecil sehingga terlihat mudah untuk 'ditaklukan'. Makanan yang cocok saat sakit yaitu sup ayam hangat.

Cara mengatasi anak tidak mau makan dan mual yaitu pertama-tama hindari memaksa anak makan saat sedang mual. Tunggu hingga rasa mual mereda, lalu berikan anak makanan yang gampang dicerna dan tidak berbau tajam. 

Sajikan makanan dengan bentuk unik dan menarik, serta berikan anak makanan hanya dalam porsi kecil. Jika anak sering mual, muntah dan tampak sangat lemas maka perlu membawanya ke dokter.




Baca Juga: