14 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan (Kandungan & Efek Samping)

Buah Nanas
Photo credit: Pxhere.com

Buah nanas rasanya lezat disertai nutrisi penting yang berlimpah dari vitamin, enzim dan antioksidan. Mengkonsumsi nanas berkhasiat untuk kesehatan pencernaan, tulang, mengurangi peradangan atau pembengkakan, meningkatkan imun dll.

Hal bagus lainnya yaitu nanas kalorinya sedikit walaupun rasanya manis. Lebih lanjut, nanas bebas lemak dan kolesterol, serta rendah sodium.
Nanas mengandung vitamin C tinggi, serat, mangan, bromelain, antioksidan, thiamin dan vitamin B.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan


1. Memperkuat Imun

FDA menjelaskan bahwa nanas kaya akan vitamin C, mengkonsumsi-nya akan memenuhi angka kebutuhan harian yang disarankan. Fungsi Vitamin C amatlah vital selaku antioksidan utama, guna melindungi dan memperbaiki masalah kerusakan sel. Hal ini dipaparkan ilmuwan dari Linus Pauling Institute.

Vitamin C menjaga molekul tubuh dari bahaya serangan radikal bebas. Selain itu terdapat kandungan bromelain yang berfungsi untuk melawan peradangan, melawan kanker, menghindari masalah pembekuan darah, obat pencernaan alami dan memperkuat imun.

2. Untuk Kesehatan Mata

Khasiat nanas yaitu menjaga kesehatan mata dan menurunkan resiko degenerasi makula, itu merupakan kondisi penglihatan kabur hingga dapat mengakibatkan seseorang kehilangan penglihatan.

Ilustrasi Mata Sehat
Photo credit: Pxhere.com

Penyakit degenerasi makula terjadi karena faktor usia, itu artinya problem ini umumnya dirasakan bagi mereka yang telah berusia lanjut.

Nanas berkhasiat berkat berlimpah-nya vitamin C dan antioksidan, juga sebagai sumber beta karoten yang sangat diperlukan agar mata selalu terjaga fungsi dan kesehatannya.


3. Membantu Menyembuhkan Inflamasi

Manfaat buah nanas untuk kesehatan yaitu mendorong proses penyembuhan inflamasi (peradangan). Di dalamnya terkandung bromelain yang bekerja buat meredakan masalah inflamasi, bahkan mampu menghambat pertumbuhan tumor.

Riset menemukan bromelain bekerja untuk menyembuhkan penyakit osteoartritis. Nanas juga dapat mengatasi atau meredakan radang tenggorokan. Vitamin C di dalamnya bekerja untuk memulihkan radang tenggorokan dan memperkuat sistem kekebalan.

Sedikit penjelasan mengenai Inflamasi. Inflamasi sebenarnya adalah cara kerja tubuh agar memproteksi diri dari serangan luar (yakni virus dll). Ketika mekanisme ini terjadi, sel darah putih bekerja keras untuk melawan dan membentengi tubuh dari serangan luar.

Peradangan juga bisa terjadi akibat trauma fisik. Hal yang dikhawatirkan, terdapat beberapa kejadian munculnya masalah inflamasi yang diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh, yang seharusnya melindungi justru menyerang sel tubuh yang sehat.

Baca: Manfaat Makan Strawberry Setiap Hari

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Fungsi nanas yaitu untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Menyantap nanas tampaknya bisa menjadikan badan lebih kuat, dimana dalam nanas terdapat zat mangan berlimpah yang berfungsi bagi proses penguatan tulang, hal ini berdasarkan pemaparan Linus Pauling Institute.

Pada riset yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition menemukan kandungan mangan bermanfaat pada pencegahan penyakit osteoporosis. Memakan nanas berkhasiat membuat tulang kuat. Juga vitamin D punya fungsi vital guna membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Nanas mengandung vitamin D, riset telah membuktikan nanas bermanfaat dalam membantu penyerapan kalsium yang optimal, menjadikan tulang lebih padat, kuat dan sehat. Rutin menyantap nanas berkhasiat supaya menghindari masalah tulang keropos.


5. Mengatasi Masalah Pembekuan Darah

Pengentalan darah umumnya disebabkan kekurangan trombosit, yang akhirnya sel darah saling menempel dan mengental. Kandungan di dalam nanas berkontribusi buat menanggulangi kejadian pengentalan darah.

Selain itu, makan nanas bermanfaat untuk meredakan kolesterol tinggi, menghindari kejadian penumpukan plak di arteri serta pengentalan darah.

Peran bromelain amatlah penting untuk menghindari penggumpalan darah yang dampaknya bisa sangat serius. Jadikan potongan nanas sebagai makanan ringan Anda di kala waktu luang.

6. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat nanas bagi tubuh yaitu menjaga kesehatan dan fungsi pencernaan. Di dalam nanas termuat serat yang jumlahnya berlimpah, berkontribusi besar dalam melindungi kesehatan dan fungsi usus, demikian seperti dipaparkan Mayo Clinic. Serat juga bekerja guna menghindari dan membantu menyembuhkan penyakit sembelit.

Enzim bertanggung jawab pada proses metabolisme tubuh. Tubuh membutuhkan sekitar 3000 enzim, singkatnya bahwa jika tubuh tidak terdapat enzim, maka komponen-komponen pada tubuh tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Sayangnya, tubuh cukup rentan dengan situasi kekurangan asupan enzim yang diperoleh melalui makanan, sehingga tubuh kekurangan komponen utama untuk kehidupan.

Konsumsi nanas dan pepaya bisa dilakukan guna memperoleh asupan enzim yang amat dibutuhkan. Nanas mengantongi puluhan komponen vital, diantaranya proteinase sistein yang punya kontribusi buat melindungi dan menyehatkan pencernaan.

7. Menurunkan Resiko Kanker

Beberapa riset menunjukan nanas berkaitan dengan penurunan resiko kanker mulut, tenggorokan dan payudara. Nanas kaya akan antioksidan, flavonoid, beta-karoten, bromelain dll. Berbagai elemen tersebut berfungsi untuk memperkuat kekebalan tubuh guna membasmi kanker.

Pada nanas diketahui terdapat campuran enzim proteolitik (termasuk bromelain) berkontribusi besar guna menghancurkan sel kanker.

Juga beberapa poin yang perlu diingat agar senantiasa sehat dan terhindar dari kanker, yaitu:
  • Menjaga asupan makanan sehat
  • Melakukan aktivitas fisik (olahraga).
  • Menghindari stres.
  • Menjaga pikiran positif dan spiritualitas.


8. Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan

Manfaat buah nanas untuk kesehatan yaitu meredakan batuk dan radang tenggorokan. Sebuah riset dipublikasian tahun 2004 yang meneliti mengenai efek enzim nanas kepada para penderita sinusitis akut di Jerman.

Peneliti menemukan nanas kaya akan bromelain dan vitamin C yang bekerja buat meredakan penyakit pernapasan, infeksi, serta menghilangkan dahak.

Vitamin C maupun bromelain berkontribusi pada pengurangan dahak di saluran pernapasan. Khasiat buah nanas meredakan batuk dengan efektif. Keberadaan enzim bromelain sangat vital guna meringankan peradangan.

Selain itu, antioksidan yang berlimpah memiliki khasiat agar mempercepat proses pemulihan batuk dan radang tenggorokan, termasuk meningkatkan sistem imun untuk membasmi serangan virus.

9. Menyehatkan Jantung

Khasiat nanas yaitu melindungi kesehatan jantung. Zat kalium yang terkandung berkhasiat agar menghindari terjadinya penggumpalan darah (yang menghambat aliran darah), serta agar jangan sampai muncul timbunan plak karena dampaknya bisa sangat berbahaya.

Konsumsi nanas bermanfaat untuk menyehatkan jantung, menurunkan resiko stroke dan gangguan kardiovaskular. Dari laman Medicalnewstoday.com, pada nanas terdapat serat, kalium dan vitamin C yang mempromosikan kesehatan jantung.

Dalam sebuah penelitian, mereka yang mengambil kalium dengan mencukupi berisiko lebih rendah mengalami penyakit jantung iskemik.

Dengan meningkatkan asupan kalium pada tingkat yang direkomendasikan, maka hipertensi di kalangan orang dewasa dapat dikurangi.

Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa risiko stroke bisa menurun dengan asupan kalium yang lebih tinggi. Asupan kalium memiliki manfaat preventif (pencegahan) dari masalah kardiovaskular, serta menghindari resiko hipertensi.

Hal yang penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular selain peningkatan asupan kalium, yaitu mengurangi asupan natrium dan kontrol berat badan (supaya dalam batas normal).

10. Melancarkan Aliran Darah

Fungsi nanas yaitu melancarkan sirkulasi darah. Di dalamnya terkandung mineral tembaga yang berfungsi atau berkontribusi pada proses pembangunan sel darah merah sehat.

Dengan tercukupinya kuantitas sel darah merah maka melancarkan proses oksigenasi ke semua organ tubuh, agar organ tubuh berfungsi dengan baik. Aliran darah yang lancar akan meningkatkan kemampuan kognitif, memelihara fungsi saraf, hingga menurunkan resiko alzheimer dan demensia.


11. Melarutkan Batu Ginjal

Dari artikel berjudul Is Pineapple Good For Kidney Stones? (Stylecraze.com), nanas bisa berperan layaknya obat alami guna menghindari pembentukan batu ginjal. Bahkan, nanas menjadi asupan yang sangat direkomendasikan agar menurunkan resiko batu ginjal.

Buah nanas sudah dinobatkan pada kategori 'superfood' karena kaya akan nutrisi penting. Pada dasarnya nanas bukan buat menyembuhkan batu ginjal, tapi untuk melarutkannya. Pada nanas terdapat bromelain yang bekerja untuk melindungi fungsi pencernaan tubuh, serta berkontribusi membantu proses pelarutan dari pembentukan batu ginjal.

Agar menghindari masalah batu ginjal yaitu dengan meminum banyak cairan (khususnya air putih), peran air putih amatlah vital agar membersihkan ginjal dari zat sampah (atau tidak diperlukan) supaya keluar dari tubuh. Selain itu harus membatasi asupan garam.

12. Mempercepat Penyembuhan Luka 

Pada nanas terdapat vitamin C yang berkhasiat dalam proses pemulihan luka dan cedera, juga berperan buat melawan serangan infeksi, serta punya kontribusi pada proses pembentukan kolagen. [Lihat The New York Academy of Sciences]

Kolagen adalah bagian protein terletak di kulit, tulang dan sekitarnya. Keberadaan kolagen sangat vital buat kesehatan, fungsi dan tampilan kulit. Mengkonsumsi Nanas bermanfaat bagi kesehatan dan tampilan kulit, termasuk untuk proses penyembuhan luka dan pemulihan kulit.

13. Untuk Perawatan Kulit

Manfaat buah nanas yaitu melindungi kesehatan dan keindahan kulit. Kandungan vitamin C bermanfaat untuk keindahan kulit. Bahkan khasiat dari menyantap nanas mampu memperbaiki kerusakan kulit serta melindunginya, termasuk membersihkan jerawat dan menghindari penuaan dini.

Peran kolagen sangat penting agar kulit sehat, indah dan awet muda. Vitamin C berkontribusi besar mendorong pembentukan kolagen pada kulit.

Dari artikel berjudul The Beauty Benefits of Pineapple (Livestrong.com), nanas kaya akan vitamin C dan bromelain yang berperan layaknya 'obat alami' untuk perawatan jerawat yang efektif.

Bromelain juga berfungsi buat melembutkan kulit, serta vitamin C dan asam amino berkontribusi dalam perbaikan sel tubuh.

14. Manfaat Lainnya

Dari laman Food.ndtv.com, nanas menjadi buah ajaib yang bermanfaat dalam proses pencernaan, serta bromelain berkontribusi pada proses pemecahan protein. Konsumsi nanas atau jus nanas bermanfaat layaknya penyembuh alami untuk konstipasi dan sebagai pencuci perut.

Nanas bermanfaat buat mengontrol rasa lapar serta memiliki kontribusi dalam proses metabolisme dan pembakaran kalori.

Nanas juga berkhasiat untuk mengatur tekanan darah dan mencegah hipertensi. Penelitian medis telah menemukan bahwa pada secangkir nanas terdapat kalium berlimpah dan jumlah rendah sodium, ini sangat menguntungkan dalam upaya menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat nanas amat berlimpah, seperti sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, menghindari kerusakan sel, melindungi kesehatan kulit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah kanker.

Beberapa Pertanyaan Tentang Buah Nanas

Apakah efek samping buah nanas?
Nanas hendaknya tidak dikonsumsi berlebihan karena bisa mengakibatkan efek samping berupa diare, mual, muntah, pembengkakan mulut dan pipi, ruam kulit, sakit kepala, dan lidah terasa gatal (sensasi berduri). Wanita hamil jangan makan banyak nanas agar menghindari resiko keguguran. Batasi konsumsi nanas jika sedang menggunakan obat beta-blocker.

Bagaimana cara supaya lidah tidak gatal setelah makan nanas?
Pemicu lidah gatal setelah menyantap nanas disebabkan pada nanas terdapat bromelain. Cara mengatasinya sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan merendam nanas utuh (serta kulitnya dikupas) ke air garam.

Setelah itu barulah buah nanas dipotong dan dimakan. Sebenarnya Anda gak perlu cemas tentang lidah gatal, sebab cuma sebentar efeknya. Dimana sel yang rusak dalam waktu singkat bakal teregenerasi lagi.

Referensi Lainnya:




Baca Juga: