20 Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Ampuh

Perut Buncit

Usaha mengecilkan perut buncit juga dikenal dengan istilah ‘membakar lemak‘, yakni bertujuan untuk menghilangkan lapisan lemak berlebih.

Tidak jarang perut buncit ini membuat seseorang tidak percaya diri. Untuk mengecilkan perut buncit bukanlah hal yang berat, hanya saja memang perlu waktu.

Cara Mengecilkan Perut Buncit


1. Kurangi Ngemil di Malam Hari

Metabolisme tubuh menurun drastis saat malam hari, serta seseorang akan jarang bergerak di malam hari. Sehingga jangan menyamakan porsi makan siang dengan malam.

Jika Anda makan banyak di malam hari, bahkan terlalu sering ngemil di malam hari, maka dari sinilah lemak dan kalori berlebih akan menumpuk di tubuh.

Mengemil di malam hari kurang baik, oleh karena itu batasi ngemil di malam hari, sesekali saja. Juga, makan malam jangan terlalu malam (misalnya jam 10 malam).

Dianjurkan makan malam paling larut adalah 90 menit sebelum waktu tidur malam. Contohnya, Anda tidur jam 09.30 malam, maka jangan makan malam lebih dari jam 08.00 malam.

2. Hindari Makanan Cepat Saji

Sebuah hal yang paling dihindari dari fast food (makanan cepat saji) yaitu lemak jenuhnya yang berpotensi bikin ukuran perut susah ideal, serta sangat tidak sehat apabila sering disantap.

Burger

Apabila mau mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food, maka sesekali saja, jangan terlalu sering. Termasuk yang perlu Anda batasi konsumsinya yaitu mie.


3. Hindari Konsumsi Alkohol

Umum dipahami orang bahwa konsumsi alkohol bukanlah asupan yang direkomendasikan, salah satu akibat dari konsumsi minuman beralkohol adalah bikin perut menjadi melar. Selain juga berdampak buruk bagi kesehatan secara umum.

Kandungan di dalam alkohol membuat kerja organ hati menjadi berat dalam menetralisir makanan, termasuk pada zat lemak dari asupan yang disantap. Akibatnya sulit untuk punya bentuk perut ideal.

4. Memasak Sendiri

Hindari mengerjakan diet ekstrim, yakni dilakukan secara berlebihan, diet ekstrim cuma memberikan manfaat sementara. Melakukan diet ekstrim justru menyebabkan tubuh tidak memperoleh nutrisi wajib, yang bisa memicu gangguan kesehatan.

Agar bisa 'melenyapkan' lemak dari dalam tubuh caranya yaitu dengan mengambil asupan seimbang, termasuk mengambil asupan yang kaya akan protein dan serat.

Agar bisa menjalani diet sehat, disarankan memasak sendiri. Hal itu karena jadinya Anda dapat mengetahui betul komposisi makanan yang disantap. Dalam memasak makanan, juga hendaknya dengan sedikit minyak atau kalau bisa hindari.

5. Mulailah Rutin Berolahraga

Cara mengecilkan perut buncit yaitu dengan melakukan aktivitas fisik. Olahraga sudah pasti menjadi syarat wajib agar bisa menyukseskan program ini. Jika ada orang yang selama sebulan tidak berolahraga dan kurang aktivitas gerak tubuhnya, sangat berisiko menyebabkan penimbunan lemak.

Jogging Ayah dan Anak
Jogging Ayah dan Anak | Photo credit: Pixabay.com

Tidak perlu melakukan olahraga yang rumit dan sulit. Anda cukup melakukan olahraga yang sederhana saja. Seperti olahraga jalan cepat, maka ini sudah bisa membakar lemak.

Anda dapat mengerjakan olahraga yang bervariasi lainnya seperti berlari santai, main bulu tangkis, berenang dll. Jogging bersama teman-teman juga bakal lebih seru dan menyenangkan.


6. Tukar Kebiasaan

Disarankan Anda mencoba sesekali untuk menggunakan layanan transportasi massal atau mungkin bersepeda untuk pergi kantor. Menerapkan strategi ini ampuh bikin tubuh menjadi banyak bergerak, sehingga membantu program mengecilkan perut.

Kemudian, sesekali cobalah pakai tangga di tempat kerja dibandingkan lift. Pokoknya, usahakan bergerak sebanyak mungkin.

Menukar kebiasaan semacam ini memang tak memberikan hasil secara instan, tetapi hal ini sebenarnya amat membantu agar membuat sukses program mengecilkan perut.

7. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C bermanfaat dalam mengurangi kadar hormon kortisol. Menekan kadar hormon kortisol nantinya memberikan banyak kegunaan, diantaranya yaitu menghindari penumpukan lemak di dalam tubuh.

Asupan dengan nutrisi vitamin C tinggi yaitu jeruk. Pastikan Anda mengkonsumsi buah tinggi vitamin secara rutin.

8. Hindari Langsung Tidur Setelah Makan

Keadaan semacam ini yaitu termasuk mereka yang suka ngemil saat larut malam, dimana saat itu kondisi metabolisme yang tak melakukan pembakaran asupan yang dikonsumsi.

Adapun secara umum, baik siang maupun malam maka jangan langsung tidur setelah makan, karena memicu penumpukan lemak pada tubuh. Serta, usahakan agar makan di awal malam.

9. Istirahat dan Tidur Berkualitas

Urgen untuk mengimbangi aktivitas sehari-hari, dimana setelah bekerja keras seharian maka perlu beristirahat cukup, yang membuat stamina kembali pulih.

Hasil riset menemukan saat seseorang sering tidur larut malam, akibatnya di dalam tubuh terjadi peningkatan ghrelin secara signifikan, yang memicu dorongan untuk makan secara berlebihan.

Selain itu, sering tidur larut malam menyebabkan tubuh kurang memproduksi hormon leptin. Kekurangan hormon tersebut, akibatnya membuat seseorang susah kenyang. Kondisi ini menimbulkan ‘bencana’ berupa makan yang tidak terkontrol.

Sehingga agar program Anda berhasil, jaga pola tidur Anda dan sangat disarankan untuk tidur di awal malam (di bawah jam 09.00 malam).

Untuk tidur lebih nyaman dan sehat disarankan agar mematikan lampu, alhasil tidur pada keadaan gelap gulita.


10. Minum Air Putih

Cara menghilangkan perut buncit yaitu dengan minum air putih. Riset menemukan minum air putih dapat memperlancar dan mengoptimalkan fungsi metabolisme.

Para ahli sudah menjelaskan, meningkatnya atau tercukupinya kebutuhan cairan tubuh nantinya bermanfaat dalam mengatasi penumpukan lemak di tubuh secara lebih efektif.

Untuk itu, perlu memperhatikan akan kecukupan konsumsi air putih. Sebab selain sehat, juga sangat berguna dalam upaya mengecilkan perut buncit.

Tapi jangan berlebihan dalam mengkonsumsi cairan atau air putih, karena juga tidak baik.

11. Batasi Konsumsi Gula

Gula terdapat banyak sukrosa dan fruktosa yang cuma dapat diurai oleh liver. Ketika anda mengkonsumsi gula, fruktosa akan masuk ke dalam liver. Dan apabila fruktosa terlalu banyak, maka liver akan mengubah fruktosa menjadi lemak.

Gula, baik dalam bentuk padat ataupun cair memiliki dampak yang sama bagi tubuh. Konsumsi gula juga termasuk dari minuman kaleng atau botol.

Untuk itu jika ingin mengkonsumsi gula atau yang manis-manis maka pilih konsumsi buah asli saja. Buah mengandung gula alami (tetapi juga jangan dikonsumsi berlebihan).

Buah mengandung serat tinggi yang mampu menetralisir dampak dari rasa manis yang dikonsumsi.

12. Perbanyak Konsumsi Protein

Asupan protein memiliki peranan penting dalam mengurangi berat badan. Mengkonsumsi asupan protein bermanfaat untuk menghindari makan berlebih, serta agar metabolisme berjalan dengan baik sehingga lemak dan kalori mampu dibakar secara optimal.

Sebuah riset menemukan bahwa mengkonsumsi protein hewani bermanfaat besar dalam meminimalkan resiko perut buncit. Maka, penting mengkonsumsi asupan protein yang dapat diperoleh dari telur, daging, ikan, daging ayam, daging bebek.

Hendaknya mengkonsumsi asupan protein yang bukan dari hasil olahan. Contoh makanan olahan seperti telur asin, keju, kornet dll.

13. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Tips mengecilkan perut buncit yaitu pastikan mengkonsumsi makanan berserat, sebab diantara pemicu perut buncit yaitu tidak optimalnya fungsi pencernaan.

Memenuhi asupan serat akan melancarkan kinerja usus dan berkontribusi untuk melarutkan timbunan lemak. Sumber asupan tinggi serat yang dianjurkan yaitu apel, pir, strawberry, pisang, ubi jalar, wortel dll..

14. Terapkan Metode: Kurangi Porsi Makanan Tapi Frekuensi Lebih Sering

Dengan tidak mengambil asupan yang terlalu banyak (pada sebuah sesi waktu makan) berguna agar menyukseskan usaha mengecilkan perut.

Namun, apabila Anda mengalami kelaparan maka jangan dipaksa, untuk mengakalinya yakni memperbanyak frekuensi makan tapi lebih sedikit porsinya.

Ini sebuah strategi yang lumayan ampuh agar terhindar dari konsumsi terlalu banyak asupan. Dengan porsi setengah piring, sehingga frekuensi makan yakni sebanyak 3, 4 atau 5 kali (per hari).


15. Hindari Stres Sebisa Mungkin

Mengapa stres perlu dihindari? Hal itu karena stres bisa mengakibatkan terjadinya ketidakstabilan hormon di dalam tubuh, gangguan hormon di dalam tubuh dapat menghambat proses pemecahan gula atau glukosa di dalam tubuh.

Jika kondisi ini terjadi dalam jangka yang panjang, dapat mengakibatkan kandungan kalori yang didapat dari makanan yang dikonsumsi akan tertimbun di dalam tubuh.

Untuk Menghindari stres maka Anda harus:
  1. Menghindari pikiran yang terlalu berat.
  2. Jalani kehidupan dengan gaya hidup sederhana.
  3. Memilih teman-teman yang baik.
  4. Hindari kegiatan yang negatif atau buruk. Dan lakukan kegiatan yang bermanfaat.
  5. Usahakan untuk membuang rasa kebencian pada orang lain di dalam hati.
  6. Jangan berburuk sangka pada orang lain.

16. Teh Hijau

Teh hijau dari dahulu diyakini mampu membantu mengurangi berat badan, termasuk melancarkan program Anda saat ini. Disarankan secara berkala minum teh hijau, seperti 5-7 kali per minggu.

Teh Hijau
Photo credit: Shutterstock.com / By Chiociolla

Tapi jangan minum teh hijau setelah makan, tunggu dahulu sekitar 2 jam atau lebih. Konsumsi teh hijau juga perlu dilakukan tanpa campuran gula.

Minum teh hijau juga berguna agar menghindari Anda makan terlalu banyak. Kandungan di dalam teh hijau bermanfaat untuk proses metabolisme, yang sangat berguna agar pembakaran lemak berlebih berjalan secara optimal.

17. Konsumsi Buah Nanas

Kandungan bromelain menjadi manfaat nanas yang begitu penting, kandungan tersebut berfungsi sebagai anti-peradangan, serta bekerja untuk menjaga metabolisme protein di dalam tubuh agar berjalan dengan baik.

Nanas
Photo credit: Wikimedia.org

Penelitian menemukan bahwa kandungan buah nanas bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah diare, menjaga kesehatan usus dan menghindari kegemukan. Maka, hendaknya menyempatkan buat mengkonsumsi buah nanas.

18. Konsumsi Buncis

Buncis kaya akan protein serta antioksidan berupa flavanoid. Dari hasil sebuah penelitian oleh para ahli yang berlangsung 14 tahun lamanya, menemukan bahwa kandungan antioksidan terbukti efektif menurunkan penumpukan lemak di dalam tubuh.

19. Konsumsi Makanan untuk Mengecillkan Perut Buncit
  • Buah semangka, kaya kandungan air yang memaksimalkan proses detoksivikasi racun dan kotoran dari tubuh.
  • Kacang-kacangan, punya kandungan serat tinggi. Jenis yang disarankan yakni kacang mete, kacang merah, almond dll.
  • Oatmeal, bermanfaat membantu mengurangi lemak di tubuh, menjaga kadar gula dalam darah, dan juga kaya kandungan serat.
  • Tomat, berkontribusi atau berguna buat mencegah penumpukan lemak di tubuh.

20. Hal Lainnya untuk Mengecilkan Perut Buncit
  • Apabila sedang lapar maka konsumsi makanan saja, tapi asupan yang diambil hendaknya yang kaya kandungan protein dan serat, karena dapat menjadikan tubuh kenyang dalam waktu lama.
  • Hindari kebiasaan makan permen karet manis karena terdapat gula yang terlalu banyak.
  • Jangan duduk terlalu lama. Anda perlu menghindarinya, usahakan agar tubuh bergerak.
  • Sebuah kesalahan jika enggak sarapan, sebab di pagi hari tubuh sangat membutuhkan asupan gizi. Tidak sarapan mengakibatkan seseorang enggak punya energi untuk beraktivitas, serta berisiko makan terlalu banyak di siang hari.
  • Hendaknya agar mengutamakan mengkonsumsi nasi merah.
  • Anda harus membatasi konsumsi asupan tinggi kalori, alkohol, rokok, soft drink, permen, es krim, sirup serta camilan manis.
  • Mengkonsumsi makanan yang diolah melalui metode direbus, panggang dan dibakar lebih baik daripada digoreng. Sehingga juga, perlu menghindari gorengan.
  • Agar Anda dapat lebih sukses dalam mengecilkan perut buncit, disarankan Anda menggunakan piring kecil. Hal ini ternyata mampu menghindari makan terlalu banyak.
  • Berjalan dengan posisi yang tegap, demikian juga duduk dengan posisi tegap (tidak membungkuk).




Baca Juga: