37 Game Balap Mobil & Motor Terbaik (Untuk PC & Android)


Bagi Anda penggemar game mobil dan balapan, saya akan share banyak game bergenre tersebut, langsung saja berikut di bawah ini.

Game Balap Mobil / Motor Untuk PC:

1. GRID 2

GRID merupakan sebuah game racing dengan misi perlombaan, sederhananya yaitu game balapan mobil. Game ii dibuat oleh perusahaan pengembang game yang sudah terkenal yaitu Codemaster.

Game GRID 2
Photo credit: Gratisjuegos.org

Game balapan mobil GRID 2 bercerita tentang seorang yang bernama Patrick Callahan yang memulai sebuah kompetisi atau perkumpulang kelompok balapan mobil khusus yang dinamakan World Series Racing (WSR). Maka Patrick Callahan mulai untuk merekrut orang-orang yang sangat ahli dalam balap mobil.

Kita sebagai salah satu pembalap jalanan yang direkrut olehnya, kita dituntut untuk meningkatkan popularitas World Series Racing. Dan inilah misi kita di dalam game ini, dan bagaimana cara untuk meningkatkan popularitas dari World Series Racing ini?

Yang akan dilakukan tentu saja dengan melakukan balapan dalam berbagai event balapan, seperti balapan normal atau biasa (Race), Endurance, Time Attack, Drift, Eliminator, Overtake, Touge, Face-off dan Checkpoint.

Pada beberapa jenis balapan tersebut terdapat yang cukup unik, seperti Eliminator, pada jenis balapan ini misinya adalah menghindari dalam balapan kita menjadi yang paling belakang, karena dalam hitungan waktu tertentu, mobil yang berada di paling belakang akan terkena diskualifikasi.

Sehingga fokus pada permainan adalah menghindari posisi paling belakang.

Ada lagi mode lainnya yang juga unik yaitu Overtake, dimana mobil yang berlomba harus menyusul truk-truk yang jalannya pelan.

Ada juga jenis balapan yang sangat sulit seperti mode Touge, dimana yang membuat sulit adalah mobil yang dikendarai tidak boleh tertinggal dan tidak boleh menabrak mobil lawan. Tentunya jika memainkan mode ini maka siapkan kesabaran yang ekstra.

Game GRID 2 memiliki sistem permainan baru bernama LiveRoute. Ada beberapa pada circuit race yang kita tidak bisa melihat pada mini-map, sehingga rute balapan akan selalu berubah secara dinamis.

Contohnya jika sebelumnya pada sebuah persimpangan jalan kita belok ke kanan, ketika kita tiba di persimpangan jalan yang sama, bisa saja jalanya lurus atau belok ke kiri.

Sehingga dengan fitur permainan seperti ini yang memang cukup menantang, maka difokuskan untuk konsentrasi dalam melihat jalan atau rute.

Pilihan Kustomisasi Penampilan Mobil Kurang Oke!

Mobil yang digunakan dalam permainan ini disesuaikan seperti merek aslinya yaitu Nissan, BMW, Chevrolet, Mazda, Ford, Honda, dan GRID 2, sehingga akan memiliki suasana yang menyenangkan karena merek mobil pada game ini sesuai dengan keadaan di dunia nyata.

Selain itu ada juga berbagai track yang istimewa untuk balapan seperti tempat balapan resmi seperti di Indianapolis dan Cote d'Azur, lalu ada juga balapan di kota Hong Kong, Miami, Paris dan berbagai track balapan lainnya.

Yang terasa kurang pada game ini adalah kurangnya piilhan untuk kustomisasi penampilan mobil, sehingga hal ini mungkin membuat orang-orang yang sangat suka kustomisasi menjadi kecewa dan bosan. Dimana kita hanya terbatas untuk mewarnai mobil, mengganti ban mobil, dan memasang sticker sponsor saja.

Game ini memiliki spesifikasi atau persyaratan sistem yang cukup tinggi, karena memang grafis gamenya sangat baik. Minimum memory: 2 GB RAM (Rekomendasi 4 GB RAM), Hard Drive: 15 GB HD space.

-Website resmi: http://www.codemasters.com

-Steam: http://store.steampowered.com/app/44350/GRID_2

Lisensi game GRID 2: Berbayar

2. The Crew

Game The Crew yang merupakan game balapan multiplayer online, tidak tanggung-tanggung dalam menggelar aksinya. Permainan ini membuat Anda setidaknya bisa berkendara 10 ribu kilometer di jalanan tanpa dibatasi apapun.

Game The Crew
Photo credit: Gamesradar.com

Anda bisa memilih tampilan yang nyaman dalam mengemudikan mobil, baik dari dalam maupun luar mobil. Di dalam permainan, Anda akan terus disibukkan dengan berbagai aktivitas, jumlah dan jenisnya beragam.

Di dalam permainan Anda akan berperan sebagai Alex Taylor, seorang pembalap liar yang tidak mau terikat dengan apapun, termasuk organisasi pembalap yang didirikan kakaknya.

Alex dijebak atas pembunuhan. Alex mendekam di penjara atas kejahatan yang tidak dilakukannya hingga datang Zoe, agen FBI yang ingin menumpas kejahatan Couburn dari dalam.

Akhirnya agen Zoe membuat kesepakatan dengan Alex untuk membantunya dalam meringkus orang yang bertanggung jawab atas kejahatan tersebut. Alex akan menyusup ke dalam organisasi kejahatan yang brutal.

Usaha Alex dimulai dari bawah, dimana diawali dari dirinya yang diterima menjadi anggota resmi organisasi “5-10” tersebut. Dirinya akan menjalani berbagai tugas yang diberikan bos, yang menguasai sebuah negara bagian di Amerika Serikat.

Adapun berbagai tugas yang diberikan bermacam-macam, mulai dari balapan biasa, menghantam mobil lawan hingga hancur, dan lainnya.

Peta yang digunakan untuk The Crew adalah Amerika Serikat, yang memiliki wilayah sangat luas. Pada game ini, posisi semua kota dan jalanannya mirip seperti aslinya di dalam peta.

Anda dengan menggunakan mobil tercepat akan menghabiskan waktu setidaknya 45 menit untuk berkendara dari pesisir barat hingga pesisir timurnya.

Skala zoom pada game ini mampu memperlihatkan keseluruhan benua Amerika dalam satu layar, sampai ketinggian 50 meter dari tanah.

Yang menarik di dalam permainan, setiap tantangan akan memberikan hadiah part mobil. Semakin tinggi kualitasnya maka mobil Anda akan semakin dapat diandalkan.

Anda nantinya akan bermain dengan berbagai bentuk balapan, serta akan mengarungi berbagai daerah. Kerusakan mobil tidak akan terlalu berpengaruh buruk selama tidak mencapai ambang terparah.

Banyaknya kendaraan dipengaruhi dari tempat Anda berada, perkotaan atau pedesaan. Jika Anda berkendara di daerah pedesaan maka jumlah mobil cenderung sedikit, kendaraan didominasi oleh truk besar.

Adapun jika Anda balapan di kota besar seperti New York, Anda akan menemui jalanan yang macet dan banyak terdapat taksi kuning. Kondisi malam hari jauh lebih sepi di jalanan dibandingkan pagi atau siang.

Jangan remehkan sapi di jalanan, apalagi jika jumlahnya banyak. Selain itu, lalu lintas yang padat bisa menyebabkan Anda menabrak tanpa disengaja sehingga kalah.

Tapi polisi menjadi ancaman utama bagi para pembalap jalanan, mereka bisa saja memburu mobil Anda dengan sangat ganas. Hukuman dari Anda tertangkap polisi adalah membayar tilang dalam jumlah yang besar.

Segala aktivitas yang bisa Anda ikuti tidaklah selalu terlihat jelas di peta. Untuk menemukan beragam icon tersebut, maka temukan antena satelit berbentuk parabola yang tersebar di beberapa wilayah.

Setelah Anda menemukan antena satelit, maka ratusan misi menanti. Setiap misi memiliki batas level yang perlu dipenuhi terlebih dahulu.

Terdapat banyak aktivitas permainan, seperti menaiki bukit, berkendara dengan kecepatan tinggi tanpa keluar dari jalur, melarikan diri dari sebuah daerah, tes slalom, melompat jauh, dll.

Anda akan memperoleh part mobil yang berbeda pada setiap medali kemenangan yang diperoleh. Terdapat medali Bronze, Silver, Gold, dan Platinum.

Dengan mendapatkan medali tertinggi di tantangan skill, membuat Anda dapat meningkatkan kemampuan mobil jauh di atas rata-rata.

Untuk mencari mobil rahasia dari Hotrod yang dipencarkan menjadi 20 bagian di setiap daerah Amerika, cara mencarinya dengan antena satelit, dimana pemain harus terlebih dahulu membuka sinyal untuk memperkirakan tempatnya. Lalu mencarinya di satu daerah dengan memakai alat indikator radar.

Terdapat fitur Fast Travel untuk mencapai daerah tertentu tanpa perlu repot. Pada peta, arahkan pointer kemana saja, lalu gunakan Fast Travel.

Game The Crew
Photo credit: Gamekult.com

Anda bisa mendandani mobil Anda dengan cat, beragam stiker, dan onderdil body lainnya.

Semua rekor yang berhasil Anda raih bisa dibandingkan dengan pemain lainnya di seluruh dunia.

Anda harus terus online untuk memainkan game ini, walaupun Anda hanya bermain sendirian. Disconnect dari server akan sangat mengesalkan sekali.

The Crew memiliki konsep agar pemainnya memiliki kebebasan yang luar biasa untuk berkelana di negara Amerika yang luas.

Kelebihan:
  • Ada sistem pengembangan melalui level.
  • Mudah mencari pemain lain untuk coop dan pvp.
  • Banyak rahasia untuk ditemukan.
  • Dapat teleport dengan mudah (Fast Travel).
  • Tampilan menarik dan kendaraan mudah dikendalikan.

Kekurangan:
  • Harus selalu online ke server game.
  • Tingkat kesulitan bermain cukup tinggi.

Cocok untuk gamer: Penggila balapan, suka gameplay grinding, banyak memiliki waktu luang.

Tidak cocok untuk gamer: Tidak sabaran, suka balapan simulasi, sibuk bekerja.

Website resmi: https://www.ubisoft.com/en-us/game/the-crew

3. Need for Speed: Rivals

Game Need for Speed Rivals dirilis November 2013, dikembangkan oleh Ghost Games, dan diterbitkan oleh Electronic Arts. Untuk memainkannya, disarankan untuk memiliki memori RAM 4 GB dan Free HDD 30 GB.

Game Need for Speed: Rivals
Photo credit: Softonic.com

Anda akan merasakan permainan yang open world untuk menjelajah setiap lokasi yang ada. Terdapat lokasi-lokasi rahasia yang berfungsi sebagai tempat persembunyian bagi pembalap yang sedang dibuntuti polisi.

Anda bisa membuka setiap mobil yang ter-lock untuk digunakan. Saat balapan, Anda akan mengalami beberapa kondisi cuaca seperti hujan, panas dan salju.

Anda bisa memainkan mode full career progreesion, dengan memilih menjadi seorang polisi atau pembalab. Jika memilih karir sebagai polisi, Anda akan dihadapkan pada 3 tipe karir yang bisa dimainkan yakni patrol, undercover, dan enforcer.

Di dalam permainan, terdapat fitur sistem sosial (disebut AllDrive), untuk mungkinkan pemain mengajak pemain lain untuk ikut bermain. Hal ini menjadikan pemain bisa terlibat dalam co-op gameplay ataupun bermain satu lawan satu dengan pemain lain.

Jika karir pemain terus naik, maka pemain bisa memperoleh akses untuk menggunakan mobil balap yang lebih bagus, selain itu dapat membeli suku cadang dengan kualitas lebih tinggi.

Anda bisa memodifikasi kendaraan Anda. Pemain seorang polisi akan menghadapi latihan agar bisa menjadi anggota dari Redview Country Police Department.

Sehingga pemain kemudian akan bergabung menjadi anggota polisi.

Beberapa merek mobil terkenal yang ada di dalam game yaitu Ferrari, Porsche, Aston Martin, Ford Mc claren, BMW, Mercedez Benz, Lamborghini, Pagani, dll.

Permainan balapan juga dikemas dalam tampilan 3D yang nyata dan efek mengesankan.

KELEBIHAN
-Game bersifat Open World
-Terdapat mode permainan balapan baru
-Grafis yang sangat baik
-Fitur online Alldrive
-Pilihan bermain untuk pembalap dan polisi
-Integrasi offline da online mode

KEKURANGAN
-Kurangnya kostumisasi terhadap mobil
-Misi yang dilakukan suka diulang-ulang sehingga agak membosankan
-Efek tabrakan yang kurang terlihat sempurna
-Kontrol keyboard yang kikuk

Lisensi: Berbayar

Situs resmi: https://www.ea.com/games/need-for-speed/need-for-speed-rivals

4. Ride 2

Game Ride 2 dirilis pada tanggal 27 Maret 2015, pengembang dan penerbitnya adalah Milestone S.r.I. Untuk memainkan Ride 2 disarankan memiliki memori RAM 4 GB dan Free HDD 35 GB.

Game Ride 2
Photo credit: Ridevideogame.com

Ride 2 memiliki tampilan grafik yang bagus, tajam dan halus. Game ini sangat cocok untuk Anda yang suka game balapan motor.

RIDE 2 sebagai lanjutan game sebelumnya yaitu RIDE, dapat dikatakan ini suksesornya karena pada saat RIDE 1 launching, mendapatkan respon yang sangat besar dari para gamer.

Pada tampilan menu, Anda akan melihat pilihan menu seperti World tour Events, Quick mode, My Bike, Myrider, My team, Challenges, Online, Option, dll.

Pada game Ride 2 terdapat penambahan beberapa merk motor baru seperti Mr Martini dan Magni. Terdapat kategori balap baru seperti supermoto, superbike dan Naked classic bike. Sehingga game simulasi balap motor ini menjadi lebih variatif dari versi sebelumnya.

Game Ride 2
Photo credit: Lightningamer.com

Pada bagian modifikasi motor, Anda dapat menkostumisasi motor berdasarkan part-part yang ada, misalnya jika Anda menggunakan motor aprilia rsv4 maka Anda bisa mengupgrade mesin, knalpot, filter udara  dan lainnya.

Pada bagian aksesoris, terdapat merk helm lokal seperti KYT yang bisa Anda gunakan.

Hal yang juga mengejutkan adalah hadirnya track indonesia pada Game ride 2 ini. Terdapat beberapa perubahan pada physic atau gerakan pada RIDE 2, selain itu gameplay terasa  lebih sulit dan lebih realistik (mirip seperti kenyataan). 

Game Ride 1 dan Ride 2 hampir sama saja sebenarnya, tapi movement dan pergerakan dari pembalap dalam ride 2 ini sangat berbeda. Karakter motor sangat disesuaikan dengan aslinya.

Motor dengan mesin v4 mudah sekali dikendalikan, berbeda dengan h2 yang karakteristiknya sangat liar dan sulit di kendalikan, tapi kelebihannya memiliki power besar dan topspeed yang sangat tinggi.

Gameplay RIDE 2 tampaknya mengalami peningkatan yang signifikan, walau memang lebih sulit dimainkan tapi sepertinya lebih menantang dan mengasyikan.

Yang menjadi kekurangan game Ride 2 adalah detail motor yang agak kurang rapi, dan AI masih belum terlalu smart.

Lisensi game: Berbayar

Steam: http://store.steampowered.com/app/477770/Ride_2

5. Need for Speed Shift 2: Unleashed

Game ini dirilis tanggal 29 Maret 2011, dikembangkan oleh Slightly Mad Studios, dan diterbitkan oleh Electronic Arts. Untuk memainkannya disarankan agar Anda memiliki memori RAM 2 GB dan menyediakan free HDD 7 GB.

Need for Speed Shift 2: Unleashed

Perkembangan karier pembalap ditandai dengan peningkatan level. Seperti halnya gamr RPG, pemain akan memperoleh nilai experience seusai menjalankan balapan. Selain itu, beberapa kondisi di dalam balapan dapat meningkatkan perolehan poin, sehingga level pun meningkat dengan lebih cepat.

Anda bisa mendapatkan bonus ketika memperoleh waktu rekor lap tertinggi, berada di posisi satu selama satu lap penuh, tidak membiarkan mobil Anda lecet, dll.

Dengan level yang lebih tinggi, maka Anda pun akan bisa memperoleh uang yang lebih banyak. Anda harus meningkatkan kemampuan mobil dengan cara membeli atau upgrade bagian mobil.

Gunakan uang yang Anda peroleh dari balapan untuk meningkatkan aspek-aspek mobil, diantaranya nitro, drive train, engine, force induction, dan suspension.

Autolog merupakan fitur online khusus NFS yang berguna untuk mempertemukan pemain NFS dari seluruh belahan dunia. Dimana nantinya Anda akan bisa mengadu balapan dengan pemain lainnya.

Pada mode Career terdapat beberapa jenis balapan, seperti Time Attack, Race, Endurance, Gauntlet, dan Drift. Untuk jenis Time Attack dan Race sudah umum diketahui.

Adapun mode Gauntlet akan menantang Anda untuk menyelesaikan sebuah track dengan menggunakan mobil tertentu. Nantinya mobil tersebut bisa menjadi milik Anda, sehingga Anda mendapatkan mobil baru dengan gratis.

Mode Endurance adalah tantangan ketahanan mengemudi, yang bisa memerlukan waktu cukup lama.

Mode Drift merupakan tantangan agar Anda mengumpulkan nilai dengan membuat selip mobil (Drift).

Secara umum, tingkat kesulitan lawan di game ini cukup tinggi. Sehingga permainan akan cocok bagi mereka yang benar-benar suka tantangan.

Di dalam permainan, terdapat jenjang kenaikan level, upgrade mobil dan tuningnya, dan juga musuh yang menantang.

Hanya saja game ini tidak memiliki fitur multiplayer LAN. Game ini cocok bagi Anda yang suka balapan simulasi, dan tidak cocok bagi Anda yang merasa alergi memainkan balapan simulasi seperti Gran Turismo.

Website resmi: http://www.needforspeed.com/game/shift-2-unleashed

6. MotoGP 14

Game MotoGP 14 dikembangkan dan diterbitkan oleh Milestone. Untuk memainkannya, disarankan untuk memiliki RAM 4 GB, dan sediakan Free HDD 18 GB.

Game MotoGP 14
Photo credit: Youtube.com

MotoGP 14 merupakan game racing dunia yang seru. Fitur-fitur baru yang ditmpilkan pada versi ini adalah kostumisasi rider seperti mengganti helm, sepatu, dll.

Terdapat peningkatan kualitas grafik game yang lebih bagus, suara dari motor terdengar lebih realistis, dan adanya perbaikan pencahayaan dan shading.

Perlombaan mencakup semua tim, pembalap dan sirkuit dari Kejuaraan Dunia MotoGP 2014, dengan mencakup semua 3 kelas: Moto3, Moto2 dan MotoGP.

Permainan menampilkan mode single player dan multiplayer. Mode single player meliputi Time Attack, Grand Prix, Kejuaraan, Karir dan Mode Skenario baru.

Mode karir mirip dengan judul sebelumnya, dimana Anda akan menjadi seorang pengendara pemula, dengan tujuan akhir menjadi Juara Dunia MotoGP. Anda juga akan mengelola sponsor dan juga melakukan upgrade kualitas motor.

Lisensi: Berbayar

Steam: http://store.steampowered.com/app/256390/MotoGP14

7. Blur

Game Blur dikembangkan oleh Bizarre Creations dan diterbitkan oleh Activision Blizzard. Untuk memainkannya, Anda perlu memiliki spesifikasi memori RAM 2 GB, dan menyediakan Free HDD 14 GB.

Game Blur
Photo credit: Comicbook.com Telechargerjeuxtorrent.com

Gaya balap Blur ini tidak hanya mengandalkan kecepatan saja, tapi memerlukan kekuatan dan kelincahan dari mobil yang digunakan.

Blur merupakan game bertipe Arcade Racing, dimana game ini tidak memiliki tingkat realitas yang tinggi, serta tidak terdapat kedetailan untuk mengatur suspensi, tekanan ban, dll.

Tapi bukan berarti semua yang ada di dalam game Blur adalah imajinasi semata, jenis-jenis atau merek mobil pada game ini seperti dalam kehidupan nyata.

Terdapat fitur berupa beberapa "Power Up" untuk meningkatkan kemampuan pada mobil yang dikendarai. Tapi yang paling utama dalam game Blur ini adalah skill mengemudi, walaupun tidak serumit game bertipe Racing Simulation, Anda akan memerlukan waktu untuk membiasakan diri dalam manuver-manuver ketika balapan.

Ketika balapan, Anda bisa mengambil power-up yang berada di lintasan balapan. Terdapat beberapa jenis power up, yaitu:
  • Shunt. Power up ini berguna agar mobil kita bisa mengeluarkan semacam bola api raksasa untuk menyerang lawan, jika bisa mengenai lawan maka Anda bisa memperoleh skor damage yang besar.
  • Mine. Dengannya, Anda akan menjatuhkan power-up di lintasan balap sebagai ranjau, sehingga mobil-mobil di belakang Anda akan beresiko mengenainya.
  • Barge. Walaupun tidak menghasilkan damage yang besar, tapi power up ini bisa melontarkan beberapa musuh sekaligus yang berada di dekat Anda. Power up ini berguna saat Anda berupaya melepaskan diri dari kepungan lawan. 
  • Bolt. Power-up ini untuk menyerang lawan memakai laser. Hasil damagenya tidak besar, tapi Anda bisa mengeluarkan 3 buah Bolt dari 1 power-up.
  • Shield. Musuh juga bisa menyerang Anda dengan power-up yang mereka miliki, sehingga Anda juga perlu power-up yang bertipe defensif. Power up berguna untuk melindungi Anda dari serangan-serangan musuh selama beberapa waktu. Ketika muncul peringatan bahwa Anda diserang maka segera gunakan power up ini.
  • Shock. Dengan menjalankan power-up ini maka beberapa kilat akan menyambar di sepanjang track. Kilat tersebut bisa mengenai musuh Anda dan juga Anda sendiri.

Anda hanya diijinkan untuk membawa 3 buah power-up sekaligus, sehingga gunakan power up yang paling Anda butuhkan. Anda bisa membuang power-up yang diperoleh tetapi dirasa kurang dibutuhkan.

Anda akan memperoleh “Light” setelah perlombaan, besarnya tergantung dari urutan Anda finish. Semakin cepat Anda mencapai garis finish maka semakin banyak perolehan Light. Kegunaan Light adalah untuk mengunlock event.

Anda juga harus memperhatikan penggemar / fans, sehingga selama balapan lakukan aksi-aksi yang menyenangkan para fans, nantinya Anda bisa memperoleh "Fans Points". Fans Point digunakan untuk me-unlock mobil.

AI pada game Blur ini cukup baik. Jika Anda bermain dalam mode Easy, AI dalam game ini terasa terlalu mudah untuk dikalahkan, dan terlalu mudah untuk mendominasi, maka cobalah tantangan mode Hard.

Anda bisa melakukan lomba dengan 19 musuh sekaligus. Walaupun hanya menawarkan 3 variasi event yang berbeda (4 apabila ditambah boss battle) dalam 9 chapter. Anda akan membutuhkan waktu lumayan banyak untuk bisa memenangkan semua event, dan mendapatkan semua mobil.

Game Blur juga mempunyai mode multiplayer yang cukup baik, bahkan dapat dikatakan lebih baik dari mode single-playernya. Anda bisa unlock beberapa item tambahan di dalam mode multiplayer ini.

Lisensi: Berbayar

8. Game F1 2017

Game ini dikembangkan oleh Codemasters, persyaratan spesifikasi game F1 ini yaitu memori RAM 8 GB dan Free HDD 40 GB.

Game F1 2017
Photo credit: Pcgamer.com Gamemag.ru

Game F1 merupakan sebuah game sport F1 yang bergenre balapan mobil. Dalam tiap edisinya, game F1 selalu menampilkan pebalap baru dan mobil yang mengusungnya.

Update mobil-mobil terbaru untuk tiap merk yang mengikuti kompetisi Formula 1 didunia nyata. Pada F1 2017 memperhitungkan banyak hal, seperti bobot bensin, temperatur rem, jenis kompon ban, tingkat keausan ban, cuaca, fuel mix, dll.

Sehingga Anda di dalam permainan tidak bisa mengerem dari titik 50 meter sebelum hairpin di Shanghai dan berharap tetap bisa melahap tikungan tersebut tanpa problem.

Terdapat perbedaan cukup signifikan antara F1 2016 dan F1 2017, pada versi F1 2017 Anda bisa menambah rotasi setir dan kecepatan tanpa kehilangan rear end seperti di dua tikungan Lesmo (hal ini tidak seperti di versi F1 2016).

Nilai positif:
+Lisensi resmi F1 untuk musim 2017
+Career Mode lebih dalam dibandingkan versi F1 2016
+Bisa melakukan impor pengaturan dari versi F1 2016
+Tersedia mobil-mobil klasik
+Fitur kustomisasi warna helm
+Terdapat beberapa mode permainan baru (termasuk pursuit)
+Fitur skala persentase tingkat kesulitan permainan
+Terdapat banyak driving aids
+Saat loading ke trek dapat sambil mengatur banyak opsi
+Development yang unik
+AI semakin realistis, berani menyalip dari sisi luar
+Countersteer sangat menakjubkan, namun masih terlihat realistis

Adapun yang menjadi kekurangan yaitu tampilan menu utama, podium dan animasi yang masih terkesan monoton.

Lisensi: Berbayar

Steam: http://store.steampowered.com/app/515220/F1_2017

9. Burnout Paradise The Ultimate

Pada game ini Anda akan balapan di sebuah kota bernama Paradise City. Terdapat beberapa jenis balapan, mulai dari balapan biasa, misi mencapai garis finish sambil diincar mobil, melakukan aksi stunt, dll.

Game Burnout Paradise The Ultimate
Photo credit: Cogconnected.com

Dalam memenangkan balapan beberapa kali, akan muncul sebuah mobil keren baru yang berkeliaran di jalanan kota. Agar bisa memiliki mobil tersebut maka Anda harus melakukan tantangan / misi untuk menghancurkan mobil tersebut.

Cara yang bisa dilakukan yaitu mendorong mobil ke pinggir jalan hingga terbentur-bentur dan hancur. Setelah mobil tersebut hancur maka akan dikirim ke “Junk Yard”, disana nantinya Anda bisa mengambil mobilnya.

Dari awal permainan, Anda akan melakukan eksplorasi pada banyak tempat din kota Paradise, seperti pegunungan, pantai, pusat kota, tempat latihan militer, pegunungan, pinggiran kota, dll.

Perlombaan balapan yang paling jauh jaraknya adalah 17 mil. Permainan pada game Burnout Paradise The Ultimate ini menantang Anda dalam hal kecepatan dan keterampilan.

Kenaikan level di dalam permainan ini ditandai dengan peningkatan grade lisensi SIM.  Dengan mengalami peningkatan level, maka Anda akan meghadapi berbagai mobil balap yang lebih tinggi kualitasnya.

Adapun secara umum, game Burnout Paradise The Ultimate ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Salah satu hal yang menyulitkan adalah tidak adanya panah yang membantu belok ke kanan atau kiri. Kondisi ini menyebabkan Anda bisa salah jalan padahal sedang dalam posisi pertama.

Sehingga jika tidak ingin nyasar, maka Anda harus membaca dan menghafalkan jalan di peta. Mobil balap akan dilengkapi dengan NOS.

Tampilan game ini dibuat cukup realitas, di tengah jalan Anda bisa melihat baliho-baliho iklan nyata, salah satunya burger Quikies.

Mobil musuh akan hancur ketika diserempet, menabrak trotoar, ataupun menabrak objek lain yang punya daya hancur kuat.

Di dalam game, Anda akan menemui cuaca yang berubah-ubah seperti cerah, panas, mendung, hujan dan salju. Selain itu, terdapat pergantian siang dan malam.

Selain itu, kecelakaan di jalan berpotensi menyebabkan kebakaran dan kekacauan rute. Seringnya kecelakaan terjadi di perempatan jalan.

Ketika Anda memainkan game ini, Anda akan melihat banyak tampilan-tampilan real seperti kehidupan nyata.

Lisensi: Berbayar

Steam: http://store.steampowered.com/app/24740/Burnout_Paradise_The_Ultimate_Box

10. Cars 2

Game Cars 2 ini tidak hanya tentang adu kecepatan. Game ini dikembangkan oleh Disney Interactive, yang diadaptasi dari film. Kontennya mengikuti versi filmnya yang menyasar penggemar muda dan anak-anak.

Game Cars 2
Photo credit: Disney.com

Salah mode permainan adalah misi training, yang dengannya untuk mempelajari cara memenangkan permainan.

Setiap menyelesaikan misi, Anda nantinya memperoleh poin, inti kegunaannya adalah untuk mendapatkan mobil baru ataupun misi baru.

Adapun aksi yang nantinya dapat Anda lakukan seperti drift, memakai boost, dll.

Saat bermain Anda akan mendengar secara jelas berbagai suara khas balapan, seperti perpindahan gear, mengerem, dll.

Masing-masing karakter memiliki skill spesial, salah satunya karakter Lightning McQueen yang dapat melaju walau dua rodanya diangkat keatas, berkendara secara mundur (tapi tetap cepat), melakukan trik-trik di udara, dll.

Terdapat fitur Attack, dimana selain Anda beradu cepat dalam balapan, Anda juga dapat menjatuhkan mobil lain dengan memakai senjata. Bisa dikatakan ini seperti yang ada pada game CTR.

Nah, jika Anda berhasil menjatuhkan satu musuh maka Anda akan memperoleh poin untuk mengisi experience meter, yang nantinya bisa dikutarkan dengan mobil baru atau membuka misi baru.

Game Cars 2 menampilkan Lightning McQueen dan kawan-kawannya. Mereka berusaha bergabung dengan McMissile Finn dan Shiftwell Holley untuk bisa menjadi mobil mata-mata profesional. Game ini sebenarnya tidak terlalu mengikuti seperti jalan cerita pada versi film.

Pada versi game Cars 2 semakin dikembangkan untuk memberikan pengalaman lebih menarik. Tersedia total sebanyak 35 karakter Cars untuk dilatih menjadi mobil mata-mata berkelas dunia.

Untuk membuka karakter Cars yang terkunci maka Anda harus memiliki poin (yang diperoleh dengan cara menjalani misi).

Masing-masing karakter Cars terbagi menjadi 3 kelas yaitu Light, Medium, dan Heavy. Berbagai tipe balapan yang ada yaitu balapan biasa, Battle Races, Hunter, Attack, dan Survival.

Pada Battle Races And bisa memakai berbagai jenis senjata untuk mengalahkan lawan. Anda bisa menembakan roket.

Anda juga bisa memacu mobil sekencang mungkin dengan memakai turbo. Selain itu, Anda bisa melakukan drift, melompat, berputar, berputar di udara, hingga berjalan sambil mundur.

Ketika Anda berada pada level lebi tinggi, maka AI lawan akan semakin agresif. Terdapat banyak lintasan balap, yang mencakup lokasi London hingga Jepang, dan juga tentu saja ada Radiator Springs.

Hal lainnya yang penting diketahui adalah terdapat jalan rahasia untuk lintasan balap. Untuk tampilannya, game ini Cars 2 ini mendukung fitur 3D.

Situs resmi: http://cars.disney.com/cars-2/games

11. Driver Parallel Lines

Game Driver Parallel Lines dikembangkan oleh Ubisoft Reflections dan dipublikasikan oleh Ubisoft. Game ini menceritakan tentang "TK" (The Kid) yang bekerja sebagai sopir untuk sebuah kelompok gangster di New York.

Game Driver Parallel Lines
Photo credit: Youtube.com

Dia kemudian diperkenalkan dengan dua gangster terkemuka yang lainnya yaitu Bishop dan "The Mexican". Selain itu terdapat Corrigan yang merupakan organisasi yang mendistribusikan kokain di New York City.

TK sebelumnya pernah dihukum selama 28 tahun di penjara. Game ini bersettingkan New york tahun 1978. Di dalam game ini Anda akan menemukan banyak misi yang sangat mengasyikkan.

Bisa dikatakan game ini mirip dengan GTA San Andreas, tetapi permainan akan sangat fokus kepada misi dan jalan ceritanya yang menarik.

Pada awal permainan terdapat misi untuk merampok sebuah minimarket, yang setelah itu Anda akan di buru oleh polisi. Dimana tugas Anda adalah mengantarkan si penjahat ke suatu tempat, namun Anda harus hati-hati karena polisi melakukan patroli ketat.

Anda hanya perlu mengantarkanya pada icon kuning di peta. Sehingga di dalam permainan, Anda akan sangat bergantung pada peta.

Di dalam permainan, Anda juga dapat memodifikasi mobil. Selain itu, Anda juga akan bertempur menggunakan pistol di dalam banyak misi. Terdapat banyak aksi-aksi menarik di dalam game ini.

Game ini menggambarkan suasana keras New York pada masa 70-an, hingga zaman modern sekarang. Di dalam game ini tersedia puluhan mobil dan sepeda motor, termasuk yang klasik. Anda bisa mengupgrade mesin, memasang kaca anti peluru, jendela berwarna, dll.

Steam: http://store.steampowered.com/app/21780/Driver_Parallel_Lines/

Game Balap Lainnya Untuk PC:

12. Euro Truck Simulator

13. Forza Horizan 3


Game Balap Mobil / Motor Android:

22. Asphalt Street Storm Racing (Android)

Asphalt Street Storm Racing merupakan game balapan buatan Gameloft, ini termasuk seri Asphalt baru yang mempunyai perbedaan gameplay yang terlihat ketika dibandingkan dengan seri-seri Asphalt dahulu.

Game Asphalt Street Storm Racing

Games ini akan menggunakan tema balapan drag racing. Saat balapan Anda akan melihat pemandangan 3D yang berkualitas di 3 kota besar untuk balapan yaitu Paris, New York dan Hong Kong.

Drag racing merupakan balapan di jalan lurus sepanjang 400 meter atau 800 meter, yang bisa melihatkan hingga empat pembalap sekaligus.

Sehingga Anda tidak akan menemukan belokan atau rintangan di dalam permainan.

Permainan hanya tentang kecepatan, namun Anda harus dapat dengan akurat melakukan pergantian transmisi, dan juga ketepatan menginjak pedal gas agar memperoleh akselerasi terbaik.

Saat awal permainan, Anda akan diperlihatkan panduan dasar bermain, yang menjelaskan tentang cara memilih mobil, menemukan momen tepat pergantian transmisi, cara upgrade kendaraan, dll.

Anda dapat membuka kota berikutnya dengan jumlah rangking tertentu. Tidak seperti pada versi sebelumnya yang memakai sistem uang untuk upgrade mobil, dan berlian untuk mempersingkat lamanya waktu upgrade.

Pada game Asphalt Street Storm menggunakan istilah “Subscribers”. Poin Subscribers akan bertambah secara otomatis ketika Anda berhasil menang. Subscribers sebagai tanda popularitas.

Subscribers dihitung untuk membuka kota baru. Pada perlombaan balap, arena 400 meter dan 800 meter dipilih secara acak.

Walaupun cara bermainnya simple, tapi grafis game Asphalt Street Storm ini tidak bisa dikatakan sembarangan.

Di dalam permainan juga terdapat mode upgrade, pada bagian mesin saja terdapat 5 sub upgrade seperti Pistons, Injection System, Distributor, dll.

Hal lainnya yang bisa diupgrade seperti rangka mobil, NOS, Turbo, knalpot, dan ban. Pada bagian ban juga terdapat sub upgrade dengan beragam pilihan.

Sebagai tips, lakukan upgrade pada sub mesin secara lengkap, sebelum Anda berpindah ke bagian lainnya. Lalu upgrade ban sesuai dengan kondisi cuaca pertandingan yang dihadapi.

Banyak hal lainnya yang menarik dari game Asphalt Street Storm, seperti membeli berbagai mobil menarik dalam tema sport, muscle cars dan hypercars, melawan pengguna lain di dunia, hingga mengustomisasi warna.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gameloft.android.ANMP.GloftSEHM

23. GT Racing 2 (Android)

Game GT Racing 2 dibuat oleh Gameloft, tema permainannya didesain realistis. Bahkan bisa dikatakan salah satu simulator balap terbaik untuk Android yang balapannya mirip dengan dunia nyata.

Game GT Racing 2

Di dalam permainan, nantinya Anda bisa memilih koleksi 81 mobil dari 37 produsen di seluruh dunia. Anda harus melatih skill mengemudi Anda pada game Gt Racing ini, dimana Anda bisa mengikuti lebih dari 1.400 event yang ada.

Terdapat lintasan asli Mazda Raceway Laguna Seca. Adapun koleksi mobil asli dari 30 lebih perusahaan seperti Ford, Nissan, Mercedes Benz, Ferrari, Dodge, Audi, dll.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gameloft.android.ANMP.GloftRAHM

24. Cars: Fast as Lightning (Android)

Game Cars: Fast as Lighting mengombinasikan 2 elemen unik yaitu balapan dan town building simulation. Balapan berjalan secara otomatis, dimana Anda hanya perlu melakukan gas supaya mobil dapat melaju, lalu melepaskannya saat akan menjumpai tikungan agar mobil tidak slip.

Kuncinya yaitu Anda harus mengetahui momen tepat untuk melakukan gas dan memperlambat gas.

Game Cars: Fast as Lightning

Setelah melakukan balapan, Anda akan kembali ke kota di mana para cars yang lainnya berkumpul. Disana Anda dapat membangun tempat tinggal, mengunjungi garasi, Anda nantinya bisa melakukan paint job, hingga dapat menghiasi kota dengan objek-objek yang ada.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.disney.cars3_goo

25. Real Racing 3 (Android)

Game ini merupakan besutan EA yang sudah sangat terkenal. Game ini memiliki gameplay yang cukup realistis, dimana permainan dan tampilannya dibuat seperti dunia nyata, sehingga Anda akan mendapatkan suasana balapan sugguhan.

Game Real Racing 3

EA mempertahankan kualitas visual Real Racing 3 yang baik. Terdapat trek lisensi resmi dengan 39 sirkuit di 17 lokasi di dunia nyata, 43 grid mobil, dan lebih dari 140 mobil dari berbagai produsen seperti Mercedes-Benz, Ford, Ferrari, Lamborghini, Aston Martin, dll.

Selain itu terdapat fitur Real-Time Multiplayer, Time Trials, leaderboards sosial, balap malam, dll.

Anda bisa upgrade untuk memaksimalkan kinerja mobil Anda. Game ini membutuhkan koneksi internet secara terus-menerus.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ea.games.r3_row

26. Real Drift Car Racing (Android)

Game Real Drift Car Racing ini cocok bagi Anda yang suka selap-selip dan nge-drift mobil. Game ini juga memiliki simulasi balap yang cukup realistis, tapi pengontrolannya masih terbilang sangat mudah.

Hanya saja game ini memiliki 2 versi, dimana versi gratis hanya dapat menikmati 4 sirkuit, sehingga Anda akan diminta upgrade ke versi berbayar untuk membuka semua sirkuit yang ada.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.realdrift.sipon

27. Asphalt Xtreme: Offroad Racing (Android)

Game Asphalt Xtreme: Offroad Racing ini merupakan game balapan besutan Gameloft. Pada serial game Asphalt ini akan membawa Anda untuk menjalani aksi balap ekstrem di banyak lokasi berbahaya yang eksotis, seperti perbukitan, padang gurun, hutan, dataran es, sungai, dll.

Game Asphalt Xtreme: Rally Racing

Nah, dalam melewati jalur yang super berbahaya ini, Anda akan mendapatkan pilihan mobil seperti jip, monster truck, dan lainnya. Total ada 50 mobil dari 7 tipe kendaraan yang dapat Anda nikmati penggunaannya.

Ada Jeep, Ford, Chevrolet, Mercedes-Benz, Predator, Dodge, dan banyak lainnya mobil balap off-road berlisensi terbaik.

Game ini memiliki 5 mode permainan, dan juga terdapat fitur multiplayer online yang dapat dimainkan hingga 8 orang pemain.

Anda dapat meningkatkan performa mobil milik Anda sendiri, selain itu juga dandani mobil Anda. Terdapat 300+ event dan 1.100+ tantangan lainnya.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gameloft.android.ANMP.GloftMOHM

Game Balap Lainnya Untuk Android:

28. Need for Speed: No Limits

29. Riptide GP 2

30. RE-VOLT 2 : Best RC 3D Racing

31. Horizon Chase

32. Mini Motor Racing

33. Hill Climb Racing 2

34. Offroad Legends 2 - Hill Climb

35. Asphalt 8: Airborne

36. Re-Volt 2 - Multiplayer

37. City Racing 3D

loading...


Tulisan Terkait: