Cara Mudah Hilangkan Cegukan Dengan Cepat


Cegukan dapat terjadi pada siapa saja, baik itu orang dewasa, anak-anak, hingga bayi sekalipun. Lamanya cegukan hingga akhirnya hilang berbeda-berbeda tergantung kondisinya.

Umumnya cegukan berlangsung selama beberapa menit (atau kurang dari satu menit). Cegukan pada dasarnya tidak membahayakan, tapi cukup mengganggu aktivitas.

Ilustrasi Cegukan
Ilustrasi Cegukan | Photo credit: Gettyimages.com / Michaela Begsteiger

Munculnya cegukan yaitu karena kontraksi yang tidak disengaja pada otot diafragma.

Terjadinya cegukan bisa karena Anda mengonsumsi makanan yang sangat pedas (misalnya cabe rawit), bisa juga karena makan terlalu cepat.

Makan terburu-buru bisa menyebabkan cegukan, sehingga pastikan mengunyah makanan secara sempurna sebelum ditelan.

Cegukan adalah hal yang biasa dialami banyak orang, dan umumnya bukan masalah serius.

Berikut cara efektif untuk menghilangkan cegukan dengan cepat:
  • Minum air putih sedikit demi sedikit. Anda hanya perlu menempelkan bagian tengah mulut Anda dengan bagian ujung gelas, lalu minumlah air dalam jumlah sangat sedikit tapi berkali-kali hingga akhirnya cegukan hilang.
  • Tahan napas sebentar (5-10 detik). Jika kurang efektif maka Anda bisa menahan napas lebih dari 10 detik.
  • Bernapas dengan kantong plastik (bisa juga kantong kertas). Sebenarnya kegunaan melakukan hal ini sama seperti halnya menahan napas, yaitu supaya kadar karbondioksida dalam tubuh meningkat. Bernapas dengan kantong membuat Anda menghirup lagi karbondioksida yang sebelumnya dikeluarkan. Dalam penggunaan kantong ini Anda bisa bernapas dengan cara biasa.
  • Dalam posisi duduk, naikan kedua lutut hingga menyentuh dada (lutut yang menghampiri dada, bukan dada menghampiri lutut).
  • Makan gula pasir, khususnya jika cegukan terjadi karena makan cabe rawit atau sambal pedas.
  • Mengemut gula batu atau gula pasir merangsang otot diafragma.
  • Menggigit lemon (atau bisa juga mengonsumsinya seperti biasa).
  • Minum air hangat lalu menahan napas dengan posisi tubuh membungkuk, lalu tegapkan tubuh kembali dalam kondisi masih menahan napas, lalu bernapas seperti biasa.
  • Menahan napas dengan melipat kedua lutut.
  • Buat posisi tubuh membungkuk ke arah depan (sampai dada terasa tertekan).

Metode menghentikan cegukan cukup beragam tergantung kondisi setiap orang dan apa yang melatarbelakangi terjadinya cegukan.

Sebagian orang berhasil menghentikan cegukan dengan cara menahan napas, sebagian lagi dengan cara minum air putih sedikit-sedikit.

Perhatian: Anda perlu pergi ke dokter jika cegukan terus berlangsung selama dua hari atau lebih, karena dikahwatirkan itu merupakan gejala penyakit serius.

Pada dasarnya cegukan terbagi menjadi dua jenis. Cegukan ringan hanya berlangsung beberapa menit (sementara saja), jenis cegukan ini yang paling sering terjadi.

Adapun cegukan berat bisa berlangsung selama berjam-jam (bahkan bisa lebih dari satu hari), kondisi ini perlu penanganan serius.

loading...

Tulisan Terkait: