5 Manfaat Kejujuran yang Akan Dirasakan di Kehidupan Sehari-Hari


Kejujuran adalah hal yang sangat indah, tapi banyak orang yang sangat sulit melakukannya.

Kejujuan tenyata bisa membuat jiwa lebih bahagia. Maka sebaliknya, sering berbohong menyebabkan jiwa menjadi lebih buruk dan tidak bahagia.

Ilustrasi Bahagia
Ilustrasi Bahagia | Photo credit: Shutterstock.com / By Nadino

Berikut berbagai manfaat kejujuran:

1. Menjadikan Jiwa Lebih Percaya Diri

Cobalah, membiasakan jujur nantinya akan membuat jiwa Anda lebih percaya diri. Berkata jujur pada tempatnya ini akan memberikan ketenangan pada jiwa.

Misalnya saat ditagih hutang, maka jika tidak ada uang tinggal katakan demikian, jangan berbohong (misalnya mengatakan uangnya digunakan untuk keperluan sekolah anak, dsb).

Apa susahnya mengatakan apa adanya sehingga Anda bisa lebih tenang. Berkata apa adanya tentunya dengan menyesuaian kondisi juga.

Yang sangat buruk, yaitu berkata bohong hanya untuk membuat lelucon, tidak ada tekanan untuk berbohong tapi berkata bohong.

Sering berkata bohong menyebabkan jiwa menjadi tidak tenang. Dengan menyesuaikan kondisi, berkatalah jujur sehingga membuat diri Anda lebih percaya diri dan penuh kedamaian.

2. Kejujuran di dalam Keluarga

Kejujuran akan menciptakan keluarga yang nyaman. Dengan membiasakan jujur, akan mencegah rasa curiga yang bisa saja masuk ke dalam diri anggota keluarga.

Sikap jujur ini akan membuat semua anggota keluarga menjadi nyaman, karena masing-masing pihak saling mempercayai pihak lainnya.


3. Lebih Mudah Punya Banyak Teman

Membiasakan prilaku jujur membuat orang-orang akan nyaman dengan diri Anda, sehingga Anda pun bisa lebih mudah untuk punya teman baru.

Orang-orang yang sejak kecil suah terbiasa dengan kejujuran umumnya akan memiliki banyak teman.

Dengan kejujuran, orang-orang di lingkungan sekitar akan memiliki kepercayaan yang kuat pada diri Anda.

Orang-orang akan senang dengan diri Anda jika terbiasa dengan prilaku jujur, mereka tidak memiliki keraguan dan tidak memiliki sangkaan negatif pada diri Anda.

Dengan mempunyai teman-teman yang care maka akan memberikan rasa kebahagiaan.

4. Kejujuran Mendatangkan Rasa Simpati

Orang-orang yang terbiasa hidup dengan kejujuran akan mendapat rasa simpati yang sangat baik dari lingkungannya berada.

Kita tentu sangat senang melihat orang yang penuh kejujuran di dalam kehidupannya, selain itu kita juga merasa nyaman saat berinteraksi dengan orang-orang seperti itu.

5. Orang Jujur Lebih Sehat dan Bahagia

Agar sehat maka yang perlu dilakukan adalah berolahraga serta mengonsumsi makanan sehat, buah dan sayuran.

Selain itu, menurut sebuah penelitian bahwa orang-orang yang bersikap jujur lebih sehat secara fisik dan mental.

Pada riset tersebut disebutkan bahwa orang-orang di Amerika rata-rata berbohong 11 kali dalam seminggu, baik itu bohong dalam hal memuji, ekonomi, pergaulan, dll.

Peneliti menjelaskan bahwa meminimalisir/mengurangi jumlah kebohongan yang dilakukan sebenarnya bisa membuat tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi.

Penelitian juga menemukan bahwa orang-orang yang lebih sedikit berhohong beresiko lebih rendah terkena sakit kepala, sakit tenggorokan, kecemasan dan gangguan kesehatan lainnya dibandingkan dengan orang yang banyak berbohong.

Ilmuwan menjelaskan bahwa kebiasaan berbohong bisa menyebabkan stres, memicu kecemasan bahkan depresi. 

loading...

Tulisan Terkait: