14 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan (Kandungan & Efek Sampingnya)


Buah nanas memilki rasa yang lezat yang kaya akan vitamin, enzim dan antioksidan. Terdapat beragam kandungan bermanfaat di dalamnya.

Nanas termasuk buah tropis. Manfaatnya seperti menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, membantu mengatasi gangguan pencernaan, mengurangi peradangan atau pembengkakan, hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Buah Nanas
Photo credit: Pxhere.com

Hal bagus lainnya yaitu nanas memiliki kalori rendah walaupun rasanya manis. Satu cangkir potongan nanas hanya mengandung 82 kalori. Selain itu, nanas bebas lemak, bebas kolesterol dan rendah sodium.

Laura Flores, seorang ahli gizi San Diego, mengatakan bahwa nanas mengandung banyak vitamin C dan mangan, serta mengandung serat makanan penting, bromelain (enzim), antioksidan, thiamin dan vitamin B.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut FDA, nanas mengandung vitamin C yang tinggi, yang memenuhi kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan.

Seorang Lelaki Berlari
Photo credit: Pixabay.com

Peran vitamin C sangat penting sebagai antioksidan utama yang larut dalam air untuk mencegah dan memperbaiki masalah kerusakan sel. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh ilmuwan dari Linus Pauling Institute di Oregon State University.

Disana juga dijelaskan, bahwa vitamin C dalam jumlah kecil dapat melindungi molekul penting di dalam tubuh yang sangat diperlukan (seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat -DNA dan RNA- ) dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Nanas mengandung bromelain yang merupakan enzim penting yang berfungsi sebagai anti-peradangan, anti-pembekuan darah, anti-kanker, obat pencernaan alami, hingga memperkuat daya tahan tubuh.

Nanas juga kaya akan vitamin C dan mengandung mineral mangan, keduanya memiliki peran penting untuk melawan radikal bebas yang menyerang tubuh. Disarankan mengonsumsi nanas dalam keadaan segar daripada dijadikan jus.

2. Untuk Kesehatan Mata

Khasiat nanas sangat baik untuk kesehatan mata, seperti untuk mencegah penyakit degenerasi makula, itu merupakan sebuah penyakit mata yang menyebabkan penglihatan kabur, hingga bisa menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan.

Ilustrasi Mata Sehat
Photo credit: Pxhere.com

Penyakit degenerasi makula terjadi karena faktor usia, dengan kata lain umumnya dialami oleh orang-orang yang sudah berusia lanjut.

Nanas berkhasiat penting untuk mata karena mengandung vitamin C dan antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Nanas juga menjadi sumber beta karoten yang baik, yang penting untuk kesehatan mata.

3. Membantu Menyembuhkan Peradangan (Inflamasi)

Laura Flores mengatakan bahwa nanas mengandung bromelain yang berkhasiat untuk membantu meredakan masalah peradangan yang parah, bahkan  juga bisa mengurangi atau menghambat pertumbuhan tumor.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu dalam menyembuhkan penyakit osteoartritis, walaupun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Inflamasi atau peradangan sebenarnya adalah cara alami tubuh untuk melindungi diri dari infeksi mikroorganisme luar (seperti bakteri, virus, dll).

Ketika mekanisme ini terjadi, sel-sel darah putih bekerja keras untuk melawan dan melindungi tubuh dari serangan luar.

Selain itu, peradangan juga bisa terjadi akibat trauma fisik dan bahan iritan. Hal yang dikhawatirkan, terdapat beberapa kejadian munculnya masalah peradangan yang diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh justru menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi dapat membantu melawan masalah peradangan, seperti buah nanas, buah apel, ceri, dan buah beri (seperti stroberi, dll).

Nanas menjadi buah yang baik untuk dikonsumsi saat seseorang terkena penyakit radang tenggorokan. Nanas kaya akan vitamin C sehingga dapat mempercepat penyembuhan radang tenggorokan, buah nanas juga membuat daya tahan tubuh lebih kuat.

Anda bisa mengonsumsi buah nanas secara langsung, atau mengonsumsinya dengan cara dijus. Setelah itu Anda perlu tidur atau istirahat selama 1-2 jam agar manfaat kandungan dalam buah nanas bisa diperoleh secara maksimal.

4. Untuk Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Konsumsi buah nanas ternyata dapat membantu tubuh untuk lebih kuat, dimana nanas mengandung mineral mangan yang tinggi, yang bermanfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang yang baik. hal ini berdasarkan penjelasan dari Linus Pauling Institute.

Ilustrasi Tulang Sehat dan Kuat
Photo credit: Pxhere.com

Sebuah studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition tahun 1994 menunjukkan bahwa mineral mangan bersama dengan mineral lainnya bermanfaat dalam pencegahan penyakit osteoporosis pada wanita pasca-menopause.

Memakan buah nanas berkhasiat untuk menyehatkan dan membuat tulang semakin kuat.

Vitamin D memiliki peran penting dalam membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh. Walaupun memang vitamin D juga bisa diperoleh dari paparan sinar matahari pagi yang sehat, tapi hendaknya seseorang juga mengonsumsi asupan makanan yang mengandung vitamin D.

Nanas mengandung vitamin D, penelitian telah membuktikan bahwa nanas memiliki manfaat penting dalam membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh, sehingga tulang lebih padat, kuat dan sehat.

Mengonsumsi nanas berkhasiat untuk mencegah tulang keropos. Anda bisa mengonsumsi buah nanas begitu saja, bisa juga dijadikan jus, atau mengonsumsinya dalam bentuk lain.

5. Mengatasi Masalah Pembekuan Darah

Sindrom darah kental ternyata bisa menimbulkan masalah serius, yang pada wanita hamil bisa menyebabkan keguguran.

Terjadinya pengentalan darah umumnya akibat tubuh kekurangan trombosit, yang akhirnya sel darah saling menempel dan mengental.

Untuk mengatasi masalah darah mengental, membeku atau semacamnya, agar darah bisa lebih encer, maka salah satu caranya yang alami yaitu mengkonsumsi buah-buahan.

Ada beberapa jenis buah yang membantu mengatasi masalah pengentalan darah, seperti nanas. Buah nanas juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol tinggi, mencegah pembentukan plak pada arteri, dan menurunkan risiko pembekuan darah yang tidak wajar.

Untuk cara mengolahnya, sediakan 1 buah nanas dan kupas, lalu potong-potong. Setelah itu blender sampai halus. Tambahkan sedikit air setelah dituang ke dalam gelas. Minum satu kali dalam sehari untuk membantu mengatasi masalah pembekuan darah.

Buah lainnya yang juga membantu mengobati pembekuan darah yaitu tomat, mangga, kiwi, manggis, anggur, jeruk bali, delima, dan pisang

Laura Flores, ahli gizi San Diego, menjelaskan bahwa kandungan bromelain di dalam nanas membantu mengurangi koagulasi darah yang berlebihan. Ini menjadikan nanas sebagai camilan yang baik untuk membantu mengatasi masalah pembekuan darah.

6. Untuk Kesehatan Pencernaan

Konsumsi nanas dapat menyehatkan dan memperlancar pencernaan, mengatasi sembelit, memperlancar haid, memperlancar dahak, melunakkan makanan di dalam lambung, mengatasi peradangan kulit, sebagai pembersih darah di dalam tubuh, hingga menurunkan resiko kanker.

Pencernaan Tubuh
Pencernaan Tubuh | Photo credit: Shutterstock.com / By Magic mine

Seperti umumnya buah dan sayuran, nanas mengandung serat yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi usus, hal ini seperti yang dijelaskan Mayo Clinic. Manfaat kandungan serat juga untuk mencegah atau membantu menyembuhkan penyakit sembelit.

Enzim bertanggung jawab dalam proses metabolisme di dalam tubuh. Tubuh membutuhkan sekitar 3000 enzim, singkatnya bahwa jika tubuh tidak terdapat enzim, maka komponen-komponen di dalam tubuh tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Sayangnya, tubuh cukup rentan dengan masalah kekurangan asupan enzim yang berasal dari makanan, selain itu kesalahan pada cara memasak makanan bisa menyebabkan enzim penting hilang atau berkurang, sehingga tubuh akan kekurangan komponen utama untuk kehidupan.

Konsumsi buah-buahan seperti nanas dan pepaya bisa Anda lakukan untuk memperoleh asupan enzim penting bagi tubuh.

Nanas mengandung puluhan komponen penting, diantaranya yaitu enzim protein pencernaan (proteinase sistein).

Penelitian telah menemukan bahwa enzim ini memiliki kontribusi untuk kesehatan pencernaan tubuh. Adapun pepaya kaya akan enzim proteolitik seperti papain yang juga bermanfaat dalam proses pencernaan.

7. Mencegah Kanker

Nanas secara langsung berkaitan dengan pencegahan kanker mulut, tenggorokan, dan payudara. Hal itu karena nanas mengandung tinggi antioksidan, termasuk flavonoid, beta-karoten, bromelain, mangan dan vitamin A.

MRI Scan
MRI Scan | Photo credit: Wikipedia.org

Banyak ahli kesehatan menyatakan bahwa nanas mengandung enzim-enzim penting, yang manfaatnya khususnya untuk kesehatan pencernaan.

Pada nanas terdapat sebuah molekul yang bekerja untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan atau membasmi sel-sel kanker berbahaya.

Molekul lainnya memiliki fungsi untuk menghambat pertumbuhan protein sekitar 30 persen dalam berbagai kasus penyakit kanker (seperti kanker paru-paru, usus, payudara dan ovarium).

Penelitian lab menunjukan bahwa molekul-molekul dari bonggol nanas tersebut tidak memiliki efek samping, atau tidak menyebabkan keracunan.

Dari laman Suara.com, menyebutkan kisah seorang perempuan di Australia yang menakjubkan, dimana dirinya divonis hanya mempunyai sisa umur sebanyak lima tahun.

Namun ternyata perempuan tersebut berhasil mengalahkan kanker dengan secara rutin makan buah nanas. Perempuan tersebut bernama Candice Marie Fox yang pada awalnya melihat adanya benjolan di atas tulang selangkang pada tahun 2011.

Hasil pemeriksaan menunjukan bahwa sel-sel kanker sudah menjalar ke tulang leher bagian belakang dan liver. Selain itu, pembentukan sel kanker juga mulai terlihat di paru-parunya.

Atas kondisinya tersebut, dokter merekomendasikan agar menjalani kemoterapi, tapi dirinya menolak.

Candice tidak yakin dengan manfaat kemoterapi dalam melawan sel kanker, hal itu karena teman Candice, Jamie Brownsmead, (31), dan sepupunya Frankie Gerathy, (13) meninggal dunia setelah menjalani kemoterapi yang malah membuat tubuh semakin lemah.

Candice kemudian mulai sering mengkonsumsi buah-buahan, bahkan pernah dirinya dalam beberapa minggu hanya makan buah.

Candice mencari informasi di internet, dimana buah yang sangat sering dikonsumsinya yaitu nanas. Nanas kaya akan Bromelain, senyawa yang diyakininya mampu membasmi sel-sel kanker. Dirinya bisa mengonsumsi tiga buah nanas dalam sehari.

"Saya melawan tumor-tumor besar dengan cara membuat mereka lapar dengan ilmu makanan murni," kata Candice.

Candice menyatakan bahwa nanas, pepaya dan kiwi mengandung tinggi bromelain. Senyawa bromelain mampu memangsa lapisan protein tertentu pada sel kanker.

Dalam masa-masa itu Candice berhenti makan daging, menurutnya tubuh memerlukan banyak energi untuk bisa mencerna daging.

"Ada sebuah protein dalam produk olahan hewan (daging) yang malah akan “memberi makan” sel kanker”. Katanya.

Selain itu, makan banyak daging menyebabkan seluruh energi tubuh terbuang untuk mencernanya.

Candice mengatakan bahwa sekarang sudah tidak terdapat tumor atau sel kanker aktif yang ada di dalam tubuhnya. Selain itu, dirinya akan menghindari bahan kimia dari produk-produk kosmetika, rokok, hingga semprotan pembersih.

Setelah enam bulan menjalani pola hidup sehat seperti itu, dirinya kembali pergi ke dokter. Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa sel-sel kanker dalam tubuhnya semuanya hampir hilang.

Dibalik itu, terdapat seseorang yang berjasa besar untuk membantu Candice sembuh, dia adalah Mark Simon yang merupakan Pakar Onkologi sekaligus direktur Nutritional Oncology Research Institute di California.

Mark Simon mengatakan bahwa di dalam buah-buahan seperti nanas ditemukan campuran enzim proteolitik seperti bromelain yang memiliki khasiat penting untuk melawan sel-sel kanker.

Selain itu menurutnya, hal-hal lain yang juga sangat penting yaitu menjaga asupan makanan yang sehat, melakukan aktivitas fisik (olahraga), menghindari stres, menjaga pikiran positif, dan spiritualitas.

8. Mengobati Batuk dan Radang Tenggorokan

Nanas kaya akan bromelain dan vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah dan membantu mengobati penyakit pernapasan, infeksi, serta menghilangkan dahak dan lendir.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dipublikasian tahun 2004 yang meneliti manfaat dan efek samping enzim nanas Proteolitik Bromelain pada anak-anak yang terkena sinusitis akut di Jerman

Ilustrasi Batuk
Photo credit: Istockphoto.com / VikramRaghuvanshi

Baik vitamin C maupun bromelain berkontribusi untuk pengurangan dahak dan lendir yang terbentuk di saluran pernapasan dan rongga sinus.

Buah nanas dapat meredakan batuk secara efektif. Nanas mengandung enzim bromelain untuk mengurangi peradangan.

Bromelin paling banyak terdapat pada batang dan bagian bawah nanas yang agak keras. Agar Anda mudah untuk mengonsumsinya, maka bisa menjadikan nanas dalam bentuk jus.

Nanas mengandung antioksidan yang memilki khasiat dalam mempercepat penyembuhan penyakit batuk dan radang tenggorokan. Adapun vitamin C berfungsi penting dalam memperkuat daya tahan tubuh dan melawan serangan infeksi.

Konsumsi jus nanas untuk mempercepat penyembuhan batuk dan radang tenggorokan. Anda bisa mencampurkan secangkir jus nanas segar, sepotong jahe mentah, 1 sdm madu mentah, 1/4 cangkir jus lemon, dan 1/2 sendok teh cayenne.

Semaunya dimasukan ke dalam blender dan haluskan secara maksimal. Setelah itu konsumsi, atau bisa juga didinginkan dalam kulkas.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium dalam nanas dapat berkhasiat untuk mencegah penggumpalan darah yang menghambat aliran darah, selain itu juga mencegah penumpukan plak di arteri dan pembuluh darah.

Manfaat nanas ini sangat penting untuk banyak hal, seperti mencegah serangan jantung, stroke dan aterosklerosis. Konsumsi nanas bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Dari laman Medicalnewstoday.com, kandungan serat, kalium, dan vitamin C yang ditemukan di dalam nanas mempromosikan kesehatan jantung.

Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang mengonsumsi 4.069 miligram kalium per hari memiliki 49% risiko lebih rendah terkena penyakit jantung iskemik yang menyebabkan kematian dibandingkan dengan orang-orang yang mengonsumsi sedikit kalium (sekitar 1.000 miligram per hari).

Mark Houston, MD, MS, seorang profesor klinis kedokteran di Vanderbilt Medical School dan direktur Hypertension Institute di St Thomas Hospital di Tennessee, mengatakan bahwa dengan meningkatkan asupan kalium pada tingkat yang direkomendasikan, maka hipertensi di kalangan orang dewasa dapat dikurangi hingga 10%.

Selain itu, Mark Houston menganjurkan untuk mengonsumsi asupan kalium sebanyak 5.000 mg / hari.

Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa risiko stroke bisa menurun dengan asupan kalium yang lebih tinggi. Peningkatan asupan kalium 1.000 mg lebih banyak dapat menurunkan risiko stroke iskemik sebesar 11%.

Pada temuan lainnya diketahui bahwa asupan kalium memiliki manfaat preventif (pencegahan) dari masalah kardiovaskular, serta menghindari resiko hipertensi.

Mark Houston menjelaskan bahwa hal yang penting dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular selain peningkatan asupan kalium, yaitu mengurangi asupan natrium (jika berlebihan), dan menjaga berat badan yang normal.

Nanas mengandung kalium yang bermanfaat untuk menurunkan risiko stroke, melindungi tubuh dari masalah hilangnya massa otot, menjaga kepadatan mineral tulang, dan menurunkan resiko penyakit batu ginjal.

10. Melancarkan Sirkulasi Darah

Selain mengandung kalium, nanas juga mengandung tembaga yang merupakan mineral penting, mineral ini berfungsi pada beberapa reaksi enzimatik dan senyawa di dalam tubuh.

Mineral tembaga merupakan elemen penting dalam proses pembentukan sel darah merah yang sehat. Dengan tercukupinya jumlah sel darah merah maka melancarkan proses oksigenasi ke organ-organ tubuh, sehingga organ tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Sirkulasi darah yang lancar di dalam tubuh akan meningkatkan kemampuan kognitif, menjaga kesehatan dan fungsi saraf, serta mencegah penyakit alzheimer dan demensia.

11. Melarutkan Batu Ginjal

Buah banas kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh, termasuk untuk kesehatan ginjal. Nanas mengandung enzim bromelain yang berkontribusi dalam proses pencernaan protein.

Selain itu bermanfaat untuk melawan peradangan, melawan infeksi, mencegah pembekuan darah dan berkontribusi dalam membasmi sel kanker.

Buah nanas juga bersifat diuretic atau mendorong produksi urin, serta membersihkan ginjal. Konsumsi nanas bermanfaat untuk kesehatan ginjal, yang mencegah terjadinya penumpukan racun di dalam tubuh.

Dari artikel berjudul Is Pineapple Good For Kidney Stones? (Stylecraze.com), nanas dapat dijadikan obat alami untuk mencegah batu ginjal. Bahkan, nanas merupakan salah satu makanan yang paling direkomendasikan untuk pencegahan batu ginjal.

Nanas termasuk ke dalam kategori "superfood" karena kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin C, kalsium, vitamin A, vitamin B6, mangan, beta karoten, folat, magnesium, fosfor, fluorida, antioksidan dan bromelain.

Pada dasarnya nanas tidak untuk menyembuhkan batu ginjal, tapi untuk melarutkannya. Selain itu, enzim bromelain sangat efektif dalam menjaga fungsi pencernaan tubuh dan mengurangi pembekuan darah, yang pada gilirannya berkontribusi untuk mencegah pembentukan batu ginjal.

Konsumsi jus nanas berkhasiat untuk mengurangi ukuran batu ginjal, sehingga nantinya bisa dikeluarkan lebih mudah dari dalam tubuh.

Hal-hal penting lainnya untuk menghindari masalah batu ginjal yaitu meminum banyak cairan (khususnya air putih), peran air sangat penting untuk membersihkan ginjal dan membuang racun keluar dari tubuh. Selain itu Anda harus membatasi asupan garam.

12. Mempercepat Penyembuhan Luka 

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas berkhasiat untuk membantu penyembuhan luka dan cedera agar lebih cepat, serta melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Vitamin C juga memiliki kontribusi penting penting dalam pembentukan kolagen di dalam tubuh. [Lihat The New York Academy of Sciences]

Kolagen merupakan basis protein penting pada dinding pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Nanas memiliki kandungan bermanfaat yang penting untuk penyembuhan kulit.

13. Untuk Perawatan Kulit

Vitamin C di dalam nanas merupakan antioksidan super yang bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan kulit. Bahkan khasiat dari mengonsumsi nanas yaitu dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit, membersihkan jerawat, hingga mencegah penuaan dini.

Penuaan pada kulit biasanya ditandai dengan munculnya keriput. Peran kolagen sangat penting agar kulit sehat, indah dan awet muda. Vitamin C bekerja di dalam tubuh untuk mendorong pembentukan kolagen pada kulit.

Dari artikel berjudul The Beauty Benefits of Pineapple (Livestrong.com), nanas mengandung vitamin C dan bromelain yang tinggi, yang menjadikannya sebagai perawatan jerawat yang efektif.

Bromelain adalah enzim yang memiliki manfaat untuk melembutkan kulit, serta telah lama digunakan untuk mengatasi masalah peradangan dan pembengkakan.

Minum jus nanas membantu tubuh mensintesis kolagen yang bermanfaat untuk kulit, seperti agar kulit tetap kencang dan fleksibel. Adapun kandungan vitamin C dan asam amino berkontribusi dalam perbaikan sel dan jaringan.

Anda bisa mengonsumsi jus nanas. Selain itu, Anda bisa menyiapkan setengah potong buah nanas, lalu gosok bagian dalam kulit nanas secara lembut ke wajah, hindari area mata.

Setelah beberapa menit, maka bersihkan wajah kembali menggunakan air hangat. Anda bisa melakukan perawatan ini lagi tiga hari kemudian.

Anda juga bisa mengaplikasikan nanas pada seluruh bagian kulit. Saat Anda mandi, gosokan potongan nanas pada seluruh tubuh. Setelah itu diikuti dengan sabun pembersih dan bilas menyeluruh.

Salah satu bahan dasar produk perawatan kecantikan yang digunakan yaitu nanas. Nanas kaya akan kandungan vitamin C. Nanas mengandung zat aktif yang berfungsi untuk membantu produksi kolagen, serta dapat memperbaiki lapisan kulit.

Nanas berkhasiat dalam melawan pembengkakan, peradangan, masalah jerawat, menyehatkan kulit, serta membuat kulit lebih lembut, kenyal dan bersinar. Untuk memperoleh manfaat nanas ini, pertama-tama siapkan 100 gram nanas dan 1 sdm madu. Lalu:
  1. Haluskan nanas, lalu campurkan dengan madu dalam sebuah wadah
  2. Setelah kedua bahan alami tersebut tercampur rata, maka aplikasikan (oleskan) pada wajah.
  3. Lalu diamkan saja selama 10 menit.
  4. Lalu bilas wajah dengan air hangat.
  5. Terakhir, kompres wajah dengan es batu selama 1-2 menit (jangan terlalu lama).

14. Manfaat Lainnya

Dari laman Food.ndtv.com, nanas menjadi buah ajaib untuk membantu proses pencernaan alami, kandungan serat berperan penting dalam proses pencernaan.

Enzim bromelain berkontribusi dalam proses pemecahan protein. Konsumsi nanas atau jus nanas sebagai obat alami pencuci perut dan menyembuhkan sembelit.

Dr. Anju Sood, seorang ahli gizi yang berbasis di Bangalore, mengatakan bahwa nanas bermanfaat untuk mengontrol rasa lapar, serta memiliki kontribusi dalam proses metabolisme dan pembakaran kalori di dalam tubuh.

Nanas juga berkhasiat untuk mengatur tekanan darah dan mencegah hipertensi. Penelitian medis telah menemukan bahwa secangkir nanas mengandung jumlah rendah sodium dan jumlah tinggi kalium, yang hal ini penting untuk menurunkan tekanan darah ke tingkat normal.

Kalium merupakan mineral penting yang menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi. Nanas kaya akan nutrisi luar biasa berupa vitamin A, C, E, dan K, potasium, kalsium, dan karoten.

Manfaat nanas sangat banyak seperti sebagai anti-oksidan untuk melawan radikal bebas, mencegah kerusakan sel tubuh, menjaga kesehatan kulit, serta mencegah banyak jenis penyakit (seperti penyakit jantung, aterosklerosis, radang sendi dan kanker).

Beberapa Pertanyaan Tentang Buah Nanas

Apa efek samping buah nanas?
Nanas hendaknya tidak dikonsumsi berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping berupa diare, mual, muntah, pembengkakan mulut dan pipi, ruam kulit, sakit kepala, dan lidah terasa gatal (sensasi berduri).

Wanita hamil jangan mengonsumsi terlalu banyak nanas untuk mencegah resiko keguguran.

Batasi konsumsi nanas jika Anda sedang menggunakan obat beta-blocker.

Bagaimana caranya agar lidah tak lagi gatal usai makan nanas?
Dari laman Food.Detik.com, penyebab lidah gatal setelah makan nanas dikarenakan nanas mengandung enzim proatase (bromelain).

Untuk mencegah lidah gatal ini ternyata sangat mudah, yaitu dengan merendam buah nanas utuh yang baru saja dikupas kulitnya ke dalam air garam.

Setelah itu barulah buah nanas dipotong dan dimakan. Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir pada lidah gatal ini karena hanya berlangsung sementara, dimana sel-sel yang rusak akan cepat teregenerasi kembali.

Referensi Lainnya:

loading...

Tulisan Terkait: