25 Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Kesehatan


Air kelapa yang enak dikonsumsi dan juga menyegarkan, memiliki banyak nutrisi yang memberikan segudang manfaat.

Di dalamnya terkandung banyak elektrolit, klorida, magnesium, kalium, protein dan sejumlah gula alami. Air kelapa mengandung 94% air dan sangat sedikit lemak.

Minum Air Kelapa
Minum Air Kelapa | Photo credit: Shutterstock.com / By photopixel

Satu cangkir (240 ml) air kelapa mengandung 46 kalori, serta:
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Protein: 2 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin C: (10% AKG)
  • Magnesium: (15% AKG)
  • Mangan: (17% AKG)
  • Kalium: (17% AKG)
  • Sodium: (11% AKG)
  • Kalsium: (6% AKG)

Berbagai manfaat minum air kelapa, yaitu:
  1. Mendukung Kesehatan Jantung
  2. Sebagai Minuman Olahraga Alami
  3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
  4. Berpotensi Memiliki Manfaat Melawan Diabetes
  5. Meningkatkan Sirkulasi Darah
  6. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
  7. Memiliki Indeks Glikemik Rendah dan Nutrisi Padat
  8. Mencegah Batu Ginjal
  9. Dapat Bermanfaat Setelah Berolahraga Lama
  10. Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida
  11. Membantu Proses Pembuangan Racun dari dalam Tubuh
  12. Meredakan Stres dan Ketegangan Otot
  13. Mencegah Dehidrasi
  14. Meredakan Kram Otot
  15. Menguatkan Tulang
  16. Mengurangi Rasa Kembung
  17. Mengobati Diare
  18. Menyediakan Energi Instan
  19. Meredakan Sakit Kepala
  20. Mencegah Alzheimer
  21. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  22. Untuk Kesehatan Mata
  23. Menyembuhkan Insomnia (Susah Tidur)
  24. Meningkatkan Memori (Daya Ingat)
  25. Meredakan Demam


Berikut penjelasannya di bawah ini.

1. Mendukung Kesehatan Jantung

Minum air kelapa dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Pada sebuah penelitian labolatorium menemukan bahwa dengan mengonsumsi air kelapa maka kolesterol darah dan trigliserida cenderung mengalami penurunan. Selain itu juga terjadi penurunan lemak hati yang signifikan.

Peneliti mengungkapkan bahwa manfaat air kelapa berpotensi sebagai penurun kolesterol yang kuat, yang nantinya sangat penting untuk kesehatan jantung.

Salah satu nutrisi utama dalam air kelapa adalah kalium, menjadikannya minuman elektrolit yang tinggi. Elektrolit sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung, volume darah yang normal, dan mencegah dehidrasi.

Menjaga kadar elektrolit yang cukup juga sangat penting untuk membantu mengurangi kelelahan, meredakan stres dan membantu menjaga relaksasi otot tubuh.



2. Sebagai Minuman Olahraga Alami

Elektrolit alami air kelapa membuatnya cocok untuk dikonsumsi sebagai minuman olahraga.

Dibuat tanpa tambahan gula, pewarna makanan dan pemanis buatan, menjadikan air kelapa sebagai minuman olahraga yang lebih alami.

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa sama baiknya dengan minuman olahraga pada umumnya untuk membuat tubuh tetap terhidrasi, dan membantu mengembalikan kecukupan cairan tubuh setelah berlari.

Para ilmuwan merekomendasikan untuk mengonsumsi air kelapa tanpa tambahan gula karena dampaknya yang membuat khasiat air kelapa hilang dalam menghidrasi tubuh.

Selain itu, campuran gula pada air kelapa juga akan menambah asupan kalori yang tidak perlu.

Anda bisa menjadikan air kelapa sebagai alternatif untuk minuman olahraga yang alami.


3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hypertension Meter
Hypertension Meter

Air kelapa bisa sangat bagus untuk mengendalikan tekanan darah yang normal.

Air kelapa mengandung 600 mg potasium yang mengesankan, selain itu kalium (potassium) juga telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan masalah hipertensi.

Minum air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah risiko pembentukan bekuan darah di arteri.


4. Berpotensi Memiliki Manfaat Melawan Diabetes

Penelitian labolatorium telah menunjukkan bahwa minum air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan melawan penyakit diabetes.

Air kelapa merupakan sumber magnesium yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 dan prediabetes.

Dari laman Stylecraze.com, Air kelapa adalah salah satu minuman alami terbaik yang lezat, padat nutrisi dan tidak tinggi kalori. Hal inilah yang membuat air kelapa sering direkomendasikan kepada orang-orang yang mengalami kadar gula darah tinggi.

Kelebihan air kelapa yaitu segar, steril, tanpa pemanis buatan dan tanpa pengawet. Sehingga aman bagi semua untuk mengkonsumsi air kelapa tanpa khawatir tentang risiko kesehatan.

Rekomendasi yang ideal minum air kelapa adalah sekitar 250-500 ml dalam sehari. Minumlah air kelapa dalam bentuk alami tanpa menambahkan bahan-bahan eksternal.

Air kepala mengandung serat dan sedikit karbohidrat. Dimana asupan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes yaitu harus tinggi serat dan rendah karbohidrat.

Air kelapa kaya akan serat (2,6 gram per 240 gram air kelapa) yang sangat baik untuk menjaga kestabilan kadar gula darah.


loading...

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi Darah
Sirkulasi Darah

Orang-orang yang menderita diabetes sering mengalami sirkulasi darah yang buruk. Dimana hal inilah yang memunculkan ketidaknyamanan seperti mati rasa di kaki, penglihatan kabur, hingga gagal ginjal.

Minum air kelapa bermanfaat untuk membantu menjaga kelancaran sirkulasi darah yang baik.

Air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan cara memperlebar pembuluh darah. Hal ini sebenarnya penting untuk membantu meredakan gejala dan efek samping diabetes.

Bahkan ilmuwan menyebutkan bahwa manfaat minum air kelapa dapat membantu menyembuhkan gangguan diabetes yang disebut aterosklerosis.


6. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Air kelapa membantu menginduksi metabolisme tubuh yang pada gilirannya akan meningkatkan proses pembakaran lemak dan pembakaran gula di dalam tubuh.

Minum air kepala akan meningkatkan metabolisme tubuh, dimana lancarkan metabolisme tubuh ini akan membuat tubuh lebih berenergi, sehat dan berat badan cenderung turun.


7. Memiliki Indeks Glikemik Rendah dan Nutrisi Padat

Air kelapa menjadi pilihan yang sangat baik untuk penderita diabetes ketika ingin minum-minuman yang lezat.

Air kelapa memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, yang tidak menyebabkan lonjakan langsung kadar glukosa darah.

Selain itu, kandungan magnesium dalam air kelapa akan meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Bahkan minum air kelapa aman untuk orang yang mengalami diabetes sekaligus obesitas, karena air kelapa tidak menambah banyak kalori.

Hal lainnya bahwa air kelapa padat akan nutrisi. Di dalamnya terkandung asam amino esensial, vitamin C, riboflavin, kalsium, magnesium, kalium, natrium, dan mangan.



8. Mencegah Batu Ginjal

Minum cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal. Meskipun air biasa adalah pilihan yang bagus, tapi sebuah studi menunjukkan bahwa air kelapa berpotensi memberikan manfaat lebih baik.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat dan zat lainnya bergabung lalu membentuk kristal di dalam tubuh. Yang nantinya penumpukan kristal akan menjadi batu yang berdampak buruk pada tubuh dan ginjal.

Sebuah penelitian labolatorium menunjukan bahwa air kelapa dapat mencegah kristal menempel ke ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Hal ini berguna untuk meminimalisir jumlah kristal yang terbentuk di urin.

Penelitian lebih lanjut mengenai hal ini masih perlu dilakukan. Adapun penelitian awal telah membuktikan manfaat air kelapa dalam mencegah batu ginjal dengan cara mengurangi pembentukan kristal dan batu di dalam tubuh.


9. Dapat Bermanfaat Setelah Berolahraga

Olahraga
Olahraga

Air kelapa bisa menjadi minuman yang bagus untuk memulihkan cairan tubuh dan mengisi elektrolit yang hilang selama berolahraga.

Elektrolit adalah mineral yang berperan penting dalam tubuh Anda, termasuk mempertahankan keseimbangan cairan yang tepat. Ini termasuk potasium, magnesium, natrium dan kalsium.

Dua penelitian menemukan bahwa air kelapa memulihkan hidrasi setelah berolahraga dengan sangat efektif, yang sebanding dengan minuman olahraga lainnya.

Air kelapa bisa menjadi alternatif minuman olahraga, tetapi mungkin tergantung pada jenis olahraga dan intensitasnya.

Beberapa atlet yang melakukan latihan berat mungkin membutuhkan lebih banyak produk khusus yang mengandung lebih banyak sodium dan karbohidrat. Adapun jika intensitas olahraga tidak berat maka bisa memilih air kelapa.


10. Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida

Sebuah penelitian labolatorium pada tahun 2006 menemukan bahwa air kelapa memiliki potensi untuk menurunkan resiko serangan jantung. Dimana minum air kelapa dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL.

Para peneliti memperkirakan bahwa manfaatnya ini mungkin terkait dengan kandungan kalium, kalsium dan magnesium yang ditemukan di dalam air kelapa. Semua elektrolit yang berkontribusi dalam menjaga kesehatan jantung.


loading...

11. Membantu Proses Pembuangan Racun dari dalam Tubuh

Pada dasarnya tubuh mempunyai kemampuan yang luar biasa untuk secara alami membersihkan racun dari dalam tubuh.

Proses pembuangan racun dari dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar jika Anda memenuhi kecukupan cairan tubuh.

Selain minum air putih yang cukup, Anda disarankan minum air kelapa.

Air kelapa mengandung profil elektrolit yang menjadikannya minuman ideal untuk menggantikan cairan tubuh yang kurang dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Hindari dehidrasi (kurang minum) sehingga menyebabkan proses pembuangan racun tidak berjalan lancar, selain itu dehidrasi menyebabkan jiwa mudah lelah, marah dan sulit konsentrasi.


12. Meredakan Stres dan Ketegangan Otot

Beberapa elektrolit yang ditemukan dalam air kelapa seperti kalsium dan magnesium memilik khasiat untuk meredakan stres dan ketegangan otot.

Kekurangan asupan mineral penting tersebut menyebabkan gangguan dalam mengontrol rasa stres.

Meminum air kelapa akan membuat Anda lebih rileks, menjaga kesehatan tulang dan gigi, membantu relaksasi otot polos atau membuat otot-otot tubuh lebih rileks (termasuk otot jantung untuk mencegah resiko serangan jantung).

Magnesium dijuluki "mineral relaksasi" yang fungsi utamanya adalah pada sistem saraf parasimpatis, yaitu bagian dari sistem saraf yang memunculkan rasa rileks. Selain itu juga mendorong pembentukan hormon penting serotonin.

Magnesium dan kalsium bekerja bersama dalam menjaga relaksasi otot. Oleh karena itu minumlah air kelapa saat Anda stres atau lelah karena pekerjaan yang menumpuk.


13. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi
Dehidrasi

Dehidrasi terjadi ketika kadar air dalam tubuh menurun drastis, penyebabnya yaitu jarang minum air putih sehingga tidak mencukupi kebutuhan tubuh.

Air kelapa membuat tubuh tetap terhidrasi, itulah sebabnya mengapa banyak atlet mengandalkan minuman air kelapa.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, Anda tidak hanya kehilangan air tapi juga nutrisi penting. Air kelapa memiliki kandungan air yang tinggi dan kaya nutrisi.


14. Meredakan Kram Otot

Penyebab kram otot ada banyak, dan air kelapa membantu meredakan ketidaknyamanan itu.

Menurut penelitian, kekurangan kalium dapat mengakibatkan kejang otot. Asupan kalium memastikan otot tubuh tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Olahraga berat dapat menyebabkan kram otot, masalah ini bisa diredakan dengan konsumsi elektrolit. Air kelapa mengisi kembali cairan yang hilang dan juga kandungan kalium-nya memberikan manfaat besar.


15. Menguatkan Tulang

Meskipun tulang sebagian besar terdiri dari kalsium, namun tetap di butuhkan beberapa nutrisi untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

Beberapa penelitian menemukan bahwa air kelapa mengandung sejumlah besar kalsium yang diperlukan untuk tulang yang sehat. Selain itu juga terkandung magnesium yang berkontribusi dalam pembangunan kekuatan tulang.


16. Mengurangi Rasa Kembung

Perut kembung biasanya disebabkan oleh penumpukan gas, selain itu juga bisa disebabkan asupan natrium yang tinggi.

Air kelapa mengandung jumlah kalium yang tinggi yang membantu menetralkan efek natrium.


17. Mengobati Diare

Air kelapa disarankan diminum oleh mereka yang menderita diare, yang akan mengganti kehilangan cairan dari saluran GI (Gastrointestinal).

Air kelapa mengandung asam amino, mineral, enzim dan asam lemak. Disamping itu sangat rendah natrium dan klorida. Hal ini menjadikan air kelapa sebagai pengganti hilangnya cairan yang seimbang saat diare.


18. Menyediakan Energi Instan

Segelas air kelapa segar mengandung sekitar 5 mg gula alami yang memiliki manfaat meningkatkan energi tubuh yang lebih baik daripada minuman energi, tapi dengan harga yang lebih murah.


19. Meredakan Sakit Kepala

Sakit Kepala
Sakit Kepala

Dehidrasi adalah salah satu pemicu utama sakit kepala, dan air kelapa disebut-sebut menjadi salah satu solusi alami terbaik untuk menghidrasi tubuh secara cepat.

Selain itu, pasien migrain umumnya memiliki kadar magnesium rendah, air kelapa mengandung magnesium tinggi yang membantu mengurangi frekuensi serangan migrain.


20. Mencegah Alzheimer

Air kelapa dapat menjadi cara alami untuk mencegah atau meminimalisir gejala penyakit syaraf seperti Alzheimer.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa trans-zeatin (sitokinin yang ada dalam air kelapa) memiliki manfaat pencegahan yang penting terhadap kerusakan sel otak. Hal ini juga membantu menyembuhkan gangguan memori.


21. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Setiap 100 gram air kelapa mengandung 2,4 mg vitamin C yang diperlukan untuk produksi antibodi untuk melawan serangan zat asing (dari luar). Ini juga membantu membersihkan tubuh dari racun dan kuman yang menyerang tubuh.

Penelitian juga menemukan bahwa air kelapa mampu secara efektif untuk mengalahkan/membasmi virus pilek.


22. Untuk Kesehatan Mata

Tubuh kita membutuhkan sejumlah besar Vitamin B1 untuk kesehatan otak dan mata. Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 0,7 mg Thiamine (Vitamin B1).

Sehingga disarankan Anda minum dua cangkir air kelapa untuk memenuhi kebutuhan harian yang direkomendasikan (1,4 mg Vitamin B1).


23. Menyembuhkan Insomnia (Susah Tidur)

Air kelapa dapat bermanfaat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Air kelapa mengandung bahan alami yang memiliki efek relaksasi, mencegah kejang dan meredakan kecemasan.

Hal-hal ini membantu tidur yang lebih baik, berkualitas dan nyenyak.


24. Meningkatkan Memori (Daya Ingat)

Beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa air kelapa membantu meningkatkan daya ingat karena adanya asam glutamat, asam amino yang penting untuk meningkatkan retensi memori dan daya ingat.


25. Meredakan Demam

Minum air kelapa dapat meredakan sensasi terbakar karena demam tinggi. Manfaatkan air kelapa ini untuk membantu menormalkan suhu tubuh yang naik karena demam.


Penutup

Meskipun air kelapa tergolong aman, tapi wanita hamil perlu berkonsultasi ke praktisi medis sebelum minum air kelapa.

Air kelapa memiliki efek menurunkan tekanan darah, dan mungkin berinteraksi dengan obat-obatan tertentu.

Mengonsumsi terlalu banyak air kelapa dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman. Jadi walaupun air kelapa menyehatkan tapi jangan berlebihan meminumnya.

Orang-orang yang mengalami disfungsi ginjal harus berkonsultasi dengan dokter spesialisnya sebelum memasukkan air kelapa ke dalam menu asupan sehari-hari.

loading...

Tulisan Terkait: