Beberapa Cara Aman Mencairkan Daging Ayam Beku


Saat Anda ingin mengolah atau mencairkan daging ayam yang beku, maka sangat penting untuk melakukannya dengan benar.

Hal ini untuk faktor kesehatan dan juga menjaga cita rasa daging ayam tersebut.

Daging Ayam Beku
Daging Ayam Beku 

Sebelum memegang daging ayam pastikan tangan Anda telah bersih.

Rendam daging ayam beku dalam baskom air, sebelumnya masukkan ayam ke dalam plastik kedap air.

Masukkan ke dalam baskom berisi air bersuhu normal. Dalam proses perendaman ini, usahakan untuk mengganti air setiap 30 menit, hingga akhirnya daging ayam beku mencair sepenuhnya (biasanya 2-3 jam).

Cara Lainnya

Yaitu dengan menghangatkan daging ayam beku dengan microwave, sehingga mempercepat proses pencairan daging beku tersebut.

Dengan penggunaan microwave ini, daging ayam beku bisa mencair dengan sangat cepat, yaitu hanya sekitar 10 menit.

Cara Paling Aman, tapi Membutuhkan Waktu Lama

Yaitu dengan membiarkan daging ayam beku cair dengan sendirinya. Cukup dengan memindahkan daging ayam beku dari freezer ke bagian bawah lemari es.

Ini adalah cara yang paling aman, mudah dan sederhana. Hanya saja waktu yang diperlukan agar daging ayam beku mencair yaitu semalaman (berjam-jam).

Sebagai pemberitahuan, untuk mencegah terjadinya kontaminasi pada daging ayam, hindari mencairkannya di tempat terbuka. Sangat penting bagi Anda untuk secara rutin membersihkan area dapur.

Westafel
Westafel

Ingat!! Setelah selesai mencairkan daging, maka pastikan untuk membersihkan wastafel atau dapur. Hal ini karena daging beku yang telah mencair beresiko meninggalkan bakteri, sehingga dikhawatirkan dapat mengkontaminasi bahan makanan lain.

loading...

Tulisan Terkait: