19 Tips Menghilangkan Pilek Secara Cepat dan Alami

Cara Mengobati Pilek
Photo credit: adobe.com|kmiragaya

Pilek sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Beberapa gejala umum dari penyakit pilek yaitu bersin, batuk, hidung meler, demam dan sakit kepala.

Tips Menghilangkan Pilek Secara


1. Pola Hidup

Perbaiki pola hidup, cucilah tangan terutama setelah memegang benda kotor. Lalu pastikan memakai lap bersih buat mengeringkan tangan.

Kamu juga bisa mencuci tangan dengan bantuan cairan antiseptik. Jangan memegang hidung ketika tangan kotor.

Hal lain yang harus dilakukan yakni istirahat dan tidur mencukupi, memperbanyak minum air putih dan makan bergizi (hindari junk food).

Apabila kamu pilek dengan adanya rasa demam, dapat mengkonsumsi obat parasetamol guna meredakan demam.

2. Stop Merokok

Merokok bikin keadaan pilek menjadi sangat buruk. Dengan begitu hendaknya berusaha berhenti merokok.

Merokok saat pilek harus dihindari, sebab merokok mengakibatkan dahak di saluran pernafasan semakin banyak dan menumpuk, yang bakal memperburuk gejala.


3. Rutin Berkumur dengan Air Bersih

Ketika mengalami pilek cobalah mulai rutin berkumur. Banyak berkumur nantinya sangat menolong buat menghilangkan atau menyingkirkan dahak dari jaringan sinus (yang itu terkait pada tenggorokan).

Dimana bagian itu rentan dengan perkembangan virus sehingga perlu rutin dibersihkan. Berkumur juga menghilangkan bau mulut tak sedap serta melindungi kesehatan lidah.

4. Jangan Tunda Buang Ingus

Pastikan membuangnya, ini penting dilakukan supaya juga mengeluarkan virus yang terdapat disana. Dengan begitu, ketika kamu bersin maupun membuang 'itu' berarti sama saja sedang mengeluarkan banyak virus dari dalam tubuh.

5. Pastikan Istirahat di Malam Hari

Cara mengatasi pilek dengan cepat yaitu jangan begadang dan pastikan tidur malam yang cukup. Saat pilek hendaknya banyak-banyak istirahat. Saat diharuskan bekerja di siang hari, pastikan pada malam harinya tubuh wajib istirahat (jangan begadang).

Tempat Tidur
Photo credit: Pxhere.com

Hindari begadang karena bakal mengakibatkan pilek lebih lama sembuhnya. Tidur malam sangatlah vital buat memulihkan kondisi serta agar mengoptimalkan daya tahan atau imun.

Adapun kurang tidur mengakibatkan imun melemah sehingga rentan infeksi. Istirahat malam yang berkualitas dan mencukupi bermanfaat menjadikan badan fit dan merasa fresh pada pagi harinya.


6. Konsumsi Minuman Hangat

Kondisi pilek (apalagi disertai demam) menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan dalam jumlah signifikan, baik itu melalui keringat dan lainnya. Disarankan rutin meneguk minuman hangat, diantaranya air putih maupun teh hangat dll.

Minuman Hangat
Photo credit: Dreamstime.com

Dikala pilek, meneguk teh hangat sudah menolong sekali buat menyegarkan dan memperkuat badan.

Cara mengobati pilek secara alami yaitu utamakan konsumsi yang hangat-hangat, khususnya minuman hangat. Penelitian menemukan bahwa teh memuat polifenol yang bermanfaat memperkuat imun tubuh. Cobalah agar rutin meneguk teh hangat.

Saat dalam kondisi ini ditekankan agar sering minum air, terutama air hangat untuk meredakan masalah hidung tersumbat serta mengencerkan lendir. Air hangat nantinya meredakan pilek yang dialami.

Bahkan penelitian menemukan bahwa segelas air putih bisa secara ampuh meredakan pilek dan batuk, serta menghambat perkembangan virus dan bakteri yang menyerang.

Peneliti juga menyebutkan bahwa manfaat air hangat meningkatkan aliran lendir yang terasa sangat mengganggu, sehingga nantinya melegakan pernapasan untuk mereka yang mengalami pilek, serta secara efektif meredakan masalah hidung mampet, batuk kering, dan rasa gatal di tenggorokan.

Sehingga, dikala mengalami pilek hendaknya membiasakan diri meneguk air putih hangat.

7. Tetap Makan

Kondisi pilek terkadang bikin enggak nafsu makan, sehingga penting untuk tetap makan walaupun dalam kondisi seperti ini. Penting diketahui, asupan sehat diperlukan buat memperkuat sistem imun guna membasmi virus.

Menyantap makanan bergizi sangat membantu buat menghancurkan virus pemicu penyakit. Biasakan banyak menyantap asupan sehat dan bergizi seimbang, tentunya menyertakan sayuran dan buah dalam menu makanan sehari-hari.

8. Minum Ramuan Ginseng

Kandungan di dalamnya berkontribusi secara efektif guna menghadapi virus penyakit. Kamu dapat bikin minuman dari bahan gingseng, misalnya minum teh yang terdapat campuran ginseng.

Riset menemukan bahwa ginseng bisa secara efektif memperkuat sistem imun. Ini amat membantu untuk mengatasi pilek yang melanda.

9. Sup atau Kaldu Ayam

Cara menghilangkan flu dengan cepat yaitu usahakan makan sup ayam. Saat pilek biasanya enggak nafsu makan, untuk mengatasinya bisa mencoba makan sup kaldu. Sup telah sangat populer dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Cina, Korea dan Jepang.

Sup Ayam
Sup Ayam | Photo credit: Wikimedia.org

Menyantap sup hangat dapat memperkuat daya tahan tubuh. Penderita pilek dapat menyantap sup sayuran panas yang berisi kaldu tulang atau ayam.

Kaldu yang dihasilkan dari tulang dan daging ayam bermanfaat untuk mengatasi radang yang dialami serta memperkuat kerja sel darah putih dalam membasmi virus.

Direkomendasikan mencampur dengan sayuran penuh vitamin seperti daun bawang, wortel, atau kentang. Aroma rempah-rempah dan uap panas dari sup ayam bisa melancarkan sistem pernapasan.

Sup ayam mempunyai khasiat sebagai anti-inflamasi berupa mengurangi nyeri atau radang. Menyantap sup ayam juga memberikan kenyamanan psikologis dan fisik.

Penelitian menemukan bahwa aroma, panas dan rempah sup ayam mampu membantu membersihkan sinus, membuka saluran udara dan mengatasi 'kemacetan' ketika pilek.


10. Mandi Air Hangat

Ini disarankan bagi mereka yang lagi pilek. Mandi air hangat bikin badan nyaman, serta mempermudah proses pembersihan atau keluarnya lendir melalui hidung.

Kamu juga disarankan menghirup uap panas guna meringankan masalah hidung mampet. Mandi air hangat bisa meningkatkan sirkulasi darah yang berkhasiat meredakan sakit kepala, umumnya pilek diiringi masalah sakit kepala.

Kamu bisa memberikan beberapa tetes minyak esensial seperti pepermint untuk relaksasi dikala mandi. Mandi air hangat juga membantu tidur lebih nyenyak dan melepaskan stres.

11. Hindari Memasukkan Jari ke Hidung

Hindari sering memegang wajah dan memasukkan jari ke hidung. Melakukan hal tersebut mengakibatkan virus gampang masuk ke saluran pernafasan. Dengan begitu, kebiasaan 'ngupil' merupakan kebiasaan yang kurang baik sehingga perlu dihilangkan.

12. Rileks

Perasaan stres berakibat pada keadaan tubuh jadi melemah. Sehingga kemampuan tubuh nantinya ikut melemah saat menghadapi virus dan bakeri.

Penyebab pilek lama sembuhnya kemungkinan akibat stres. Stres mengakibatkan pilek memburuk, termasuk mengakibatkan virus lebih leluasa untuk memicu penyakit pilek yang lebih parah.

Oleh karena itu, usahakan menyediakan waktu buat relaksasi (seperti meditasi, menenangkan pikiran dll) agar menghilangkan stres, hal ini nantinya bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan.

13. Makan Telur

Telur yakni asupan yang direkomendasikan buat dikonsumsi ketika tubuh sedang lemah, termasuk saat mengalami pilek. Hal itu karena di dalamnya terdapat nutrisi penting yakni protein dan asam amino, yang manfaatnya amat dibutuhkan tubuh guna membasmi virus atau bakteri.

Telur Rebus
Photo credit: Flickr.com / Counse

Kamu disarankan menyantap telur rebus. Konsumsi telur juga memberikan energi tubuh atau tenaga, dan sumber nutrisi lainnya yang amat vital. Jika lagi tak nafsu makan (makannya sedikit), telur mampu menggantikannya untuk memberikan energi yang mencukupi.


14. Minum Air Putih Lebih Sering

Fungsi air sangat vital dan tidak diragukan lagi, terutama untuk menghindari tubuh terkena dehidrasi. Manfaat minum air putih juga berkontribusi buat mengoptimalkan daya tahan tubuh, serta minum air mempermudah untuk menyingkirkan dahak dari tenggorokan dan hidung.

15. Manfaatkan Air Garam

Air yang sudah dicampur dengan garam membantu untuk menyingkirkan lendir di hidung atau tenggorokan. Air garam juga berkontribusi dalam upaya tubuh menghadapi virus yang memicu pilek.

Melakukan ini cukup ampuh untuk menyingkirkan lendir di saluran. Apabila mengalami pilek disarankan berkumur pakai larutan garam, manfaatnya termasuk dapat meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Larutan garam bekerja untuk 'menghancurkan' dahak yang menyumbat dan sangat mengganggu, yang kemudian bakal lebih gampang untuk dibuang atau dikeluarkan.

Agar memperoleh manfaat optimal, disarankan untuk melarutkan setengah sdt garam di secangkir air panas. Lalu pakai ramuan garam tersebut buat berkumur beberapa saat (jangan ditelan), disarankan 3 kali dalam sehari.

16. Terapi Uap

Metode ini dinilai sebagai cara alami yang efektif meredakan pilek. Langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama sediakan handuk ataupun yang semcamnya.
  2. Taruh baskom (ukuran sedang atau kecil), lalu masukan air panas.
  3. Taburkan secukupnya kayu putih / kunyit / jahe.
  4. Tunggu selama 5 - 10 menit
  5. Posisikan air hangat (yang telah dicampur rempah itu) tepat di bawah wajah (posisi menunduk)
  6. Selain itu, tutup kepala pakai handuk.
  7. Prosesnya sekitar 10-25 menit (tergantung seberapa sibuk kamu, tapi lebih lama lebih baik).

17. Konsumsi Buah Vitamin C

Cara menghilangkan pilek dengan cepat yaitu perbanyak makan buah-buahan. Mengkonsumsi tinggi vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan pilek.

Vitamin C nantinya berperan sebagai antioksidan alami yang melawan infeksi. Direkomendasikan agar makan superfood seperti jeruk. Vitamin C dapat mencegah maupun mempercepat penyembuhan pilek, syaratnya harus dikonsumsi banyak (mencukupi).

Buah Jeruk
Photo credit: Pexels.com

Dengan mengkonsumsi vitamin C, dapat mempercepat waktu penyembuhan pilek. Jika mengkonsumsi vitamin C sesuai kebutuhan, maka selain memperoleh manfaat vitamin C sebagai antioksidan, juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Termasuk mencegah perkembangan virus penyebab pilek.


18. Konsumsi Makanan Mengandung Cabai

Capsaicin pada cabai bermanfaat pada proses pembersihan saluran hidung. Saat pilek menjangkiti, kamu bisa konsumsi sup ditambah lada secukupnya. Bisa juga konsumsi makanan lain yang campurannya cabai. Akan tetapi jangan berlebihan makan cabai, karena justru bikin sakit perut.

19. Campuran Madu dan Jahe

Pilek dapat diatasi secara alami, misalnya minum air jahe madu hangat. Sehingga jangan melulu mengandalkan obat tablet. Kandungan-nya bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, antioksidan pada madu bisa memperkuat daya tahan atau imun. Berikut penjelasannya.

Siapkan Bahan:
  • 1 gelas besar air
  • 3 sdm madu
  • 1 rimpang jahe (memarkan)

Langkah-langkahnya:
  1. Rebus air dengan jahe sampai mendidih. 
  2. Setelah jahe tampak matang, maka angkat. 
  3. Kemudian campurkan madu pada air jahe. Pastikan diaduk. 
  4. Tuangkan ke cangkir.
  5. Pastikan diminum ketika hangat, jangan sampai keburu dingin.

Kalau bisa, minum 3 kali dalam sehari, sehingga diharapkan pilek sembuh lebih cepat. Minum air jahe juga bermanfaat agar badan sehat, segar dan bugar.

Sebagai penutup, berikut asupan yang disarankan dikonsumsi saat pilek:

  • Wortel, mengandung vitamin A dan antioksidan guna memperkuat sistem imun. Juga terdapat vitamin B6 yang berkontribusi dalam produksi antibodi. Campurkan wortel ke dalam sup hangat.
  • Buah jeruk, lemon, anggur dan strawberry. Sebab kaya akan vitamin C yang memperkuat sistem imun. Vitamin C juga menjadi sumber flavonoid yang amat bagus, bermanfaat untuk meredakan infeksi di saluran pernapasan.
  • Brokoli dan sayuran berdaun gelap (seperti bayam). Sebab kaya akan vitamin C.
  • Daging rendah lemak, menjadi sumber protein yang super penting buat memperkuat kekebalan tubuh, agar tubuh lebih mampu untuk menghacurkan virus yang menyerang. Protein menjadi nutrisi yang sangat diperlukan buat memproduksi antibodi dan memaksimalkan pemulihan tubuh, termasuk supaya pilek dapat sembuh lebih cepat.
  • Air kelapa, mengandung kalium dan lainnya yang bermanfaat memenuhi elektrolit yang hilang (akibat keringat yang banyak keluar).
  • Air lemon hangat, bermanfaat memberikan rasa nyaman dan rileks, selain juga memperkuat sistem imun.
  • Minuman jahe, sudah dikenal ampuh mengatasi pilek dan batuk. Penelitian menemukan kandungan di dalan jahe bekerja untuk melawan virus.
  • Cabai, efeknya mampu membuka sinus dan menghancurkan lendir di saluran.
  • Pisang, karena dapat menenangkan dan memberikan energi pada badan.
  • Blueberry, karena mengandung aspirin alami yang bermanfaat meredakan demam dan rasa nyeri.




Baca Juga: