ASI Lebih Baik Daripada Susu Formula, Mengapa?


Tulisan ini sangat penting untuk para Ibu. Dimana kesalahan yang cukup sering terjadi dalam perawatan bayi yaitu kurang/tidak memberikan asupan ASI.

Stop pemikiran bahwa susu formula lebih baik dari ASI (air susu ibu). Bahkan pada masa-masa awal setelah kelahirannya, bayi sangat membutuhkan ASI.

Bayi
Bayi | Pexels.com

Susu formula tidak bisa menggantikan peran ASI. ASI mengandung gizi yang jauh lebih baik daripada susu formula.

Ahli kesehatan menjelaskan bahwa selalu mengandalkan susu formula untuk kebutuhan gizi bayi adalah sebuah kesalahan.

Di dalam ASI terkandung zat gizi seperti AH, DHA, antibodi dan beberapa zat penting lainnya untuk bayi yang tidak terdapat di jenis susu lain (seperti susu sapi).

Para Ibu harus mengetahui tetang wajibnya pemberian ASI Eksklusif usia 0-6 bulan.

Setelah itu, ada yang namanya MPASI (pemberian makanan pendamping air susu ibu) yang bisa dibuat di rumah, berlaku pada bayi usia 6-12 bulan.

Adapun pemberian ASI tetap dilakukan hingga usia 2 tahun.

Penting diketahui tentang pemberian ASI eksklusif (usia 0-6 bulan), dimana ASI sudah sepenuhnya bisa memenuhi kebutuhan bayi saat itu.

Jangan karena alasan bekerja, sehingga Anda tega menyerahkan nutrisi bayi Anda kepada susu formula. Pemberian ASI pada bayi 0-6 bulan adalah wajib.

Hal-hal yang membuat ASI jauh lebih baik dibandingkan susu formula:
  • Kandungan lemak sehat dalam ASI memiliki fungsi penting dalam menjaga berat badan ideal untuk bayi. Sehingga bayi terhindar dari berat badan terlalu rendah.
  • Selain itu, lemak esensial juga menyediakan vitamin A, D & E, yang merupakan kandungan-kandungan penting untuk bayi.
  • Adapun protein dan lemak dalam susu sapi (susu formula) ternyata lebih sulit untuk dicerna/diserap oleh tubuh bayi.
  • Susu sapi juga mengandung zat dalam kadar berlebihan (bagi bayi) seperti protein, natrium dan kalium, yang beresiko memberatkan kerja ginjal bayi. 
  • Adapun ASI mengandung vitamin yang larut dalam air. ASI mengandung protein whey yang merupakan sumber energi yang mudah dicerna. 
  • ASI memiliki khasiat istimewa berupa memerangi penyakit pada bayi. ASI mengandung antibodi yang sangat penting untuk bayi.
  • Bayi yang hanya diberikan susu formula akan kehilangan manfaat imunologi dari ASI.

Sebagai Ibu yang baik berilah bayi Anda ASI. Menyusui juga akan menimbulkan ikatan cinta yang kuat antara bayi dan Ibunya.

Banyak orangtua yang memutuskan untuk mengutamakan susu formula daripada ASI karena tidak tahu tentang kehebatan ASI. Selain itu ketiadaan waktu menyebabkan seorang Ibu enggan menyusui bayi, khususnya para wanita karir.

loading...

Tulisan Terkait: