Ingin Memberikan Anak Gadget? Ketahui Hal Penting Ini Dulu


Orang dewasa banyak yang menggunakan gadget, hal ini tentunya dilihat oleh anak-anak.

Sehingga anak-anak ingin ikut menggunakan gadget, maka sangat sulit mencegah anak bermain gadget.

Anak Bermain Gadget
Photo: https://pxhere.com/en/photo/1051904

Sebenarnya gadget tak sepenuhnya buruk untuk anak-anak, yang penting orang tua bisa membimbing dengan baik saat anak bermain gadget.

Bahkan sebagian orang memanfaatkan gadget sebagai sarana belajar, ini sangat bagus.

Anda bisa memilihkan aplikasi yang mendidik untuk anak. Anda sebagai orang tua yang memilihkan aplikasi, bukan anak.

Sebenarnya cukup banyak aplikasi atau permainan yang mendidik untuk anak seperti game tebak kata, teka-teki silang, kuis pengetahuan, serta permainan jenis board yang mendidik dan dapat merangsang otak anak.

Sebelum diberikan pada anak, Anda perlu mencoba sendiri aplikasi atau permainan itu. Setelah dirasa aplikasi mendidik maka Anda boleh mengizinkan anak memainkannya.

Selain ada aplikasi game, ada juga aplikasi yang bersifat edukasi (pendidikan) seperti aplikasi latihan berhitung, dll. Anda bisa mencarinya di Play Store.

Orang tua disarankan mengatur settingan smartphone sehingga lebih bersahabat dengan anak. Lalu instal aplikasi yang bersifat edukasi, carilah aplikasi yang bagus untuk dimainkan anak.

Batasi Screen Time

IDAI merekomendasikan screen time (waktu yang dihabiskan anak di depan layar kaca) yaitu maksimal sekitar 2 jam dalam sehari.

Sebagai pemberitahuan, yang dimaksud dengan screen time ini tidak hanya tentang penggunaan smartphone, tapi juga termasuk menonton televisi, bermain playstation dan semacamnya.

Para ahli mengatakan bahwa membatasi screen time ini sangat penting, dimana anak perlu melakukan aktivitas di luar ruang dan juga berinteraksi dengan orang-orang.

Dampak buruk berlebihan bermain gadget yaitu menimbulkan pengaruh buruk pada otak anak, membuat anak lamban dalam berpikir, dan anak kekurangan aktivitas fisik.

Cara Bill Gates Mengatur Anak dalam Menggunakan Gadget

Bill Gates yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia, pemilik perusahaan Microsoft. Tentunya sangat tahu tentang teknologi.

Ternyata Bill Gates menerapkan aturan ketat tentang penggunaan gadget pada anak-anaknya. Bill Gates mempunyai tiga orang anak yang beranjak remaja, dimana anak-anaknya baru boleh memegang smartphone setelah memasuki usia 14 tahun.

Para ahli pendidikan anak membenarkan aturan yang dibuat oleh Bill Gates. Dimana banyak penelitian telah menemukan bahwa memberikan anak gadget pada usia dini menimbulkan dampak yang buruk pada diri anak.

Walaupun anak-anaknya pernah memprotes, tapi Bill Gates kekeuh pada aturannya. Aturan lainnya yaitu tidak diperbolehkan memegang ponsel saat makan.

Setelah anaknya memasuki usia 14 tahun, tetap masih ada aturan ketat yaitu membatasi screen time. Hal ini dilakukan agar anak-anak bisa menyediakan waktu lebih banyak bersama keluarga.

Dengan begitu hal ini tentunya akan membuka mata kita, dimana para pakar teknologi sendiri ternyata memberikan aturan ketat terhadap penggunaan gadget, yang jangan sampai anak-anaknya kecanduan atau berlebihan dalam bermain gadget.

loading...

Tulisan Terkait: