Hidup di Lingkungan Hijau Tingkatkan Daya Ingat Anak


Anak-anak sebenarnya sangat memerlukan lingkungan hijau yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan fisiknya, bahkan juga dapat meningkatkan kemampuan memorinya.

Tinggal di tempat yang dipenuhi kehijauan rumput dan tumbuhan, memberikan banyak manfaat penting untuk anak-anak, dimana anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan.

Lingkungan Hijau
Lingkungan Hijau | Photo credit: Gettyimages.com

Sebuah hasil riset yang diterbitkan di jurnal Environment Health Perspectives, menyebutkan tentang peran penting lingkungan yang hijau bagi perkembangan anak.

Peneliti menemukan bahwa anak-anak yang tinggal di lingkungan hijau umumnya memiliki skor yang sangat baik dalam tes tingkat perhatian.

Ilmuwan di di ISGlobal juga menjelaskan bahwa anak-anak yang tinggal di perkotaan harus disediakan lingkungan hijau seperti rerumputan dan pepohonan, ini sangat penting untuk kesehatan tubuh, kesehatan mental dan dan perkembangan otak anak. Pemerintah harus menyadari hal ini dengan serius.

Penelitian lainnya juga menemukan bahwa lingkungan hijau di sekitar sekolah ternyata bermanfaat secara efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak (siswa), khususnya pada kelompok umur 7-10 tahun.

Lingkungan hijau juga sangat diperlukan untuk menekan tingkat polusi berbahaya, sehingga udara juga terasa segar saat dihirup.

Penutup

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan maka perlu menyempatkan waktu secara rutin untuk mengunjungi alam bebas atau tempat-tempat hijau.

Anda bisa mengunjungi taman kota saat akhir pekan, atau bahkan mengajak anak bermain di alam bebas.

Sebagai motivasi, berikut manfaat bermain di alam bebas bagi anak-anak:
  • Memperbaiki pola tidur anak, cara ampuh mengobati masalah tidur di malam hari yaitu dengan terkena matahari pagi, yang nantinya mengatur ritme sirkadian. 
  • Meningkatkan energi, dimana berada di alam akan meningkatkan energi, rasa semangat dan kebahagiaan anak.
  • Membangun kepercayaan diri anak, memperbaiki mood, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kebugaran tubuh anak. 
  • Meningkatkan konsentrasi, sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Preventive Medicine menyebutkan bahwa anak-anak yang bermain di alam (lingkungan hijau) menunjukkan peningkatan kreativitas, mampu berkerja sama dengan baik, peningkatan disiplin diri, dan lebih mampu dalam memecahkan masalah.

loading...

Tulisan Terkait: