15 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan (Serta Efek Sampingnya)


Lemon kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, vitamin E, antioksidan, kalsium, kalium, fosfor, serat, folat, niacin, thiamin, riboflavin, karbohidrat, protein dan magnesium.

Dibalik rasanya yang asam, lemon menyimpan segudang khasiat kesehatan seperti untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, menghidrasi tubuh, mengobati gangguan pencernaan, sembelit, hipertensi, menyehatkan kulit tubuh, menyegarkan tubuh dan lainnya.

Buah Lemon
Buah Lemon | Photo credit: Shutterstock.com / By Evgeny Karandaev

Langsung saja, berikut penjelasan tentang berbagai manfaat lemon untuk kesehatan:

1. Untuk Kesehatan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Lemon mengandung vitamin C yang dapat membantu mengurangi masalah kerutan pada kulit, atau mencegah terjadinya penuaan dini.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki risiko lebih sedikit terkena masalah kulit kering dan keriput.

Secara keseluruhan, hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa dengan mengonsumsi asupan vitamin C dan asam linoleat serta membatasi (atau mengurangi) asupan lemak dan karbohidrat maka dapat mencegah terjadinya masalah kulit, termasuk penuaan dini pada kulit.

Apabila kulit tubuh kehilangan kelembaban maka bisa menyebabkan masalah kulit kering dan keriput. Mengonsumsi cairan yang cukup sangat penting agar kulit tetap terhidrasi dan juga untuk membersihkan kulit dari racun.

2. Untuk Kesehatan Pencernaan dan Proses Detoksifikasi

Beberapa orang minum air jeruk sebagai obat pencahar setiap pagi untuk menghindari masalah sembelit. Minum air lemon hangat saat bangun tidur dapat membantu memulihkan sistem pencernaan tubuh.

Dalam pengobatan ayurveda meyakini bahwa air lemon dapat berkhasiat melancarkan sistem pencernaan, menjaga fungsi tubuh dalam mencerna makanan dengan baik, dan mencegah penumpukan racun di dalam tubuh.

Dari artikel berjudul The Truth About Lemon Water On Digestion And Detoxification (Huffingtonpost.com.au), seorang dosen senior di bidang farmakologi di The University of Adelaide, Ian Musgrave, mengatakan bahwa tubuh memiliki sistem detoksifikasi sangat baik yang disebut hati. Organ hati bekerja untuk membersihkan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Proses pembersihan racun dari dalam tubuh tergantung pada seberapa efektifnya fungsi organ hati dan kondisi aliran darah yang melalui hati.

Sehingga pada dasarnya minum-minuman 'detoks' seperti air lemon tidak akan mengubah jumlah cairan yang masuk ke organ hati, yang artinya tidak akan membuat perbedaan apapun.

Hanya saja, saat organ hati sedang tidak berfungsi secara optimal, maka Pip Reed mengatakan air lemon dapat membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh, sehingga racun dalam tubuh bisa dibuang dengan lancar walaupun fungsi organ hati sedang kurang baik.

Pip Reed adalah seorang ahli gizi. Dia mengatakan bahwa organ hati dan sistem pencernaan tubuh dirancang untuk memiliki fungsi detoksifikasi, tapi organ penting tersebut tidak selalu berfungsi maksimal. Itulah sebabnya mengapa perlu menopang tubuh dengan asupan padat nutrisi seperti lemon.

Minum air lemon dapat membantu menyehatkan usus, lemon kaya akan serat yang disebut pektin, itu merupakan prebiotik yang membantu meningkatkan kesehatan usus.

Lemon juga mengandung asam sitrat yang dalam kadar tinggi (mencukupi) dapat berfungsi untuk meningkatkan produksi urin, mencegah masalah batu ginjal, dan berdampak baik untuk pencernaan tubuh.

Pip Reed mengatakan jika konsumsi jus lemon tidak memberikan hasil positif, maka tampaknya kadar minuman lemon yang dikonsumsi kurang sehingga tidak memberikan hasil yang efektif. Air lemon dapat meningkatkan kesehatan usus jika dikonsumsi dalam kadar yang mencukupi.

3. Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang ditemukan di dalam lemon dapat secara signifikan untuk mencegah kenaikan berat badan, membantu menurunkan berat badan, dan resistensi insulin meningkat.

Timbangan Berat Badan
Timbangan Berat Badan | Photo credit: Wikimedia.org

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa minum air lemon bermanfaat untuk menyukseskan usaha menurunkan berat badan.

Dari laman Food.detik.com, banyak orang memanfaatkan lemon dalam usaha dietnya. Untuk Mencegah BB bertambah maka nikmati segelas air lemon sembari juga membatasi asupan kalori harian.

Disebutkan bahwa minum segelas air lemon hangat dapat memangkas lemak tubuh. Air lemon rendah kalori, hal inilah yang menjadikan air lemon dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Jika Anda terbiasa mengonsumsi minuman bersoda maka ganti dengan air lemon.

Selain itu, air lemon berkontribusi dalam meningkatkan metabolisme tubuh, yang hal ini juga membantu untuk menurunkan berat badan.

Minum air lemon juga menjadi cara yang sangat bagus agar Anda bisa merasa kenyang lebih lama sehingga tercegah dari makan secara berlebihan.

Penelitian sudah menemukan bahwa orang-orang yang minum air putih atau air lemon lebih banyak ketika diet mengalami penurunan berat badan yang lebih cepat.

Dari laman Vemale.com, air perasan lemon efektif untuk menurunkan berat badan, Universitas Jogakuen di Jepang merekomendasikan kepada orang-orang yang mengalami problem berat badan (kegemukan) agar mengonsumsi air lemon setiap hari.

Agar manfaatnya optimal, maka terdapat tiga cara memanfaatkan lemon untuk menurunkan berat badan, yaitu:

Cara 1
Pertama-tama campurkan air perasan lemon dengan air hangat, lalu masukan sedikit madu sehingga rasanya tidak terlalu asam, lalu minum dalam kondisi hangat.

Cara 2
Minum air lemon sekitar 20 menit sebelum makan, hal ini agar mencegah nafsu makan berlebihan.

Cara 3
Jika Anda memiliki kebiasaan minum kopi, soft drink atau minuman bersoda, maka batasi konsumsi jenis minuman seperti itu dan gantilah dengan minum air lemon.

Agar manfaat minum air lemon bisa efektif, maka Anda harus mencukupi asupan air putih dalam setiap harinya. Untuk waktu minum air lemon maka Anda bisa melakukannya pada pagi hari.

4. Mencegah dan Menyembuhkan Batu Ginjal

Asam sitrat yang ditemukan di dalam lemon memiliki khasiat untuk mencegah batu ginjal. UW Health merekomendasikan untuk meningkatkan asupan asam sitrat untuk mencegah terbentuknya batu ginjal.

Ilustrasi Seseorang Sakit Batu Ginjal
Ilustrasi Seseorang Sakit Batu Ginjal | Photo credit: Istockphoto.com / stock_colors

Minum air lemon memenuhi asupan asam sitrat yang mencukupi kebutuhan tubuh dan mencegah penyakit batu ginjal.

Sitrat dalam urin memperlambat pembentukan batu kalsium (pemicu penyakit batu ginjal) dengan cara mencegah penumpukan kristal-kristal. Lemon dan limau memiliki kandungan asam sitrat yang paling banyak.

Dari laman Lifestyle.Okezone.com, lemon memiliki khasiat untuk membantu menyembuhkan batu ginjal. Lemon mengandung vitamin C, vitamin B6, serat, thiamin, riboflavin, asam pantotenat, zat besi magnesium, folat, potassium dan tembaga.

Ahli kesehatan telah menjelaskan bahwa lemon memiliki kontribusi untuk menyembuhkan kelainan ginjal, khususnya dalam memecah batu ginjal sehingga bisa dikeluarkan dari dalam tubuh.

Terjadinya batu ginjal karena menumpuknya garam, kalsium oksalat (atau kalsium fosfat) dan zat terlarut lainnya dalam jumlah yang banyak. Beberapa batu bisa lewat sendiri, namun jika ukuran batu ginjal besar maka memerlukan penanganan khusus.

Dengan minum air lemon, maka kandungan asam sitrat di dalamnya bermanfaat untuk mencegah dan membantu menyembuhkan batu ginjal.

Dalam sehari, Anda bisa minum paling banyak dua gelas jus lemon, jangan berlebihan.

Anda bisa membuat minuman lemon dengan dicampur air hangat serta madu alami. Selain itu agar manfaatnya lebih efektif, Anda bisa menambahkan lagi minyak zaitun atau cuka apel murni.

5. Menyegarkan Nafas dan Menghilangkan Bau Mulut

Lemon dapat menghilangkan bau dan juga menyegarkan mulut, termasuk dapat menghilangkan bau mulut akibat mengonsumsi makanan seperti bawang putih, bawang merah dan ikan.

Ilustrasi Nafas Segar
Ilustrasi Nafas Segar | Photo credit: Shutterstock.com / By Antonio Guillem

Anda bisa menyegarkan napas dengan minum segelas air lemon. Lemon dinilai dapat merangsang air liur untuk mencegah masalah mulut kering dan menghindari pertumbuhan bakteri berlebih.

Dari artikel berjudul Home Remedies for Bad Breath (Top10homeremedies.com), beberapa hal seperti merokok, penumpukan bakteri dan kondisi mulut yang kering bisa menyebabkan terjadinya bau mulut.

Menjaga kesehatan mulut sangat penting untuk menghindari masalah bau mulut. Minum air putih yang cukup secara rutin membantu untuk menjaga napas tetap segar.

Hal lainnya yang sangat membantu dalam menyembuhkan bau mulut yaitu minum air lemon. Hal itu karena kandungan asam dalam lemon yang mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

Selain itu, aroma lemon yang harum dan menyenangkan akan sangat efektif untuk menghilangkan bau tak sedap.

Selain mengonsumsi air lemon, Anda juga bisa mengaduk satu sdm air lemon ke dalam secangkir air, lalu gunakan untuk kumur-kumur atau membilas mulut. Disarankan juga untuk mencampurkan sedikit garam ke dalamnya.

Dengan melakukan perawatan tersebut diharapkan dapat secara efektif menghindari masalah mulut kering, serta dapat menyegarkan mulut dan membantu menghilangkan bau mulut.

6.  Sumber Vitamin C yang Baik

Lemon kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan utama untuk melindungi sel dari bahaya radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

Manfaat vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah, serta mencegah penyakit kardiovaskular dan stroke.

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan kadar vitamin C rendah berisiko lebih tinggi terkena penyakit stroke, apalagi jika memiliki tekanan darah tinggi dan berat badan berlebih.

Kandungan vitamin C juga memiliki khasiat untuk mencegah dan mempercepat penyembuhan flu, serta secara umum meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Mengobati Demam, Batuk dan Sebagainya

Minum air lemon dapat membantu mempercepat penyembuhan demam, pilek atau flu, dengan cara meningkatkan keringat sehingga demam mereda.

Sakit
Photo credit: Shutterstock.com / By Photographee.eu

Dari laman Livestrong.com, minum air lemon bermanfaat agar tubuh bisa selalu sehat, dan membuat Anda tercegah dari masalah dehidrasi. Menambahkan beberapa lemon ke air bisa membuat Anda lebih mungkin untuk minum lebih banyak cairan, hal ini penting agar tubuh Anda tetap terhidrasi.

Berbagai kandungan di dalam lemon seperti vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, serta memperpendek durasi sakit pilek.

Orang-orang yang rutin minum air lemon menyarakan untuk meminumnya dalam kondisi hangat, baik itu saat pagi hari ataupun setelah makan malam. Tampaknya ada beberapa manfaat dari minum air lemon hangat daripada yang dingin.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Rhinology pada tahun 2008 menemukan bahwa minuman hangat memberikan khasiat lebih ampuh dalam penyembuhan penyakit seperti demam, bersin, batuk, dan sakit tenggorokan.

The New York Times mencatat bahwa setiap minuman hangat, termasuk lemon dan madu, dapat membantu penyembuhan penyakit (seperti demam, batuk, dsb) dan juga mengurangi rasa sakit.

Bahkan, layanan Kesehatan Nasional Inggris merekomendasikan penggunaan obat batuk buatan sendiri yang berasal dari lemon dan madu daripada membeli obat batuk komersial.

Sebagai pemberitahuan, lemon sangat asam sehingga Anda perlu berkumur-kumur dengan air putih setelah meminum air lemon, selain itu hindari langsung menyikat gigi agar tidak terjadi pengikisan enamel gigi tanda disadari.

Pada dasarnya konsumsi air lemon untuk membantu saja, jika seseorang mengalami sakit yang parah maka tidak bisa hanya mengandalkan air lemon saja.

8. Menenangkan Gangguan Pernafasan dan Asma

Khasiat lemon dapat membantu mengurangi masalah pada pernapasan, serta menenangkan dan meredakan gangguan yang ditimbulkan pada pasien penyakit asma. Lemon yang kaya vitamin C ini membantu dalam menangani gangguan pernafasan jangka panjang.

Seorang Lelaki Mengalami Asma

Dari laman Vemale.com, asma merupakan sebuah penyakit pernapasan yang sebenarnya tidak bisa disembuhkan oleh obat-obatan apapun, dimana saat ini obat-obat asma yang ada hanya berfungsi untuk meredaka asma, tidak untuk menyembuhkan asma 100%.

Selain itu, obat-obatan pereda asma yang dijual di pasaran umumnya merupakan obat-obatan kimia yang beresiko menimbulkan efek samping yang mengganggu, sehingga tampaknya perlu untuk mulai beralih ke obat-obatan yang bersifat alami, salah satunya lemon.

Manfaat lemon mampu meredakan gejala-gejala kambuhnya asma. Anda bisa memotong lemon menjadi dua bagian, lalu peraslah satu bagian saja. Lalu tambahkan gula sesuai selera (jangan berlebihan), setelah itu barulah konsumsi minumlah lemon ini, terutama saat merasakan munculnya gejala asma.

Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang berkontribusi dalam meredakan penyakit asma. Apabila ada penderita asma yang kekurangan asupan vitamin C, maka disarankan untuk mengonsumsi air lemon.

9. Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Lemon dapat berkhasiat untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan infeksi tenggorokan, hal itu karena lemon memiliki sifat antibakteri.

Radang Tenggorokan
Photo credit: Dreamstime.com / © David Castillo Dominici

Dari laman Vemale.com, kondisi cuaca yang tidak menentu seperti kondisi panas dari pagi hingga siang namun sore hujan lebat, bisa menyebabkan penyakit akan lebih beresiko menyerang.

Lemon kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari resiko serangan penyakit, juga memilki sifat antibiotik dan dapat mempercepat proses penyembuhan ketika tubuh terserang penyakit.

Kondisi cuaca yang tidak menentu dan kondisi tubuh yang lemah bisa menyebabkan penyakit radang tenggorokan yang membuat nyeri saat menelan. Teh dan jeruk lemon memiliki efek anti-inflamasi kuat, yang juga meredakan sakit tenggorokan dan melegakan hidung tersumbat.

Anda bisa membuat teh lemon untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menyembuhkan radang tenggorokan. Siapkan beberapa bahan seperti teh hitam, air, potongan jeruk lemon dan madu.

Daun teh mengandung banyak antioksidan yang berkhasiat untuk memperkuat daya tahan tubuh, serta menimbulkan rasa rileks dan nyaman.

Seduhlah teh dalam teko dengan air panas, setelah itu Anda masukkan potongan lemon kedalamnya. Setelah tercampur maka tuang minuman tersebut ke gelas atau cangkir, lalu tambahkan madu dan minum selagi hangat.

Minuman ini selain untuk memperkuat daya tahan tubuh, juga sangat bagus dinikmati saat hujan atau udara dingin.

10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Minum air lemon bisa bermanfaat untuk orang yang menderita masalah jantung, hal itu karena lemon mengandung potasium yang berkontribusi dalam mengontrol tekanan darah yang stabil agar terhindar dari hipertensi.

Ilustrasi Tekanan Darah Tinggi
Photo credit: Torange.biz

Selain itu juga bermanfaat untuk mengatasi rasa mual dan pusing, serta memberikan memberikan sensasi menenangkan untuk pikiran dan tubuh. Dengan begitu, minum air lemon selain dapat mencegah hipertensi juga mencegah terjadinya stres dan depresi.

Dari laman Vemale.com, tekanan darah tinggi sangat berbahaya karena bisa menyebabkan penyakit super berbahaya seperti stroke, serangan jantung dan gagal ginjal.

Sehingga menjaga tekanan darah agar tetap stabil sangatlah penting, hal yang harus dilakukan adalah menjalankan pola makan sehat dan melakukan aktivitas fisik (olahraga) secara rutin.

Selain itu, Anda bisa mengonusmsi makanan sehat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, salah satunya yaitu lemon yang mengandung antioksidan dan vitamin C tinggi.

Kandungan potasium yang ditemukan di dalam lemon berkontribusi penting dalam membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Anda bisa minum air lemon dengan air hangat pada setiap pagi.

11. Membuat Rambut Sehat, Bersih, Segar, Berkilau dan Bebas Ketombe

Dari laman Vemale.com, masalah rambut rontok bisa diatasi dengan beberapa cara alami, salah satunya yaitu dengan menggunakan bahan lemon. Lemon mengandung nutrisi yang diyakini mampu memperkuat akar rambut, menyehatkan kulit kepala, dan mencegah timbulnya ketombe.

Ilustrasi Rambut Sehat
Ilustrasi Rambut Sehat | Photo credit: Maxpixel.net

Dari dahulu sebenarnya buah lemon telah dimanfaatkan sebagai bahan alami perawatan rambut, berikut cara mencegah dan mengatasi rambut rontok dengan memanfaatkan lemon:
  1. Pertama-tama sediakan 1 buah lemon dan 1 sdm madu.
  2. Lalu peras lemon dan tampung airnya dalam sebuah wadah.
  3. Campurkan air lemon tersebut dengan madu, lalu aduk sampai tercampur rata. 
  4. Setelah tercampur maka basahi rambut dan kulit kepala dengan air biasa, lalu oleskan campuran tersebut ke rambut sembari memijat memakai jari secara perlahan.
  5. Setelah selesai mengoleskan, maka diamkan selama 10 menit.
  6. Lalu barulah membilas rambut dan kulit kepala dengan air bersih.
  7. Setelah itu Anda bisa melakukan keramas seperti biasa. 

Anda bisa melakukan perawatan rambut ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu, sehingga nantinya rambut akan lebih kuat, subur, berkilau, lembut dan bebas ketombe.

Pada laman Liputan6.com juga menyebutkan beberapa manfaat lemon untuk rambut, yaitu:

Hilangkan Rambut Berminyak
Penggunaan lemon menjadi salah satu cara alami terbaik untuk mengatasi masalah rambut lepek dan  terlalu berminyak. Kandungan di dalam lemon bermanfaat untuk menutrisi kulit kepala yang berkontribusi dalam mengurangi kadar minyak berlebih di kulit kepala.

Mengurangi Ketombe
Air lemon dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ketombe secara alami. Dimana kalau diperhatikan terdapat banyak produk sampo anti-ketombe yang menggunakan bahan lemon sebagai kandungan utamanya.

Lemon memiliki khasiat yang sangat baik untuk membersihkan kulit kepala secara mendalam, sehingga penggunaan bahan alami lemon diharapkan bisa membersihkan ketombe pada kulit kepala secara ampuh.

Membuat Rambut Lebih Berkilau
Caranya yaitu dengan mencampur air lemon dengan 2 sdt madu, lalu oleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut. Dengan melakukan hal ini maka dapat menjadikan rambut lebih berkilau.

Pembersih Alami
Bahan alami lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih alami. Campurlah air lemon, baking soda dan air, lalu gunakan sebagai sampo. Setelah itu bilas kembali rambut hingga bersih, maka Anda akan merasakan rambut yang lebih segar, nyaman dan bersih.

12. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Lemon berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C dan flavonoid tinggi di dalamnya. Flavanoid adalah jenis antioksidan yang melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Dari artikel berjudul Why You Should Start Your Day With Lemon Water (Greatideas.People.com), air lemon benar-benar memberikan manfaat kesehatan secara efektif. Setelah bangun tidur, peraslah buah lemon segar yang dicampur dengan air hangat.

Amy Myers, MD, penulis The Autoimmune Solution, menjelaskan bahwa konsumsi air lemon hangat di pagi hari manfaatnya ada banyak, seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda lebih rileks untuk memulai hari.

Vicky Vlachonis , penulis The Body Doesn't Lie, menjelaskan bahwa minum air lemon sangat menyegarkan setelah olahraga pagi. Setiap pagi setelah berolahraga, peras 1/2 sampai 1 lemon ke dalam segelas air dan minum. Ini akan sangat menyegarkan tubuh.

Jumlah lemon tergantung dari kondisi masing-masing orang, umumnya antara ¼ hingga ½ lemon, lalu isi sisa gelas dengan air hangat.

Pada pagi hari disarankan untuk mengonsumsinya secara hangat, adapun pada siang atau malam hari maka Anda bisa mengonsumsi air lemon secara hangat ataupun dingin.

13. Membantu Penyerapan Zat Besi 

Memenuhi asupan zat besi sehari-hari adalah hal yang sangat penting, Anda bisa mengonsumsi air lemon yang manfaatnya membantu tubuh untuk menyerap asupan zat besi secara optimal.

Jika proses penyerapan zat besi oleh tubuh berjalan dengan baik, maka Anda akan memperoleh manfaat zat besi yaitu untuk kesehatan sistem syaraf, menjaga fungsi otak, memperkuat otot, mencegah anemia, untuk pembentukan enzim, dan untuk proses metabolisme tubuh (zat besi memegang peranan utama di dalam metabolisme tubuh).

14. Menjaga Kesehatan Jantung

Lemon mengandung vitamin C dalam kadar yang tinggi. Penelitian telah menemukan bahwa asupan buah yang mengandung vitamin C berkontribusi dalam penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebuah penelitian lain menemukan bahwa dengan mengonsumsi lemon secara rutin yang dibarengi dengan aktivitas fisik (olahraga) yang cukup maka dapat menghindari seseorang dari masalah hipertensi dan kolesterol tinggi.

Hipertensi (tekanan darah tinggi) dan kadar kolesterol tinggi merupakan penyebab seseorang terkena penyakit jantung.

Dari laman Medicalnewstoday.com, American Heart Association (AHA), menyebutkan bahwa buah jeruk (yang salah satunya lemon) dapat berkhasiat untuk menurunkan risiko penyakit stroke.

Pada sebuah studi data dari hampir 70.000 wanita selama 14 tahun menunjukkan bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi buah jeruk terbukti memiliki risiko 19% lebih rendah terkena penyakit stroke iskemik dibandingkan wanita yang jarang mengonsumsi buah jeruk.

Aedín Cassidy, Ph.D., penulis utama studi ini, mengatakan bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa buah yang tinggi asupan vitamin C telah dikaitkan dengan penurunan risiko stroke. Flavonoid yang hadir dalam buah tertentu diduga memberikan manfaat perlindungan dari masalah darah tinggi, gangguan fungsi pembuluh darah, dan peradangan.

Buah jeruk secara umum merupakan sumber flavonoid yang baik untuk melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular dan kanker.

15. Membuat Terlihat Awet Muda

Lemon mengandung tinggi vitamin C yang berdampak positif untuk kulit tubuh. Penelitian di Inggris telah menemukan bahwa asupan vitamin C yang tinggi dapat membuat keriput lebih sedikit kemunculannya.

Erin Palinski-Wade, seorang ahli gizi, menjelaskan bahwa vitamin C sebagai nutrisi yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas dan melindungi kulit, sehingga berkontribusi dalam mencegah masalah penuaan dini.

Selain itu, efek vitamin C pada kolagen membantu membentuk jaringan ikat di bawah kulit. Minum air lemon juga menghidrasi kulit sehingga membantu agar kulit terlihat lebih halus dan awet muda.

Efek Samping Lemon

Air lemon yang kaya manfaat kesehatan ini umumnya aman untuk diminum, namun terdapat efek samping dari minum air lemon. Kandungan asam sitrat di dalam lemon berpotensi mengikis enamel gigi.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir dampaknya hendaknya Anda minum air lemon dengan menggunakan sedotan, dan setelah minum air lemon Anda perlu berkumur-kumur dengan air putih. Selain itu, disarankan agar Anda lebih sering memilih air lemon yang hangat.

Kandungan asam sitrat juga bisa memicu masalah nyeri ulu hati (heartburn) pada sebagian orang. Dengan begitu, Anda tidak boleh mengonsumsi air lemon dalam jumlah yang terlalu banyak dan sering.

Referensi: 
7 Ways Your Body Benefits from Lemon Water. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-lemon-water. Accessed July 26, 2018.
15 Amazing Benefits Of Lemon. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-lemon.html. Accessed July 26, 2018.

loading...


Tulisan Terkait: