12 Manfaat Lingkungan Hijau untuk Kesehatan dan Kebahagiaan

Hal yang sangat diperhatikan sebelum membeli rumah yaitu fasilitas-fasilitas apa saja yang tersedia di lingkungan rumah tersebut. Dari berbagai aspek, sayangnya banyak orang yang tidak memperhatikan faktor lingkungan hijau dalam memilih rumah.

Hal ini disayangkan, ini berarti banyak orang yang tidak mengetahui besarnya manfaat lingkungan hijau. Anda hendaknya menjadikan faktor lingkungan hijau sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli rumah.

Manfaat Lingkungan Hijau
Photo credit: stock.adobe.com|wajan

Manfaat Lingkungan Hijau Untuk Kesehatan dan Kebahagiaan


1. Lebih Bahagia

Manfaat lingkungan hijau dapat membuat Anda lebih bahagia. Dengan berada di tempat yang terdapat banyak tumbuhan, udara menjadi terasa segar yang berpengaruh terhadap perasaan atau mood yang lebih baik. Manfaat lingkungan sehat seperti ini juga membuat mental jadi stabil.

Berada di lingkungan hijau dapat memunculkan perasaan bahagia dan hati yang lapang, serta dapat meredakan perasaan negatif seperti hati yang terasa sempit dan perasaan sedih.

Orang-orang yang bermukim di lingkungan hijau biasanya terlihat lebih bahagia daripada orang-orang yang tinggal di perkotaan, apalagi di perkotaan penuh dengan hiruk-pikuk dan kemacetan. Udara segar di lingkungan hijau bermanfaat untuk mengurangi hormon kortisol di dalam tubuh. Tingginya hormon kortisol memicu perasaan stres.


2. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Lingkungan asri ternyata memberikan manfaat sangat besar untuk anak-anak. Hal yang disukai anak-anak yaitu kegiatan yang bersifat fisik, tinggal di lingkungan hijau membuat anak memiliki kesempatan luas untuk mengeksplorasi aktivitas fisiknya. Hal ini sangat mempermudah tugas orangtua dalam pengasuhan anak.

Selain itu manfaat lingkungan sehat ini secara efektif dapat mencegah stres pada anak, serta anak tidak gampang bosan. Anak-anak di kota lebih rentan untuk kecanduan gadget, adapun berada di lingkungan hijau membuat anak lebih terhindar dari kecanduan gadget. Hal ini sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak.

Manfaat lingkungan hijau membuat anak berkembang dengan lebih baik dan memiliki tingkat kreativitas yang lebih baik. Berada di lingkungan hijau juga akan mengasah kemampuan sensorik dan indera anak. Seperti indra penglihatan, pendengaran dan penciuman.

Selain itu, tinggal di lingkungan hijau membuat anak-anak lebih peduli terhadap lingkungan. Di zaman sekarang, sangat penting untuk menanamkan dalam diri anak tentang pentingnya menjaga alam, ini harus ditanamkan sejak dini.

3. Memudahkan Pola Hidup Sehat

Banyak orang yang ingin memiliki pola hidup sehat, tapi selalu terhalang ketika ingin mulai menjalaninya. Tinggal di lingkungan hijau bermanfaat membantu atau mempermudah Anda untuk dapat menjalani pola hidup sehat.

Lingkungan asri dan udara yang segar secara ampuh membuat Anda lebih termotivasi untuk menjalani pola hidup sehat. Lingkungan perkotaan yang terdapat banyak polusi dan udara yang tidak segar akan menyulitkan untuk menjalani pola hidup sehat. Termasuk berolahraga juga menjadi sulit.

Adapun lingkungan hijau benar-benar sangat mendukung untuk melakukan aktivitas olahraga, apalagi dengan lingkungan yang terasa asri, serta udara yang segar dan sejuk.


4. Berdampak Baik Terhadap Kehidupan Sosial

Orang-orang yang tinggal di perkotaan biasanya lebih individual, lebih tempramental, kurang berinteraksi satu sama lain dan sibuk sendiri-sendiri. Adapun orang-orang yang berada di lingkungan hijau lebih sering berinteraksi sosial daripada mereka yang tinggal di perkotaan.

Selain itu kondisi lingkungan yang asri membuat psikologis seseorang lebih rileks dan dapat meredakan sifat emosional. Hal inilah yang membuktikan manfaat lingkungan hijau berdampak baik terhadap kehidupan sosial.

5. Baik untuk Kesehatan Mata

Lingkungan hijau sangat menyenangkan ketika dipandang, yang juga bermanfaat bagi kesehatan mata. Ketika mata terasa letih disebabkan menatap layar gadget dalam waktu lama, melihat lingkungan asri ini akan menyegarkan mata kembali.

Jalan-jalan di lingkungan hijau memberikan efek sangat baik terhadap kesehatan mata. Riset membuktikan bahwa lingkungan hijau bermanfaat bagi anak-anak yang memiliki penyakit rabun jauh, peneliti menempatkan anak-anak dengan penyakit rabun jauh untuk bermain di lingkungan hijau. Efek positif terlihat dalam beberapa bulan.

Untuk mempertajam pandangan mata, disarankan untuk mencoba jalan-jalan secara rutin di lingkungan sehat ini.

6. Meningkatkan Daya Ingat Anak

Lingkungan hijau sangat bermanfaat bagi anak-anak untuk memperkuat daya ingatnya. Pada sebuah riset yang diterbitkan di jurnal Environment Health Perspectives, mencoba menemukan keterkaitan pengaruh lingkungan hijau terhadap struktur otak.

Peneliti menjelaskan tentang fundamentalnya lingkungan hijau di kota-kota, yang manfaatnya sangat besar untuk perkembangan otak anak dan kesehatan anak secara umum. Anak yang mendapatkan lingkungan hijau sejak dini memiliki perubahan struktural yang bermanfaat di otak.

Pada riset yang berlangsung selama satu tahun yang diterbitkan di jurnal PNAS mencoba mengetahui besarnya manfaat lingkungan hijau. Riset tersebut dengan meneliti 2600 anak sekolah rentang usia 7-10 tahun. Peneliti menemukan bahwa manfaat lingkungan hijau secara efektif meningkatkan daya ingat anak.


7. Baik untuk Kesehatan Jantung

Pada sebuah riset yang diterbitkan di Journal of the American Heart Association menemukan bahwa mereka yang tinggal di lingkungan hijau mempunyai level stres yang lebih rendah dan pembuluh darah yang lebih sehat.

Peneliti mengatakan bahwa mereka yang tinggal di lingkungan hijau beresiko lebih rendah terkena serangan jantung dan stroke. Apalagi orang-orang yang tinggal di lingkungan sehat ini biasanya lebih aktif secara fisik, ditambah dengan udara segar yang membuat rileks dan bahagia.

8. Lebih Kreatif

Tinggal di lingkungan hijau bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas. Para ahli menjelaskan bahwa ide-ide kreatif bisa diperoleh dengan lebih cepat saat berada lingkungan asri dengan udara yang segar. Pikiran dapat lebih cepat untuk memecahkan permasalahan jika berada di lingkungan hijau.

9. Efek Kesehatan

Lingkungan hijau dengan udara bersih dan menyegarkan bermanfaat untuk kesehatan secara umum. Tidak hanya sehat secara fisik, tapi juga sehat secara psikologis.

10. Daya Tahan Tubuh Lebih Kuat

Orang-orang yang tinggal  di lingkungan hijau biasanya memiliki daya tahan tubuh lebih kuat, seperti lebih jarang terserang penyakit flu dan demam. Apalagi lingkungan asri ini dapat membuat Anda lebih termotivasi untuk menerapkan gaya hidup sehat.

11. Suasana Positif

Dengan memilih tempat tinggal yang memiliki lingkungan hijau, Anda akan mendapatkan efek positifnya berupa merasakan lingkungan yang terasa segar, dan bahkan membuat pikiran lebih fresh.

Lingkungan yang memiliki banyak pepohonan yang akan mensuplai oksigen berlimpah sehingga manfaatkan akan dirasakan. Manfaatnya tidak hanya secara fisik tapi juga bisa membuat perasaan jadi bahagia. Selain itu lingkungan hijau bermanfaat untuk mengurangi polusi.

12. Manfaat Jangka Panjang

Berada di lingkungan hijau dalam jangka panjang akan memberikan manfaat yang sangat besar. Orang yang tinggal di lingkungan asri ini akan mendapatkan udara yang jauh lebih segar dan perasaan lebih bahagia. Dalam jangka panjang manfaatnya akan sangat terlihat dan terasa.

Dengan begitu, bagi orang-orang yang tinggal di perkotaan yang minim lingkungan hijau, sangat direkomendasikan untuk menggunakan lahan yang ada, guna menanam tanaman hijau. Hal ini tidak hanya baik untuk bumi kita, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.




Baca Juga: