18 Manfaat Apel Untuk Kesehatan Berdasarkan Penelitian

Buah Apel
Buah Apel

Buah apel diketahui sangat tinggi antioksidan. Fungsi antioksidan begitu vital guna memblokir bahaya paparan radikal bebas.

Fitonutrien dan antioksidan berkontribusi pada pencegahan penyakit jantung, hipertensi, kanker dan beberapa masalah serius lainnya.
Sejumlah riset telah membuktikan apel berpotensi besar sebagai makanan paling sehat yang disarankan dikonsumsi secara rutin.

Kandungan Gizi Buah Apel dengan kulit per 100 gram

  • Air - 85,56 g
  • Energi - 52 kkal
  • Karbohidrat - 13,81 g
  • Lemak - 0,17 g
  • Protein - 0,26 g
  • Sodium - 1 mg
  • Beta-karoten - 27 μg
  • Lutein dan zeaxanthin - 29 μg
  • Thiamin (vitamin B1) - 0,017 mg
  • Vitamin A - 3 μg
  • Riboflavin (vitamin B2) - 0,026 mg
  • Niasin (vitamin B3) - 0,091 mg
  • Asam pantotenat (vitamin B5) - 0,061 mg
  • Vitamin B6 - 0,041 mg
  • Folat ( vitamin B9 ) - 3 μg
  • Vitamin C - 4,6 mg
  • Vitamin E - 0,18 mg
  • Vitamin K - 2,2 μg
  • Kalsium - 6 mg
  • Zat besi - 0,12 mg
  • Magnesium - 5 mg
  • Mangan - 0,035 mg
  • Kalium - 107 mg
  • Fosfor - 11 mg

Catatan: ukuran rata-rata buah apel adalah 150 gram

Sumber: USDA

Apel memiliki vitamin C berperan sebagai antioksidan alami, yang berkontribusi penting guna memperkuat kekebalan tubuh dari bahaya infeksi, serta menangkal beberapa kerusakan akibat radikal bebas.

Riboflavin, thiamin, dan vitamin B-6 pada apel berkontribusi guna melindungi sel-sel darah merah dan sistem saraf.

Manfaat mengkonsumsi buah apel:
  1. Mencegah demensia (pelemahan memori).
  2. Mencegah stroke.
  3. Meningkatkan kesehatan otak (neurologis).
  4. Redakan kolesterol.
  5. Melindungi jantung.
  6. Menyukseskan program diet.
  7. Meredakan asma.
  8. Turunkan resiko kanker.
  9. Menyehatkan tulang.
  10. Cegah diabetes.
  11. Melindungi fungsi pencernaan.
  12. Fungsi prebiotik.
  13. Menurunkan resiko stroke.
  14. Tingkatkan imun tubuh.
  15. Membantu Mengobati Anemia.
  16. Untuk Kesehatan Gigi.
  17. Mencegah Alzheimer.
  18. Tingkatkan Kesehatan Otak.


Penjabarannya di bawah ini.

Manfaat Buah Apel


1. Mencegah Stroke

Riset membuktikan orang-orang yang secara teratur konsumsi apel selama periode 28 tahun lebih terhindari dari masalah stroke. Peneliti mengungkapkan asupan apel punya keterkaitan pada pengurangan risiko stroke trombotik.

Dari laman Webmd.com, menjelaskan apel punya potensi terbaik guna memerangi masalah stroke. Makan buah berdaging putih (diantaranya apel, pir) efektif untuk mencegah stroke.



2. Cegah Demensia

Demensia
Demensia

Manfaat buah apel yaitu menolong seseorang supaya tidak kehilangan memori dan tidak gampang lupa. Sejumlah riset telah menunjukkan bahwa konsumsi apel dapat berkhasiat untuk melindungi fungsi saraf.

Peneliti menjelaskan dengan makan apel secara teratur secara efektif mampu menjaga sel-sel neuron dari bahaya neurotoksisitas, gangguan neurodegeneratif dan alzheimer (yang diakibatkan oleh bahaya paparan radikal bebas).


3. Kesehatan Neurologis

Brain
Brain

Khasiat apel yaitu menjaga kesehatan dan fungsi otak. Riset membuktikan quercetin berlimpah pada apel bekerja untuk meminimalisir rusaknya sel otak akibat oksidasi dan inflamasi neuron.

Konsumsi jus apel bermanfaat untuk mempromosikan produksi asetilkolin neurotransmitter penting di otak, itu sangat mempengaruhi kemampuan memori, dan yang terpenting yakni menghindari masalah Alzheimer.


4. Turunkan Kolesterol

Kolesterol

Manfaat apel yaitu membantu dalam menurunkan kolesterol tubuh. Riset menunjukan mereka yang konsumsi apel secara rutin memiliki 23% lebih sedikit kolesterol jahat setelah durasi enam bulan.

Pektin dan polifenol pada apel bekerja untuk mendorong metabolisme lipid dan menekan produksi molekul pemicu peradangan.

Peneliti juga menjelaskan penurunan berat badan adalah keuntungan tambahan dari kegiatan secara teratur makan apel. Apel memiliki pektin yang menimbulkan kenyang dan membantu seseorang supaya tercegah dari makan berlebihan.



5. Kesehatan Jantung

Manfaat buah apel untuk kesehatan yaitu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah berbagai gangguan yang terkait kardiovaskular. Dari laman Webmd.com, riset membuktikan konsumsi apel secara teratur memberikan keuntungan ajaib berupa pencegahan penyakit jantung.

Disebutkan pula konsumsi apel secara efektif mengurangi LDL, mengatasi gangguan yang berhubungan pada penumpukan plak dan beberapa masalah lainnya.

Mengatasi masalah kolesterol tinggi sangat penting agar menghindari resiko penyakit jantung. Pektin memiliki peran vital guna menghambat penyerapan kolesterol dalam usus dan berkontribusi dalam menghindari penumpukannya.

Pada kulit apel terdapat polifenol yang berperan penting untuk melindungi sel tubuh dari bahaya akibat paparan radikal bebas. Peneliti menjelaskan apel segar cenderung lebih baik, dan tidak masalah apakah berwarna merah, hijau atau emas. Semua varietas apel bagus.


6. Menurunkan Berat Badan

Timbangan Berat Badan
Timbangan Berat Badan

Manfaat makan apel yaitu dapat membantu turunkan berat badan. Apel seperti yang umum diketahui memiliki banyak sekali serat dan air, sehingga secara efektif bikin seseorang gampang kenyang memberikan rasa kenyang dan menekan resiko konsumsi asupan secara berlebihan.

Riset melaporkan dengan memakan apel menjelang konsumsi makanan utama secara efektif mampu mencegah seseorang makan berlebihan.

Dilaporkan bahwa pada kelompok orang yang diminta membiasakan makan apel menjelang makan utama, ternyata diketahui mengkonsumsi sekitar 200 kalori lebih sedikit dibandingkan kelompok orang yang tidak diminta konsumsi apel. Hal ini disebutkan di HHS Author Manuscripts.

Pada riset lain, orang-orang dengan kondisi gemuk diminta memasukkan apel ke menu makanan mereka selama 10 minggu. Hasilnya, pada kelompok yang diminta makan apel secara rutin tersebut mengalami hasil lebih positif dalam upaya diet, termasuk tercegah dari asupan kalori berlebih.

Peneliti juga memperkirakan adanya sejumlah senyawa pada apel yang mempromosikan penurunan berat badan.

Kesimpulan: Apel terbukti secara efektif berkontribusi dalam penurunan berat badan melalui beberapa cara. Apel juga mendorong seseorang untuk gampang kenyang berkat serat berlimpahnya.


7. Meredakan Asma

Asma

Khasiat buah apel yaitu dapat membantu meredakan dan mencegah asma. Apel memiliki beberapa senyawa yang berperan penting bagi kesehatan dan fungsi organ paru-paru. Riset menunjukan orang-orang yang secara teratur makan apel memperoleh keuntungan potensial yakni lebih tercegah dari masalah asma.

Pada kulit apel tersimpan quercetin berlimpah, yang manfaatnya berkontribusi besar dalam membangun daya tahan tubuh dan menekan masalah peradangan. Dua faktor tersebut sangat vital pada upaya melawan asma, meredakan asma dan reaksi alerginya.

Pada jurnal Molecules (Basel, Switzerland) menyebutkan sumber alami quercetin utama yaitu apel, berry, anggur. Quercetin bekerja sebagai anti-alergi, meredakan asma dan menghambat pelepasan histamin.

Kesimpulan: Apel memiliki peran yang amat vital sebagai antioksidan dan anti-peradangan guna mengontrol respon imun dan menghindari masalah asma.


8. Mencegah Kanker

Sejumlah riset telah membuktikan adanya keterkaitan konsumsi apel secara teratur dengan penurunan risiko kanker. Hasil studi memperlihatkan aktivitas konsumsi apel terkait pada menurunnya kasus kematian disebabkan kanker.

Peneliti menganalisa dan mendapati peningkatan konsumsi apel secara efektif menurunkan risiko kanker, dimana apel bekerja dengan beberapa cara, diantaranya yaitu perannya sebagai antioksidan dan anti-inflamasi.

Sebuah laporan yang diterbitkan pada jurnal Planta Medica, sejumlah bukti memperlihatkan apel punya fungsi biologis yang menguntungkan kesehatan berupa melawan gangguan kardiovaskular, asma, disfungsi paru, diabetes, obesitas dan kanker.

Apel memiliki zat yang mempengaruhi beberapa mekanisme guna melawan kanker. Ini termasuk aktivitas anti-mutagenik, modulasi metabolisme karsinogen, aktivitas anti-oksidan dan anti-proliferatif.

Kesimpulan: Apel mengandung senyawa penting yang secara efektif berkontribusi melawan kanker. Riset menghubungkan aktivitas mengambil sejumlah asupan apel secara teratur pada penurunan risiko kanker.



9. Kesehatan Tulang

Banyak yang meyakini konsumsi buah memberikan manfaat signifikan pada kesehatan dan fungsi tulang. Penelitian membuktikan apel dan buah secara umum memberikan efek positif pada tulang.

Osteoporosis menjadi sebuah problem yang tak boleh dipandang remeh, itu merupakan kondisi hilangnya kepadatan tulang. Beberapa riset menemukan adanya keterkaitan konsumsi asupan buah dan peningkatan kepadatan mineral tulang.

Pada suatu riset, dimana para peserta diminta supaya mengkonsumsi apel. Peneliti melaporkan orang-orang yang mengkonsumsi apel umumnya punya kadar kalsium tulang yang cenderung terjaga.

Apel punya peran sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang berkontribusi melindungi tulang. Konsumsi buah secara umum memberikan keuntungan untuk menjaga massa tulang seiring pertambahan usia.


10. Melawan Diabetes

Fungsi apel yaitu dapat membantu melawan diabetes. Dalam jurnal BMJ tahun 2013, makan buah tertentu (terutama blueberry, anggur dan apel) bermanfaat secara signifikan untuk pencegahan dan melawan diabetes. Akan tetapi, mengkonsumsi jus buah justru terkait pada peningkatan risiko diabetes.

Riset menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi apel setiap hari berisiko lebih rendah terkena diabetes sebesar 28%, daripada mereka yang tak konsumsi apel apa pun.

Ada kemungkinan polifenol memberikan kontribusi signifikan dalam melindungi fungsi pankreas. Dimana fungsi pankreas yang optimal sangat diperlukan untuk menghasilkan insulin yang memadai. Hal yang dikhawatirkan yakni penderita diabetes rentan mengalami masalah pada fungsi pankreas.

Orang-orang dengan diabetes tipe 2 rentan mengalami kerusakan sel beta.

Kesimpulan: Sejumlah riset menunjukan konsumsi apel berhubungan pada penurunan risiko diabetes, tampaknya ini berkat polifenol berlimpah di dalam apel.

11. Kesehatan Pencernaan

Pencernaan Sehat
Pencernaan Sehat

Ilmuwan dari North Carolina State University, dalam studinya mengatakan apel tinggi serat larut. [J Sci Food Agric 1997, 75, 333-340]. Asupan serat yang mencukupi amat dibutuhkan untuk fungsi pencernaan yang sehat. Makan apel bermanfaat dalam menghindari masalah sembelit, diare, IBS dan masalah lainnya yang terkait pencernaan. Juga memastikan pergerakan usus berjalan baik.

Serat begitu penting keberadaannya buat fungsi pencernaan, untuk memastikan penyerapan nutrisi yang efisien, sekaligus mengikis kelebihan kolesterol dari urat nadi dan arteri. Dengan begitu, ini tak hanya mempromosikan kesehatan pencernaan, tapi juga kesehatan jantung.



12. Manfaat Prebiotik

Apel kaya akan pektin yang bekerja sebagai probiotik. Ini secara khusus mendorong pembentukan fungsi bakteri baik yang terdapat di usus.

Apel merangsang metabolisme di pencernaan (sehingga optimal) dan mempromosikan bakteri baik. Efek prebiotik ini mengarah pada peningkatan kesehatan, menghilangkan racun dan membasmi bakteri jahat.


13. Cegah Stroke

Riset telah membuktikan khasiat apel efektif membantu dalam pencegahan stroke trombotik. Penelitian tersebut dengan melibatkan hampir 10.000 orang. Peneliti menjelaskan konsumsi buah apel secara rutin terkait pada pengurangan risiko stroke trombotik.


14. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Apel mempunyai vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dengan fungsi utama yakni memperkuat imun tubuh. Manfaat apel juga untuk melancarkan sistem detoksifikasi tubuh, serta berefek positif pada kesehatan tubuh secara umum.


15. Membantu Mengobati Anemia

Anemia

Apel menawarkan keuntungan istimewa karena membantu melawan anemia, hal itu karena di dalamnya terkandung zat besi berlimpah. Dengan meningkatkan kadar sel darah merah, ini begitu vital untuk menghindari gangguan anemia, serta melancarkan proses oksigenasi organ esensial yang tepat. Ini bertujuan buat peningkatan (kelancaran) sirkulasi darah dan berfungsinya sistem organ.


16. Untuk Kesehatan Gigi

Gigi Sehat
Gigi Sehat

Makan apel ternyata berkontribusi guna membersihkan gigi dan gusi. Saat menyantap apel, serat di dalamnya membersihkan gigi, sementara sifat anti-bakteri dari buah ini melindungi gigi dan mulut dari bahaya bakteri dan virus. [Journal of Food Science]

Apel memicu sekresi air liur (alkalin) guna menghambat bakteri untuk berkembang biak di mulut. Hal ini dikonfirmasi oleh riset yang dirilis di jurnal PLOS One tahun 2018.

Penelitian tersebut bertujuan untuk menentukan apakah konsumsi apel bisa membersihkan plak gigi secara mekanis. Kesimpulannya, mengunyah apel tidak selalu memiliki efek pembersihan plak, namun efektif guna pengurangan vitalitas bakteri saliva, efektifitasnya hampir sama dengan hasil menyikat gigi.


17. Mencegah Alzheimer

Alzheimer
Alzheimer

Riset membuktikan apel mempunyai antioksidan berlimpah yang melindungi sel otak dari bahaya radikal bebas. Dimana radikal bebas yang menyerang tubuh bakal menimbulkan banyak masalah, diantaranya Alzheimer dan gangguan neurodegeneratif lainnya. [Science Daily]

Ilmuwan menjelaskan antioksidan bertindak memproteksi sel otak dari bahaya paparan radikal bebas. Bahaya paparan radikal bebas bisa merusak sel-sel pada otak, yang dampaknya yaitu rentan terkena Alzheimer dan gangguan neurodegeneratif lainnya.

Peneliti mengatakan apel segar menyimpan beberapa tingkat tertinggi quercetin (salah satu antioksidan) bila dibandingkan dengan buah dan sayuran lain, menjadi diantara pilihan terbaik untuk melawan Alzheimer. Jadi ditekankan harus makan apel, terutama yang segar.


18. Tingkatkan Kesehatan Otak

Brain

Riset menunjukan bahwa apel meningkatkan jumlah asetilkolin di otak, yang terkait dengan peningkatan konsentrasi, daya ingat dan kemampuan pemecahan masalah.


Efek Samping Makan Buah Apel


Sebenarnya tidak ada efek samping yang serius dari konsumsi apel. Hanya saja biji apel mengandung sianida, jenis racun kuat. Makan terlalu banyak biji apel bisa menyebabkan masalah besar.

Jadi harus selalu diingat bahwa bijinya tak boleh dikonsumsi, apalagi bijinya masuk ke tubuh dalam keadaan terbelah.

Selain itu, mengemil makanan yang asam sepanjang hari tidaklah baik. Apel punya kandungan asam, walaupun makan apel setiap hari itu baik tetapi Anda tidak boleh mengkonsumsi secara berlebihan (misalnya lima buah dalam sehari, itu termasuk berlebihan).




Baca Juga: