14 Manfaat Sifat Jujur dalam Kehidupan Sehari-Hari (Serta Contohnya)

Orang Jujur Bahagia

Jujur adalah berbicara dan bertindak sesuai dengan kenyataan tanpa menyembunyikan, memanipulasi atau mengubah fakta demi keuntungan diri sendiri.

Sifat jujur ini merupakan sifat positif yang menggambarkan bentuk ketulusan hati, serta menjadi aspek penting untuk membangun kepercayaan di kehidupan sosial maupun dunia profesional.

Ironisnya, walaupun kejujuran ini menjadi hal super penting, sayangnya banyak orang yang enggan, tak peduli, bahkan meremehkan perihal manfaat kejujuran ini.

Kejujuran faktanya bisa membuat jiwa lebih lapang dan bahagia. Sebaliknya, sering berbohong menyebabkan jiwa selalu gelisah dan tidak bahagia.

Manfaat Sifat Jujur dalam Kehidupan Sehari-Hari


1. Wajah Lebih Cerah

Manfaat sifat jujur yaitu dapat membuat wajah lebih ceria dan bercahaya. Akan tampak perbedaan pada wajah orang yang punya sifat jujur dengan orang yang suka berbohong.

Manfaat kejujuran menjadikan hati terasa tenang dan plong, ini nantinya berefek pada wajah yang tampak lebih ceria dan enak dipandang. Orang jujur punya aura positif, orang-orang cenderung nyaman saat bergaul dan berada di dekatnya

Berbeda dengan orang yang suka berbohong mengakibatkan hidupnya penuh dengan kelicikan dan pastinya tidak tenang. Sifat-sifat negatif akan sampai (mempengaruhi) ke wajah, membuat orang-orang waspada, kurang percaya, hingga tidak nyaman dengan keberadaannya.

2. Percaya Diri

Cobalah menumbuhkan karakter jujur, sebab membiasakan diri jujur nantinya membuat jiwa lebih percaya diri. Berkata jujur pada tempatnya akan memberikan ketenangan pada jiwa.

Suka berkata bohong menyebabkan jiwa gelisah. Sehingga pada dasarnya, apa susahnya berkata apa adanya sehingga hidup lebih tenang?

Dengan menyesuaikan kondisi, berkatalah jujur sehingga membuat diri kamu lebih percaya diri dan penuh kedamaian. (Baca: Cara Membersihkan Hati yang Kotor)

Jika seseorang terbiasa hidup dengan kejujuran, maka tidak ada yang perlu dicemaskan dari apa-apa yang sudah dikatakan. Hal semacam ini bisa membuat kamu hidup dengan percaya diri karena kamu menyadari telah berperilaku sesuai moral yang baik tanpa perlu menyembunyikan sesuatu.


3. Keluarga Bahagia

Kejujuran akan mewujudkan keluarga bahagia dan menciptakan suasana keluarga yang nyaman. Dengan membiasakan jujur, akan mencegah rasa curiga yang bisa saja masuk ke dalam hati anggota keluarga.

Sikap jujur ini akan membuat semua orang di keluarga menjadi nyaman, dimana masing-masing pihak saling mempercayai pihak lainnya.

4. Mudah Punya Banyak Teman

Keuntungan bersikap jujur yaitu membuat kamu gampang dapat teman. Membiasakan perilaku jujur membuat orang-orang nyaman dengan kamu, sehingga kamu bisa lebih mudah untuk punya teman baru.

Orang-orang yang sejak kecil sudah terbiasa dengan kejujuran hati, umumnya akan memiliki banyak teman. Dengan kejujuran, orang-orang di lingkungan sekitar akan memiliki kepercayaan yang kuat pada kamu.

Orang-orang senang dengan individu yang terbiasa dengan perilaku jujur, mereka tidak memiliki keraguan dan tidak memiliki sangkaan negatif. Dengan mempunyai teman-teman yang care akan memberikan rasa kebahagiaan.

5. Mendatangkan Rasa Simpati

Orang-orang yang terbiasa hidup dengan kejujuran akan mendapat rasa simpati yang sangat baik dari lingkungannya berada. Kita tentu sangat senang melihat orang jujur, serta merasa nyaman saat berinteraksi dengannya.


6. Sehat dan Bahagia

Manfaat kejujuran yaitu membuat fisik dan mental lebih sehat. Umumnya yang diketahui orang-orang bahwa supaya sehat maka perlu berolahraga dan konsumsi makanan bergizi.

Tapi ada hal penting lainnya, riset menemukan bahwa mereka yang terbiasa jujur di dalam kehidupannya umumnya memiliki kesehatan fisik dan psikis yang lebih baik.

Peneliti menjelaskan bahwa meminimalisir kebiasaan bohong sebenarnya bisa membuat tingkat kesejahteraan meningkat, yakni lebih bahagia dalam menjalani kehidupan.

Riset juga menemukan bahwa mereka yang lebih sedikit berbohong berisiko lebih rendah terkena serangan cemas dan masalah kesehatan seperti sakit kepala, dibandingkan pada mereka yang suka berbohong.

Dengan begitu utamakan kejujuran di dalam kehidupan, sebab kebiasaan berbohong mengakibatkan seseorang rentan stres, cemas hingga depresi. 

7. Dipercaya Banyak Orang

Manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari yaitu membuat kamu bisa dipercaya orang-orang. Jangan sampai kamu menjadi orang yang diblacklist di masyarakat karena kedapatan pernah berbohong.

Kepercayaan sangat mahal harganya, maka sangat penting memelihara sifat jujur sehingga menghindarkan kamu dari terkena 'cap pembohong' oleh masyarakat. Repot jadinya jika kamu memiliki reputasi sebagai tukang bohong di masyarakat.

Sekali ketahuan berbohong maka sulit mendapatkan kepercayaan lagi. Jadi agar hidup lebih mudah, biasakan sikap jujur dalam sehari-hari.

Sikap jujur perlu pembiasaan. Seseorang yang terbiasa berbohong maka biasanya butuh usaha keras agar bisa memperbaiki kepribadiannya.

8. Hidup Lebih Lancar

Keuntungan perbuatan jujur yaitu hidup lebih lancar, baik itu dalam pekerjaan maupun pergaulan sosial. Orang yang sering menyeleweng dan tidak jujur di tempatnya kerjanya, ini sama saja seperti bermain-main dengan api.

Bisa saja dia nantinya ketahuan, lalu dipecat dari tempat kerjanya karena tidak amanah dalam bekerja.

Adapun orang yang terbiasa jujur dalam kehidupannya, hidupnya cenderung lancar-lancar saja sehingga bisa menjalani kehidupan dengan perasaan rileks. Orang-orang pun akan respek padanya.

9. Memperkuat Mental

Manfaat perilaku jujur yaitu bisa memperkuat mental, hal itu karena saat seseorang berlatih untuk bersikap jujur, maka ini sama saja berlatih keberanian untuk berbicara apa adanya, sehingga menjadi lebih berani untuk menghadapi kenyataan dan lebih berani menghadapi berbagai konsekuensi dalam kehidupan.

Hal semacam ini sangat membantu kamu dalam membangun kepribadian, sehingga memiliki prinsip hidup dan karakter yang kuat.

10. Menjaga Reputasi Diri

Orang yang terbiasa jujur di dalam kehidupannya umumnya mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Sehingga misalnya kamu membuat sebuah pernyataan, orang-orang cenderung memberikan respon positif dan percaya kepada kamu.

Orang yang dikenal jujur cenderung dihargai dan dihormati oleh pihak lain, sehingga memiliki reputasi yang bagus di masyarakat.

11. Lebih Terhindar dari Pertengkaran

Jika kamu memelihara sifat jujur dalam kehidupan sehari-hari, kamu akan lebih terhindar dari pertengkaran yang tidak perlu.

12. Hubungan Sosial yang Baik

Manfaat sifat jujur yaitu mempermudah kamu dalam membangun hubungan berkualitas dengan orang-orang di lingkungan sosial.

Sifat jujur akan membantu kamu untuk memiliki sahabat-sahabat dekat, dimana orang lain baru berkenan untuk berteman dekat dengan kamu jika mereka sudah memastikan kamu adalah orang yang jujur dan tulus.

13. Jiwa Lebih Tenang

Membiasakan diri berbicara jujur bisa membantu kamu untuk memiliki mental atau jiwa yang lebih sejahtera, dimana kamu tidak memiliki tekanan untuk menyembunyikan sesuatu yang bikin kamu merasa terbebani.

14. Menjadi Profesional

Manfaat perilaku jujur yaitu membantu kamu menjadi orang yang terlihat profesional dan berwibawa. Hal ini penting, terutama saat dilingkungan kerja.

Di lingkungan kerja, kejujuran menjadi nilai yang begitu dihargai. Sehingga orang jujur biasanya disegani dan dihormati, hal seperti ini membantu kamu agar tampak profesional dan membantu kesuksesan karir.

Sebaliknya, jika orang-orang sering mendapati kamu berbohong maka kamu akan dipandang rendah, tidak disegani dan tidak dihormati oleh mereka.

Contoh Perilaku Jujur


Sifat jujur menjadi pondasi terpenting dalam membangun hubungan baik dengan orang lain dan lingkungan masyarakat secara umum. Ada banyak contoh perilaku jujur, berikut penjelasannya.

1. Berbicara dengan Kebenaran

Ini menjadi hal mendasar dalam sifat jujur, dimana kamu perlu membiasakan diri berkata sesuai fakta dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini termasuk menghindari berkata bohong walaupun tujuannya hanya melawak (bercanda).

2. Mengakui Kesalahan

Contoh jujur dalam perbuatan yaitu berani mengakui kesalahan. Orang yang berani mengakui kesalahannya akan lebih mudah mendapatkan rasa damai dalam hidupnya, hanya saja banyak orang yang tidak berani mengakui kesalahan.

Mengakui kesalahan menjadi tanda kejujuran, dimana ini membantu kamu untuk membangun integritas atau kepercayaan dari orang-orang. Berani mengakui kesalahan juga bikin orang-orang respek dan menghargai kamu.

3. Menepati Janji

Contoh perilaku jujur yaitu terbiasa menepati janji yang telah disepakati. Dengan begitu, termasuk orang yang tidak jujur apabila sering membatalkan janji.

Orang jujur biasanya gak bermudah-mudahan dalam membuat janji, biasanya mereka tidak membuat janji pada hal-hal yang tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Jika diminta berjanji menjaga rahasia, orang jujur akan benar-benar menjaga rahasia milik orang lain dan tidak akan membocorkan-nya. Orang jujur bukan termasuk orang yang suka menipu orang lain.

4. Tidak Mengambil Barang Milik Orang Lain

Contoh jujur dalam perbuatan yaitu tidak mencuri atau tidak mengambil hak milik orang lain, yang dimana hal ini bahkan sudah termasuk tindakan kriminal.

5. Contoh Perilaku Jujur di Sekolah

Beberapa contoh perilaku jujur di sekolah yaitu tidak mencontek saat ujian, tidak memalsukan tanda tangan orangtua di buku laporan sekolah, tidak menilep uang SPP (iuran bulanan), melakukan tugas dengan kemandirian, tidak mencuri barang milik teman sekelas.

6. Contoh Perilaku Jujur di Rumah

Beberapa contoh perilaku jujur di rumah yaitu amanah terhadap uang kembalian saat diminta belanja ke warung, mengerjakan kewajiban tugas rumah, tidak berbohong kepada orangtua saat ditanya darimana, tidak menyembunyikan informasi penting dari orangtua.

7. Contoh Perilaku Jujur dalam Kehidupan Sehari Hari

Beberapa contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari hari yaitu tidak menyebarkan berita bohong (hoax), tidak berkhianat saat menjalankan kerja sama bisnis dengan orang lain, mematuhi peraturan lalu lintas, menghormati hak cipta milik orang lain, tidak menuduh orang lain tanpa bukti, tidak membuat kesaksian palsu di depan hakim pengadilan.

8. Contoh Perilaku Jujur dalam Bergaul dengan Orang Lain

Beberapa contoh perilaku jujur dalam bergaul dengan orang lain yaitu menyampaikan informasi secara utuh kepada orang lain, tidak bergosip, tidak membocorkan rahasia teman, tidak memanfaatkan teman (termasuk berteman karena ada maunya), tidak menjelek-jelekan orang lain.

9. Contoh Perilaku Jujur dan Menepati Janji

Beberapa contoh perilaku jujur dalam menepati janji yaitu menetapi waktu janji saat ingin ketemuan (tidak jam karet), jika tidak bisa datang maka beritahukan alasannya dengan jujur, selalu berusaha melakukan apa yang telah dijanjikan.




Baca Juga: