GameSave Manager: Mengamankan, Back-up, Restore Data Save Game


GameSave Manager merupakan sebuah tool game, yang berguna untuk melakukan pengamanan / mengembalikan data save game, dengan cara melakukan back-up, restore, ataupun mentransfer data "save game" dari permainan game digital yang telah tersimpan sebelumnya di dalam komputer.

Tentunya akan sangat menyebalkan ketika kita bermain game, dengan waktu dan tenaga telah berusaha melewati misi-misi atau level game yang berat. Lalu terjadilah sesuatu yang sangat tidak diinginkan yaitu data save game tersebut menghilang.

GameSave Manager

Hal itu mungkin karena terjadi kesalahan atau error pada data save game tersebut, yang sebenarnya di waktu sebelumnya masih baik-baik saja.

Sehingga dengan kejadian ini, maka terpaksa mengulang permainan dari awal lagi sehingga sangat melelahkan dan menyebalkan.

Dan yang lebih menyedihkan lagi ternyata level game yang telah kita lalui sudah cukup jauh atau dengan kata lain sudah punya pangkat tinggi pada game tersebut.

Kalau kejadian seperti ini terjadi, tentunya anda pasti akan kesal. Seketika hilang semua misi-misi atau level permainan yang sudah berhasil dilalui dengan perjuangan berat.

Ada sebuah software yang dirasa cukup bisa diandalkan dalam masalah ini, yaitu aplikasi GameSave Manager, yang dapat melakukan restore, back-up, ataupun mentransfer data penyimpanan (save) suatu permainan game digital.

Dengan mengunakan software ini, Anda dapat menghindari kejadian seperti di atas. Sehingga yang sebaiknya menyimpan terlebih dahulu segala jenis data file save atau profil game milik Anda dengan mengunakan aplikasi ini.

Apabila kita mengalami hal yang tidak diinginkan, yaitu rusaknya file data game save tersebut atau hilangnya data game, maka Anda hanya tinggal mengembalikan data save tersebut menggunakan aplikasi Gamesave Manager.

Cara Mengunakan Gamesave Manager

Ketika pertama menjalankannya di dalam komputer, maka aplikasi GameSave Manager ini akan langsung melakukan aksi, secara otomatis akan memindai untuk mendeteksi setiap keberadaan file save (penyimpanan) data game, yang telah disimpan dari permainan Anda di PC.

GameSave Manager

Pada tampilannya, aplikasi GameSave Manager memiliki 4 pilihan menu utama, yaitu File, Edit, Task Options dan Help.

Selain itu GameSave Manager ini juga terdapat berbagai menu lainnya (tambahan) yang terletak pada bagian kiri halaman, yaitu Home yang terdiri juga dari Backup Gamesave(s), Restore Gamesave(s) dan Steam Spreader.

Untuk menu Useful terdiri dari Custom Gamesave Entries, Program Settings, serta Technical Information. Yang masing-masing opsi ini memiliki fungsi atau fitur masing-masing.

Semakin lama mengunakan aplikasi ini maka anda dengan sendirinya akan mengetahui fungsi dari fitur-fitur tersebut.

Fitur “Custom Entri gamesave" berfungsi apabila Anda memiliki jenis game yang tidak didukung oleh aplikasi, maka Anda tetap bisa untuk mengamankannya (menyimpannya) dengan menggunakan fitur ini.

Untuk melakukan proses backup, maka anda dapat lakukan secara manual maupun otomatis.

Anda dapat melakukan sinkronisasi dengan data-data game yang telah tersimpan di layanan basis seperti, Dropbox, Google Drive dan SkyDrive.

Anda dapat menentukan nama file gamesaves sendiri sebagai tanda agar tidak lupa (jika anda mempunyai data save game yang banyak).

Jika Anda ingin mengembalikan data save game yang sudah pernah disimpan sebelumnya, silahkan menggunakan pilihan Restore.


Rincian software:
Nama: Gamesave Manager
Ukuran file: 8 MB
Bahasa: Inggris
Lisensi: Freeware atau Gratis
Publisher: InsaneMatt
Website: www.gamesave-manager.com

Download: http://www.gamesave-manager.com/?s=download

Kegunaan GameSave Manager Ini Sangat Penting
Jika memainkan banyak game PC, lalu Anda beralih ke komputer baru atau memformat ulang sistem operasi, bisa menghabiskan banyak waktu. GameSave Manager bekerja keras untuk membackup game yang Anda simpan.

Software ini mengumpulkan semua folder dan entri registri dan mengemasnya ke dalam satu file yang dapat Anda impor di komputer lain.

Anda dapat melihat daftar lebih dari 1000 game yang secara resmi didukung Gamesave Manager di situsnya. Jika permainan kesukaan Anda tidak termasuk di dalam daftar, maka jangan khawatir karena Anda bisa menambahkannya sendiri (fungsi costum).

Anda bisa melakukan pembaruan program GameSave Manager ini, caranya klik pada menu "Help", lalu klik "Check for Updates". (lihat gambar di bawah)

GameSave Manager

Lalu muncul jendela baru, jika ada versi baru maka program GameSave akan meminta klik " Apply Update ". Setelah itu proses download dan instalasi versi terbaru dimulai.

GameSave Manager

Setelah itu, GameSave Manager akan memindai sistem Anda.

Cara Melakukan Backup Data Save Game

Cara mencadangkan data save game, yaitu kunjungi bagian “Backup Gamesave(s)”. Lalu program nantinya secara otomatis akan memilih semua game yang telah terinstal.

Anda bisa menghapus centang pada yang tidak Anda inginkan (untuk backup data). Jika Anda ingin memilih semuanya maka klik tombol “Select All”.

Setelah selesai memilih, Klik tombol “Backup Now” (ada di bagian bawah). Lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya.

GameSave Manager
Photo credit: Howtogeek.com

Lalu tentukan nama dan lokasi untuk menyimpan file backup save game ini. Format filenya dalam bentuk *.gsba.

Setelah itu proses backup dimulai, tunggu hingga selesai.

loading...

Sinkronisasi Data Save Game ke Akun Dropbox Anda

Jika Anda memiliki Dropbox , Anda bisa menghubungkan data save game yang disimpan ke akun Dropbox milik Anda di internet.

GameSave Manager memiliki fitur untuk bisa secara cepat menyalin data save game yang Anda miliki ke Dropbox. Fiturnya akan bekerja untuk menyinkronkan data save game secara real time pada akun Dropbox.

Untuk mengaktifkan fitur ini, klik panel "Sync & Link", lalu klik tombol " Start Now". (lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya)

GameSave Manager
Photo credit: Howtogeek.com

Backup Terjadwal

Pada fitur "Scheduled Tasks" berfungsi agar secara otomatis mencadangkan save game secara berkala. Fitur ini akan membuat Anda tidak perlu repot-repot sering membuka software GameSave Manager ini, karena segalanya berjalan otomatis.

Game Custom

Pergi ke “Custom Gamesave Entries” untuk menambahkan permainan yang belum disupport oleh program GameSave. 

GameSave Manager

Klik tombol "Add" lalu Anda akan diminta memasukkan nama permainan, lokasi file simpan, dan bahkan lokasi entri registri (jika memang diperlukan). 

Setelah Anda selesai memasukan daftar game yang Anda inginkan, lalu klik tombol "Submit" dan program GameSave akan mempertimbangkannya untuk dimasukkan ke dalam update database berikutnya.

Memulihkan Save Game

Jika Anda baru membeli PC baru, atau baru saja melakukan instal ulang, maka Anda bisa mengembalikan semua data save game dengan mudah dan cepat.

GameSave Manager
Photo credit: Howtogeek.com

Klik pada tombol "Open" (ada di panel atas), lalu buka “Restore Gamesave(s)" yang nantinya akan membuka file .gsba, yang berisi data save game. Lalu klik "Restore Now".


Cara Backup Restore Game dan Data Game di Android

Ilustrasi Backup
Photo credit: Shutterstock.com

Backup save game di Android kini juga lebih mudah dengan aplikasi Titanium Backup. Aplikasi ini berfungsi untuk menyimpan seluruh file APK beserta DATA-nya dan melakukan restore kembali dengan mudah.

Untuk menggunakan aplikasi Titanium Backup, pastikan Android Anda sudah di-root.

Jalankan aplikasi Buka Titanium Backup, lalu pergi ke tab “Backup/Restore”.

Lalu pilih game yang ingin di-backup APK+Data-nya.

Tunggu prosesnya hingga selesai.

Lihat tampilannya seperti gambar di bawah ini, melakukan backup data pada game Konoha Heroes.

Aplikasi Titanium Backup

Untuk Cara Restorenya
Untuk melakukan Restore game dan data game yang sudah di-backup. caranya:

1. Pilih game yang ingin di-restore, lalu pilih menu Restore.

2. Lalu muncul jendela restore, pilih App+Data untuk melakukan restore pada data dan APK gamenya. (lihat gambar di bawah)

Aplikasi Titanium Backup

3. Tunggu sebentar prosesnya hingga selesai.

Backup Save Data dan Game Android Tanpa Root 

Pentingnya backup pada data game ini yaitu saat perangkat mengalami kerusakan. Sehingga dengan menyimpan data game yang telah dimainkan sebelumnya, Anda bisa melakukan restore di perangkat lainnya. Anda tidak perlu mengulangi dari awal level permainan dari game favorit Anda.

Adapun aplikasi untuk backup data Android tanpa root yaitu Helium. Ini merupakan aplikasi terbaik untuk melakukan backup data game dan aplikasi ke kartu memori. Aplikasi ini gratis untuk melakukan backup dan restore game Android ke memori eksternal atau MicroSD.

Pada aplikasi ini terdapat fitur mengatur jadwal backup, menyimpan data ke memori eksternal dan fitur sinkronisasi cloud storage seperti dropbox dan google drive.

Aplikasi Helium - App Sync and Backup

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.koushikdutta.backup&hl=en

Aplikasi Game Progress Backup
Aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan yaitu Game Progress Backup. Aaplikasi tersebut dibuat khusus hanya untuk menyimpan atau data save game di Android tanpa root.

Aplikasi Game Progress Backup

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=it.nicola_amatucci.android.game_progress_backup

loading...

Tulisan Terkait: