8 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Diet, Kulit Tubuh, dll


Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) memiliki rasa asam dengan sedikit pahit dan sensasi dingin. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari jeruk nipis.

Air jeruk nipis juga sering dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, agar makanan menjadi lebih nikmat.

Jeruk Nipis
Photo credit: Maxpixel.net

Jeruk nipis kaya akan nutrisi penting, yaitu:
  • Vitamin: vitamin C, vitamin A , vitamin E , vitamin K, folat.
  • Mineral: kalsium, magnesium, kalium, zat besi, tembaga, natrium, fosfor. 
  • Asam sitrat, serat antioksidan, flavonol, polifenol, limonena, terpen .

Dari laman Medicalnewstoday.com menyebutkan bahwa jeruk nipis kaya akan vitamin C, satu jeruk nipis menyediakan 32% vitamin C yang diperlukan dalam sehari.

Nutrisi dalam jeruk nipis memiliki banyak khasiat, seperti mendukung kesehatan jantung, mengurangi risiko asma dan meningkatkan kesehatan kulit.

Air jeruk nipis sering disertakan dalam minuman dan hidangan makanan. Berikut di bawah ini berbagai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan:

1. Untuk Kesehatan Jantung

Dari artikel berjudul Is Lime Juice Good for Your Health? (Livestrong.com), seperti umumnya buah jeruk jenis lainnya, jeruk nipis juga kaya akan nutrisi, khususnya vitamin C.

Ilustrasi Sakit Jantung
Photo credit: Pixabay.com

Vitamin C adalah antioksidan alami yang berfungsi untuk mencegah bahaya paparan radikal bebas pada tubuh.

Bahaya radikal bebas dapat menyebabkan resiko penyakit jantung dan kanker, serta memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Vitamin C juga berkontribusi dalam membangun sistem kekebalan tubuh dan pembentukan kolagen. Kolagen berfungsi untuk menjaga kesehatan dan tekstur kulit tubuh, serta untuk mempercepat penyembuhan luka dan menghilangkan bekasnya.

Khasiat jeruk nipis dapat secara efektif untuk menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi. Sebuah studi yang diterbitkan di The British Journal of Nutrition tahun 1999 menemukan bahwa air jeruk nipis ketika ditambahkan ke kulit jagung mampu mengurangi kadar LDL-nya (kolesterol jahat).

Para peneliti menyimpulkan bahwa air jeruk nipis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Kedepannya akan diperlukan penelitian yang bersifat jangka panjang.

Dari laman Indiatimes.com menyebutkan bahwa jus jeruk nipis dapat mencegah bahaya aterosklerosis (pengerasan dan penebalan dinding arteri).

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan antioksidan yang mencegah kerusakan pada arteri dan mengurangi risiko serangan jantung.

loading...

2. Mengurangi Risiko Asma

Dari hasil penelitian, risiko asma diketahui lebih rendah pada orang-orang yang mengkonsumsi asupan yang tinggi nutrisi. Penderita asma umumnya memiliki tingkat vitamin C yang rendah.

Peneliti memperkirakan adanya hubungan antara konsumsi vitamin C dan pencegahan asma.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutriens tahun 2015 menemukan bahwa vitamin C memiliki kontribusi dalam melindungi tubuh dari munculnya gejala asma akibat polusi udara.

Penelitian tersebut bertujuan untuk menemukan solusi gizi untuk mengurangi dampak polusi udara bagi kesehatan. Paparan polusi diketahui memperburuk gejala penyakit pernapasan seperti asma dan PPOK.

Pada jurnal tersebut menyebutkan bahwa terdapat beberapa studi yang berhasil menemukan khasiat antioksidan dapat mengurangi dampak buruk polusi udara bagi kesehatan.

Polusi udara diperkirakan bertanggung jawab atas sekitar 15% eksaserbasi asma.

Polusi udara menyebabkan stres oksidatif dan peradangan, yang mendasari penyakit asma dan eksaserbasi asma. Meningkatkan asupan antioksidan memiliki potensi untuk pencegahan asma.

Dari laman Vemale.com, penyakit asma ringan jika tidak diobati nantinya menjadi parah dan bisa membahayakan. Gejala asma diawali dengan kesulitan bernafas, tubuh merasa lemah, bahkan bisa menyebabkan pingsan jika kondisi asma parah.

Jeruk nipis memiliki khasiat alami untuk membantu mengobati asma, selain itu juga bermanfaat untuk menghilangkan dahak.

Cara memanfaatkan jeruk nipis untuk mengatasi asma, langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama sediakan air jeruk nipis sebanyak 2 sdm.
  2. Lalu seduh dengan secangkir air panas. 
  3. Campurkan dengan madu dan gula batu secukupnya.
  4. Lalu minumlah air ramuan tersebut dalam keadaan hangat.

Anda bisa minum ramuan alami tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari, dengan masing-masing dosisnya satu cangkir. Diharapkan nantinya penyakit asma dapat mereda dan kondisi penderita membaik.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jeruk nipis merupakan sumber alami vitamin C. Dengan mengonsumsi air perasan jeruk nipis yang mengandung vitamin C dan antioksidan berupa flavonoid bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah jatuh sakit dan juga tubuh selalu bugar.

Dari artikel berjudul Drink warm water with lime to stay healthy (Timesofindia.Indiatimes.com), meminum jeruk nipis dengan air hangat akan menyehatkan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Semua jenis jeruk sebenarnya adalah gudang vitamin C, termasuk jeruk nipis. Vitamin C telah diketahui efektif untuk melawan penyakit pilek karena sistem kekebalan tubuh yang meningkat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Annals of Nutrition & Metabolism tahun 2006 menemukan bahwa meningkatkan asupan vitamin C dapat membantu mengurangi durasi dan tingkat keparahan infeksi saluran pernapasan, serta mencegah malaria, diare dan pneumonia.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Current Topics in Medicinal Chemistry tahun 2011 menemukan senyawa antioksidan berkontribusi dalam memperkuat kekebalan tubuh dengan cara menetralisir radikal bebas yang berbahaya, melindungi sel-sel kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

Antioksidan alami berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat paparan terhadap radikal bebas. Sel tubuh membutuhkan tingkat pertahanan antioksidan yang cukup untuk mencegah kerusakan sel-sel kekebalan dan menghindari efek berbahaya dari produksi berlebihan ROS.

loading...

4. Untuk Kesehatan Kulit

Pada laman Timesofindia.indiatimes.com menyebutkan bahwa minum air jeruk nipis dapat menyegarkan kulit tubuh (selain juga membuat pikiran lebih fresh).

Para ahli mengatakan bahwa vitamin C sangat penting untuk kesehatan kulit karena membantu produksi kolagen.

Antioksidannya berperan dalam mengatasi masalah kulit kusam dan membuat kulit tetap sehat. Minum air lemon hangat bermanfaat untuk menghilangkan racun dari aliran darah.

Dari laman Idntimes.com, jeruk nipis dapat bermanfaat untuk kulit wajah. Hal itu karena jeruk nipis mengandung vitamin c, asam amino, zat besi, kalsium, fosfor, mineral, asam sitrun, asam sitrat, minyak atsiri serta aha (alpha hydroxy acids) yang membuat kulit wajah lebih sehat dan bercahaya.

Cara mengolah jeruk nipis untuk perawatan wajah, langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama peras jeruk nipis
  2. Lalu gunakan air perasan jeruk nipis tersebut sebagai masker (maksudnya oleskan secara merata pada kulit wajah). 
  3. Setelah selesai mengoleskan maka diamkan selama 30 menit. Tambahkan madu murni untuk hasil yang lebih optimal.

Sebelum mengoleskan jeruk nipis, hendaknya mencuci wajah hingga bersih.

Dengan melakukan perawatan diatas maka ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh, yaitu:

Mencerahkan Kulit Wajah yang Kusam
Paparan polusi udara, debu, kotoran, serta sengatan terik matahari menyebabkan kulit wajah kusam. Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) dan vitamin C tinggi di dalam jeruk nipis dapat bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah dan membantu proses regenerasi sel kulit.

Sebagai pemberitahuan, kandungan AHA sering disertakan sebagai bahan utama dalam banyak produk kosmetik pencerah wajah.

Oleh karena itu Anda tidak perlu ragu pada jeruk nipis. Untuk mencerahkan kulit wajah, manfaatkan perasan jeruk nipis sebagai masker, lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Menghilangkan Noda Bekas Jerawat
Jerawat umumnya akan meninggalkan bekas berupa noda hitam yang mengganggu penampilan. Air perasan jeruk nipis mampu memudarkan noda bekas jerawat yang membandel secara bertahap.

Untuk bisa memudarkan noda bekas jerawat maka hendaknya menggunakan masker jeruk nipis setiap dua hari.

Mencegah Timbulnya Jerawat
Kandungan Vitamin C dan zat anti bakteri yang ada dalam jeruk nipis dapat mencegah timbulnya jerawat. Anda bisa menggunakan masker jeruk nipis ini tiga hari sekali.

Manfaat air jeruk nipis lainnya yaitu mengecilkan pori-pori, dimana pori-pori yang terlalu lebar dapat menimbulkan berbagai macam masalah pada kulit wajah.

Kondisi pori-pori yang terbuka nantinya akan memicu tejadinya penumpukan kotoran dan minyak berlebih, yang akhirnya memicu penuaan dini ataupun menyebabkan jerawat muncul.

Pada orang-orang yang memiliki kulit sensitif mungkin akan merasa agak perih atau gatal ketika pertama kali menggunakan masker jeruk nipis.

5. Mencegah Kanker

Kandungan liminoid atau antioksidan dalam jeruk nipis berperan penting untuk menangkal bahaya radikal bebas. Mengonsumsi jeruk nipis berkhasiat untuk menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, kanker usus besar dan kanker lambung.

Alat MRI Scan
Photo credit: Wikipedia.org

Salah satu manfaat jeruk nipis yang paling mengesankan adalah kemampuannya untuk melawan sel kanker di dalam tubuh. Hal ini karena jeruk nipis kaya akan antioksidan yang merupakan senyawa untuk melawan radikal bebas berbahaya.

Radikal bebas menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh dan penyakit kronis. Beberapa senyawa yang ditemukan dalam jeruk nipis telah terbukti memiliki khasiat melawan kanker yang ampuh.

Pada jurnal kesehatan yang dipublikasikan di Pharmacognosy Reviews tahun 2016 meneliti tentang aktivitas antikanker dari jeruk nipis (citrus aurantifolia). Disana disebutkan bahwa buah jeruk nipis terdiri dari setidaknya 22 senyawa volatil, dihydrocarvone, dan senyawa utamanya adalah limonene (30%).

Peneliti menemukan ekstrak jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan sel kanker kolon dan payudara, serta menghentikan pertumbuhan sel kanker pankreas.

Sebuah penelitian oleh pihak Ohsaki National Health Insurance Cohort dari tahun 1995 hingga 2003. Penelitian ini mengungkapkan hubungan positif bahwa konsumsi jeruk dapat mencegah terjadinya kanker.

Ulasan pada jurnal tersebut menunjukkan bahwa konsumsi jeruk nipis memiliki potensi sebagai terapi penyembuhan kanker.

loading...

6. Menurunkan Berat Badan

Dari laman Livestrong.com, disebutkan bahwa jeruk nipis sebagai buah ajaib karena khasiatnya yang dapat membantu menurunkan berat badan berlebih.

Timbangan Berat Badan
Photo credit: Flickr.com / Alan Cleaver

Air jeruk sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, kurang mengonsumsi vitamin C menyebabkan olahraga yang Anda lakukan menjadi tidak maksimal untuk menurunkan berat badan.

Vitamin C memiliki peran penting dalam membantu tubuh untuk memecah lemak selama olahraga. Jika tubuh kekurangan asupan vitamin C maka akan menurunkan kemampuan tubuh dalam memecah lemak.

Sebagai vitamin yang larut dalam air, penting bahwa Anda memenuhi dosis harian vitamin C yang cukup.

Memperbayak minum air adalah salah satu kunci sukses untuk bisa menurunkan berat badan, yang membantu Anda merasa kenyang. Sehingga minum air jeruk nipis menjadi solusi yang brilian.

Agar Anda berhasil dalam usaha menurunkan berat badan, maka perbaiki pola makan Anda dan lebih aktif untuk melakukan olahraga seperti latihan aerobik, berenang, berjalan cepat ataupun jogging.

Departemen Pertanian AS menyarakan agar Anda mengisi setengah dari piring Anda dengan buah-buahan dan sayuran, seperempat dengan biji-bijian utuh, dan seperempat lainnya dengan protein tanpa lemak.

7. Mencegah Asam Urat

Makanan mengandung zat purin tinggi dapat menyebabkan seseorang tekena penyakit asam urat atau gout. Dimana nantinya akan timbul rasa nyeri pada sendi, bengkak dan peradangan.

Konsumsi jeruk nipis yang mengandung asam nitrat dapat mencegah penyakit asam urat. Konsumsilah makanan bernutrisi tinggi dan lakukan pola makan sehat.

Terjadinya asam urat akibat terbentuknya kristal-kristal pada persendian. Minum jeruk nipis efektif untuk mencegah asam urat.

Jeruk nipis memiliki rasa asam, di dalamnya ditemukan kandungan asam nitrat yang bekerja untuk melarutkan uric acid penyebab asam urat.

Anda bisa membuat minuman jeruk nipis segar dengan campuran air secukupnya. Anda dapat meminum jus jeruk nipis sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

Air putih berperan penting dalam membersihkan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh, termasuk kelebihan kadar zat purin yang jika menumpuk akan menjadi bentuk kristal-kristal asam urat.

8. Turunkan Kolesterol

dr. Kartika Mayasari menjelaskan bahwa jeruk nipis menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami yang menjanjikan. Jus jeruk nipis mengandung senyawa limonin glukosida yang dipercaya berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Desktop Blood Test
Photo credit: Flickr.com / Juhan Sonin

Senyawa limonin umumnya bertahan lebih lama dibandingkan beberapa jenis senyawa lain di dalam tubuh. Bahkan, limonin bisa bertahan dalam aliran darah hingga 24 jam. Dengan begitu, Anda tidak perlu terus-menerus mengonsumsi jeruk nipis sehingga beresiko berlebihan.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam Jeruk nipis memiliki kontribusi dalam mengkonversi kolesterol di dalam tubuh menjadi asam empedu. Hal ini sangat baik untuk bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Asam empedu berperan penting dalam proses pencernaan lemak di dalam tubuh.

Sebagai pemberitahuan, vitamin C larut dalam air sehingga tubuh tidak bisa menyimpan vitamin C, hal inilah yang membuat Anda harus selalu memenuhi asupan vitamin C harian yang mencukupi kebutuhan tubuh.

Efek Samping Jeruk Nipis

Berlebihan dalam mengonsumsi jeruk nipis beresiko menyebabkan gangguan lambung ataupun memperburuk kondisi penderita gangguan lambung dan maag. Hal itu karena kandungan asam yang dimiliki jeruk nipis.

loading...


Tulisan Terkait: