8 Manfaat Kejujuran dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ilustrasi Bahagia
Ilustrasi Bahagia | Photo credit: Shutterstock.com / By Nadino

Kejujuran adalah hal yang sangat indah, tapi banyak orang yang sulit melakukannya. Bahkan sebagian orang meremehkan perihal kejujuran ini.

Kejujuran ternyata bisa membuat jiwa lebih bahagia. Maka sebaliknya, sering berbohong menyebabkan jiwa menjadi buruk dan tidak bahagia.

Manfaat Kejujuran Dalam Kehidupan Sehari-Hari


1. Wajah Lebih Ceria dan Bercahaya

Akan tampak perbedaan pada wajah orang yang sifatnya jujur dengan orang yang suka berbohong dan penuh kelicikan dalam hidupnya.

Orang yang punya karakter jujur di hatinya, kita akan merasakan nyaman saat bergaul dan berada di dekatnya.

Manfaat kejujuran dapat membuat hati nyaman dan terasa plong, ini nantinya berefek pada wajah yang tampak lebih ceria dan enak dipandang.

Berbeda dengan orang yang suka berbohong mengakibatkan hidupnya penuh dengan kelicikan, keragu-raguan dan tidak tenang. Sifat-sifat negatif akan sampai (mempengaruhi) ke wajah, membuat orang-orang waspada dan kurang percaya pada dirinya, serta tidak nyaman dengan keberadaannya.

2. Percaya Diri

Cobalah, membiasakan jujur nantinya akan membuat jiwa Anda lebih percaya diri. Berkata jujur pada tempatnya ini akan memberikan ketenangan pada jiwa.

Misalnya saat ditagih hutang, maka jika tidak ada uang tinggal katakan demikian, jangan berbohong. Misalnya mengatakan uangnya digunakan untuk keperluan sekolah anak, dsb.

Apa susahnya mengatakan apa adanya sehingga Anda bisa lebih tenang. Berkata apa adanya tentunya dengan menyesuaikan kondisi juga, ini mudah dilakukan.

Yang sangat buruk, yaitu berkata bohong hanya untuk membuat lelucon, tidak ada tekanan untuk berbohong tapi berkata bohong. Sering berkata bohong menyebabkan jiwa menjadi tidak tenang.

Dengan menyesuaikan kondisi, berkatalah jujur sehingga membuat diri Anda lebih percaya diri dan penuh kedamaian. (Baca: Cara Membersihkan Hati yang Kotor)


3. Keluarga Bahagia

Kejujuran akan menciptakan suasana keluarga yang nyaman. Dengan membiasakan jujur, akan mencegah rasa curiga yang bisa saja masuk ke dalam diri anggota keluarga.

Sikap jujur ini akan membuat semua orang di keluarga menjadi nyaman, karena masing-masing pihak saling mempercayai pihak lainnya.

4. Mudah Punya Banyak Teman

Keuntungan bersikap jujur yaitu membuat Anda gampang dapat teman. Membiasakan perilaku jujur membuat orang-orang akan nyaman dengan Anda, sehingga Anda pun bisa lebih mudah untuk punya teman baru.

Orang-orang yang sejak kecil sudah terbiasa dengan kejujuran hati umumnya akan memiliki banyak teman. Dengan kejujuran, orang-orang di lingkungan sekitar akan memiliki kepercayaan yang kuat pada Anda.

Orang-orang akan senang dengan Anda yang terbiasa dengan perilaku jujur, mereka tidak memiliki keraguan dan tidak memiliki sangkaan negatif pada diri Anda. Dengan mempunyai teman-teman yang care, akan memberikan rasa kebahagiaan.

5. Mendatangkan Rasa Simpati

Orang-orang yang terbiasa hidup dengan kejujuran akan mendapat rasa simpati yang sangat baik dari lingkungannya berada.

Kita tentu sangat senang melihat orang yang penuh kejujuran di dalam kehidupannya, selain itu kita juga merasa nyaman saat berinteraksi dengan orang-orang seperti itu.


6. Sehat dan Bahagia

Manfaat kejujuran yaitu membuat fisik dan mental lebih sehat. Umumnya yang diketahui orang-orang, agar sehat maka yang perlu dilakukan adalah berolahraga serta mengkonsumsi makanan bergizi.

Tapi ada hal penting lainnya, riset menemukan bahwa mereka yang terbiasa jujur di dalam kehidupannya umumnya memiliki kesehatan tubuh dan psikis yang lebih baik.

Peneliti menjelaskan bahwa meminimalisir kebiasaan bohong sebenarnya bisa membuat tingkat kesejahteraan jiwa meningkat atau lebih bahagia dalam menjalani kehidupan.

Riset juga menemukan bahwa mereka yang lebih sedikit berbohong berisiko lebih rendah terkena serangan cemas dan masalah kesehatan seperti sakit kepala, dibandingkan pada mereka yang suka berbohong.

Dengan begitu utamakan kejujuran di dalam kehidupan, sebab kebiasaan bohong dapat mengakibatkan seseorang rentan stres, cemas hingga depresi. 

7. Dipercaya Banyak Orang

Manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari hari yaitu membuat Anda bisa dipercaya orang-orang. Jangan sampai Anda menjadi orang yang di-blacklist di masyarakat karena kedapatan pernah berbohong.

Kepercayaan sangat mahal harganya, sehingga sangat penting memelihara sifat jujur sehingga menghindari seseorang dari ketahuan berbohong.

Sekali ketahuan berbohong, maka menjadi sulit untuk mendapatkan kepercayaan lagi. Jadi agar hidup lebih mudah, biasakan sikap jujur dalam sehari-hari.

Sikap jujur perlu pembiasaan. Seseorang yang terbiasa berbohong maka biasanya butuh usaha keras agar bisa memperbaiki kepribadiannya.

8. Hidup Lebih Lancar

Keuntungan perbuatan jujur yaitu hidup lebih lancar, baik itu dalam pekerjaan maupun pergaulan sosial. Orang yang sering menyeleweng dan tidak jujur di tempatnya kerjanya, ini sama saja seperti bermain-main dengan api.

Bisa saja dia nantinya ketahuan, lalu dipecat dari tempat kerjanya karena tidak amanah dalam bekerja.

Adapun orang yang terbiasa jujur dalam kehidupannya, hidupnya akan lancar-lancar saja sehingga bisa menjalani kehidupan dengan perasaan nyaman. Orang-orang pun akan respek pada dirinya.




Baca Juga: