9 Cara Agar Tidak Kecanduan Game Online


Fasilitas layanan online (internet) sebenarnya bisa menjadi pedang bermata dua, di satu sisi bermanfaat untuk mencari informasi, mempermudah kehidupan dan sebagai sarana hiburan.

Namun disisi lain jika sudah kecanduan sarana hiburan (game) di internet, maka akan sangat mengganggu kehidupan di dunia nyata.

Bermain Game
Bermain Game

Ada orang-orang yang bermain game online selama 8 jam dalam sehari, bahkan ada yang sampai 15 jam dalam sehari. Jika sudah kecanduan seperti ini maka bisa membahayakan dirinya, membahayakan kesehatan fisiknya, kesehatan mentalnya dan kehidupan sosialnya.

Orang yang sudah kencaduan game online maka pikirannya akan ke arah sana saja, jiwanya akan sangat tidak nyaman (tersiksa) ketika berhenti bermain game online. Itu artinya dirinya sudah sangat ketergantungan dengan game online.

Berikut cara agar tidak kecanduan game online:

1. Pastikan Anda Memiliki Aktivitas Rutin di Dunia Nyata

Untuk orang-orang yang sudah bekerja mungkin memiliki resiko lebih rendah terkena kecanduan game dibandingkan dengan orang-orang yang tidak/belum bekerja.

Orang yang tidak memiliki aktivitas rutin di dunia nyata maka sangat rentan untuk kecanduan game online.

Jika Anda belum bekerja, atau jika Anda masih dalam masa sekolah, maka buatlah minimal satu kegiatan rutin di dunia nyata, misalnya bermain futsal, ikut les tertentu, berorganisasi, dll.

Dengan memiliki aktivitas rutin di dunia nyata maka Anda tidak akan mudah terkena masalah kecanduan game.

Sebaliknya jika Anda tidak memiliki kegiatan rutin di dunia nyata, dikhawatirkan Anda akan menggunakan waktu kosong itu untuk bermain game seharian, hingga akhirnya menjadi kecanduan.

2. Manfaatkan Alarm

Penting untuk membatasi waktu bermain game agar tidak kecanduan, umumnya durasi aman bermain game yaitu 1 jam dalam sehari. Kalaupun lebih maka jangan sampai lebih dari 2 jam.

Gunakan alarm untuk mengingatkan Anda bahwa waktu bermain game sudah habis. Sangat penting menggunakan alat pengingat ini (alarm) agar tidak lupa.

Jika tidak menggunakan alarm dikhawatirkan Anda akan telena dan bermain game lebih dari 4 jam, yang nantinya Anda akan beresiko tinggi mengalami kencanduan game.


3. Kurangi Sedikit Demi Sedikit Pergaulan dengan Pecandu Game Online

Seseorang itu akan sangat terpengaruh oleh temannya, jika semua teman dekat Anda adalah para pecandu game online, maka sulit bagi Anda untuk tidak fanatik pada game online.

Mereka mungkin akan sering mengajak mabar (main bareng) game online, sesekali Anda perlu mencoba menolak sehingga mengurangi frekuensi waktu bermain game.

4. Milikilah Cita-Cita

Dengan memiliki cita-cita yang bermanfaat untuk masa depan maka Anda memiliki fokus dalam hidup, sehingga mencegah munculnya rasa fanatik pada game online.

Lihatlah orang-orang yang telah sukses di sekeliling Anda, munculkan-lah perasaan ingin menjadi seperti mereka, sehingga menjadikan diri Anda sibuk pada hal-hal besar (penting).

5. Aturlah waktu belajar dan waktu bermain sehingga menjadi seimbang. Menjaga dan mengatur waktu sangat penting untuk mencegah waktu semua terbuang hanya untuk bermain game online.

6. Usahakan mengisi waktu luang dengan hal-hal yang berguna, seperti berolaharga, membaca buku, berorganisasi dan hal-hal lainnya yang menghasilkan benefit. Sesekali Anda bisa mengganti kegiatan bermain game online dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat tersebut.

7. Sering-seringlah merenungkan dan mengingat bahwa ada banyak sekali aktivitas-aktivitas yang menyenangkan selain dari bermain game.

8. Ingatlah! Bermain game memang menyenangkan, tapi ada banyak kegiatan lainnya yang bisa dijadikan hobi menyenangkan, terutama kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas fisik.

9. Jika Anda merasa mulai jatuh ke dalam kecanduan game online, disarankan mencari orang yang ahli atau tenaga profesional untuk memberikan terapi menghilangkan rasa candu game.

loading...

Tulisan Terkait: