Beberapa Cara Aman Mencairkan Daging Ayam Beku

Daging ayam dibekukan supaya awet, sehingga dalam waktu lama tetap terjaga (bahkan bisa 6 bulan atau lebih) untuk nantinya dibuat jadi berbagai macam makanan.

Ketika mau mencairkan daging ayam yang beku maka sangat penting untuk melakukannya dengan benar, tujuannya supaya kualitas daging dan rasa tetap terjaga.

Daging Ayam Beku

Cara Aman Mencairkan Daging Ayam Beku


Sebelum memegang daging ayam, pastikan tangan dicuci dulu pakai air mengalir. Taruh daging ke dalam plastik kedap air, pastikan benar-benar rapat (tidak ada celah air untuk masuk). Lalu rendam daging di sebuah wadah

Letakkan saja di baskom yang berisi air bersuhu normal. Dalam proses perendaman ini, usahakan untuk mengganti air tiap 30 menit, sampai akhirnya daging ayam beku mencair sepenuhnya (umumnya sekitar 2 jam, atau lebih lama sedikit dari itu).

Tujuan menukar air tiap 30 menit yakni agar menghindari resiko bakteri. Sehingga tiap 30 menit selalu diganti dengan air bersih.


Cara Mencairkan Ayam Beku Dengan Cepat


Cara agar ayam beku cepat cair yaitu dengan menghangatkan daging ayam beku pakai bantuan microwave, sehingga secara signifikan mempercepat cairnya daging beku tersebut.

Kelebihan penggunaan microwave ini, daging ayam beku dapat mencair dengan sangat cepat yaitu hanya sekitar 5-10 menit, dengan suhu sekitar 50 derajat celsius atau lebih sedikit dari itu.

Pada metode ini, Anda perlu mengecek daging (misal per 1-2 menit) lalu membaliknya.

Daging dikeluarkan dari bungkusnya lalu letakan di piring tahan panas. Waspada supaya daging jangan sampai matang, karena Anda saat ini hanya sedang mencairkan. Sehingga jangan meninggalkan microwave saat proses berlangsung.

Metode Teraman, tapi Perlu Durasi Lama


Yaitu dengan membiarkan daging ayam beku cair dengan sendirinya. Cukup memindahkan daging ayam beku dari area atas kulkas ke area bawah kulkas. Ini adalah yang paling mudah dan sederhana. Hanya saja waktu yang diperlukan yaitu semalaman.

Tips Keamanan Mengolah Ayam Beku


1. Sebagai pemberitahuan, untuk mencegah terjadinya kontaminasi pada daging ayam, jangan mencairkannya di area terbuka. Juga sangat penting bagi Anda untuk secara rutin membersihkan area dapur.

Hindari memasukan daging ayam beku ke air tanpa dilindungi (dibungkus) plastik rapat-rapat, sebab dampaknya bisa memicu 'invasi' bakteri dan merusak rasa daging nantinya.

Poin penting: Sebelum direndam, pastikan daging ayam beku dibungkus plastik rapat-rapat.

2. Jika daging ayam sudah cair, maka jangan ditunda-tunda untuk segera memprosesnya. Dengan kata lain, pasca daging ayam mencair maka Anda perlu langsung mengolahnya, jangan lakukan kegiatan lain dulu. Hal ini penting untuk menghindari resiko bakteri jika daging ayam tak kunjung diolah.

Westafel
Westafel

3. Ingat!! Pasca mencairkan daging, maka pastikan agar membersihkan wastafel atau dapur. Hal ini karena daging beku yang sudah mencair berisiko 'menyisakan' bakteri, sehingga dikhawatirkan bisa mengkontaminasi makanan lain.

Juga bersihkan berbagai peralatan dapur sebelum dipakai untuk sesi memasak lainnya. Kalau bisa, miliki dua buah talenan, dimana talenan pertama khusus digunakan untuk mengolah daging ayam beku yang telah dicairkan. Talenan kedua digunakan untuk mengolah bahan makanan lain secara umum.


Kesalahan dalam Mengolah Daging Ayam Beku


1. Menaruh di Suhu Ruang

Beberapa cara mencairkan ayam beku yaitu menaruh di kulkas bagian bawah, merendam di air (dengan dibungkus plastik rapat) dan pakai microwave.

Adapun kesalahan dalam mencairkan ayam beku yaitu menaruh ayam beku di luar saja (suhu ruang) misalnya di atas meja dapur. Suhu ruang menjadi tempat paling berisiko bakteri berkembang sehingga daging ayam menjadi tak sehat buat disantap.

Adapun cara terbaik mencairkan daging ayam beku yaitu menaruhnya di suhu kulkas (yang bagian bawah). Cara alternatif yaitu ayam beku yang dibungkus rapat direndam di wadah berisi air, setelah mencair langsung diolah supaya menghindari bakteri.

2. Memasak Daging Ayam Beku Secara Langsung

Daging ayam yang dalam keadaan beku memiliki kadar air tinggi, sehingga sebuah keharusan jika mau mengolahnya maka wajib dicairkan dulu, tujuannya agar menghindari kadar air tinggi saat diolah dan daging ayam kurang matang.

Dengan kata lain, jika memasak daging ayam beku secara langsung maka bakal sangat lama matangnya, selain juga bisa menimbulkan resiko kesehatan.

3. Merendam Ke Air Panas

Tampaknya memang merendam ayam beku ke air panas bisa bikin cepat mencair, tapi yang tak disadari bahwa yang cepat mencair cuma bagian luarnya saja, sehingga bakal sangat membahayakan kesehatan nantinya. 

4. Tak Memperhatikan Suhu Kulkas

Tujuan membekukan daging ayam yaitu agar awet, tapi ini bisa saja gagal. Kesalahan yang sering terjadi yaitu tidak mengecek suhu di kulkas, alhasil daging ayam tak membeku sempurna. Juga hindari kulkas terlalu penuh karena menyebabkan tak meratanya suhu .

5. Membekukan, Mancairkan, Lalu Membekukan Lagi

Hindari membekukan lagi daging ayam yang telah dicairkan karena dapat menyebabkan daging rusak atau bahkan tak layak konsumsi.




Baca Juga: