12 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan, Diet, Kulit Cerah dll

Walaupun rasanya sangat asam, tapi buah lemon memiliki banyak manfaat kesehatan. Lemon diketahui memiliki nutrisi vitamin C yang tinggi.

Mengenai kandungan lemon, lemon kaya akan vitamin C, serat, dan berbagai senyawa yang bermanfaat untuk  kesehatan. Bahkan beberapa penelitian menemukan bahwa lemon bermanfaat untuk kesehatan jantung, kesehatan pencernaan, mencegah kegemukan dan lainnya.


Manfaat Lemon


1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Khasiat buah lemon baik untuk kesehatan jantung. Lemon memiliki kandungan vitamin C berlimpah, bahkan satu buah lemon memberikan 31 mg vitamin C, itu memenuhi sekitar 50% kebutuhan harian tubuh akan vitamin C.

Dengan begitu, mengonsumsi lemon membuat Anda tidak akan kekurangan asupan vitamin C. Riset menemukan bahwasanya mengonsumsi buah yang tinggi vitamin C dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Kehebatan lemon dalam menjaga kesehatan jantung tidak cuma berasal dari kandungan vitamin C saja. Lemon mengandung serat serta senyawa lain yang secara efektif menekan faktor risiko pemicu penyakit jantung. 

Senyawa yang terkandung dalam lemon yaitu hesperidin dan diosmin sudah terbukti bisa menurunkan kolesterol. Riset menunjukan bahwa mengambil asupan 24 gram ekstrak serat lemon setiap hari selama 4-5 minggu, secara ampuh  mampu menurunkan kadar kolesterol.

Kesimpulan: Lemon mengandung tinggi vitamin C yang berkhasiat untuk kesehatan jantung, serta beberapa senyawa lain yang terkandung dalam lemon bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah.


2. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Di dalam tubuh ada organ hati yang berfungsi untuk detoksifikasi, yaitu berfungsi untuk membersihkan racun serta zat-zat tidak berguna agar keluar dari dalam tubuh. Ketika fungsi organ hati sedang tidak maksimal, manfaat air lemon bisa membantu memuluskan proses pembuangan zat-zat tidak diperlukan dari dalam tubuh.

Lemon kaya akan serat yang disebut pektin, berkontribusi dalam menjaga kesehatan dan fungsi usus. Lemon juga mengandung asam sitrat berfungsi meningkatkan produksi urin, menghindari masalah batu ginjal serta melancarkan pencernaan.

Kandungan asam sitrat bermanfaat untuk mencegah batu ginjal dengan cara meningkatkan volume urin dan menambahkan pH urin. Hal ini sangat penting agar pembentukan batu ginjal tidak terjadi.

Hanya dengan mengambil 1/2 cangkir (125 ml) per hari, manfaat jus lemon bakal mencukupi kebutuhan tubuh akan asam sitrat, khasiatnya meminimalisir resiko penyakit batu ginjal. Beberapa riset telah membuktikan bahwa kandungan di dalam lemon secara efektif melawan batu ginjal.

3. Manfaat Lemon Untuk Diet

Manfaat minum air lemon dapat membantu menurunkan berat badan. Lemon sudah umum diketahui sebagai asupan penurun berat badan. Lemon mengandung serat pektin larut yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Minum air lemon hangat bisa menolong penurunan berat badan. Sebuah riset menunjukan kandungan senyawa di dalam lemon membantu mencegah peningkatan berat badan dengan beberapa metode. Riset lain menunjukan bahwa kandungan di dalam lemon berkontribusi dalam penurunan berat badan, massa lemak dan trigliserida.

4. Menghidrasi Tubuh

Suatu keharusan untuk minum air putih yang mencukupi kebutuhan tubuh dalam setiap harinya, hal itu karena keadaan tubuh yang kekurangan cairan (dehidrasi) akan menurunkan kesehatan tubuh secara umum, misalnya tubuh jadi mudah terserang penyakit flu dll.

Kondisi tubuh yang kurang cairan juga menyebabkan masalah penurunan kinerja otak, suhu tubuh tidak stabil, rusaknya suasana hati, batu ginjal dan sembelit. Manfaat air jeruk lemon secara efektif menghidrasi tubuh, sehingga mencegah tubuh kekurangan cairan (dehidrasi).


5. Mencegah Anemia

Manfaat jeruk lemon dapat menangkal anemia. Hal itu karena lemon mengandung tinggi vitamin C dan asam sitrat yang berfungsi dalam mengoptimalkan proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Seperti diketahui bahwa kekurangan zat besi menjadi penyebab penyakit anemia.

Jangan sampai Anda kekurangan asupan zat besi karena sangat rentan terkena anemia. Lemon juga mengandung zat besi, tapi peran utama lemon yaitu memaksimalkan proses penyerapan zat besi dari asupan yang dikonsumsi.

Lemon menjadi superfood karena kaya akan vitamin C dan asam sitrat, ini memastikan Anda terlindungi dari penyakit anemia dengan cara membuat tubuh menyerap zat besi sebanyak mungkin dari asupan yang dikonsunmsi.

6. Sumber Vitamin C

Manfaat lemon untuk kesehatan sangat besar sebab lemon merupakan sumber vitamin C yang baik Lemon kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan utama guna melindungi sel-sel tubuh dari bahaya serangan radikal bebas.

Bahaya serangan radikal bebas ke dalam tubuh dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker. Fungsi vitamin C juga berkontribusi dalam proses penyerapan zat besi, mensintesis kolagen serta produksi hormon dalam tubuh.

Manfaat minuman lemon membuat Anda tercegah dari kekurangan vitamin C. Dampak buruk jika tubuh kekurangan vitamin C yaitu mudah lelah, mudah sakit, kulit kering, mudah terpapar infeksi, mulut dan mata kering, gangguan tidur dll.

7. Menurunkan Risiko Stroke

Khasiat air lemon dapat menurunkan risiko stroke. Sebuah penelitian tahun 2012 menemukan bahwa kandungan flavonoid dalam buah lemon membantu menurunkan risiko stroke iskemik pada wanita.

Stroke iskemik merupakan jenis stroke yang paling sering dijumpai, pemicunya ialah adanya gumpalan darah yang menghalangi aliran darah ke otak.

Pada sebuah studi data yang meneliti pada puluhan ribu wanita berusia di atas 14 tahun, menemukan bahwa orang-orang yang secara rutin mengonsumsi buah jeruk dan lemon berisiko lebih rendah terkena stroke iskemik hingga 20%.


8. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat lemon dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Minum air lemon sebelum makan berkhasiat meningkatkan kesehatan serta memperbaiki fungsi pencernaan.

Lemon mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk meningkatkan sekresi asam lambung, itu adalah suatu cairan di pencernaan yang berperan dalam memecah dan mencerna makanan. Manfaat lemon untuk lambung bisa sangat berarti bagi kesehatan tubuh.

Riset menunjukan bahwa minum air lemon sebelum makan bisa meningkatkan fungsi pencernaan dan melancarkan proses pergerakan makanan melalui usus. Kandungan serat pektin di dalam lemon juga berkontribusi dalam kesehatan pencernaan, termasuk menyingkirkan gangguan pencernaan seperti sembelit dll.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat buah lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya yang terkandung di dalam lemon bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, alhasil tubuh tidak mudah jatuh sakit.

Orang yang mudah jatuh sakit (seperti terkena flu, batuk, demam dll) kemungkinan karena kekurangan asupan vitamin C, maka mengonsumsi lemon disarankan.

10. Mengatasi Hipertensi

Manfaat lemon bisa menjadi keajaiban untuk melawan masalah tekanan darah tinggi, seperti diketahui bahwa hipertensi adalah masalah sangat serius. Manfaat minum air lemon setiap hari dapat membantu Anda agar terhindar dari hipertensi.

Riset menunjukan bahwa rutin mengonsumsi lemon yang diselingi dengan kegiatan jalan kaki yang cukup dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

11. Manfaat Lemon untuk Mulut dan Gigi

Yang jarang disadari ternyata terdapat manfaat jeruk lemon untuk kesehatan gigi. Sebuah riset menunjukan bahwa kekurangan vitamin C beresiko tinggi memicu periodontitis (infeksi gusi). Kandungan di dalam lemon memiliki khasiat untuk membersihkan gigi. Sehingga ahli kesehatan menyarankan memakai pasta gigi yang mengandung lemon.

Selain itu lemon dapat menyegarkan mulut. Jika Anda baru saja mengonsumsi makanan yang memiliki bau tajam seperti bawang dan semacamnya, dengan minum air lemon bakal membuat mulut kembali segar dan wangi.

12. Manfaat Lemon Untuk Kulit

Khasiat buah lemon ternyata bermanfaat untuk kesehatan dan tampilan kulit. Minum jus lemon dapat bermanfaat untuk meminimalkan kerutan, komedo dan mencegah penuaan dini.

Anda bisa mengonsumsi jus lemon yang dicampur dengan air dan madu, manfaatnya bakal membuat kulit Anda menjadi tampak bercahaya. Apalagi sering dijumpai produk kesehatan dan kecantikan kulit yang mengandung lemon sebagai bahan utamanya.

Manfaat minum air lemon untuk kulit yaitu menjadikannya tampak segar, cerah, melindungi kelembapan, serta menanggulangi munculnya garis halus dan keriput. Hal ini karena vitamin C dalam lemon berperan penting dalam pembuatan kolagen dalam tubuh. Fungsi kolagen sangat penting dalam menjaga kesehatan serta elastisitas kulit.

Selain itu, kegunaan vitamin C dalam lemon yakni sebagai antioksidan yang melindungi sel kulit dari bahaya radikal bebas. Radikal bebas yang berasal dari polusi dan sengatan sinar matahari di siang bolong dapat merusak sel kulit serta menyebabkan kulit kusam.





Baca Juga: