14 Manfaat Kunyit Berdasarkan Penelitian untuk Kesehatan, Pengobatan & Kulit

Kunyit
Kunyit | Photo credit: Wikipedia.org

Kunyit mempunyai cita rasa khusus yang kerap dibutuhkan buat bahan pelengkap (tambahan) makanan. Tak hanya buat kebutuhan kuliner, kunyit juga sejak dulu kerap disertakan dalam dunia pengobatan dan semisalnya.

Pada kunyit terkandung kurkumin (senyawa yang memberikan warna kuning pada kunyit). Senyawa ini disebutkan memiliki sejumlah khasiat penting buat pengobatan dan kesehatan.

Kunyit dinilai salah satu 'ramuan' paling kuat guna melawan penyakit. Adapun manfaat kunyit sudah banyak diteliti, sekarang telah terdapat lebih dari 10.000 artikel ilmiah membuktikan khasiat kunyit untuk banyak hal.

Khasiat Kunyit untuk Kesehatan Fisik, Psikis, Pengobatan, Kulit dll


1. Turunkan Kolesterol

Manfaat kunyit untuk kesehatan yaitu dapat turunkan kolesterol tinggi. Obat statin umum digunakan untuk mengelola kolesterol, tapi penggunaannya menimbulkan efek samping.

Penggunaan obat statin memang bisa menurunkan kolesterol, namun tidak mampu mengatasi penyebab awalnya yaitu stres oksidatif dan peradangan.

Para ahli kesehatan menyadari tentang efek samping obat statin, sehingga ahli kesehatan merekomendasikan curcumin dan minyak ikan sebagai alternatif. Penelitian yang diterbitkan di Drugs in R & D tahun 2008 menemukan tentang peran kurkumin yang luar biasa. Zat kurkumin bekerja secara efektif meredakan stres oksidatif dan inflamasi pada pengobatan kolesterol tinggi.

2. Redakan Stres dan Depresi

Sejumlah riset sudah menemukan khasiat kunyit mampu meredakan gejala depresi secara efektif. Dimana kunyit dinilai punya fungsi antidepresan.

Beberapa riset yang mencari tahu khasiat kunyit untuk antidepresan, diantaranya yaitu riset yang dipublikasikan di Pharmacology Biochemistry and Behavior dan Behavioural Brain Research.

Peneliti memperkirakan kurkumin mampu mempengaruhi kinerja neurotransmitter melalui elemen neurotropik. Hal inilah yang membuat kunyit ampuh untuk meredakan stres dan depresi.

Penelitian menunjukan bahwa pasien mentolerir kurkumin secara efektif, yang setara fluoxetine guna meredakan depresi. Sehingga kurkumin menjadi layaknya obat alami guna mengatasi depresi ringan tanpa efek samping.

Kurkumin secara signifikan mampu memperbaiki suasana hati dan gejala yang berhubungan dengannya, serta memiliki efek antidepresan bagi mereka yang mengalami depresi mayor.

Konsumsi makanan dengan campuran bahan kunyit menjadi cara simpel buat meredakan depresi. Kurkumin bekerja buat menghambat monoamine oxidase yang memicu depresi. Disarankan Anda menyertakan-nya dalam masakan sehari-hari.


3. Hindari Diabetes

Khasiat kunyit yaitu mencegah dan melawan diabetes. Dari laman Can Turmeric Help Manage or Prevent Diabetes? (Healthline.com), penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu mengobati dan mencegah diabetes. Senyawa aktif kunyit bernama kurkumin memberikan segudang keuntungan.

Zat kurkumin mampu secara efektif menekan jumlah glukosa darah serta menghindari terjadinya komplikasi akibat diabetes. Peneliti menyebutkan kurkumin berkontribusi pada penurunan resiko diabetes.

Manfaat ekstrak kunyit mampu menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi dampak buruknya yang memicu komplikasi (banyak penyakit berbahaya). Ekstrak kunyit kini bisa dibeli dalam bentuk suplemen yang dijual bebas.

Kunyit berkontribusi dalam mengatasi permasalahan diabetes, tapi kunyit tidak bisa menjadi pengganti obat yang diresepkan dokter.

Secara rutin konsumsi 1-2 gelas minuman kunyit dalam sehari membantu atasi diabetes. Minuman kunyit bermanfaat mencegah pembekuan atau penggumpalan darah, dengan kata lain juga mencairkan darah yang beku.

Badan juga merasa selalu bugar dengan mengkonsumsi minuman kunyit. Kunyit punya peran sebagai anti-glikemik, menyeimbangkan kadar insulin tubuh, menurunkan jumlah gula darah yang melewati batas dan meminimalisir terjadinya resistensi insulin.

Kunyit juga menjaga berat badan agar tidak kegemukan, hal ini sangat vital dalam upaya mengatasi diabetes. Zat kurkumin berkontribusi guna menghilangkan penumpukan lemak di tubuh.

4. Keindahan Kulit

Manfaat kunyit yaitu dapat menjaga kesehatan dan keindahan kulit. Kunyit punya peran sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang telah terbukti memberikan keuntungan buat kulit. Diantaranya bermanfaat buat keindahan kulit, bikin kulit berkilau atau cerah, menenangkan pori-pori kulit, mengurangi jerawat dll.

Pada riset dipublikasikan di Phytotheraphy Research tahun 2016 menemukan kunyit mempunyai manfaat antioksidan, anti-inflamasi, anti-mikroba dan anti-neoplastik. Zat aktif kunyit berupa kurkumin diketahui bisa digunakan secara medis guna pengobatan beberapa macam penyakit dermatologi.

Antioksidan punya fungsi vital agar melindungi sel tubuh dari bahaya serius akibat serangan radikal bebas. Dimana itu tidak hanya berdampak buruk pada kulit, tapi bahkan bisa memicu penyakit kronis seperti kanker dll.

Konsumsi kunyit bermanfaat dalam mencegah munculnya tanpa penuaan dini (kulit keriput dll) dan melanin.

5. Turunkan Berat Badan

Manfaat kunyit yaitu dapat menghindari seseorang dari masalah obesitas. Penelitian telah menemukan bahwa kandungan senyawa kurkumin pada kunyit berkontribusi membatasi pertumbuhan sel lemak (yang menjadi pemicu obesitas).

Kunyit juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah yang melampaui batas, faktor seperti ini amat vital bagi kesehatan (termasuk berkontribusi untuk menghindari obesitas).

Kunyit bermanfaat agar memaksimalkan proses pembakaran lemak pada tubuh, yang nantinya berkontribusi besar dalam menyukseskan upaya diet.

Kunyit punya peran anti-peradangan yang bekerja melawan beberapa molekul pemicu peradangan. Gangguan peradangan ini berkaitan pada penyakit metabolik seperti obesitas.

Sehingga konsumsi bahan alami kunyit dapat menjadi solusi untuk membantu upaya diet. Kunyit juga memiliki kandungan antioksidan yang berkontribusi dalam penurunan berat badan berlebih.


6. Cegah Kanker

Beberapa penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa kurkumin mempunyai khasiat melawan kanker, mencegah pertumbuhan sel kanker dan memusnahkannya.

Kurkumin mempunyai efek anti-kanker, terutama guna melawan kanker usus, payudara, perut dan kulit. Sejumlah penelitian yang telah dilakukan menemukan bahwa kunyit berperan dalam melawan sel kanker.

Senyawa kurkumin punya fungsi sebagai anti-kanker, anti-inflamasi dan antioksidan. Semuanya itu amat vital pada upaya menghindari dan melawan kanker, termasuk meminimalkan efek samping perawatan kanker seperti kemoterapi atau lainnya.

Konsumsi kunyit membantu melawan sel kanker, mencegah pertumbuhan lesi pre-kanker (terutama jika terjadi kanker mulut), melawan penyebaran kanker ke bagian lain, dan meredakan peradangan.

Kunyit punya fungsi anti-karsinogenik yang begitu vital untuk mencegah kanker.

Kunyit juga berkhasiat sebagai pelindung kemoterapi dan radiasi. Kemoterapi (dan terapi serupa) memunculkan dampak, kurkumin berkhasiat buat meminimalisir masalah toksisitas akibat perawatan kemoterapi.

7. Detoksifikasi

Khasiat kunyit yaitu dapat bermanfaat sebagai detoksifikasi. Dalam sehari-hari tubuh selalu berisiko kemasukan bahan kimia, asap kendaraan, polusi, zat aditif, dan banyak lainnya. Ramuan kunyit berkhasiat memaksimalkan proses pembersihan racun dari dalam tubuh.

Fungsi utama organ hati yakni membersihkan atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Bahan alami kunyit membantu fungsi detoksifikasi oleh organ hati.

Kandungan dalam kunyit bekerja untuk memicu pembuatan empedu oleh kantung empedu. Dimana hati membutuhkan empedu untuk proses pembersihan racun pada tubuh.

Fungsi empedu juga untuk mengoptimalkan mekanisme peremajaan sel-sel hati. Sel-sel hati memiliki fungsi penting dalam memecah senyawa berbahaya.

Karena keuntungan ini, kunyit sejak dulu sudah dimanfaatkan pada metode penyembuhan Ayurvedic dan Cina guna memperbaiki gangguan pencernaan dan hati.

8. Meredakan Nyeri

Kunyit punya peran sebagai antioksidan, anti-peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan luka. Riset membuktikan kunyit berkhasiat untuk meredakan nyeri pada mereka yang mengalami masalah arthritis.

Peneliti menilai kunyit mampu mengurangi nyeri dengan cukup efektif. Kandungan di dalamnya mempunyai potensi menurunkan resiko rheumatoid arthritis, bahkan beberapa jenis kanker.

Kunyit juga berkhasiat secara efektif dalam mengurangi sakit dan pegal-pegal secara alami. Beberapa zat aktif di dalamnya berkontribusi mengurangi nyeri.


9. Kaya Antioksidan

Dampak radikal bebas sangat membahayakan, diantara bahayanya yaitu memicu penyakit kanker. Paparan polusi udara, asap kendaraan, asap rokok, sinar matahari, ozon, radiasi, bahan kimia industri, makanan yang terkontaminasi pestisida dll, itu semua merupakan pemicu masuknya radikal bebas pada tubuh dengan jumlah besar.

Antioksidan punya peranan vital dalam menangkal radikal bebas. Senyawa kurkumin menjadi antioksidan yang mampu menjaga sel tubuh dari paparannya, dan mencegah dampak buruknya.

Riset dipublikasikan di Advances in Experimental Medicine and Biology menjelaskan tentang fungsi antioksidan dan anti-inflamasi yang dimiliki kurkumin, serta menjelaskan tentang cara kerja kurkumin.

Fungsi terapeutik dari kurkumin, dianggap terkait dengan peranannya sebagai antioksidan dan anti-peradangan.

Radikal bebas menyebabkan kerusakan oksidatif DNA dan protein yang memicu komplikasi patologis kronis seperti kanker, aterosklerosis dan gangguan neurodegeneratif. Kurkumin dinilai mempunyai manfaat besar guna melawan gangguan patologis ini.

Kurkumin bermanfaat penting guna menetralisir serangan radikal bebas.

Dampak buruk radikal bebas menyebabkan masalah:
  • Alzheimer.
  • Hipertensi.
  • Penuaan dini.
  • Kerusakan oksidatif pada sel.
  • Aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah).
  • Penyakit iskemik (stroke dan penyakit jantung).
  • Artritis.
  • Kanker.

10. Meningkatkan Daya Ingat

Riset membuktikan kunyit berkontribusi memperbaiki kekuatan memori. Mereka yang mengambil asupan kurkumin, diketahui mengalami peningkatan kemampuan pada tugas yang berkaitan dengan daya ingat.

Ilustrasi Daya Ingat
Photo credit: Flickr.com / A Health Blog

Secara rutin konsumsi kunyit bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi secara signifikan, serta memperbaiki suasana hati.

Khasiat senyawa kurkumin mempromosikan peningkatkan memori, khususnya pada mereka yang terkena alzheimer dan demensia.

Konsumsi kunyit bermanfaat buat penderita Alzheimer. Beberapa gejala yang dirasakan penderita alzheimer seperti rasa cemas yang berlebihan atau semacamnya, kunyit bermanfaat guna meredakan masalah seperti itu.

Senyawa kurkumin bekerja untuk mencegah atau meminimalisir peradangan otak, fungsi ini amat vital guna melawan alzheimer, depresi dll.

11. Kesehatan Jantung

Gangguan jantung telah diketahui sangat mengerikan. Kurkumin menawarkan khasiat untuk melawan peradangan dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Kandungan dalam kunyit memberikan efek positif terhadap kesehatan jantung. Riset membuktikan ekstrak kunyit punya peran antioksidan yang nantinya berdampak positif untuk kesehatan dan fungsi organ jantung.

Kunyit secara alami berpotensi menurunkan resiko kegagalan fungsi jantung di masa mendatang. Kandungannya mempunyai peranan vital dalam menghindari pembekuan darah dan menjaga kelancaran aliran darah.


12. Redakan Nyeri Sendi

Kandungan dalam kunyit bekerja membantu mengurangi nyeri. Penelitian membuktikan kunyit bekerja secara ampuh mengobati rasa sakit ringan akibat rheumatoid arthritis.

Peneliti menemukan mereka yang mengkonsumsi kunyit mengalami penurunan gejala nyeri. Kunyit mempunyai manfaat hebat dalam mengurangi rasa sakit secara cepat, tanpa memunculkan dampak negatif.

Kurkumin bermanfaat buat mengatasi gangguan yang berhubungan radang sendi. Riset yang dipublikasikan di Phytotherapy Research tahun 2012 membuktikan kurkumin bekerja lebih baik dibandingkan obat anti-inflamasi untuk meredakan rheumatoid arthritis.

Selain itu, penggunaan kurkumin diketahui tak memunculkan efek samping yang membahayakan. 

13. Sembuhkan Kulit Gatal

Kunyit bisa menjadi cara alami yang ampuh buat menanggulangi kulit gatal. Konsumsi kunyit bermanfaat untuk mengatasi atau mengurangi gatal pada kulit, hingga problem luka bakar. Hal itu disebabkan kunyit mempunyai peran antiseptik.

Sediakan segelas yang berisi campuran kunyit dan susu, konsumsi satu kali dalam sehari agar bisa sembuh dari gatal ataupun luka bakar.

Kunyit berkhasiat menghindari kemerahan pada kulit, dimana ini berkat kandungan dalam kunyit yang bekerja melawan peradangan.

14. Redakan Nyeri Haid

Kunyit memberikan khasiat penting buat wanita yang sedang haid. Khasiatnya mampu meredakan nyeri ketika haid. Tidak jarang minuman kunyit direkomendasikan pada wanita yang sedang menstruasi.

Kurkumin bekerja agar mengurangi nyeri pramenstruasi. Kurkumin bisa memengaruhi otak, redakan nyeri dan memperbaiki suasana hati. Juga, mengkonsumsi kunyit bakal memberikan tambahan energi dan mencegah badan lemas.

Kunyit punya aktivitas estrogenik yang merangsang uterus, itu berguna untuk kelancaran siklus menstruasi. Kandungan kurkumin meredakan efek kembung saat masa menstruasi.

Selain itu, dalam masa-masa menstruasi menyebabkan tubuh akan lebih berisiko terserang infeksi. Kunyit berkhasiat sebagai anti-mikroba yang mencegah serangan infeksi akibat bakteri atau kuman.

Khasiat lainnya dari kunyit yaitu meningkatkan stamina tubuh, melancarkan menstruasi, mengatasi masalah nyeri haid dan keputihan.

Efek Samping Kunyit

Penelitian menemukan konsumsi 490 mg kunyit setiap hari selama seminggu tak menyebabkan efek samping.

Tetapi, jika konsumsi kunyit dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan dampak buruk berupa:
  • Gangguan pada organ hati.
  • Detak jantung jadi abnormal
  • Gangguan perut dan pencernaan.
  • Reaksi alergi, seperti ruam.
  • Kontraksi uterus.
  • Perdarahan.
  • Gangguan pada kantung empedu.
  • Mengurangi kesuburan pada pria.

Referensi Lainnya:




Baca Juga: